54. Rendang Daging Sapi

Dipos pada February 9, 2022

54. Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep 54. Rendang Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 54. Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 54. Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 54. Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat 54. Rendang Daging Sapi adalah 20 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak 54. Rendang Daging Sapi diperkirakan sekitar 3-4 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 54. Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 54. Rendang Daging Sapi memakai 27 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan yg termasuk makanan terenak di dunia versi Delicious Food CNN. Karena hampir semua rempah dipakai. Masaknya pun butuh proses lama & telaten. Menu ini biasanya disajikan saat Idul Fitri atau Idul Adha. Biasanya sy pake daging bagian gandik. Bagian punggung sapi yg hanya ada sedikit diantara daging di bagian lain. #CookpadCommunity_Bandung

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 54. Rendang Daging Sapi:

  1. 1 kg daging sapi (gandik) potong dadu besar
  2. 2 ruasjari jahe (memarkan)
  3. 3 ruasjari lengkuas/laja (memarkan)
  4. 3 bh daun kunyit
  5. 3 bh kapulaga
  6. 4 bh bunga lawang
  7. 5 cm kayu manis (utuh)
  8. 3 bh daun salam
  9. 2 bh serai/sereh (memarkan)
  10. 1/2 kg kelapa parut (untuk serundeng)
  11. 1/2 kg kelapa parut (untuk dibuat santan)
  12. 2 ltr air (untuk perasan santan)
  13. 1 bh kara (santan instan)
  14. 50 gr gula merah
  15. 2 sdt gula putih
  16. 1 sdt kaldu sapi bubuk
  17. 1 sdt garam
  18. Bumbu yang dihaluskan :
  19. 8 siung bawang merah
  20. 5 siung bawang putih
  21. 5 kemiri/muncang
  22. 2 ruasjari kunyit/koneng
  23. 2 bh cabe tanjung
  24. 6 bh cabe keriting merah
  25. 5 bh cabe rawit merah (cengek domba)
  26. 5 bh daun jeruk
  27. 1 sdt ketumbar

Langkah-langkah untuk membuat 54. Rendang Daging Sapi

1
Rebus parutan kelapa bersama 2 liter air (boleh sekaligus atau setengahnya dulu jika tempat merebus tidak cukup. Setengahnya lagi dimasukkan saat akan merebus daging) hingga mendidih. Setelah itu biarkan hingga dingin. Peras & saring kelapa hingga menjadi santan kental.
54. Rendang Daging Sapi - Step 1
2
Siapkan semua bahan termasuk bumbu halus dan bumbu yg dimemarkan. Potong-potong daging dan cuci bersih.
54. Rendang Daging Sapi - Step 2
54. Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Dalam panci presto masukkan santan kental, daging dan semua bumbu, kecuali kara (santan instan), gula merah, gula putih, garam & kaldu sapi bubuk. Masak dengan api sedang selama kurleb 1 jam. Setelah itu matikan api dan buka tutup panci presto
54. Rendang Daging Sapi - Step 3
4
Selagi menunggu daging empuk di panci presto. Sangrai 1/2 kelapa parut hingga kering dan berwarna kecoklatan. Setelah itu tumbuk kelapa sangrai hingga menjadi bubuk kelapa.
54. Rendang Daging Sapi - Step 4
54. Rendang Daging Sapi - Step 4
54. Rendang Daging Sapi - Step 4
5
Pindahkan isi panci presto ke wajan. Masukkan bubuk kelapa, kara (santan instan) dan air (air ditambahkan jika setelah dimasukkan bubuk kelapa air menjadi surut). Aduk-aduk terus agar tidak gosong. Setelah air hampir surut masukkan garam, kaldu sapi bubuk, gula merah, gula putih & garam. Aduk & koreksi rasa. Setelah dirasa pas, matikan api dan sajikan...... Punya sy rendangnya ditambah telur, karena ada sisa telur rebus dari masakan kemarin 😁 dimasukkan bersamaan dgn memasukkan parutan kelapa.
54. Rendang Daging Sapi - Step 5
54. Rendang Daging Sapi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Semarang ala si Mbo

Rendang Semarang ala si Mbo

Assalamualaikum WR. WB semunya.. Saya mau berbagi pengalaman saya diajarin masak sama aisten rumah tangga saya. Awalnya saya mau bikin rendang padang, cumaa tukang sayur lupa bawain bumbu padangnya, trus ART saya bilang "gak papa neng, kita jadiin rendang Semarang saja". Awalnya saya aneh dengernya tapiii setelah dicobain hhhmmm matap rasanya, bahannya pun sangat mudah di cari di warung sayur, malahan biasanya ibu-ibu yg setiap hari masak pasti punya persedian bumbunya hehheee

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Keluarga

Rendang Keluarga

titip resep rendang keluarga, biar ga lupa hehehe

4 orang
1 jam 30 menit
Rendang ayam khas sipirok

Rendang ayam khas sipirok

Salah satu ciri khas rendang khas Sipirok adalah selalu dicampur dengan kacang merah.

