Rendang

Dipos pada February 5, 2022

Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 22 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tips yang saya rangkum untuk masak rendang : 1) Usahakan beli daging fresh di pasar lokal, jika pakai daging beku jangan direndam air saat mencairkan, biarkan di suhu ruang 2) masak selama 6 jam 3) Jangan kasih garam banyak2 di awal, semakin menyusut akan semakin asin 4) tusuk2 sedikit daging nya sebelum dimasak, agar empuk 5) pakai sutil yang agak lemas agar bisa ngaduk sampai ke dasar wajan 5) jaga jangan sampai gosong dagingnya , jika gosong tidak bisa hilang gosongnya walau daging dimasak lama Saya mencatat pengalaman saat masak rendang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. Bahan :
  2. 1 1/2 kg daging sapi bagian paha
  3. 2500 ml santan dr 3 btr kelapa tua parut (me: 1500 ml santan instan + 1000 ml air)
  4. 3 btg sereh digeprek
  5. 1 lbr daun kunyit disobek2
  6. 5 lbr daun salam
  7. Bumbu yg dihaluskan :
  8. 150 gr cabe keriting merah + 100 gr rawit (hasilnya agak pedas)
  9. 250 gr bawang merah
  10. 8 siung bawang putih
  11. 1 sdt jinten
  12. 1 sdt adas
  13. 1 btr pala
  14. 5 btr cengkeh
  15. 3 btr kemiri
  16. 1 sdt merica
  17. 4 sdm ketumbar
  18. 2 jempol jahe
  19. 2 jempol lengkuas
  20. 2 jempol kunyit
  21. secukupnya garam, gula, kaldu ayam bubuk (kaldu optional)
  22. 1 sm air asam jawa (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Tumbuk / blender bumbu hingga halus. Saya pisahkan antara bumbu kering dan bumbu basah saat blender. Blender yang halus, agar biji cabe tidak sampai terasa saat rendang matang.
2
Masukkan 1 liter santan ke dalam wajan, plus sereh, daun kunyit, daun salam dan bumbu halus. Masak diatas api sambil timba2 santan hingga mendidih (sekitar 15 menit). Step ini yang paling runyam, karena saat santan mendidih, ciprat kemana2.
3
Masukkan daging, aduk2 hingga mendidih, kecilkan api. Beri garam, gula secukupnya. Saya start masak jam 10.30 pagi
Rendang - Step 3
4
Setelah 1 jam pertama, saya cicipi bumbu masih bau langu. Tiap step saya tambahkan santan cair
Rendang - Step 4
5
Jam ke dua, saya tambahkan 1 sdt garam + 1 sdm gula
Rendang - Step 5
6
Jam ke 3, setelah jam ini rendang jangan ditinggal kelamaan, bisa gosong
Rendang - Step 6
7
Jam ke 4, saya cicipi kurang rasa asam, saya tambahkan 1 sdm air asam jawa (resep asli gk pakai). Ingat jangan jauh2 dari kompor agar rendang tak gosong
Rendang - Step 7
8
Jam ke 5,
Rendang - Step 8
9
Setelah 6 jam. Dimakan besok lebih enak setelah dihangatkan berkali2๐Ÿ™
Rendang - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam Indofood

Rendang Ayam Indofood

Mencoba masak rendang tapi ditambah bumbu instan indofood dan parah bgt ternyata enak. Ga semua yang bumbu instan itu kurang sedap. Yang penting kita tetap membuat bumbu utamanya dulu ya bunda. Bumbu instan hanya untuk pelengkap aja ๐Ÿฅฐ๐Ÿคฒ

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Kali ini masak masakan yg penuh dg kolesterol... Hehe gpp lah yaa sesekali aja sebetulnya jg sebelum2nya masak yg penuh dg kolesterol jg ๐Ÿ˜๐Ÿ˜† berhubung suami gak suka daging sapi Alhasil rendang ini di ganti dg Ayam biar dia ikut merasakan nikmatnya bumbu rendang bersama Ayamnya hihihi๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜Š

3jam -+
293. Rendang Daging Sapi (MPASI)

293. Rendang Daging Sapi (MPASI)

Kita jelajah kuliner lagi yuk. Kali ini masakan khas Padang Sumatera Barat. Apapun masakannya selalu ya nyisihin buat anak2 sebelum cabai dkk masuk. hehehe Dengan kebiasaan begini alhamdulillah anak2 gampang makannya dan gak pilih2. Masakannya selalu satu macam,,cuma beda pakai cabai sama enggak. Ini rendangnya super praktis dan empuk ya,,,karena saya masak pakai slowcooker hehehe Resep dr mbk @heny_wid versi MPASI hehehe Jangan bosan ya mbk saya kirimi cooksnap trus,,,semoga berkenan,,, #masakankhaspadang #masakankhassumaterabarat #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Spaghetti Sosis Bumbu Rendang

Spaghetti Sosis Bumbu Rendang

Sudah bosan dengan spageti yang rasanya itu itu ajah? eaaah coba2 membuat spaghetti dengan bahan kearifan lokal, tapi rasanya tetap mantap nendang poool RECOMMENDED!!! #cookpadcommunity_semarang#ResepBagiPemula

