240. Rendang Daging Sapi

Dipos pada February 9, 2022

240. Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep 240. Rendang Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 240. Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 240. Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 240. Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 240. Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 240. Rendang Daging Sapi memakai 22 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah.... Lanjut stok rendang buat lebaran. Padahal lebaran masih lama ya momsπŸ˜…...gpp daripada nanti pas mo lebaran kalang kabut masak. Jadi dicicil dari sekarang, rendangnya bisa disimpan di freezer dan tahan lebih dari 1 bulan tanpa mengurangi rasa rendangnya. Kali ini saya recook resepnya Yana Armila, teman satu komunitas dari kalbar. Resepnya menggunakan ambu-ambu yaitu kelapa parut yang digongseng dengan api kecil dan kemudian di haluskan hingga berminyak. Ambu" ini menambah citarasa khas pada rendang. Resep menggunakan stok bahan dirumah, resep aslinya bisa di liat di link yang saya share yaa. Yuk moms dicoba...😍😍😍 Source : Yana Armila https://cookpad.com/id/resep/14002660-rendang-daging-sapi?invite_token=5qQxpFbiwyiJzRYwGya3kp7k&shared_at=1618724346 #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_tangerang #menulebaran #menuberbukapuasa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 240. Rendang Daging Sapi:

  1. 500 gr daging sapi, potong kotak (me : 650 gr)
  2. 2 buah kelapa parut (me 2 bungkus santan cair kurleb 2ltr)
  3. 300 gr kelapa parut (utk ambu-ambu)
  4. Bumbu halus :
  5. 3 sdm Bumbu dasar putih
  6. 100 gr cabe merah keriting (blender halus) tergantung selera
  7. Bahan cemplung :
  8. 3 lembar daun kunyit
  9. 4 lembar daun jeruk
  10. 3 buah asam kandis
  11. 3 lembar daun salam
  12. 2 batang serai, geprek
  13. 5 cm kayumanis
  14. 4 butir kapulaga
  15. 3 butir bunga lawang
  16. 5 butir cengkeh
  17. 1 sdm ketumbar bubuk
  18. 1 sdm lada bubuk
  19. 1 sdt garam
  20. 1 sdm gula merah
  21. 300 ml air kaldu
  22. 1 sdm bumbu kari (bisa skip)

Langkah-langkah untuk membuat 240. Rendang Daging Sapi

1
Siapkan semua bahan bumbu dan cuci bersih daging. Didihkan air tambahkan lengkuas geprek, rebus daging hingga setengah lembut. Gunakan air kaldunya. Sisihkan
240. Rendang Daging Sapi - Step 1
240. Rendang Daging Sapi - Step 1
240. Rendang Daging Sapi - Step 1
2
Campur semua bahan bumbu halus, saya menggunakan bumbu dasar putih + cabe merah giling + bumbu kari + ketumbar.
240. Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Siapkan ambu" nya sehari sebelumnya. Gongseng kelapa parut hingga kecoklatan, kemudian tumbuk halus hingga mengeluarkan minyak.
4
Siapkan wajan, masukkan santan. Tunggu hingga hangat. Masukkan semua bumbu halus dan bumbu cemplung. Masak hingga harum dan kuah sedikit menyusut. Kemudian masukkan daging beserta kaldunya.
240. Rendang Daging Sapi - Step 4
240. Rendang Daging Sapi - Step 4
240. Rendang Daging Sapi - Step 4
5
Masak hingga kuah menyusut menggunakan api sedang cenderung kecil, sambil sesekali diaduk, supaya tidak gosong bagian bawahnya. Kemudian masukkan ambu"nya. Garam saya tambahkan terakhir, supaya tidak keasinan dan daging tidak mengeras. Masak hingga mengeluarkan minyak. Jika takut daging terlalu lembut, dagingnya bisa dikeluarkan dulu dan kuah rendangnya dimasak kembali sesuai tingkat kekentalan yang diinginkan.
240. Rendang Daging Sapi - Step 5
6
Tingkat kekentalan kuah tergantung selera ya. Disini saya masak hingga benar" kering.
240. Rendang Daging Sapi - Step 6
240. Rendang Daging Sapi - Step 6
7
Rendang daging sapi siap....bisa disimpan di freezer, tahan hingga lebih 1 bulan. Selamat mencoba
240. Rendang Daging Sapi - Step 7
240. Rendang Daging Sapi - Step 7
8
Fyi : βœ… Cabe saya kurangi karena anak" suka rendang yang tidak pedas. (Warna rendang jadi pucatπŸ˜…) βœ… Warna rendang tidak menghitam karena ada kandungan kunyit pada bumbu kari nya. Jadi kalo suka rendang yang hitam, skip penggunaan kunyit. βœ… Merebus daging terlebih dahulu, dapat mempersingkat proses memasak rendang. Tapi semua tergantung selera ya moms...πŸ₯° βœ… Jika suka rendang yang berkuah tapi sudah terlanjur dimasak kering bisa tambahkan secukupnya santan dan masak kembali.
240. Rendang Daging Sapi - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Makanan penggugah seleranya pak suami alias makanan kesukaannya. Kalau makan sama rendang bisa nambah yuk di buat.

Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Rendang Dada Ayam (Tanpa Santan)

Biasanya nih, buat rendang pakai daging sapi. Tapi,kali ini pengen buat menu diet yang enak, jadi daging sapi diganti dengan daging dada ayam, santan diskip dan tambahan rempah-rempah juga diskip. Gimana hasilnya ya...taraaa, mmm nggak kalah enak deh pokoknya dengan rendang daging sapi. Kalo menu dietnya gini, jadi betah deh buat diet. Eh, tapi kok makannya pakai nasi putihnya nambah melulu nih, ckckck. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #KulaEtamCocok

5 orang
1 jam
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ngerendang-rendang ngirit yah .. rendang ayam. Tambah kentang makin mantab, lebih kenyang nih 😁 Asal bumbu bisa meresap, pasti tetep enak.... Trimaksih mbak @fitrisasmaya yg sdh menginspirasi bgt pokoknya πŸ™ ... Bumbunya agak dilengkapin karna dah beli racikan bumbu limaratusan itu (ada kapulaga, jinten, cengkeh dan kayu manis),,, tinggal ngalusin.. #LihaiCooksnapNov_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli)

Ayam Rendang KW (Bumbu mirip rendang asli)

Akhirnya sempet juga share resep ini.. Intinya dari hasil liat banyak video2, jadi mencoba pakai kelapa parut yg sangrai. Ternyata hasilnya bener2 enak bangettt, bumbunya gurih dan bikin nambah nasi terus.. Silahkan dicoba ya, resep praktis pake bumbu instan juga..

Rendang Ayam Masakan Padang

Rendang Ayam Masakan Padang

Gara-gara nyobain beli sarapan nasi campur, menunya rendang ayam jadi ketagihan. Nyobain bikin sendiri pakai bumbu instant hihihi ❀ Source : cau #PekanCooksnap #CookpadCommunity_Sumbar

5 orang
Telur Rendang

Telur Rendang

Karena ibu lagi sakit dan ga boleh makan pedes. Mulai lah beride bikin telur rendang yg manis.

Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum. Selamat pagi semuanya, salam sehat selalu bersama keluarga tercinta. Saat ini saya membuat lauk dg bahan dasar karkas ayam kampung, agar tidak bosan saat ini saya padu dg bumbu rendang siap pakai dr Racik. Cukup 45 menit "Rendang ayam kampung", siap dihidangkan bersama nasi putih disaat makan sahur. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #PejuangGoldenBatikApron #MasakanRumahan #OlahanAyamKampung

Relatif
45 menit
Rendang daging telur

Rendang daging telur

Pelengkap nya daun singkong sambel ijo & bakwan jagung 😍 Next resep sambel ijo dan bakwan jagung nya 😊

Rendang Ayam Frozen

Rendang Ayam Frozen

Assalamualaikum Cookpader Challenge mamah CP di #Ramadancamp_misi4 adalah bikin makanan frozen food untuk stok selama ramadan ini. Saya bikin rendang ayam yang bisa buat stok untuk lauk makan sahur. Yang bisa dipanaskan dengan dimasukkan ke microwave atau pun dimasukkan ke magiccom. #PejuangGoldenBatikApron #Menufrozenfoodwongkito #Ramadancamp_Misi4 #Rendangayam #Cookpadcommunity_Palembang #RendangayamFrozen #niungniung #ResepWongKito #Wongkitogalo

Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Masih punya daging rendang di rumah, yuk berdayakan untuk dibuat nasi bakar. aja. Nasi bakar umumnya adalah usaha untuk memberdayakan lauk sisa yang tidak habis dikonsumsi, (tapi masih layak konsumsi ya) dan dicampurkan dengan nasi untuk dibuat jadi suguhan yang mempunyai nilai jual yang lebih. Pengetahuan ini yang saya dapatkan dari kursus singkat sehari bersama Cooking Course khusus masakan nusantara, di bilangan Jakarta Barat, Yuk moms silahkan berkreasi dengan lauk sisa yang ada di rumah yaa.. #nasibakarrendang #olahannasilingga #dibuangsayang #posbaridaman #CookpadCommunity_jakarta

