Rendang Kerang

Dipos pada February 8, 2022

Rendang Kerang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Kerang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Kerang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Kerang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Kerang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Kerang adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Kerang diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Kerang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Kerang memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum🥰 Di pasar liat ada kerang jadi pengen dibuat rendang, dan jadilah rendang kerang buat menu buka puasa sore ini😍 #rendang #rendangkerang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Kerang:

  1. 250 gr kerang rebus kupas
  2. 250 gr kentang mini
  3. +800ml santan kelapa
  4. 3 sdm kelapa gongseng tumbuk(boleh skip)
  5. secukupnya minyak goreng untuk menumis
  6. Bumbu halus :
  7. 6 siung bawang merah
  8. 2 siung bawang putih
  9. 4 buah cabai merah kriting
  10. 1/2 ruas jempol jahe
  11. 1 sdm ketumbar
  12. 1 sdm merica
  13. 1 batang serai
  14. 1 1/2 sdm garam (sesuai selera)
  15. 1 sdt gula pasir
  16. 1/2 sdt kaldu bubuk(optional)
  17. Bahan cemplungan :
  18. 1 ruas jempol lengkuas (geprek)
  19. 1 lembar daun salam
  20. 3 lembar daun jeruk ukuran sedang(iris)
  21. 2 sdm gula merah

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Kerang

1
Bersihkan kerang hingga tidak ada lagi pasir yang menempel, bersihkan kentang hingga tidak ada lagi tanah yang menempel dengan menggunakan sikat.
2
Campur semua bahan bumbu halus kemudian ulek/blender, tambahkan kelapa gongseng, setelah itu tumis hingga harum.
Rendang Kerang - Step 2
3
Setelah harum masukkan kentang, aduk aduk lalu masukkan santan dan bahan cemplungan, setelah mendidih masukkan kerang.
Rendang Kerang - Step 3
Rendang Kerang - Step 3
Rendang Kerang - Step 3
4
Masak hingga bumbu mengering(keluar minyak), lalu salin ke wadah yang kering.
Rendang Kerang - Step 4
Rendang Kerang - Step 4
Rendang Kerang - Step 4
5
TIPS : Bersihkan kerang menggunakan 2 wadah dengan air yang banyak agar pasirnya turun kebawah, kemudian salin berulang ke wadah lainnya, ulangi hingga pasir benar benar hilang. Saat membersihkan kentang rendam sebentar dengan larutan mama lemon/sunlight agar tanah yang menempel lebih cepat bersihnya, kemudian sikat menggunakan sabut cuci piring dan bilas dengan air bersih(kulit jangan dikupas, biarkan utuh). Selamat mencoba🥰

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Source: @mamaAzkakitchen #MasakItuSaya #TidakSekedarMemasak

Rendang daging

Rendang daging

Perdana bikin rendang daging bumbu racik sendiri, biasa nya beli bumbu blender di kedai 😊 tapi blendernya harap di pisah ya antara cabe dan bawangan2, resepnya dari ig Icha.irawan.

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Bismillah.. Masih ada stok daging lebihan dr lebaran idul adha kemarin, kebetulan lg pengen banget makan rendang, maksudnya sih biar besokannya gk usah masak lg krn capek dan rendang ini termasuk lauk yg awet dan gk cepat basi, rempahnya banyakkkk tp rasanya sdh pasti endeussss ya 🤤😔😋😍, yuk ah ke resep 👇🏻

3 jam
Rendang Bumbu Instan

Rendang Bumbu Instan

Kangen nge-Rendang, tapi mau yang simpel tapi tetep enak. Coba pakai bumbu rendang instan Indofood dan tambahan bumbu yang lumayan. Hasilnya, 🤤🤤🤤. MasyaAllah, ❤️❤️❤️ #OlahanDagingIhda #RendangIhda #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Rendang Jengkol indofood

Rendang Jengkol indofood

harga jengkol lagi turun bunda.. lama ga makan jengkol akhirnya beli dan langsung eksekusi🙏

Rendang ayam

Rendang ayam

3 jam
Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Daging Sapi 🐮

Rendang Sapi 🐮 ••• Ceritanya daging dari qurban kemarin masih ada dan belum diolah, udah disimpan di freezer seminggu. Kita coba eksekusi buat diolah daging rendang, Alhamdulillah jadi setelah 2 jam nungguin akhirnya mateng juga🥲 Mau dicoba moms? recooked ya dan share hasilnya dicookpad aku 🥰 • • • #cookpad #cookpadindonesia #rendang #dagingsapi #olahandagingsapi #rendangsapi #rendangkentang #resephariini #resepmasakan #reseprumahan #resepnusantara #makananpadang

