Rendang Jengkol

Dipos pada February 8, 2022

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol adalah 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Jengkol diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 500 gram jengkol, rendam 1 jam kemudian rebus dengan segenggam beras sampai empuk lalu cuci bersih, pukul-pukul dan sisihkan
  2. 5 siung bawang putih
  3. 10 siung bawang merah
  4. 2 cm kunyit
  5. 1 cm jahe
  6. 10 buah cabe keriting
  7. 10 biji lada putih
  8. 10 butir kemiri
  9. 1 sdt ketumbar
  10. 1/2 sdt jinten
  11. Minyak untuk menumis
  12. 3 cm lengkuas geprek
  13. 1 batang serai geprek
  14. 3 lembar daun jeruk purut
  15. 1 lembar daun salam
  16. 1 lembar daun kunyit
  17. 1/2 kelapa parut di buat kerisik
  18. secukupnya Garam
  19. secukupnya Gula

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Haluskan semua bahan bumbu kemudian tumis tambahkan bahan bumbu yang di geprek
2
Tumis sampai kering dan wangi, tambahkan santan kental aduk rata biarkan 5 menit
3
Tambahkan kerisik, gula dan garam aduk kembali
4
Tambahkan jengkol ke dalam bumbu aduk rata masak sampai mengental dan siap di hidangkan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Berhubung ada sisa daging kambing qurban kemarin, dan Juga serundeng, sekalian aja ya dibikin rendang 🤭, beli yg bumbu instan saja, dan bahan-bahannya menyesuaikan apa yg ada di dapur 🤭😄 Recook resep mbak Maria Anna

Rendang Daging

Rendang Daging

Halo Lur ! Dulu pernah belajar masak rendang sama temen yang orang Minang. Sejak itu jadi lebih suka masak rendang daripada beli, karena lebih otentik rasanya. Rendang tuh tahapan lebih lanjut dari gulai dan kalio Ini dagingnya empuuuk banget tanpa presto yaaa, serat dagingnya ga nyangkut di sela-sela gigi, effortless makannya. Tapi masaknya ga effortless ya 🤣 Butuh waktu dan tenaga yang berlebih Gapapa lah untuk sesuatu yang enak emang butuh usaha 💪

± 12 porsi
± 5 - 6 jam
Rendang Ati Ampela

Rendang Ati Ampela

Ide ini berawal dari suami yang suka beli ati di warteg.. Hihi Akhirnya aku masakin sendiri aja.. 😄😄

Resep daging sapi rendang padang tanpa kelapa

Resep daging sapi rendang padang tanpa kelapa

Kalau lebaran aku suka bikin rendang padang tanpa kelapa.

4jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Makanan favorit keluarga Anak anak pada suka

2,5 jam
Rendang sapi NENDANG

Rendang sapi NENDANG

Resep perdana di cookpad

10 orang
3 jam 30 menit
54. Rendang Daging Sapi

54. Rendang Daging Sapi

Makanan yg termasuk makanan terenak di dunia versi Delicious Food CNN. Karena hampir semua rempah dipakai. Masaknya pun butuh proses lama & telaten. Menu ini biasanya disajikan saat Idul Fitri atau Idul Adha. Biasanya sy pake daging bagian gandik. Bagian punggung sapi yg hanya ada sedikit diantara daging di bagian lain. #CookpadCommunity_Bandung

20 porsi
3-4 jam
Rendang Nendang

Rendang Nendang

Tampilan masih kurang jika dibandingkan dengan rendang khas Padang. Ada beberapa bumbu yang blm dimasukkan krn pas gak ada dirumah. Bisa ditambahkan kapulaga & jinten untuk rasa yang lebih kuat. Cuman yang ini juga sudah membuat nasi sebakul habis. Dijawa rendang seperti ini rasanya. Kalau kita ke RM Pagi sore rendang rasanya sedikit lbh rempah lagi. Mungkin karena beberapa bahan ada yg terskip karena dirumah tak ada. Selamat mencoba & bakal menghabiskan sebakul nasi nantinya. Jangan lupa follow IG & tiktok @aldians.kitchen

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

2-3 orang
1 jam 30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Masak rendang ayam yang simple bangetttttt

4 orang
¹ jam
Rendang Daging

Rendang Daging

Pengen banget makan nasi Padang, tapi kl beli cuma sekali makan. Akhirnya searching resep rendang yg SIMPLE 🙂🙂 klik sama resep yg dishare @Ernisafitri dan jadilah ini ❤️ dengan modifikasi ala aku 😁

Kalio daging + rendang

Kalio daging + rendang

selamat mencoba y bun, dijamin enak dan gak ribet bahannya.

