Rendang Ikan Tongkol Suwir

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Ikan Tongkol Suwir

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ikan Tongkol Suwir yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ikan Tongkol Suwir yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ikan Tongkol Suwir, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ikan Tongkol Suwir enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Ikan Tongkol Suwir adalah 1 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Ikan Tongkol Suwir diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ikan Tongkol Suwir sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ikan Tongkol Suwir memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bukan hanya jenis protein daging ayam dan sapi saja bisa di buat masakan ini ternyata ikan jg bisa lho dibuat rendang sdh gitu bisa jg jadi stok lauk kering utk persiapan sahur inspirasi resep dari @Fauziahafifathuzahwa #Gengpeda #RememberGenkPeda_Fauziahafifathuzahwa #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo #RecookOfTheWeek #PekanPosbar #PekanPosbarProtein

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ikan Tongkol Suwir:

  1. 500 gr ikan tongkol
  2. 1/4 sdt garam utk melumuri ikan
  3. 1,2 liter santan kental
  4. 1/2 buah kelapa parut
  5. Sesuai selera garam kaldu jamur dan gula merah
  6. Bumbu halus:
  7. 15 butir bawang merah
  8. 7 siung bawang putih
  9. Seruas jahe
  10. Seruas kunyit
  11. 2 ruas jempol lengkuas
  12. 12 buah cabe merah keriting
  13. 2 butir kemiri sangrai
  14. Bumbu rempah:
  15. 1 buah bunga lawang
  16. 3 butir cengkeh
  17. 5 cm kayu manis
  18. Seujung sdt merica bubuk
  19. 1/4 sdt pala bubuk
  20. Bumbu dedaunan:
  21. 1 lembar daun kunyit
  22. 2 batang serai memarkan
  23. 3 lembar daun salam
  24. 5 lembar daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ikan Tongkol Suwir

1
Lumuri ikan dgn garam diamkan Β±15 menit goreng ikan hingga matang lalu suwir suwir
Rendang Ikan Tongkol Suwir - Step 1
Rendang Ikan Tongkol Suwir - Step 1
2
Buat ambu ambu sangrai kelapa parut hingga kecoklatan lalu giling dgn ulekan hingga halus (tdk disarankan di blender)
3
Masukan dalam wajan santan bumbu halus bumbu aroma bumbu dedaunan aduk rata nyalakan api aduk terus hingga mendidih dan santan mengeluarkan minyaknya
Rendang Ikan Tongkol Suwir - Step 3
Rendang Ikan Tongkol Suwir - Step 3
4
Setelah minyak keluar masukan ambu ambu aduk rata Β±10 menit
5
Masukan daging ikan suwir aduk rata masak terus sambil terus diaduk agar tidak gosong hingga kering
Rendang Ikan Tongkol Suwir - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Simpel Bumbu Instan

Rendang Simpel Bumbu Instan

Kebetulan hari ini bikin 15 nasi bungkus untuk ke mesjid, menunya pake telur dadar padang, perkedel kentang, sambal ijo dan rebusan daun pepaya jepang. Biar ga terlalu kering, saya siram sedikit dengan bumbu rendang (tanpa daging). Daging rendangnya buat stok dirumah. Untuk bumbu rendang, saya pesen ke adik beli bumbu giling, asli bumbu Padang & yang jual orang Padang. Langsung deh eksekusi tanpa ribet lagi dan ga perlu lama banget jadilah rendang Padang super gampang karena serba instan 😁 tapi rasa ga kalah dengan rendang warung Padang (bukan resto besar ya). Kata temen juga yang punya warung Padang, dia juga beli bumbu giling untuk menu rendangnya . . #rendangsapi #rendangdaging #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

8 potong
Rendang medok rasa nampol

Rendang medok rasa nampol

Hai, resep pertama yang aku share ini adalah masakan yang paling suamiku suka. Resep n cara memasak ini berasal dari mertua tercinta... Selamat mencoba yah πŸ˜ƒ

16 porsi
Tuna Suwir Bumbu Rendang

Tuna Suwir Bumbu Rendang

Habis lebaran, bosen nih makan daging-dagingan dan ayam. Masih ada Tuna difrezer nih, dibuat Tuna suwir bumbu rendang aja. Kebetulan masih ada sisa bumbu rendang sedikit habis lebaran, tapi daging rendangnya sudah habis. Dimanfaatkan buat Tuna suwir bumbu rendang,mmm enak juga,cocok sama nasi hangat.Dan sesuai budget nih.Maklum abis plg liburan,ndak sempat kepasar,mana budget menipis dan mendekati tanggal tua.Jadi,Mother mengolah bahan apa yang ada dikulkas dan didapur aja. Oiya,ikan tuna disini bisa diganti dengan ikan lain ya. #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #MeolahCaruan_SesuaiBudget #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #PejuangGoldenApron3

