Rendang Semarang ala si Mbo

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Semarang ala si Mbo

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Semarang ala si Mbo yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Semarang ala si Mbo yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Semarang ala si Mbo, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Semarang ala si Mbo enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Semarang ala si Mbo adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Semarang ala si Mbo diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Semarang ala si Mbo sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Semarang ala si Mbo memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum WR. WB semunya.. Saya mau berbagi pengalaman saya diajarin masak sama aisten rumah tangga saya. Awalnya saya mau bikin rendang padang, cumaa tukang sayur lupa bawain bumbu padangnya, trus ART saya bilang "gak papa neng, kita jadiin rendang Semarang saja". Awalnya saya aneh dengernya tapiii setelah dicobain hhhmmm matap rasanya, bahannya pun sangat mudah di cari di warung sayur, malahan biasanya ibu-ibu yg setiap hari masak pasti punya persedian bumbunya hehheee

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Semarang ala si Mbo:

  1. Bahan A : 1/2 kg daging sapi
  2. Garam secukupnya untuk merebus (saya 2sdm)
  3. Air sesuai kebutuhan untuk merebus daging (sesuaikan panci)
  4. Bahan B :
  5. 3 butir bawang merah
  6. 3 butir bawang putih
  7. 4 butir kemiri
  8. 7 buah cabai keriting
  9. 2 buah rawit merah
  10. Bahan saat menumis :
  11. 2 sdm minyak untuk menumis
  12. 1 sdm gula pasir
  13. 1 batang sereh potong jadi 4
  14. 3 lembar daun salam
  15. 1 ruas jahe digeprek
  16. 1 sdt ketumbar bubuk
  17. 1 buah santan instan+air hangat (agar mudah diaduk)
  18. sesuai selera bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Semarang ala si Mbo

1
Potong daging sapi menjadi potongan rendang, jangan telalu tipis. Lalu beri 2 sayatan di bagian tengah daging dan jangan sampai bolong. Cuci bersih daging hingga tidak ada darah.
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 1
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 1
2
Panaskan air+garam (asin yang pas sesuai selera) rebus daging hingga empuk, tusuk garpu agar meyakinkan sudah empuk.
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 2
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 2
3
Cuci bersih semua bahan. Blender bahan B : bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai keriting dan cabai rawit merah hingga halus. (diulek juga bisa ya moms tapi tetap harus halus hasilnya)
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 3
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 3
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 3
4
Tumis bahan B sampe harum, masukan batang sereh, daun salam, jahe geprek dan 1sdt ketumbar bubuk.
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 4
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 4
5
Masukan daging yang sudah empuk yang masih panas ke dalam tumisan tambahkan air matang 100ml dan gula. (kalo saya masukan semua daging dan air rebusannya karena rasanya sedap dan gurih) Cicip kembali apakah rasanya sudah pas sesuai selera.
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 5
6
Setelah airnya surut dan kental masukan santan yang sudah dicairkan aduk bolak balik hingga rata dan tunggu hingga surut kembali.
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 6
7
Setelah kuah rendang kental matikan kompor dan sajikan dengan bawang goreng. mudahkan moms, selamat mencoba ❤
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 7
Rendang Semarang ala si Mbo - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

349.Serundeng Bumbu Rendang

349.Serundeng Bumbu Rendang

Bismillaah ... Mencoba membuat serundeng yang anti mainstream😅Alhamdulillaah hasil akhirnya enak banget ,, berasa makan rendang tanpa daging versi kering dan renyah🤭bisa menggunakan bumbu instan atau racikan bumbu rendang andalan masing2 ya bebas tak bersyarat😉Karna ditempat yang saya tinggali sekarang banyak betul penjual bumbu rendang (bukan instan pabrikan) jadi sayapun sudah punya langganan yang menurut saya pas takarannya👍emak mah lebih demen pilih jalan ninja untuk cepat sampai tujuan ,, hadeeeuuuh🙈😆🤭🙏. Paling cocok untuk stok makanan kering dadakan , seperti ramadan sekarang ,, jika telat bangun tinggal ceplok telor tabur2 dah siyap dinikmati bersama nasi hangat , alhamdulillaah dapat berkahnya sahur khan jadinya ,, dan in sya Allaah awet dengan cara disimpan dalam tempat kedap udara ya ,,, silahkan dicoba yu momma's ,, #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #IdeMasak #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10

Rendang daging idul adha

Rendang daging idul adha

Menu rendang kesukaan semua,tapi sayang gak pake Lombok kecil soalnya anak ikut makan

5 orang
30 menit
Rendang

Rendang

Hai luvvv, resep kali ini aku dapet dari teman yang menikahi uni padang🥳🥳. Udah lama pengen bikin rendang yang beneran rasa rendang, sebelumnya keluargaku masak rendang selalu rasanya kaya bukan rendang lebih mirip semur. Resep ini juga resep yang simple bgt, cuma kudu rajin mengaduk. Rasanyapun mantap, kebayarlah sesi mengaduk dan panasnya kena letupan. Baiklah yuk cuss

