Rendang jengkol

Dipos pada February 6, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 25 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 1 kg jengkol
  2. 2 butir kelapa (2500 ml santan)
  3. Bumbu cemplung
  4. 1 lmbr daun kunyit
  5. 3 lmbr daun salam
  6. 5 lembar daun jeruk
  7. 3 btng serai digeprek
  8. 5 btr cengkeh
  9. 1-2 kayu manis
  10. Garam
  11. Gula merah + gula pasir
  12. Penyedap rasa
  13. Bumbu halus
  14. Bawang merah
  15. Bawang putih
  16. Cabe merah
  17. Cabe rawit
  18. Merica
  19. Ketumbar
  20. Lengkuas
  21. Jahe
  22. Kunyit
  23. Jinten
  24. Pala
  25. Kemiri

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rendam jengkol semalaman sesekali ganti air rendaman. cuci bersih jengkol lalu rebus menggunakan daun salam selama 45 menit agar jengkol empuk dan kulitnya mudah dikelupas.
2
Setelah dibersihkan ambil jengkol pukul mengunakan uleg-uleg agar jengkol tidak kaku. jengkol siap dimasak
3
Tumis bumbu halus hingga wangi tambahkan santan aduk2 hingga mendidih
4
Lalu masukkan bumbu cemplung selanjutnya masukkan jengkol yg sudah matang
5
Masak hingga santan menyusut. Tingkat kekeringannya disesuaikan dengan selera ya. Makin sering dihangatkan warna rendang semakin hitam.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Banyak resep rendang .Masak itu sesuai selera. Ini resep rendang ala saya alhamdulillah coco di keluarga. Pedasnya juga masih aman untuk anak kecil.Anak saya yang baru genap 6thn kemarin saja doyan dan bilang enak.

3 jam
Tomyam Rendang

Tomyam Rendang

Saya bercadang nak masak rendang tapi masa tengah buat eksperimen ada bau tomyam, tapi sedap dan segar. cubalah. #PejuangGoldenBatikApron

4 orang
60 minit
Nasi goreng rendang kikil

Nasi goreng rendang kikil

Di kasih rendang kikil sama tetangga, gak ada yang makan, krn iduladha tahun ini, alhamdulliah dapat banyak daging sapi dan daging kambing, sampai bosen tiap hari menunya daging terus😁

100. Rendang

100. Rendang

Bismillahirrahmanirrahiim.. Jummuah Mubarak ibun² saliha.. Semangat selalu masak untuk keluarga tercinta ❀❀❀ #KulinerAceh #CookpadCommunity_Aceh

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep asli milik mba Endang JTT. Saya pakai daging iga yg ada sedikit lemak agar hasil akhir daging rendangnya tetap lembut dan tidak keras.

3 jam
Perkedel Rendang

Perkedel Rendang

. . . #DigilingDaging #Semarak_DigilingDaging #TidakSekedarMemasak #CokingWithEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadCommunity_Jakarta #Resolusi2021 #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu

Rendang telur santan instan

Rendang telur santan instan

Lama ga bikin olahan telur. Karena banyak stok telur dan takut busuk kalau kelamaan, maka jadilah olahan ini. Simak yuuk.. Siapa tau bisa menginspirasi apa yg buntik mau masak hari ini.. #CookpadCommunity_Yogyakarta

Rendang Ati Ampela

Rendang Ati Ampela

Ide ini berawal dari suami yang suka beli ati di warteg.. Hihi Akhirnya aku masakin sendiri aja.. πŸ˜„πŸ˜„

Rendang sapi

Rendang sapi

Rendang sapi kaya bumbu ternikmat di jamin nagih resep sederhana

6 orang
3-4 jam
Rendang Ayam Golek Selangor

Rendang Ayam Golek Selangor

Ini guntingan resep lama dari majalah Femina. Simpan di sini biar nggak perlu disimpan lagi kertas yang sudah mulai lapuk. #cookpadcommunity_Jayapura

Kentang Baby Kuah bumbu Rendang

Kentang Baby Kuah bumbu Rendang

Makan kentang sama kulitnya. Enak lho..... Kalau rebus kentang baby, aku makan dalamnya sama kulitnya. Kali ini aku coba kuahi pakai bumbu rendang. Makannya gak pakai nasi lagi..... Alhamdulillah.....gak nyesel dech..... Enak..... #Cookpadcommunity_Solo

Shaksuka Rendang

Shaksuka Rendang

Dari YouTube Cooking with Hel, walaupun tidak disebut shaksuka juga sih. Justru yang komen yang banyak nyebut begitu, ya ikut aja deh. Pas lihat video nya jadi tertarik karena masaknya simpel, telurnya ngga perlu dimasak terpisah dulu. Bumbu instant rendangnya sudah cukup asin, jadi tidak perlu tambah garam lagi ya. Saya masak dengan sedikit penyesuaian bahan. #CookpadCommunity_Depok

3 porsi
Rendang ala Bantul

Rendang ala Bantul

Idul Adha Dapat daging sapi Dan karena suka banget sama rendang Coba buat rendang sendiri

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

5 orang
4 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Ini masih tendang ala² yaaa.. Hihihhi belum bisa bikin 'the real rendang' 😝 #PejuangGoldenApron3

Rendang jengkol anti bau

Rendang jengkol anti bau

Ceritany lagi nyidam jengkol dan pas banget ada yg jual lumayan agk murce. Meski yg doyan cuma diri sendiri, yg lain pada g suka apalagi bauny wangi banget πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† akhirnya searching2 nemu cara bikin jengkol jd g bau. Pas dmasak udah g bau tp kalo masalah BAK tetap bau ya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Rendang padang super enak

Rendang padang super enak

Proses masak lmyan lama sih, mulai dr sangrai kelapa, prepare bumbu, nguleg bumbu, nguleg serundengnya, sampe eksekusinya d atas wajan. Tp hasilnya dijamin uwow bgt!! Gak nyesel uda capeΒ² bikin 😁. Yuk intip resep & jgn lupa recook yaa πŸ₯°β£

utk 1 kg daging
5 - 6 jam
Rendang

Rendang

4 orang
2,5 jam