1/2 Rendang ala Emak

Dipos pada February 9, 2022

1/2 Rendang ala Emak

Anda sedang mencari inspirasi resep 1/2 Rendang ala Emak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 1/2 Rendang ala Emak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 1/2 Rendang ala Emak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 1/2 Rendang ala Emak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 1/2 Rendang ala Emak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 1/2 Rendang ala Emak memakai 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ada satu teman sy dari Sumatra Utara, kalau ditawarin rendang buatan sy, pasti ngga mau😅 Dia bilang cuma suka rendang orang Padang, nggak suka rendang orang Sunda, apalagi kalo sy yang buat😅😅 Iya sih, rendang orang Sunda biasanya cuma 1/2 jadi aja, yang kata orang disebut kalio. Terlebih 1/2 rendang sy selalu bercita rasa manis😁 Dari masih ingusan sampe setua ini, rendang buatan Emak seperti ini yang jadi favorit menemani ketupat setiap lebaran, setiap acara dan meja makan sehari-hari. Bumbunya juga di-Sunda-kan,, alias simple aja. Cara masaknya menggunakan cara yg simple juga, cuma sekali cemplung. Kalau di keluarga Emak, dari para nenek sampai secicit-cicitnya masak rendang ya sesimple ini aja. Tapi soal rasa, kita semua sukaaa banget. Kecuali teman sy diatas, teman-teman yang lain - yang biasa nodong makan ketupat rendang tiap lebaran, juga menyukainya.. Terbukti tiap lebaran balik lagi-balik lagi minta dan makan banyak😅 Ini dia, sy menyimpan resep 1/2 rendangnya disini supaya ngga lupa. Kalau emak masak rendang tidak menggunakan daun kunyit ataupun daun jeruk. Tapi karena ini buatan anaknya Emak, jadi sy tambahkan daun jeruk 2 lembar. Soal daun kunyit, bukannya ngga doyan, tapi emang udah kebiasaan ngga pake aja.. Rendang asli Padang atau rendang buatan orang Sunda Bogor? Dua-duanya suka dong.. Memang sih ya.. sy dan seluruh Indonesia pasti menakui, kalo yang asli Padang itu terlalu dahsyaaaat...bisa lupa darat, laut dan udara kalau udah ketemu sama nasi😂🤤🤤

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 1/2 Rendang ala Emak:

  1. 1 kg daging rendang
  2. 3 sachet @65ml santan instant
  3. 1 liter air
  4. 1 sdm garam (sesuaikan lagi)
  5. 1 sdm gula pasir (sesuaikan lagi)
  6. Bumbu halus:
  7. 200 gr cabai merah tanjung, tanpa biji
  8. 12 siung bawang merah
  9. 10 siung bawang putih
  10. Bumbu Cemplung:
  11. 3 lembar daun salam
  12. 2 lembar daun jeruk
  13. 2 batang serai
  14. 1 ukuran jempol kaki lengkoas

Langkah-langkah untuk membuat 1/2 Rendang ala Emak

1
Bersihkan dan potong daging sesuai selera. Haluskan bumbu. Geprek lengkoas dan serai. Satukan semua bahan dalam wajan. Daging, santan, bumbu halus, bumbu cemplung, garam dan gula, Beri air sampai menggenang.
1/2 Rendang ala Emak - Step 1
2
Panaskan dengan api sedang kecil sambil sesekali diaduk. Tambahkan air beberapa kali sampai daging empuk dan bumbu meresap.
1/2 Rendang ala Emak - Step 2
3
Setelah daging empuk, biarkan kuahnya sedikit asat. Matikan api. Pindahkan rendang ke wadah saji.
1/2 Rendang ala Emak - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

First time masak rendang sapi dgn bumbu sendiri krn sering nya bikin pake bumbu instan,,😅 request pak suami alhamdulillah rasanya jauh lebih enak dari pake bumbu instan, bener2 rendang asli, Krn disajikan dgn penuh cinta 💕 wkkwk,, resep dari mbak ipar, makasih mbak sdh share resep ini 🌼 Selamat mencoba....

5-7 orang
2 jam 30 menit
Resep Spaghetti Daging Rendang, Pilihan Tepat Buat yang Suka Makanan Pedas

Resep Spaghetti Daging Rendang, Pilihan Tepat Buat yang Suka Makanan Pedas

Harmoni yang tercipta dari sajian Spaghetti Daging Rendang memang tiada bandingnya. Perpaduan dua jenis makanan yang sangat populer yaitu Spaghetti dan Daging Rendang, ternyata cara buatnya cukup sederhana. Ayo coba bikin sendiri! #PastaUntukIndonesia #BukanPastaBiasa

2 porsi
25 menit
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa nasi plus ada sisa rendang , jadi d buat nasgor rendang aja buat sarapan . #PejuangGoldenBatikApron

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Memanfaatkan sisa daging rendang di kulkas yang bosen dimakan sama nasi putih😆

2 porsi
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Endulita bun 🔥😂

Ayam bakar bumbu rendang simple

Ayam bakar bumbu rendang simple

Masak yg mudah dan bikin anak nafsu makan pada saat sahur

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Ceritanya nih ada bumbu rendang, tapi pengen bgt nasgor , ya udah deh di coba enak ternyta hehe

2 porsi
Rendang Jengkol indofood

Rendang Jengkol indofood

harga jengkol lagi turun bunda.. lama ga makan jengkol akhirnya beli dan langsung eksekusi🙏

Ayam Rendang

Ayam Rendang

Masa pandemi ini mau makan di resto jadialas. Mau order kirim rumah juga malas.akhirnya mencoba memasak rendang ayam ini sekaligus setoran arisan cooksnap di #GenkPejuangDapur yg kali ini mengcooksnap resep di @Kaianiandra agak ribet masaknya tapi hasilnya enak, anak anak suka #CookMemberGenkPeda_Kaianiandra #GenkPeDa_Eksis #semanggisuroboyo #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
40 menit
Rendang jengkol jawa

Rendang jengkol jawa

5-10 orang
1 jam 30 menit
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Ini resep ayam rendang yg simpel dari mama ku ❤️

2 orang (makan siang dan malam)
Rendang Asli Padang

Rendang Asli Padang

Hai Cookpaders. Belajar bikin rendang resep aslinya orang padang salah satu author Code. Rendang ini mirip banget sama rendang yang biasa dibuat sama tante saya yang nikah sama orang padang. Tante saya tuh gak doyan daging sapi ataupun kambing tapi dia jago bikin rendang tanpa nyicipin rasanya. Asli ini rasanya ennaaaakk pakai banget 🤭. Lebih enak lagi ini rendangnya dibuat kering biar bisa awet berhari2. Cuma karena daging udah terlalu empuk jadi saya stop prosesnya sampai disini (masih agak basah tapi gak berkuah banget). Bikin boros nasi ini mah 😁. Source: Maylia Putri #CSDepok_MenuHariRaya #CookpadCommunity_Depok

Rendang jengkol

Rendang jengkol

sandy syansyan
Rendang Daging Sapi Gampang Banget

Rendang Daging Sapi Gampang Banget

Baru pertama kali bikin rendang, dan enak sekali. Resep ini terinspirasi dr resep rendangnya mbak andin's kitchen dg sedikit modifikasi. Hehe. Resepnya paten!! Bu ibuu, ini rasanya kaya rendang2 di restoran masakan padang. Sederhana mah lewat pokoknya mah. Jadinya ga sederhana lagi 😆 Saya simpan di freezer sudah 1 bulan, dan rasanya makin enakkkk

6-7 jam