Randang Basah/ Rendang

Dipos pada February 5, 2022

Randang Basah/ Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Randang Basah/ Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Randang Basah/ Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Randang Basah/ Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Randang Basah/ Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Randang Basah/ Rendang diperkirakan sekitar 4,5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Randang Basah/ Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Randang Basah/ Rendang memakai 30 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Haloo assalamu'alaikum wr wb. Selamat pagi mommies, lebaran kemarin masak2 apa? Kalo saya masaknya rendang sama opor ayam tapi yg opor gak sempat difoto2 jadi paling share rendangnya aja ya. Sebenarnya masaknya simple tapi perlu proses masak yg lama dan menggunakan bahan rempah komplit pula, mungkin dari situlah cita rasanya keluar. . . #reseprendang #MasakItuSaya #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Randang Basah/ Rendang:

  1. 1 kg daging sapi (bagian paha)
  2. 4 btr kelapa tua parut (1 lt santan kental, 1 lt santan encer)
  3. 100 gr kelapa sangrai
  4. 1 btg sereh, geprek
  5. 1-2 lbr daun kunyit
  6. 4 lbr daun salam
  7. 7 lbr daun jeruk
  8. 1 sachet bumbu rendang instant
  9. 1/2 keping gula merah (optional)
  10. Secukupnya garam, penyedap
  11. Bumbu halus;
  12. 150 gr cabe merah keriting
  13. 75 gr cabe merah besar
  14. 30 gr rawit hijau/ 1 genggam
  15. 1 bonggol bawang putih
  16. 14 siung bawang merah
  17. 1 btg sereh
  18. 2 ruas jahe
  19. 3 ruas lengkuas
  20. Secukupnya minyak goreng
  21. Bumbu sangrai (haluskan);
  22. 4 btr kemiri
  23. 6 btr kapulaga
  24. 8 bh cengkeh
  25. 1 sdt jintan
  26. 1 sdt lada putih dan hitam
  27. 1/2 sdt adas manis bubuk
  28. 1/2 btr pala
  29. 1,5 sdm ketumbar
  30. 5 cm kayu manis

Langkah-langkah untuk membuat Randang Basah/ Rendang

1
Persiapkan bahan2 dan bumbu yg dihaluskan.
Randang Basah/ Rendang - Step 1
Randang Basah/ Rendang - Step 1
Randang Basah/ Rendang - Step 1
2
. Tumis bumbu halus hingga harum dan tanak, lalu masukkan daging masak sebentar hingga berubah warna, tambahkan dedaunan, sereh. Selanjutnya masukkan santan cair, bumbu rendang instant, bahan rempah sangrai, dan kelapa sangrai
Randang Basah/ Rendang - Step 2
Randang Basah/ Rendang - Step 2
Randang Basah/ Rendang - Step 2
3
Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga airnya mulai menyusut. Tambahkan santan kental, garam, penyedap, dan gula merah. Masak hingga airnya menyusut dan keluar minyak atau kalio. Tes rasanya. Masak hingga mulai mengering. Total 4-4,5 jam. Angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat.
Randang Basah/ Rendang - Step 3
Randang Basah/ Rendang - Step 3
Randang Basah/ Rendang - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang nusantara

Rendang nusantara

Resep(Indonesia dan melayu) yang di buat langsung sesuai pengalaman dan banyak di jual di resto/cafe.terus lestarikan budaya kita

5 porsi
2 jam
Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Sapi 🐮 ••• Ceritanya daging dari qurban kemarin masih ada dan belum diolah, udah disimpan di freezer seminggu. Kita coba eksekusi buat diolah daging rendang, Alhamdulillah jadi setelah 2 jam nungguin akhirnya mateng juga🥲 Mau dicoba moms? recooked ya dan share hasilnya dicookpad aku 🥰 • • • #cookpad #cookpadindonesia #rendang #dagingsapi #olahandagingsapi #rendangsapi #rendangkentang #resephariini #resepmasakan #reseprumahan #resepnusantara #makananpadang

5 orang
2 jam
Rendang Daging Bumbu Indofood Instan

Rendang Daging Bumbu Indofood Instan

Rendang daging ini dimasak menggunakan “bumbu instan Indofood Rendang” dicampur dengan bumbu halus. Simpel tapi rasanya mantep banget deh. Oiya, kalau mau diganti ayam juga oke loh..👌 Selamat mencoba 😊

2-3 jam
Rendang telur

Rendang telur

Ikan, ayam, daging, semua lagi kosong stok d kulkas cuma ada telur. Mw kepasar mendadak malas. Hahaha. Masak apa yg ada aj deh, yuk

Rendang ayam tahu praktis

Rendang ayam tahu praktis

dari semalem hujan blm berenti bikin mager 😁 Jadi masak enak yg gak ngabisin byk waktu 🤭 Rendang nya enak masaknya gak repot kupas2 bumbu, aku beli dipasar minta diracikin sama si Uda, tinggal tumis cemplung ayam dan tahu nya jadi lbh hemat waktu oh iya biasanya bumbu racik dipasar cenderung sdh asin jd gak perlu pakai garam lagi atau di cek dlu rasanya ya bun klo aku cukup ditambah mecin aja #PejuangGoldenBatikApron #2 #cookpadcommunity_Bekasi

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bismillah.. Pagi ini bikin rendang ayam, buat salah satu menu berbuka nanti. Kenapa bikin skrg, krn msh pagi, jd msh semangat buat ngedapur 🤭. Biar nanti sore tinggal manasin aja, ga perlu ngulek2 bumbu 😊. Source : https://cookpad.com/id/resep/8517238-rendang-ayam-kampung-khas-minang?invite_token=MsYsbirq2KUkpeGrxY3emJed&shared_at=1618116540 #Ramadan1442HDay4 #UngkepanRasaHati #KampoengRamadan #MasihDiRumahAja #keepsafehealthyandhappy #dapoernyamimi #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi #ResepKece

Resep daging sapi rendang padang tanpa kelapa

Resep daging sapi rendang padang tanpa kelapa

Kalau lebaran aku suka bikin rendang padang tanpa kelapa.

4jam
Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Bikin rendang dg menambah kecap manis...hmmm raossss.loh Oeaaa ini jg bisa untk jdi pelengkap frozen food di rmh loh.setelah buat.diamkan or dinginkan di suhu ruang.kemas sesuai kebutuhan agar saat menghangtkannya mudah sesuai keperluan Masukan freezer Amannn deh🤗🤗🤗😋 Cuzzz yuk😉😉😋🤗 #RamadanCamp_Misi4

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Tiap hari hujan terus jadi malas belanja karena di rumah sudah ada mr jengki plus mrs sasa bumbu rendang saatnya kita eksekusi....

3 orang
Rendang ati ampela bumbu racik

Rendang ati ampela bumbu racik

Rendang adalah makanan favorit aq tapi kali ini aq ganti pake ati ampela...semoga menginspirasi

3 orang
1 jam
Rendang Daging dan Kentang Bundo Kanduang🥔

Rendang Daging dan Kentang Bundo Kanduang🥔

Part 2 dari resep sebelumnya wk

5 orang
3 JAAAAAMMMM😭
Rendang Ayam Frozen

Rendang Ayam Frozen

Bismillah.... Assalamu'alaikum.... Marhaban yaa romadhon..... Alhmdulillah tahun ni bisa bertemu lagi dengan bulan suci romadhon...bulan yang penuh keberkahan... .yug slesaikan misi berikutnya.... #ramadanCamp_misi4 dengan clue "simpan aku difreezer,,panaskan lalu hidangkan"... Rendang adalah favorite swamy...nah kali ini Q buat versi frozen...karna proses dan bahanya yg lumayan agak ribet... Jadi yar lbih simple bisa disimpan difreezer.....🥰🙏 1 kg Ayam Rp. 35.000 2 butir Kelapa Rp. 15.000 Total bahan Rp.50.000 Utility =50%x50.000= 25.000 Sub total = 50.000+ 25.000= 75.000 Profit 50%=50%×75.000=37.500 Harga jual minimum = 75.000+37.500=112.500 Saya bagi menjadi 4 kemasan Jadi harga/ kemasan= 112.500:4=28.125 Bisa dibulatkan menjadi Rp.28.500 Source : @desmawatikuretangin Tarimo kasih uni desma🙏🙏😘 #semangcookHokyaHokye #cookpadCommunity_srmarang #pejuangGoldenBAtikApron #semangcook_frozen #ramadhanCamp_misi4

Rendang lotho gude

Rendang lotho gude

Baru datang dari kampung, di bawain kacang gude sama mertua, tapi pengen banget makan rendang. #indofood #bumbu rendang

5 orang
1 jam
#97 Nasi Goreng Rendang

#97 Nasi Goreng Rendang

Halo, Assalamualaikum Seminggu suntuuuk dikampung ada saja acara hajatan, dari acara perkawinan, khitanan, dan lain-lain. Kebayang kan seminggu makan daging sapi melulu. Bukan lagi.. dikampung suami saya, setiap ada hajatan, menu utama selalu ber-daging sapi. Alamaaakk tiap sore makan daging sapi, auto kolesterol naaikk😂😂 Biasanya, selagi kami bosan, kami selingi dengan cocolan sambal bawang, jadi makan daging sapi dengan sambal bawang..dan karena sudah mulai bosan jugaa, akhirnya dibuat nasi goreng saja. Enak makk, rasanya manis asin gurih pedes dikit, mantaap deh. Rempahnya juga masih sangat terasa meskipun sudah dicampur dengan bumbu nasi goreng dan minyak ayam. Minyak ayam boleh diganti minyak sayur biasa ya makk, suka-suka saja. Resep simpel nasi goreng rendang lengkap ala bundanya rere ada dibawah, cuss bikin🤗🤗 #PejuangGoldenApron3 #Week29 #CookpadCommunity_Semarang

Rendang daging

Rendang daging

3-4 orang
1-2jam
71. PAS RASA RENDANG

71. PAS RASA RENDANG

Youtube    : Philein's Kitchen Channel IG              : Philein's Kitchen Channel Cookpad  : Philein's Kitchen Channel FB             : Philein's Kitchen Channel #phileinskitchenchannel #phileinskitchen #philein Jika pada resep sebelumnya (resep ke-63) yang rencana awal akan masak gulai kambing ternyata bahan ga cukup dan tetap di mix rempah-rempahnya "ternyata rasanya mirip rendang". Rasanya ga kalah seperti bumbu rendang di rumah makan Padang. Bumbu sudah ditumis dan semuanya lengkap. Mengenai Bawang dan rasa asin kita tambahkan sendiri sesuai selera. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi tips agar daging yg kita rendang cepat matang, tanpa api yg besar, ga pake waktu singkat. Hayo masak.

-
-