Pizza Roll Rendang

Pizza Roll Rendang

Bismillah... Mau share menu yg biasa ku sajikan untuk sajian tamu di Hari Raya Idul Fitri selain ketupat dan teman2nya 😁. Rendang biasanya selalu ada di tiap lebaran, nah rendang gk hanya cocok disajikan dengan ketupat loh.. tp dijadikan topping pizza roll juga enakkk bangett. Apalagi diberi taburan keju MEG Serbaguna, duhh makin muantapp bgt... 🤤 yuk simak resepnya.. #SambutKemenangan

Rendang daging sapi (kw)

Rendang daging sapi (kw)

Bismilah buat rendang masyaallah nikmat ternyata, kenapa mak bilang rendang kw, soal nya ini jauh dari resep asli nya baik komposisi atau pun cara memasak nya. Agar tidak merubah dari cita rasa khas rendang asli nya. Bumbu pakai stok bumbu dasar semua yah, simple banget kalo udah punya bumbu dasar masak enak pun ga pakai repot. rasa nya juga cocok di lidah keluarga sy #BehujahBebayaKaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda

Ayam Kampung Bumbu Rendang

Ayam Kampung Bumbu Rendang

Karena daging Sapi LG mahal bgt, ya sudah kita cari yg murah tp nikmat kepikiran ini bumbu rendang maknyos. Utk garam dan gula aren Optional ya saya sudha ga pakai gula pasir dan Garam dapur saya pakai Garam Organik Sagha (Kusamba) untuk rasa garam ini enak beda jauh dr garam dapur. Yg pakai garam dapur sama gula aptional sesuai selera aja ya..

10 org
2 jam
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Masak rendang memang perlu effort banyak baik dari segi waktu, tenaga dan uang 🤭😂 Tapi dibalik itu semua percaya deh hasil ga mengkhianati usaha 😁. Rendang yang saya buat ga otentik rendang padang karena saya ga punya daun kunyit, tapi untuk rasa dijamin mantulllll....cekidot

4 jam
Tramezzini Rendang

Tramezzini Rendang

Bersyukur masih bisa ikut raya kurban tahun ini, pesta bersama-sama menikmati daging. Aku selalu buat stock daging cincang saat dapat daging. Karena berencana bakal kubuat yang praktis dan gampang makannya buat anak-anak. Tahun lalu daging cincangnya kubuat isian burger. Nah kali ini tertarik sama resepnya mbak @Carol090917 yang keren banget👉 https://cookpad.com/id/resep/15295028-tramezzini-rendangtramezzini-con-rendang-indonesiano?invite_token=3buaYdYrvwYaKMX4kRhXKafs&shared_at=1627278196 Mix match masakan itali dan indonesia😁. Tramezzini adalah roti lapis yang populer sebagai cemilan di italia. Roti lapis ini biasanya berbentuk segitiga dibuat menggunakan dua roti putih lembut yang dibuang pinggirnya. Ya, kata mbak haura “kayak sandwich ya bu..”😁. Biarpun aku telat buatnya, nggak apa-apalah ya. Ngumpulin mood banget habis sakit gigi beberapa hari lalu. Bumbu rendangnya aku pakai bumbu instan saja yang bentuk bubuk, karena aku emang belum “ngerendang”🤭. Keju slicenya aku skip karena emang nggak punya😂🙈. Jadi bukan 3 tumpuk aku buatlah 4 tumpuk😁. Suka-suka emaklah🤭. #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadComminity_Banten #CookpadCommunity_Cilegon #kampungidaman #cocomtangpost_khaskurban #OlahandagingKurban

5-6 orang
1 jam 30 menit
Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Pingin masak rendang tapi lagi gak mau yg rempong 😆 Alhasil bikin rendang ayam pake bumbu Indofood. Hasilnyaaaa enak bund kayak rendang asli, jadi berasa ahli masak rendang seketika 🤣

2 orang