5 orang
2 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Makan nasgor enak dg rasa beda dg bumbu rendang sisa olahan kapan hari..cus berkreasi.. #cookpadcommunity_surabaya

#111 Simply Rendang

#111 Simply Rendang

Males bikin masakan yang ribet, makanya rendang pun masak yang gak pake lama.. Selalu jadi makanan favorit temen2 buleku di Monterey, side dishnya nasi kuning mejikom.. hahaha yuk masak #gakpakeribet #posbarprotein #temannyanasihangat

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Keponakan saya pagi sebelum vaksin minta dibikinin sarapan nasi goreng timun dan setelah vaksin infonya tidak ada efek samping apapun. Jadi saya memutuskan membuat nasi goreng juga untuk sarapan sebelum berangkat vaksin booster. Karena tidak ada timun, saya ganti dengan tomat cherry. 💉

2 porsi
15 menit
Sate Rendang Bocil❤

Sate Rendang Bocil❤

Kisah ini adalah pengalaman pribadi,yg aku bagikan diajang Worldwide Egg Contest ini, dengan harapan dapat membantu para orang tua atau para ibu khususnya yg memiliki Bocil atau bocah kecil. Anak anak kadang banyak keinginannya tapi sulit menghabiskan makanannya dengan berbagai alasan,apalagi makanan tradisional.Kadang dianggap kurang hits,mungkin krn bukan makanan yg viral🙂 Untuk memacu anak makan makanan yg bergizi dengan enjoy, penuh antusias kita perlu meramunya agar menjadi sesuatu yg tampil menarik... Mungkin kalian bisa mencoba caraku ini,agar anak2 makan menu dari bahan dasar yg sama,dengan sedikit kreativitas akan menghasilkan tampilan berbeda& menggugah anak 😍 #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity #KreasiMasakanTradisional #MenuMenggugahAnak #KeepSafe&StayHealthy

Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

#Cooksnap #MasakItuSaya #SlaluIstimemewa #NasiGorengRendang #NasiGorengBumbuSisaRendang #PosbarIDAMAN #PPKM #kopijos #DibuangSayang #PosbarIdaman #AR_SopMatahari #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Punya sisa nasi kemarin dan sedikit bumbu rendang sayang banget klo di buang. Duh mak2 banget ya 😀😀 mendingan di buat nasi goreng aja rasanya pasti uenaaak dan mantul serta jadi lebih bermanfaat tidak mubadzir. Akhirnya di olah deh jadi makanan yg mantap dan lezat bahkan jadi rebutan 😍😍😍

Nangka ayam bumbu rendang simpel

Nangka ayam bumbu rendang simpel

Kadang kala males masak jadi ak gabung antara nangka dan ayam pejantan#MasakSekeluarga

8 orang
2jam
Rendang ayam bumbu instan

Rendang ayam bumbu instan

gapernah mau bikin rendang takut ga sesuai ekspetasi, tapi ini simple dan enakkkk bgt bgt bgt. pakai bumbu instan merk bamboe yaa, pakai indofood jg boleh bgt kalo mau lebih enak lg boleh pakai munik

Rendang ayam ala indofood

Rendang ayam ala indofood

Cerita nya mau mencoba menu baru karna klo bikin sendiri bumbu rendang nyah suka ada yg kurang, kebetulan pas tdi ke warung ada bumbu instan indofood rendang alhamdulilah memasak nyah simpel dan enak..

3 porsi
30 menit
Rendang daging anti gagal ala Sasa

Rendang daging anti gagal ala Sasa

Aku udah coba semua resep rendang tp ngga pernah dapat rasa yg pas "penuh" padahal bahan2 yg sdh disediakan lumayan menguras dompet saking supaya anak2 bisa ngerasain rendang buatan rumah selama masa Covid .. jadi aku coba masak dg cara ini dan hasilnya memuaskan loh, coba deh bun

6 org
1 jam
Rendang simpel bumbu sasa

Rendang simpel bumbu sasa

#PejuangGoldenApron3

5 porsi
1-2 jam
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ngerendang-rendang ngirit yah .. rendang ayam. Tambah kentang makin mantab, lebih kenyang nih 😁 Asal bumbu bisa meresap, pasti tetep enak.... Trimaksih mbak @fitrisasmaya yg sdh menginspirasi bgt pokoknya 🙏 ... Bumbunya agak dilengkapin karna dah beli racikan bumbu limaratusan itu (ada kapulaga, jinten, cengkeh dan kayu manis),,, tinggal ngalusin.. #LihaiCooksnapNov_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang