Rendang jengkol

Dipos pada February 9, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini pengalaman pertama masak rendang jengkol, biasanya selalu semur ke semur.. Barokah ramadahan kali ini, ada tetangga yg minta di masakin rendang jengkol karna kebetulan saya jualan lauk² untuk bukaan.. Dan Alhamdulillah, rasanya cocok😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. Jengkol -+1kg (dengan kulit)
  2. 500 ml santan encer
  3. 75 gr santan kental (saya pakai santan instan kara)
  4. bumbu halus
  5. secukupnya Bawang merah
  6. secukupnya Bawang putih
  7. 10 buah Cabe merah kriting
  8. Cabe rawit merah (jika mau lebih pedas)
  9. 2 ruas jahe
  10. 2 ruas kunyit
  11. 4-6 buah kemiri
  12. secukupnya Ketumbar
  13. Daun salam+ serai (memarkan)
  14. Untuk merebus bisa menggunakan kopi hitam atau rempah² (lengkuas, serai, daun salam) tujuannya agar bau dari jengkolnya tidak terlalu menyengat

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rebus jengkol yg sudah di kupas sampai +-30menit atau sampai kulitnya terkelupas
2
Angkat, dan tiriskan jengkol Kemudian geprek per bagian
3
Tumis bumbu yg sudah di haluskan tadi sampai matang dan harum Tambahan daun salam dan serai yg sudah di memarkan
4
Jika sudah, masukkan jengkol dan aduk² sebentar
5
Tambahkan santan cair, aduk² secara berkala agar tidak gosong Biarkan sampai santan menyusut
6
Tambahkan garam, gula, penyedap dan koreksi rasa
7
Jika sudah menyusut, baru masukkan santan kentalnya Aduk² beberapa saat Dan selesai🤗 -slamat mencoba-

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep rendang kadang beda-beda di tiap daerah. Menyesuaikan selera keluarga, saya pakai resep ala ibu mertua saya yang tinggal di sumut mepet sumbar hhe. Langsung wa buat nanya resep dan step-step kuncinya hhe 😁 bener-bener endull buat lauk bukaan dan saur juga, jadi menambah energi 😄 #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #KampoengRamadhan #CookpadCommunity_Depok

Rendang paru dan limpa

Rendang paru dan limpa

Buka tabungan resep dulu ya☺️☺️ Hari ini post rendang ala keluarga murhandoyo. Ini wajib ada sebagai pendamping lontong. Dan saya paling suka rendang paru. Note: untuk resep ini selain paru bisa pake daging sapi, ayam atau telur. #PejuangGoldenApron3

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Ceritanya nih ada bumbu rendang, tapi pengen bgt nasgor , ya udah deh di coba enak ternyta hehe

2 porsi
Rendang telur MPASI 22 bulan

Rendang telur MPASI 22 bulan

#PekanPosbar #SerbaDirebus #pejuanggoldenaproan #mpasi22bulan #menulengkap #sayanganak #masakpenuhcinta

2 porsi
Rendang lazy

Rendang lazy

Yah nggak lazy juga sih , tapi menu bumbu instant yang memang cocok banget itu merk indofood ( bukan Di endorse loh ) Di Banding bumbu yang lain, tapi memang harus Ditambah bahan bahan lain dikit dikit biar afdhol , daging saya prefer potong sendiri karena kalau pakai daging yang siap potong Di supermarket akan Menciut pas Di rebus , kalau mau lebih pedes bisa Di tambah cabai yang Di giling terlebih dahulu, Di rumah saya karena kebanyakan lidah bule jadi pakai bumbu ini saja sudah cukup tingkat pedes nya

Rendang Jengkol enak dan empuk

Rendang Jengkol enak dan empuk

Critanya kmarin bingung mau msak apa..cz cuzz tkang sayur liat jengkol tua2 bgt... Niatnya mo dipedesin tp bosen jengkol di gtu2in trus..cz ada ide dbuat rendang ajh pa suami suka...dan ini masakan ke dua...pa suami mnta dibuatkan lg ..