4 Orang
1 jam 20 menit
Rendang Telur Kentang

Rendang Telur Kentang

Source : Fadhil Kitchen Pertama kali liat resep ini dari pa fadhil, pas liat foto rendang telur di grup wow! Langsung pengen cobaaa. Tapi tadi siang aku ke pasar muter muter cari telur puyuh ga ada, akhirnya beli telur ayam, dan aku modif pakai kentang karena banyak stock kentang dirumah, aku ikutin step By step nya. Wow! Enak rasanya, bisa jadi menu favorit baru buat aku nih rendang telur. Thankyou resepnya pa fadhil sangat menginspirasi. #foodtographyclub_hariaids #PosbarMenuSehatHariAids #foodtographyclub #tim_DeGendhis #ResepTelurkuMendunia #PejuangGoldenApron3

Rendang jengkol pulen & tidak bau

Rendang jengkol pulen & tidak bau

Jengkol itu... mempunyai nikmat dan ciri khas yang tersendiri di hati aku & suami, dan mungkin dihati beberapa orang, atau bahkan kebanyakan orang. Teksturnya yg kalo dimakan itu membal2 adoiiiii, sekilo itu kurang loo hanya untuk kami berdua 😊 Terlebih kalo aku masak, gak meninggalkan jejak aroma, baik dimulut maupun dikamar mandi. Yuk monggo bunda, dilihat dan direcook resepnya, semoga bermanfaat🤗🤗🤗

Rendang Untuk Pemula

Rendang Untuk Pemula

Berawal dari penasaran bikin rendang sendiri, foilaaa liat resep sana sini dan kombinasikan jadi satuuu.. Kata suami, ini rendang yg enak dari rendang yang pernah ku buat sebelumnya😍

Rendang

Rendang

Bismillah, Rendang ini salah satu menu wajib kala puasa dan lebaran. Dan Alhamdulillah, resep ini diajarin langsung by phone 13 th yang lalu oleh Tante Yul, orang Padang yang sudah seperti saudara sendiri dengan ibuk Palembang sekeluarga. Bahagia dan selalu bersyukur jika ada yang mau berbagi ilmunya, semoga selalu bermanfaat. Karena ilmu yang bermanfaat termasuk salah satu amal jariyah, Masha Allah. #PejuangGoldenApron3

20 potong
Rendang Telur Tanpa Santan

Rendang Telur Tanpa Santan

Untuk pengganti Santan bisa menggunakan fiber creme maupun kemiri, sesuai selera ya teman.

4 - 8 orang
30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Makanan favourite

3 orang
1 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Sudah mulai musim, tmn2 kantor mulai pada minta di buatiin.. Hehe Untung hari2 msh stay pke masker 😷

5 orang
1 jam 30 menit
Kalio daging + rendang

Kalio daging + rendang

selamat mencoba y bun, dijamin enak dan gak ribet bahannya.

Nasi Rendang Rice Cooker

Nasi Rendang Rice Cooker

Kebetulan hari ini masak rendang ayam, jadi coba buat nasi rendang ini 😍 Kata suami jadi mirip nasi goreng, enak dan gurih 💕 Source devinahermawan #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

Tahu bumbu rendang

Tahu bumbu rendang

Ini bikin nasi cepet abis bun… 😂 simpel banget masaknya, enaknya kebangetan.. cuss…

4-5org
20 menit
Rebung ayam bumbu seblak rasa rendang haha

Rebung ayam bumbu seblak rasa rendang haha

Modal rebung seuprit sama potongan paha ayam (paha atas dan bawah) pakai bumbu seblak ditambah jahe rasanya perpaduan sunda padang tegal wakwak... Seblak rendang warteg xixixi

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Lebaran sebentar lagi... Ini salah satu menu yang selalu ada di hari raya idul fitri. Yuk coba resep Rendang💕

5 orang
Rendang jengki maknyuuss

Rendang jengki maknyuuss

Hai jumpa lagi buibuk. Suka bingung kan mau masak apa padahal udah ditukang sayur😅 sebelum belanja jgn lupa buletin niat dr rumah mau masak apa biar sampe tukang sayur ga goyah pendiriannya🤣🤣 kali ini mau ngolah jengki yg sisa di kulkas blm sempet di colek😔 alhamdulillah laris sampe daun salamnya di isep isep saking enak bumbunya. Yuk cekidoooot👇👇👇

5 orang
1 jam
Rendang Pedas

Rendang Pedas

Tetiba pengen rendang, jadilah eksekusi resep dari ci @xanderskitchen namun saya gunakan gula merah 🤣 jadilah tampilan dan tekstur yang sedikit berbeda namun aromanya sama 😂 Tak apalah. Lain kali mungkin saya akan tambahkan kelapa parut yang disangrai agar teksturnya mirip 😁

3 porsi
1 jam 30 menit
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ini sengaja berhenti di tahap kalio, dengan beberapa alasan. Selain karena suka kuahnya, juga karena bikinnya pagi dan udah mau berangkat ngantor 😄 Untuk garamnya, sebaiknya tidak usah terlalu banyak diawal, karena kuah akan menyusut. Kalio ini bisa juga buat stok sahur saat puasa ramadhan Simpan dalam wadah bertutup, dengan porsi sekali makan. Kemudian masukkan kedalam freezer. Jika akan dimakan saat sahur, keluarkan dari freezer saat malam hari, dan tinggal dipanaskan subuhnya. Kalau pakai microwave, pas subuh baru di keluarkan juga gpp 😊 #Cookpadcommunity_Kalbar #PejuangGoldenBatikApron #Week7 #IdeMasak

Rendang ayam

Rendang ayam

Favoritnya anak bujang saya. Tp karena daging mahal, ya diganti aja dgn ayam. Rasanya tetap mantul kok.

8 potong
60 mnt