4 porsi
45 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Pasti sudah banyaaakk sekali resep rendang daging sapi di Cookpad ini. Tapi pasti tiap orang punya formula bumbu yg berbedaΒ². Ini adalah resep rendang modifikasi dari ibu mertua saya di Jambi. Rendang yg sesuai selera saya dan proses masaknya pun gak saya bikin ribet. IbuΒ² sibuk yg pengen masak rendang, silahkan intipΒ² boleh. Ini saya masak sambil ngasuh anak usia 1 tahun loh... πŸ€—

20 orang
3 jam
Nasi Gurih Goreng Bunga Telang Bumbu Rendang

Nasi Gurih Goreng Bunga Telang Bumbu Rendang

Masih punya rendang, dagingnya tinggal 2 iris tapi bumbunya masih banyak πŸ˜… liat Magicom masih ada sisa nasi gurih Telang 2 porsi, hayuukk berdayakan saja biar lebih selera makannya πŸ˜‹ Tanpa tambahan apapun, karena bumbu rendang sudah berminyak dan citarasa rempahnya kuat jadi tak perlu tambahan apapun, cukup taburan bawang goreng saja πŸ˜‹ #PosbarIDAMAN #DiBuangSayang #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

2 porsi
Rendang Cincang Tunjang dan Kentang khas Minang

Rendang Cincang Tunjang dan Kentang khas Minang

Source @desmawatikuretangin Alhamdulillah bisa ikutan acara Becak Jcco kali ini. Nah kemarin Uni Desma sudah berbagi tentang kuliner2 khas Minang. Nah saya kali ini mau bikin rendang cincang tapi pakai tunjang. Sebenarnya saya juga suka gulai tunjang tapi masih ada kentang mini jadi sekalian ngabisin stok saya masak rendang saja. Rasanya sama2 enaknya kok. Kebetulan kali ini saya pakai tambahan bumbu instan rendang. Kalau mau yang semua homemade nanti saya sertakan resep saya sebelumnya yaa. Masih di tahap recovery jadi belum bisa nyetok bumbu dasar terlalu banyak Yuk lah langsung aja Notes 1. Pakai bumbu instan garam dan kaldu bisa disesuaikan ya karena bumbu instan sudah asin 2. Jika pakai bumbu merah padang bisa pakai 4-5 sdm nanti bumbu bubuknya diskip saja 3. Cabai bisa disesuaikan selera #cookpadcommunity_jakarta #GowesBecak_keSumbar #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillah... Pada resep yang saya bikin ini tidak pakai penyedap rasa ya sist, karna rasa umami nya udah dapet dari kaldu sapinya. Terus sebenarnya kalau rendang Padang yg otentik itu cuma pakai garam aja, ga pakai gula lagi karna santan nya udah manis. Tp karna aku adalah org Jawa yg udh biasa sama masakan yg manis2 jadi aku tambahin lagi 1 sdm gula merah. Semua bisa disesuaikan dgn lidah masing2 ya, kalau mau lebih pedes lagi bisa ditambahkan cabe nya. Sedikit tips dari ibuku katanya kalau mau bikin rendang yang enak itu serundengnya dihalusin sampai keluar minyak. Semoga bermanfaat ya... Happy cooking πŸ˜˜πŸ€—β€οΈ . #PejuangGoldenBatikApron #Reseprendangdagingsapi #Reseprendang #indonesiancuisine #rendangindonesia

49. Rendang Ayam

49. Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #RendangAyam

Rendang Resep Uniku

Rendang Resep Uniku

Di daerah asalnya, Sumatera Barat, rendang selalu identik dengan lebaran. Namun khusus lebaran Idul Adha, rendang malah dimasak sehabis lebaran, karena biasanya menunggu daging korban. Maka, bila berkeliling kampung sore setelah pelaksanaan korban, kita akan mencium aroma rendang di mana-mana. Ciri khas rendang adalah berwarna coklat tua, cendrung hitam, dan berminyak. Tidak terlalu sulit membuat rendang seperti itu, asal tahu triknya. Salah satunya adalah pemilihan kelapa, yang harus benar-benar tua. Ini resep Uniku, yang selalu bersemangat membuat rendang, walau dia sendiri tidak terlalu suka makan daging πŸ˜ƒ #PejuangGoldenApron3

60 potong
Β±4 jam
Rendang Jamur Tiram Simple

Rendang Jamur Tiram Simple

Sore... Menu simpel manfaatkan dari si Jamur Tiram kali ini pingin merasakan versi bumbu rendang, kali ini dengan cara simpel pakai bumbu instant ,pas banget tuk masak simpel di Bulan Ramadhan. Ini membantu saya saat bekerja di luar tapi harus mikirin menu di kala harus cepat masaknya yuk..ini bs jadi menu buka maupun sahur #GA_thenextlevel #CookpadCommunity_Semarang

127. Rendang instan

127. Rendang instan

Pertama kali coba rendang buatan sendiri. Pake bumbu instan πŸ˜‹πŸ€—πŸ˜„