Rendang Padang Tanpa Santan

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Padang Tanpa Santan

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Padang Tanpa Santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Padang Tanpa Santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Padang Tanpa Santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Padang Tanpa Santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Padang Tanpa Santan adalah 4 kg. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Padang Tanpa Santan diperkirakan sekitar 5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Padang Tanpa Santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Padang Tanpa Santan memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dari kmrn udah diniatin mau buat stok makanan sama bumbu buat persiapan ramadhan mengingat skrg kl ngantor naik krl, pulang pasti uda capek bgt buat nyiapin bukaan, maka nyetok rendang adalah salah 1 jalan ninjaku, btw ini versi yg agak sehat krn g pake santen tp ak ttp pake kelapa sangrai meskipun dikit, makannya hasilnya g berminyak dan agak basah. Kalo teman2 mau pake santan, air & fiber creme nya bisa diganti santan dgn takaran yg sama. Selamat mencoba! #rendang #rendangpadang #dagingsapi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Padang Tanpa Santan:

  1. 4 kg daging sapi (daging kelapa)
  2. 250 gr kentang kecil
  3. 3 liter air
  4. 8-10 sdm fiber creme
  5. 1 butir kelapa parut tua disangrai
  6. 8 lembar daun salam
  7. 12 lembar daun jeruk
  8. 8 lembar daun kunyit
  9. 4 batang serai
  10. 4 sdm bubuk padang (gatau namanya apa, ak beli di padang)
  11. Bahan Dihaluskan
  12. 500 gr bawang merah
  13. 250 gr bawang putih
  14. 500 gr cabe merah gendut
  15. 20 butir kemiri
  16. 40 gr jahe
  17. 12 buah bunga pekak
  18. 4 sdt cengkeh
  19. 12 butir kapulaga
  20. 60 gr lengkuas
  21. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Padang Tanpa Santan

1
Siapkan semua bahan dan bumbu
2
Sangrai kelapa parut sampai kering matang seperti serundeng
Rendang Padang Tanpa Santan - Step 2
3
Siapkan wajan kemudian masukkan semua bumbu halus, daun salam, daun jeruk, daun kunyit, serai, bubuk padang, beserta air dan fiber creme, nyalakan api dan aduk2 sampai agak panas
4
Kemudian masukkan daging, aduk2 sebentar, masak sampai bumbu matang dan berubah kecoklatan (jika tidak menggunakan daging kelapa, baiknya biarkan bumbu sampai matang krn kl bukan daging kelapa dan dimasak terlalu lama dagingnya bisa hancur)
Rendang Padang Tanpa Santan - Step 4
5
Masukkan kelapa parut yang sudah disangrai, masak sampai agak sat (ak kurleb 5 jam krn 4kg) kemudian masukkan kentang kecil, masak sampai kentang matang dan asat sesuai selera
Rendang Padang Tanpa Santan - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep rendang kadang beda-beda di tiap daerah. Menyesuaikan selera keluarga, saya pakai resep ala ibu mertua saya yang tinggal di sumut mepet sumbar hhe. Langsung wa buat nanya resep dan step-step kuncinya hhe 😁 bener-bener endull buat lauk bukaan dan saur juga, jadi menambah energi πŸ˜„ #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #KampoengRamadhan #CookpadCommunity_Depok

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Masak rendang memang perlu effort banyak baik dari segi waktu, tenaga dan uang πŸ€­πŸ˜‚ Tapi dibalik itu semua percaya deh hasil ga mengkhianati usaha 😁. Rendang yang saya buat ga otentik rendang padang karena saya ga punya daun kunyit, tapi untuk rasa dijamin mantulllll....cekidot

4 jam
Rendang Jengkol Anti Bau Bau Club

Rendang Jengkol Anti Bau Bau Club

Jengkolku ini anti Bau bun, bahkan sampe kamar mandi gak bau, rahasianya check it out !!!!

4 orang
Rendang Ayam Kampung Tulang Lunak

Rendang Ayam Kampung Tulang Lunak

Bebikin resep ini sebenarnya karena ada yang pesan. Akhirnya berhasil juga bikinnya. Hepi banget apalagi yang pesan juga suka. Sesuai yang dibayangkan katanya. Terimakasih πŸ™... Berhubung masih tahap belajar jadinya ayem kalau disukai masakannya. Dulu pernah bikin resep rendang tapi memakai daging sapi. Berikut link resep yang memakai daging sapi : https://cookpad.com/id/resep/8497541-rendang-daging-sapi-enak?invite_token=deMSC9HjmakBM9EYgiLnNM8m&shared_at=1622136915 Kali ini sesuai permintaan, memakai ayam kampung seekor dan request tulang lunak biar bisa dimakan setulangnya. Harapannya seperti itu. Karena ga ikut ngicipin, jadi nunggu kabar aja. Apakah berhasil lunak semuanya si tulang ayam kampungnya. Hihihi 😁... Yuk diintip resepnya aja...^^ #cookpad #cookpadindonesia #cookpadcommunity_Semarang #PejuangGoldenApron3 #resepcecil113 PGA_WEEK52

Rendang daging telur

Rendang daging telur

Pelengkap nya daun singkong sambel ijo & bakwan jagung 😍 Next resep sambel ijo dan bakwan jagung nya 😊

Rendang Daging Fiber Creme

Rendang Daging Fiber Creme

Karena kondisi kesehatan saya yang melarang saya mengonsumsi santan, saya buat rendang dengan menggunakan fiber creme sebagai pengganti santan.

