Rendang Sapi

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Sapi memakai 18 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Prepare lauk buat sahur, bikin rendang daging sapi kesukaan krucils. Ga bikin banyak karena cepat bosan kalo lauknya itu-itu saja ๐Ÿ˜Š #PejuangGoldenAppron3 #PekanPosbarProtein

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Sapi:

  1. 500 gr daging sapi, iris / potong persegi
  2. 3 sdm kelapa sangrai, ulek halus
  3. 1 lembar daun kunyit
  4. 2 lembar daun salam
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 2 batang sereh, geprek
  7. 500 ml santan cair
  8. 200 ml santan kental, dari 1 butir kelapa
  9. 1 sdm garam
  10. Secukupnya kaldu bubuk sapi
  11. Bumbu yang dihaluskan ;
  12. 8 bawang merah
  13. 4 bawang putih
  14. 5 butir kemiri, sangrai
  15. 15 cabe merah keriting
  16. 1 ruas jahe (5 cm)
  17. 1 ruas kunyit (3 cm)
  18. 1 ruas lengkuas (5 cm)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Sapi

1
Blender halus bumbu
Rendang Sapi - Step 1
2
Siapkan wajan, taruh bumbu yg sudah diblender, tambahkan daun salam, daun jeruk, sereh dan daun kunyit lalu tambahkan santan encer.
Rendang Sapi - Step 2
Rendang Sapi - Step 2
3
Masukkan potongan daging, tunggu sedikit menyusut.
Rendang Sapi - Step 3
Rendang Sapi - Step 3
4
Masukkan santan kental dan kelapa sangrai yang sudah diulek. Aduk rata.
Rendang Sapi - Step 4
Rendang Sapi - Step 4
Rendang Sapi - Step 4
5
Aduk terus dengan api kecil hingga rendang berminyak dan garing.
Rendang Sapi - Step 5
Rendang Sapi - Step 5
6
Angkat lalu sajikan.
Rendang Sapi - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kebab Daging Rendang Krispy

Kebab Daging Rendang Krispy

Bismillah Ada sisa dari Daging rendang kemarin. Masak banyak tapi suami udah bosen jadi sisanya sayang dibuang. Saya buat gini aja.. rendang yang saya cuci bersih dr bumbu. Trus saya penyet pake Muntu trus saya Balur ke telor dan tepung Taraaaaa Ampun ternyata enak.. daging dibuat Krispy gini.. suami makan doooong katanya isinya apa Bun.. isinya rendang yang terbuang ๐Ÿ˜‚ suami bilang enak.. buat lagi.. rendangnya udah abis.. ๐Ÿ˜‚ menu daging akhir bulan Done!โค๏ธ #berbagisaturesepsetiaphari #PosbarIDAMAN #BemasakBaimbai #cookpadcommunity_Borneo #cookpadcommunity_Kaltim #cookpadcommunity_Samarinda #dibuangsayang #masakandaurulang #kreasimakanansisa

2 orang
35 menit
Rendang hati sapi & kentang (tanpa cabai)

Rendang hati sapi & kentang (tanpa cabai)

Waktu mudik idul adha, anakku 2 th lahap banget makan pake rendang, jadi semangat mau masakin rendang, kebetulan dapet hati sapi agak banyak ya udah coba di bumbu rendang, tapi nggak pake cabe , alhamdulillah anakku suka ๐Ÿ˜˜

Spaghetti Bumbu Rendang (Daur Ulang dari Bumbu Daging Rendang)

Spaghetti Bumbu Rendang (Daur Ulang dari Bumbu Daging Rendang)

Masih Di Welcome August๐Ÿค—๐Ÿฅฐ Hi Moms semuanya, Masak apakah hari ini? Hari ini aq masak Spaghetti daur Ulang dari sisa Bumbu Rendang Daging Sapi (Bikin yg ke 2X nya dgn Porsi Besar๐Ÿ˜Š) . Dagingnya mah sdh Habis, Bumbunya masih ada. Sayangkan jikalau kita buang begitu saja.๐Ÿฅบ Mari kita manfaatkan untuk membuat hidangan jadi lebih Istimewa Lagi๐Ÿค— jadi gak perlu beli Pasta Bolgnese lagi dech๐Ÿ˜๐Ÿคญ. Sebenarnya untuk Mienya sendiri bisa jga pakai mie Biasa, tp karena kebetulan stock kosong jadi aq pakai Mie Spaghetti. Mari kita Eksekusi, Kocrek-Kocrek jadi dech๐Ÿ˜‹ #DiBuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

2 Porsi
30 Menit
Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Nasi Bakar Rendang, memanfaatkan lauk sisa

Masih punya daging rendang di rumah, yuk berdayakan untuk dibuat nasi bakar. aja. Nasi bakar umumnya adalah usaha untuk memberdayakan lauk sisa yang tidak habis dikonsumsi, (tapi masih layak konsumsi ya) dan dicampurkan dengan nasi untuk dibuat jadi suguhan yang mempunyai nilai jual yang lebih. Pengetahuan ini yang saya dapatkan dari kursus singkat sehari bersama Cooking Course khusus masakan nusantara, di bilangan Jakarta Barat, Yuk moms silahkan berkreasi dengan lauk sisa yang ada di rumah yaa.. #nasibakarrendang #olahannasilingga #dibuangsayang #posbaridaman #CookpadCommunity_jakarta

