Rendang

Dipos pada February 8, 2022

Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 27 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrahmanirrahim...... Lebaran Idul Adha 1442 H Salah satu menu andalan masyarakat indonesia di saat perayaan atau untuk menu harian adalah rendang. Kali ini rendangnya di buat khusus sebagai pendamping makan ketupat lemak.... Sebenarnya ndak ada bedanya dengan rendang daging biasanya, hanya saja rendang kali ini di buat dengan cara dagingnya di potong dadu kecil, sehingga lebih mudah dalam penyajiannya. Jika ingin di jadikan lauk juga ndak masalah sih, wong rendang emang biasa di santap dengan nasi hangat 😁 Yuuuk intip resepnya πŸ’• #MasakanBundaPashalenko #Rendang #PosbarIDAMAN #PekanPosbar #MasakanMenuIdulAdha #CookadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. 1 kg daging sapi, potong dadu kecil
  2. 1000 lt santan
  3. 20 gr gula merah
  4. 2 sdt garam
  5. 1/2 sdt lada bubuk
  6. 1 sdt gula pasir
  7. 100 gr kelapa sangrai ulek sampai halus
  8. Bumbu halus:
  9. 15 siung bawang merah
  10. 7 siung bawang putih
  11. 5-7 ruas jari jahe
  12. 2 ruas jari lengkuas
  13. 2 batang serai ambil bagian putihnya
  14. 1 sdt garam
  15. 5 butir kemiri, sangrai
  16. Bumbu kering, sangrai dan haluskan:
  17. 1/2 biji pala
  18. 2 cm kayu manis
  19. 1 sdt lada
  20. 1 sdt jintan
  21. 6 butir cengkeh
  22. 5 buah kapulaga
  23. Bumbu cemplung:
  24. 1 lembar daun kunyit
  25. 5 lembar daun jeruk
  26. 4 lembar daun salam
  27. 1 batang serai di geprek

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Potong dΓ du kecil daging sapi, kemudian cuci bersih diair mengalir. Tiriskan.
Rendang - Step 1
Rendang - Step 1
2
Tumis bumbu halus hingga harum, setelah tanak...masukan bumbu kering. Aduk rata. Masukan daging sapi, aduk hingga berubah warna. Masukan bumbu cemplung aduk rata.
Rendang - Step 2
Rendang - Step 2
Rendang - Step 2
3
Biarkan air menyusut, sambil sesekali di aduk. Setelah air mengering masukan santan encer sepertiganya. Sesekali di aduk. Jika kuah menyusut masukan lagi santan encer, masukan secara bertahap hingga habis.
Rendang - Step 3
Rendang - Step 3
4
Setelah kuah mengering, masukan gula merah, garam, kaldu bubuk dan santan kental. Harus lebih sering di aduk untuk menghasilkan rasa dan aroma yang lebih wangi dari santan kelapanya.
Rendang - Step 4
5
Setelah agak mengering. Masukan kelapa sangrai. Lanjutkan mengaduk hingga rendang masak sempurna. Angkat.
Rendang - Step 5
6
Rendang siap di sajikan bersama ketupat lemak.
Rendang - Step 6
Rendang - Step 6
7
Barakallahu fiikum. Selamat mencoba dan happy cooking πŸ€—πŸ˜˜
Rendang - Step 7
Rendang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol anti bau

Rendang jengkol anti bau

Ceritany lagi nyidam jengkol dan pas banget ada yg jual lumayan agk murce. Meski yg doyan cuma diri sendiri, yg lain pada g suka apalagi bauny wangi banget πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† akhirnya searching2 nemu cara bikin jengkol jd g bau. Pas dmasak udah g bau tp kalo masalah BAK tetap bau ya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Rendang daun singkong simpel

Rendang daun singkong simpel

Si kecil semua sayur susah mnt ampun...kl dimasakin ini paling suka bgt...ayuuk Bun kita eksekusi di dapur...

5porsi
30 menit
Rendang telur kentang

Rendang telur kentang

Protein yang mudah sekali di dapatkan dan harganya juga terhitung bersahabat di kantong adalah Telur. Banyak sekali yg bisa di olah dari sebuah telur. Mau di rebus bisa, di goreng pun juga bisa. Kali ini telur nya di rebus, di masak rendang telur dengan tambahan kentang pakai resep nya dari mb Kiki Daulay. #PejuangGoldenApron3 #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity_Semarang

Rendang usus daging ayam bumbu instan

Rendang usus daging ayam bumbu instan

Awalnya pingin masak Usus d buat pedas tapi karna ingat anak biar bisa ikutan makan jadi ganti haluan ke menu yg satu ini. Dan Alhamdulillah anak suka karna disini aku gak pakek cabe jadi gak berasa pedes walaupun ada lada tp hanya sedikit aja ya aku pakeknya. 😁

3 orang
30-45 menit
Pare Bumbu Rendang

Pare Bumbu Rendang

Batam, 2022 Februari ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ Sehat selalu cookpader lovers πŸ’š Rendang daging sudah biasa, sesekali bikin rendang dari sayur. Seperti resep ini Pare bumbu Rendang sayur kesukaan paitua 😍 . . . #PejuangGoldenBatikApron #Week04 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Solo #Timlo #wongsolomasak #olahanparealaitha #masakalaitha