2 Porsi
Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang ini dibuat karena lagi malas masak setiap hari so rendang istimewa ini recommend karena awet dan cocok juga buat orang yg travelling sebagai bekal dalam perjalanan (biar g jajan di luar)โ˜บ

6 porsi
1 jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

3 orang
1 jam
56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

Kali ini aqu bikin rendang sapi namun khas Jawa . Knpa khas Jawa ? Karena aqu tambahin gula merah , soalnya pernah makan masakan kawan rasa nya agak manis . . Next time aqu masak yg pure rendang citarasa khas Minang deh yahh ๐Ÿ™๐Ÿ™ Walaupun asal daerah nya dari Padang , Sumbar . Dan menurut nya ini Rendang khas Jawa yang pada dasarnya rendang itu kaya akan cita rasa rempah nya .. Makanya jadi favorit seluruh masyarakat Indonesia bahkan di mancanegara pun sudah terkenal yahh kannn ... Setuju ?? #MasakRendang #RendangKhasJawa #CookpadCommunity_Padang #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity_Jakut

25 potong
65 menit
Telor Dadar Rendang (3 bahan)

Telor Dadar Rendang (3 bahan)

Kadang Paksu suka lapar tengah malam Jadi punya ide buat lauk yang mudah tapi gak monoton Ada sisa daging rendang, dipanasin mulu jadi bosen Sesekali dadar telurnya dibikin rasa rendang Dicocol pake saos sambal, mayonaise, atau ditambahin irisan cabe rawit makin uenak...๐Ÿ˜„

25. Nasi Goreng Rendang / Nasi Goreng ala anak kost

25. Nasi Goreng Rendang / Nasi Goreng ala anak kost

Ada sisa rendang waktu makan nasi padang, kayanya dibuat buat nasi goreng enak deh. Cusss buat ini ternyata emang enak banget

1 porsi
15 menit
Nasi goreng rendang praktis

Nasi goreng rendang praktis

Di rumah masih ada sisa rendang. Akhirnya dibuat nasi goreng saja untuk menu sarapan pagi yang simpel dan praktis

1 porsi
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Terinspirasi dari resepnya Chef Devina. Rasa rendangnya enak sampai ke dagingnya berasa bumbunya. Ndak sia2 masaknya lama tapi hasilnya memuaskan. #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogykarta

Nasi Goreng Bumbu Rendang (403)

Nasi Goreng Bumbu Rendang (403)

Berawal dr habis bikin rendang...bumbunya masih nempel dipenggorengan..sayang tuh...ambil sepiring nasi...osreng2...hmm nikmat bgt...jadi ketagihan deh bikin lagi...kebetulan ada rendang dagingnya udah tinggal dikit...bumbunya masih ada... #DibuangSayang #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #PosbarIDAMAN #NasiGoreng

1 porsi
30 mnt
Nasi Goreng Rendang Sisa

Nasi Goreng Rendang Sisa

Ada sisa rendang waktu itu kebetulan ada nasi juga.jadi nga ada yang terbuang #DibuangSayang #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang Telur

Rendang Telur

Ibuk...... Rendang.... Tapi hari ini emak kagak kepasar

Rendang Daging Khas Aceh

Rendang Daging Khas Aceh

Baru tau nih dari mami @desfita_rozzen kalo rendang tuh bukan cuma ada dipadang tapi jg ada di aceh... Pebedaannya dalam penggunaan rempahยฒ rendang padang lebih banyak rempahยฒnya sedangkan rendang aceh menggunakan daun pandan dan bumbu sederhana, tapi rasanya tidak kalah enaknya dan ada khas bau wangi pandan... #iduladhawongkito #resepwongkito #wongkitogalo #kampungidaman #posbarIdaman #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #cookpad_id

5-6 orang
60 menit
Nasi Rendang Sederhana

Nasi Rendang Sederhana

Nasi campur ala Padang yang ga pake ribet. Bikin rendangnya pake bumbu rendang instan aja (bisa Indofood, Sasa atau sesuai selera). Lumayan banget buat menu cepat saji dimusim hujan begini yang bawaannya pengen ngunyah terus ๐Ÿ˜ . . #nasirendang #rendanginstan #nasipadang #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

4 orang
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

resep ini terinspirasi lagi dari devina mci ๐Ÿฅฐ mirip bgt sama rendang yg dijual di rm padang ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ makasi devina resepnya ๐Ÿฅฐ

Rendang Ayam dan Ati Ampela

Rendang Ayam dan Ati Ampela

Siapa yang tak kenal dengan rendang? Rendang adalah salah satu masakan khas Sumatera Barat. Walaupun identik dengan daging sapi, namun banyak juga yang menggunakan bahan lain untuk membuat rendang misalnya ayam atau jengkol. Santan yang digunakan haruslah santan kental dan biasanya butuh waktu berjam-jam hingga bisa menjadi rendang. Proses memasak yang cukup lama ini yang membuat rendang awet hingga lebih dari satu bulan. #CookpadCommunity_Bekasi #PostingBareng #MasakanKhasSumateraBarat Source : The Hasan Video (Resep asli menggunakan daging sapi dan kentang rendang)