5orang
1jam 30 menit
Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang

Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang

Spesial buat suami yang mau pergi dinas, saya memasak rendang ayam + ati ampela + kentang. Sekaligus banyak. Tentu saja resep channel Uni ET selalu jadi contekan saya untuk masakan minang ♡ Silakan dicoba, ya~ 1 hari sebelumnya, saya ungkep ayam dan hati ampela sebentar untuk menghilangkan amis, lalu ditaruh di kulkas bawah.

3 jam
Rendang telur asli padang😋😋😋😋

Rendang telur asli padang😋😋😋😋

Pasti banyak yg suka dengan yg nama nya rendang😍😋tp sekarang yg di bikin bukan dari daging tp telur🤭😆😆tp rasanya mantul juga loh mom😍😍😋

1 keluarga
30 menit
Rendang ayam bumbu indofood

Rendang ayam bumbu indofood

Lgi kepengen bikin rendang ayam tpi bumbu dapur gk lengkap nyobain deh pke bumbu indofood enak banget ternyata

4 orang
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Buat rendang mumpung di kulkas masih ada daging sisa qurban, sebenernya masih males mau ngolah2, tp frezeer nya penuh, mau naruh apa2 nggak muat 😀.

2 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Bikin nagih lauk satu ini plus tahan lama..bkin banyak sekalian bs utk stok..

500 gr
2 jam
Ayam Bumbu Rendang

Ayam Bumbu Rendang

Resep ini saya ambil dari ig masak.tv dan saya kombinasikan sendiri dengan bumbu yang ada dirumah. Semoga membantu

6 potong
1 jam
Rendang padang

Rendang padang

Biasanya tiap hari raya idul adha mama selalu ngirim rendang, beli daging tambahan dan dikirim dr sumatera ke jawa. Sekarang cuma bisa balas kirim doa semoga mama tenang disana. Rendang yg otentik ala mama 1kg daging 3butir kelapa, untuk menghasilkan dedak yg banyak dan sedap. Dimasak dengan kayu selama 4-6 jam sampai kering. Dan saya coba buat versi simplenya.1kg daging dengan 1butir kelapa tapi tetep banyak dedaknya yaitu dengan menghaluskan semua bumbu. Saya masak di presto lalu keringkan di wajan. Jd lebih hemat waktu. #KampungIdaman #CookpadCommunity_Yogyakarta

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Wuiiiiih...Jengkol gaeees..😅 . . Dulu tuu gini, "..gak aaah...gak doyan jengkol aku tuuu..."...pas ditawarin sama bu kost pertama kali...terus gini, "...mbak Tia.. Sini makan rendang nih...enak kali lah ini...". Saya pun makan..."enak gak? ". "Enaaak......" . . "...katanya gak suka jengkol.." 🤣🤣 . . Eeeh ternyataaaa enak lho memang...hehehe . . Kali ini saya beli yang udah rebusan. 35ribu udah direbus. Gak tanya juga...brp kalo beli mentahnya. Ndak saya gak jadi masak nanti...soale nanti jatuhnya lebih mahal..🤪😜 . . Dulu pernah beli mentah. Ngliat di google...rendam air beras 3 hari. /hari diganti airnya. Lha dalah...habis 3 hari...pas diolah...subhanallah....ambu ne sak perumahan kebau semua...kapok abis itu cah!

4 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillah (51/52) #PejuangGoldenApron3 #Cookpadcommunity_bandung

Rendang Daging Kentang Instan

Rendang Daging Kentang Instan

Pengen rendang tapi yang gampang dan instan aja, males yg ribet. Hahahahaha ❤️🤰🏻bumil ga bisa diri dan duduk lama 🙈

1-3 orang
60 menit
Cireng isi rendang

Cireng isi rendang

Iseng bikin cireng untuk bukaan nanti malam paksuam dengan bahan seadanya dan yg pasti ada inovasi rasa yup isinya pake rendang

2 orang
30 menit
Rendang ayam

Rendang ayam

recooked resep cie xander kitchen. Saya tambahkan kacang merah ( seharusnya kacang tolo ). Kurangi pemakaian cabe jika tak bisa pedas .

Rendang Daging Resep Mertua

Rendang Daging Resep Mertua

Penasaran dari awal mamah mertua masak rendang ajib banget.. ternyata oh ternyata.. midah.. tp mayan lama masaknya 😍

4 orang
120 menit