4 porsi
45 menit
Rendang Daging Sapi (Simple)

Rendang Daging Sapi (Simple)

Alhamdulillah bisa Posbar yang kedua, Tentang Olahan daging Kurban dan masih dalam tema Idul Adha 1442H. Kali ini media dagingnya Sapi. Blm bisa Olahan yang trlalu sulit krn keterbatasan waktu. Jika rendang ini masaknya menurut aq sih terbilang lama, namun bisa kita sambi2 sambil mengerjakan tugas yg lain. Termasuk nyambi Daring๐Ÿ˜. Oh ya sedikit bercerita, mau simple namun ada perbedaan hasil. Disini aq menggunakan santan Instan (krn daging yg kumasak hy 300gr), hasil rendang yg kudapat tidak terlalu pekat jga tidak begitu menghasilkan (Blondo/Santan yg jika sdh asat akan mengental/menggumpal). Jadi saat rendang sdh mengering, aq tambah dgn bumbu Instan Rendang, Agar warna Pekat dan lebih kental sedikit๐Ÿค— Resep by @heny_wid ( aq pakai 1/4 Takaran resep dgn penyesuaian) #KampungIdaman #PotBerbisik_Daging #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

4 Porsi
80 Menit
Rendang Ati sapi sederhana

Rendang Ati sapi sederhana

berawal dri beli nasi padang eh ada ati sapi ternyata enak bngt di bumbu rendang akhirnya ke pasar beli ati sapi masak sndri dech ternyata alhamdulilah enak bngt

1 jam
Rendang padang

Rendang padang

Biasanya tiap hari raya idul adha mama selalu ngirim rendang, beli daging tambahan dan dikirim dr sumatera ke jawa. Sekarang cuma bisa balas kirim doa semoga mama tenang disana. Rendang yg otentik ala mama 1kg daging 3butir kelapa, untuk menghasilkan dedak yg banyak dan sedap. Dimasak dengan kayu selama 4-6 jam sampai kering. Dan saya coba buat versi simplenya.1kg daging dengan 1butir kelapa tapi tetep banyak dedaknya yaitu dengan menghaluskan semua bumbu. Saya masak di presto lalu keringkan di wajan. Jd lebih hemat waktu. #KampungIdaman #CookpadCommunity_Yogyakarta

Rendang Telur ceplok

Rendang Telur ceplok

Lama nggak masuk dapur nih, bongkar kulkas ada sisa rendang, yang dagingnya udah pada raib ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ alias tinggal kuahnya. Tuing.. Tuing... Nemu ide bikin telur ceplok aja dibalurin rendang. Naah ..Ini salah satu cara kita agar terbebas dari dari makanan mubazir yaa.. Dan rasanya hatiku seketika menjadi merasa merdeka๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช merdeka dari rasa bersalah buang-buang makanan ๐Ÿ˜ #AR_Merdeka #cookpadcommunity_kalteng

Rendang simpel bumbu sasa

Rendang simpel bumbu sasa

#PejuangGoldenApron3

5 porsi
1-2 jam
149.Omelet Rendang Jamur

149.Omelet Rendang Jamur

Gara2 kemarin bikin nasi goreng ala Hyderabad punya bang Fadil's Kitchen, sekarang jadi terinspirasi bikin omelet yang wangiii... Karena masih punya stok "Bumbu Rendang Dasar" gratisan dapat pas ikut demo baking. Kesimpen di kulkas lamaaa banget. Jadilah resep iseng2 yang ternyata...hmmm. Gak bisa diungkapkan ๐Ÿคญ

Rendang mix kentang

Rendang mix kentang

Musim ujan tlah tiba..enak nya bikin yg kentel2 buat lauk makan buat menggugah selera. Kita buat rendang mix kentang

Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Bikin rendang dg menambah kecap manis...hmmm raossss.loh Oeaaa ini jg bisa untk jdi pelengkap frozen food di rmh loh.setelah buat.diamkan or dinginkan di suhu ruang.kemas sesuai kebutuhan agar saat menghangtkannya mudah sesuai keperluan Masukan freezer Amannn deh๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿ˜‹ Cuzzz yuk๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‹๐Ÿค— #RamadanCamp_Misi4

Rendang Ayam Bumbu Instant

Rendang Ayam Bumbu Instant

#Indonesianfood #Cookpadcommunity_jakarta #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Assalamu'alaikum ๐Ÿ™๐Ÿป Pas banget lagi jarang banget makan nasi padang, tapi pengen rendang. Daripada beli mumpung ada bahan juga di rumah, buat aja deh. ๐Ÿคฉ #PejuangGoldenBatikApron #Bismillah #SemangatMencobaHalBaru #SemangatMenginspirasidanTerinspirasi

5 orang
45 - 60 menit
Rendang paru dan limpa

Rendang paru dan limpa

Buka tabungan resep dulu yaโ˜บ๏ธโ˜บ๏ธ Hari ini post rendang ala keluarga murhandoyo. Ini wajib ada sebagai pendamping lontong. Dan saya paling suka rendang paru. Note: untuk resep ini selain paru bisa pake daging sapi, ayam atau telur. #PejuangGoldenApron3

Rendang daging

Rendang daging

Coba2 bikin mumpung lagi libur kerja

5 orang
2 jam