3-4 orang
30 menit
Rendang

Rendang

10 orang
6 jam
Rendang Kambing Bumbu Indofood

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Berhubung ada sisa daging kambing qurban kemarin, dan Juga serundeng, sekalian aja ya dibikin rendang 🀭, beli yg bumbu instan saja, dan bahan-bahannya menyesuaikan apa yg ada di dapur πŸ€­πŸ˜„ Recook resep mbak Maria Anna

Rendang Kaki Jamur Vegan alaMetut πŸ‘©β€πŸ³

Rendang Kaki Jamur Vegan alaMetut πŸ‘©β€πŸ³

Kali ini saya akan share resep Rendang Kaki Jamur + Kentang Kecil Vegan. Sebenarnya bikinnya gak ribet cuma mesti sabar menanti aja. Ada banyak banget resep rendang, resep rendang alaMetut ini ada yg diambil dari resep nenek. Di kampung ku bikin rendang mesti pake kentang kecil trus kulitnya jg gak dibuang ya. Cukup cuci bersih aja. Rasanya udah pasti enak dong. Biasa saya bikin rendang untuk makan sekalian stok. Jadi simpan di freezer, kalo mau makan tinggal dikeluarin tus panasin deh. #PejuangGoldenApron3 #WeekendChallenge #MasakSetiapBagian

10 orang
Rendang daging kentang

Rendang daging kentang

Sumber : @Puteri Kembar

Rendang Daging Super Simple

Rendang Daging Super Simple

Pengen makan rendang ala2 masakan padang tp males ngulek bumbu-bumbunya.. jadilah ke pasar beli bumbu rendang instan 😁 Tp tetep enak kok.. praktis banget dan cepet masaknya

Spaghetti Bumbu Rendang (Daur Ulang dari Bumbu Daging Rendang)

Spaghetti Bumbu Rendang (Daur Ulang dari Bumbu Daging Rendang)

Masih Di Welcome AugustπŸ€—πŸ₯° Hi Moms semuanya, Masak apakah hari ini? Hari ini aq masak Spaghetti daur Ulang dari sisa Bumbu Rendang Daging Sapi (Bikin yg ke 2X nya dgn Porsi Besar😊) . Dagingnya mah sdh Habis, Bumbunya masih ada. Sayangkan jikalau kita buang begitu saja.πŸ₯Ί Mari kita manfaatkan untuk membuat hidangan jadi lebih Istimewa LagiπŸ€— jadi gak perlu beli Pasta Bolgnese lagi dech😁🀭. Sebenarnya untuk Mienya sendiri bisa jga pakai mie Biasa, tp karena kebetulan stock kosong jadi aq pakai Mie Spaghetti. Mari kita Eksekusi, Kocrek-Kocrek jadi dechπŸ˜‹ #DiBuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

2 Porsi
30 Menit
Rendang Jengkol Instant

Rendang Jengkol Instant

Kebetulan ada jengkol jd dimasak rendang aja tp pake bumbu indofood biar nd ribet 🀭😁 maklum emak anak dua kadang riweuh

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

02 Mei 2021 #PejuangGoldenApron3 #GA_TheNextLevel #TiketMasukGoldenApron3

Rendang Jengkol ekstra pedas

Rendang Jengkol ekstra pedas

Arisan cooksnap Timlo datang lagi, dan yg kedapatan adalah mbak @oktianokti, yang kupilih resep rendang jengkolnya. Ini menu kesukaannya si kakak, nyenengke banget liat lahap makannya 😍πŸ₯° Source @oktianokti https://cookpad.com/id/resep/12620289-rendang-jengkol?ref=you_tab_saved&find_method=recipe #CooksnapTimlo_Okti #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #RendangJengkol #RendangJengkol_EkstraPedas #MasakanRumahan #MasakanIndonesia #Resep_RhymerwidKitchen #GoldenBatikApron

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Saya tinggal di Davao, Filipina. Bumbu bumbunya terbatas😊 Mau makanan lokal takut, Krn bnyak yg ga halal. Jdi nyobain dh bikin rendang biar ga bosen menuπŸ˜€πŸ˜‹ #baru sekarang turun ke dapur, di Indonesia jarang2πŸ€­πŸ˜…

8 porsi jumbo
2,5 jam
Rendang daging bumbu instan

Rendang daging bumbu instan

Walaupun pakai bumbu isntan tapi alhmdulilah rasa ttp enaaaaakk... πŸ˜€πŸ€€

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Niatnya buat GOLDEN BATIK APRON, tapi malah kebangun jam segini😭😭😭😭 masa sih gugur terlalu dini😭😭😭😭 #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Sumut #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Daging Khas Aceh (Frozen Food)

Rendang Daging Khas Aceh (Frozen Food)

Wangi rempahnya lbh strong, ini sengaja dibikin gk terlalu kering karena Suami lbh suka bumbu nyemek beginian🀭 Ini sekalian dibikin agak bnyk , sisanya bisa masuk kulkas dn dipanaskan saat berbuka maupun sahur. #RamadanCamp_Misi4 #FrozenFood #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Batam

70 menit
Rendang Ati Ampela

Rendang Ati Ampela

Ide ini berawal dari suami yang suka beli ati di warteg.. Hihi Akhirnya aku masakin sendiri aja.. πŸ˜„πŸ˜„