Mie nyemek kuah rendang full sayuran

Mie nyemek kuah rendang full sayuran

#pejuanggoldenbatikapron #mingguke9

Rendang Kacang Panjang & Ebi

Rendang Kacang Panjang & Ebi

Ada stock kacang panjang, tp bosan didadar muluu.., kemarin coba di masak rendang πŸ˜‰ .. Ternyata Enakkk lhooo πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ€€ menu hemat nih πŸ˜‰πŸ˜š bisa utk akhir bulan 🀣🀣🀣 masaknya pun tdk butuh waktu lama πŸ˜‰ . Good Morning and 🌈 Happy Sunday 🌈 . #JelajahSayuranHijau #JelajahResepSayuranHijau #JelajahResep #PejuangGoldenApron3 #minggu28 #cookpadindonesia #cookpadcommunity_palembang #masakitusaya #kedapuraja

1 Porsi
15 menit
Rendang padang pedas

Rendang padang pedas

#cookpadcomuninty_bogor #genkpejuangdapur #cookmembergenkpeda_kaianiandera #genkpeda_eksis

Rendang pedas mampus

Rendang pedas mampus

pecinta pedas,jadi masak apapun harus pedas,dan sekarang resep rendang pedas,pecinta pedas yuk mari kita masak bersama dengan resep rendang pedas dariku

6-8 ORANG
5 jam
156. Rendang Daging

156. Rendang Daging

Pekan ini dpt ilmu dr mba @cook_6168662_wa untuk resep Amplang 😍 duh jd mupeng tp kykny ribet bgt bikinnya, jd ngumpulin nyali dl deh haha.. sementara aq buat rendang ala beliau aja semoga berkenan & makasih u/ resep nya 🀎 oiya santan ny aq ganti pake fibercreme hehe. #CodePesiar_Kaltim #CoompadCommunity_Depok #PejuangGoldenBatikApron

Ayam Kampung Bumbu Rendang

Ayam Kampung Bumbu Rendang

Karena daging Sapi LG mahal bgt, ya sudah kita cari yg murah tp nikmat kepikiran ini bumbu rendang maknyos. Utk garam dan gula aren Optional ya saya sudha ga pakai gula pasir dan Garam dapur saya pakai Garam Organik Sagha (Kusamba) untuk rasa garam ini enak beda jauh dr garam dapur. Yg pakai garam dapur sama gula aptional sesuai selera aja ya..

10 org
2 jam
Rendang Telor

Rendang Telor

#pejuanggoldenapron3 Rendang memang masakan yang begitu maknyus. Namun karena daging mahal, kucoba untuk membuat rendang telur. Rasanya ternyata tidak kalah dengan daging. Ehmmm yummy....

8 porsi
1 jam
Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang Daging Sapi Khas Padang parut kelapa

Rendang ini dibuat karena lagi malas masak setiap hari so rendang istimewa ini recommend karena awet dan cocok juga buat orang yg travelling sebagai bekal dalam perjalanan (biar g jajan di luar)☺

6 porsi
1 jam
Rendang Bumbu Sasa Praktis

Rendang Bumbu Sasa Praktis

Pingin rendang, ada daging yg sdh siap dimasak. Saya biasa menyimpan daging yg sdh di presto, jd suatu saat mau masak tinggal dikeluarkan dr kulkas sehingga efisien waktu. Cukup 30 menit rendang siap dinikmati #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesia #AnekaOlahanDagingSapi

relatif
30 menit
Nasi goreng rendang kikil

Nasi goreng rendang kikil

Di kasih rendang kikil sama tetangga, gak ada yang makan, krn iduladha tahun ini, alhamdulliah dapat banyak daging sapi dan daging kambing, sampai bosen tiap hari menunya daging terus😁

Nasi Goreng Rendang Sisa

Nasi Goreng Rendang Sisa

Ada sisa rendang waktu itu kebetulan ada nasi juga.jadi nga ada yang terbuang #DibuangSayang #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang Telur

Rendang Telur

#cookpadcommunity #pejuanggoldenapron3 #jelajahresep #reseptelurkumendunia Rendang memang identik dgn daging sapi,tp telur pun juga bisa di masakn rendang 🀩 rasa nya?tentu sj enakπŸ˜‹ ga kalah dgn rendang daging dan boros nasi juga tentu nyaπŸ˜… di makan pakai nasi hangat & kerupuk sj udah enak bgt🀀🀀 Dan masih setia dgn resep mamah sy😘 Sy tuliskan resep ny,siapa tau bunda2 ada yg mw coba buat juga di rumah

Rendang Telur Jengkol

Rendang Telur Jengkol

Happy cooking..