1 kg dagjng
2,5 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Ceritanya saya lagi pengin banget makan jengkol, tetiba mbak2 jualan sayur bilang k saya, minta dimasakin jengkol, jengkolnya dari dia dan pengin nyicipi Masakanku yang katanya tanpa MSG. Langsung dech aq iya in, dan Alhamdulillahnya lg saya dikasih jengkol separonya hehehe... Rejeki tak kemana ya, disaat pengin ada yang ngasih apa yang kita pengin. #jengkolrendang #jengkol #menujengkol #masakanjengkol

1 mangkok
45 menit
Pizza Rendang Jamur (Vegetarian Pizza)

Pizza Rendang Jamur (Vegetarian Pizza)

Ini recook dari resep aslinya Plizza Royco. Kebetulan tgl 19 Februari kmrn adalah #WorldEatForGoodDay Jadi saya bikin pizza dengan kearifan lokal. Saya jadikan resep minggu ini untuk #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang

2 orang
1 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

5 orang
4 jam 30 menit
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Ini resep ayam rendang yg simpel dari mama ku ❀️

2 orang (makan siang dan malam)
Rendang jamur kentang

Rendang jamur kentang

Pengen sego enjamur, tapi jauh banget mau beli, butuh setengah jam buat menuju tempat wkwkwkw. Dan aku memutuskan bikin sendiri. Niatnya jamur aja, tapi kenapa jamur di pak sayur cuma 2 bungkus aja, akhirnya aku mix sama kentang, udah fix gak ada pilihan lain 🀣 #PejuangGoldenBatikApron

1 piring
Rendang cumi kentang

Rendang cumi kentang

Jalan2 ke pasar beli cumi (cakep) ternyata lagi lumayan murah (cakep), maaf bukan pantun. akhirnya mendadak kepikiran mau masak rendang cumi resep mertuaπŸ₯°campuran rendang cumi biasanya pake pakis tp karna ga ada akhirnya alternatif pake kentang

4 porsi
2 jam
25. Nasi Goreng Rendang / Nasi Goreng ala anak kost

25. Nasi Goreng Rendang / Nasi Goreng ala anak kost

Ada sisa rendang waktu makan nasi padang, kayanya dibuat buat nasi goreng enak deh. Cusss buat ini ternyata emang enak banget

1 porsi
15 menit
Sirloin Steak Rendang Sauce

Sirloin Steak Rendang Sauce

Hai cookpaders.. Semarak Clover datang lagi, kali ini versinya makanan berat , tapi saya n anak gadis saya suka sekali 😍😍 Sesuai dengan tema yang di tentukan oleh mbak @Hannah_kumara , aneka steak πŸ˜€πŸ˜€ Sehat selalu buat mbak Hannah keluarga ya 😍😍 Macam - macam tingkat kematangan steak ❀ Medium rare adalah matang di luar tapi masih mentah di bagian tengah, lama memasak 8 menit ❀ Medium adalah perpaduan antara daging yang cukup empuk dan masih terasa juicy, warna merahnya masih tersisa sedikit di bagian tengah, lama memasak 10 menit. ❀ Welldone adalah daging telah matang sempurna, lama memasak 12 menit #GASteakSukaSuka #Semarak_GASteakSukaSuka #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito #MamiCay #Oktober21

Pizza Roll Rendang

Pizza Roll Rendang

Bismillah... Mau share menu yg biasa ku sajikan untuk sajian tamu di Hari Raya Idul Fitri selain ketupat dan teman2nya 😁. Rendang biasanya selalu ada di tiap lebaran, nah rendang gk hanya cocok disajikan dengan ketupat loh.. tp dijadikan topping pizza roll juga enakkk bangett. Apalagi diberi taburan keju MEG Serbaguna, duhh makin muantapp bgt... 🀀 yuk simak resepnya.. #SambutKemenangan

Beef Rendang

Beef Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... Hari ini ngerendang lagi, buat stok lauk karena beberapa hari ke depan semua pada sibuk.... Makan rendang dengan nasi hangat aja udah yummy banget, apa lagi kalau di tambah lauk pendamping lalapan dan sambal, bagi bunda itu udah lebih dari cukup..... Rendang ala Bunda, dagingnya di potong dadu kecil-kecil, biar mudah di makan dan ga bikin nyangkut di gigi πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€ Cusss langsung deh kita ngerendangnya πŸ’• #MasakanBundaPashalenko #BeefRendang #BerapiBerami #DiRumahAja #Cookpadcommunity_Kalbar #cookpadcommunity_Borneo #cookpadIndonesia

Tahu ampela bumbu rendang endyang

Tahu ampela bumbu rendang endyang

Kreasi sendiri karena dirumah adanya bahan itu aja. Lumayan bisa buat bekal suami dan tahan sampe 2 hari. Yuk mari kita masak...

3-4 orang
45 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Kali ini masak masakan yg penuh dg kolesterol... Hehe gpp lah yaa sesekali aja sebetulnya jg sebelum2nya masak yg penuh dg kolesterol jg πŸ˜πŸ˜† berhubung suami gak suka daging sapi Alhasil rendang ini di ganti dg Ayam biar dia ikut merasakan nikmatnya bumbu rendang bersama Ayamnya hihihi😘😊

3jam -+