3 jam
Rendang sapi

Rendang sapi

5-8 orang
1 jam
Nasi Goreng Bumbu Rendang (403)

Nasi Goreng Bumbu Rendang (403)

Berawal dr habis bikin rendang...bumbunya masih nempel dipenggorengan..sayang tuh...ambil sepiring nasi...osreng2...hmm nikmat bgt...jadi ketagihan deh bikin lagi...kebetulan ada rendang dagingnya udah tinggal dikit...bumbunya masih ada... #DibuangSayang #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #PosbarIDAMAN #NasiGoreng

1 porsi
30 mnt
Rendang Daging khas Padang Praktis

Rendang Daging khas Padang Praktis

Sekarang kalau mau bikin rendang udah gampang, cuma pakai 3 bahan aja. Rendang udah jadi dengan rasa authentik Sumatera Barat. Bikin ny gampang dan ga ribet. Tinggal campur2 jadi deh. Saya beli bumbu jadinya di www.bumburendangpadang.id Selamat Mencoba

3 Orang
+- 2 Jam 30 Menit
Rendang daging 🤤🥩🥔

Rendang daging 🤤🥩🥔

Beli daging di supermaket online sengaja mau bikin rendang mumpung misua lg diet jadi digodain pake rendang dietnya gagal ga yah tyt gagal🤣🤣✌🏻sehari doang ya paksu 🙏🏻

3-4 orang
2 jam
Rendang Padang

Rendang Padang

Favorit keluarga ❤ Walopun masaknya luamaaa 😄 Tp terbayar capeknya pas liat anak & suami pada lahap makan. Bikin rendang emang gampang gampang susah, tips biar hasilnya memuaskan jangan lupa gunakan santan dari kelapa yang sudah tua, dan jangan skip kelapa sangrai halus biar hasilnya lebih mantull. Source : vifya_kitchen #OlahanDagingKurban #RendangPadang #RendangDaging

Sayur gori (nangka muda) bumbu rendang

Sayur gori (nangka muda) bumbu rendang

Sayur gori atau nangka muda. Sebenernya ini sayur gori disanten biasa cuma bumbunya pake bumbu rendang. Rating ⭐⭐⭐⭐ Rating ⭐⭐⭐⭐⭐ (kalo pake ikan asin pas makan) 😅

8 orang
1 jam
Nasi Rendang

Nasi Rendang

Bismillahirrahmanirrahim. Hallo, Assalamu'alaikum✨ Kali ini sharing masak nasi yang beda dari biasanya, aku terinspirasi dari tiktok hihi tapi mohon maaf aku lupa save video-nya jadi ngga sempat lihat akun siapa disana:(( Tapi jangan sedih! Aku mulai lanjutin bereksperimen dan rasanya uenaaaak banget to. Dikombinasi sama ayam serundeng, sambel ijo, daun singkong. Syedap bukan? Yuk mari coba dibuat yaaa bunda💛 *NOTES: Bumbu rendang boleh pakai sesuai resep atau boleh juga menggunakan bumbu rendang instan jika ingin praktis😉

4 orang
30 menit
Rendang ayam

Rendang ayam

Prtma bkin rendang, liat msi puny ayam d kulkas bosen d goreng trus kpkirn pngen rendang jadilah

2 orang
30menit
Rendang Telur ceplok

Rendang Telur ceplok

Lama nggak masuk dapur nih, bongkar kulkas ada sisa rendang, yang dagingnya udah pada raib 😂😂😂 alias tinggal kuahnya. Tuing.. Tuing... Nemu ide bikin telur ceplok aja dibalurin rendang. Naah ..Ini salah satu cara kita agar terbebas dari dari makanan mubazir yaa.. Dan rasanya hatiku seketika menjadi merasa merdeka💪💪 merdeka dari rasa bersalah buang-buang makanan 😁 #AR_Merdeka #cookpadcommunity_kalteng

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Hari ini mau ke rumah mama, mau bikin kue lagi ga punya stok bahan bahan nya, kepikiran buatin rendang ayam aja deh, simple banget bikinnya... yuuuu mareee

4-5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Source: @mamaAzkakitchen #MasakItuSaya #TidakSekedarMemasak

Rendang nusantara

Rendang nusantara

Resep(Indonesia dan melayu) yang di buat langsung sesuai pengalaman dan banyak di jual di resto/cafe.terus lestarikan budaya kita

5 porsi
2 jam
Rendang Babat

Rendang Babat

Sedap pastinya

25 orang
2jam
Rendang padang super enak

Rendang padang super enak

Proses masak lmyan lama sih, mulai dr sangrai kelapa, prepare bumbu, nguleg bumbu, nguleg serundengnya, sampe eksekusinya d atas wajan. Tp hasilnya dijamin uwow bgt!! Gak nyesel uda cape² bikin 😁. Yuk intip resep & jgn lupa recook yaa 🥰❣

utk 1 kg daging
5 - 6 jam
Rendang Tuna

Rendang Tuna

Simple banget, enak dan bergizi.

4-5 Orang
1 jam 30 menit