Rendang Ayam

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah.. Pagi ini bikin rendang ayam, buat salah satu menu berbuka nanti. Kenapa bikin skrg, krn msh pagi, jd msh semangat buat ngedapur 🤭. Biar nanti sore tinggal manasin aja, ga perlu ngulek2 bumbu 😊. Source : https://cookpad.com/id/resep/8517238-rendang-ayam-kampung-khas-minang?invite_token=MsYsbirq2KUkpeGrxY3emJed&shared_at=1618116540 #Ramadan1442HDay4 #UngkepanRasaHati #KampoengRamadan #MasihDiRumahAja #keepsafehealthyandhappy #dapoernyamimi #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi #ResepKece

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam:

  1. 1 kg ayam
  2. 500 ml santan (100 ml santan kental, 400 santan cair)
  3. 250 air matang
  4. Bumbu pelengkap :
  5. 2 lbr daun jeruk
  6. 2 lbr daun salam
  7. 1 lbr daun kunyit
  8. 1 ruas lengkuas, geprek
  9. 1 batang sereh, geprek
  10. 4 butir cengkeh
  11. 2 buah kapulaga
  12. 1 buah kembang lawang
  13. 5 sdm kelapa sangrai, haluskan
  14. secukupnya Kaldu jamur
  15. Bumbu halus :
  16. 10 siung bawang merah
  17. 20 buah cabe merah keriting
  18. 5 siung bawang putih
  19. 2 cm kunyit
  20. 2 cm jahe
  21. 2 cm lengkuas muda
  22. 4 butir kemiri
  23. 1 sdt ketumbar
  24. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam

1
Siapkan bahan. Lalu, sangrai kelapa, tumbuk hingga halus sampai keluar minyak.
Rendang Ayam - Step 1
Rendang Ayam - Step 1
2
Tumis bumbu halus dan kelapa sangrai yg sudah ditumbuk td sampai harum, kemudian masukkan bahan pelengkap (daun jeruk, salam, kunyit, serai, lengkuas, kapulaga, cengkeh, bunga lawang), aduk rata.
Rendang Ayam - Step 2
Rendang Ayam - Step 2
3
Setelah ditumis beri sedikit air, lalu masukkan potongan ayam, ungkep ayam sekitar 30 menit, agar ayam lebih empuk.
Rendang Ayam - Step 3
Rendang Ayam - Step 3
4
Setelah diungkep, masukkan santan cair, dan diaduk perlahan sampai mendidih, jgn sampai santannya pecah.
Rendang Ayam - Step 4
5
Setelah mendidih masukkan santan kental dan kaldu jamur, koreksi rasa. Masak di api sedang, jgn lupa diaduk2 terus sampai kuah menyusut dan menjadi rendang. (Saya : tdk sampai kering seperti rendang, krn suka agak sedikit kuah seperti kalio).
Rendang Ayam - Step 5
Rendang Ayam - Step 5
6
Sajikan dg nasi hangat.
Rendang Ayam - Step 6
Rendang Ayam - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Jengkol rendang bumbu padang

Jengkol rendang bumbu padang

Selalu penasaran dengan masakan yang satu ini. Biasanya saya beli bumbu jadi di pasar. Nah beberapa bulan lalu saya bertemu dengan nenek nenek tukang masak untuk pesta. Beliau lagi masak rendang daging di rumah sepupu saya. Jadi sekalian saya tanya bumbu rendang jengkol Khas padang dan bumbu rendang daging andalan si nenek. MaasyaaAllah beliau dengan senang hati membeberkan bumbu masakan yang selama ini di pakai. Kali ini akan saya praktek kan resep dari si nenek. Memang qadarullah beliau asli dari padang, tepatnya di daerah mana saya lupa.

Rendang Daging Super Simple

Rendang Daging Super Simple

Selama ini takut banget bikin rendang takut rasanya gak seperti rendang pada umumnya , tapi kemudian paksu bilang pengen rendang daripada beli sepotong puluhan ribu yaa mending bikin aja yagaksi , dengan modal nekat dan bismillah + nanya ke Ibu , alhamdulillah akhirnya jadi juga 🤤

3 orang
1 jam
Rendang Daging Bumbu Jadi

Rendang Daging Bumbu Jadi

Bismillah...masak rendang sekarang tidak repot lagi sdh tersedia bumbu rendang yg sdh digiling siap pake dipenjual sayur

4 orang
1 jam
Risol isi rendang sapi

Risol isi rendang sapi

Punya rendang sampai bosen makan pakai nasi. Kabetulan ada acar dirumah....disatuin aja buat isi risol.

15 biji
1 jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Bismillah.. Masih ada stok daging lebihan dr lebaran idul adha kemarin, kebetulan lg pengen banget makan rendang, maksudnya sih biar besokannya gk usah masak lg krn capek dan rendang ini termasuk lauk yg awet dan gk cepat basi, rempahnya banyakkkk tp rasanya sdh pasti endeussss ya 🤤😔😋😍, yuk ah ke resep 👇🏻

3 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

6 October 2021 Kemarin beli bumbu rendang bumbu instant. Lebih mantap sih pakai daging sapi, tapi anak-anak kurang suka,jadi sy pakai daging ayam. Sy pakai daging paha ayam di potong jadi 2 bagian dan pakai kentang yg kecil kecil. Sebenarnya sudah pernah masak 2 x,tapi belum sempat di foto hehe... # DirumahAja#

Pizza Rendang Jamur (Vegetarian Pizza)

Pizza Rendang Jamur (Vegetarian Pizza)

Ini recook dari resep aslinya Plizza Royco. Kebetulan tgl 19 Februari kmrn adalah #WorldEatForGoodDay Jadi saya bikin pizza dengan kearifan lokal. Saya jadikan resep minggu ini untuk #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang

2 orang
1 jam
Rendang Vegan ala YG Kitchen

Rendang Vegan ala YG Kitchen

Sudah lama pengen bikin rendang tapi selalu ga jadi. Hari ini jadi dan rasa nya mantul enak. Cocok buat yg vegan mau pun tdk. Selamat mencoba 😄

2 org
2 jam
Rendang Resep Mbah Uti

Rendang Resep Mbah Uti

Kangen banget sama rendang, selama di Kediri nyari rendang yang enak belum ketemu. Buat yang di Jabodetabek mungkin nyari bumbu rendang gampang tinggal ke pasar terus beli bumbu ke tukang bumbu Padang. Kalo di Kediri yg jual bumbu kaya gitu ga ada, inisiatif nanya ke Mbah utiku resep rendang turun temurunnya dan langsung deh dikasih. Resepnya aku tulis dibawah yaa, selamat mencoba.... #rendang #padang #goldenbatikapron #resepenak #TiketGoldenBatikApron

30 porsi
± 2jam
Rendang

Rendang

Recook dari resep Xander's Kitchen. Mantap !!!! Resep saya modifikasi ya

Rendang Daging Sapi Sederhana

Rendang Daging Sapi Sederhana

Punya banyak stock daging kurban, tp bosan masak sambal dan gulai, akhirnya coba2 masak Rendang. Cuma karena bingung sama bahan bahannya akhirnya buat yang sederhana aja...this is it !!!!

5 orang
2 Jam
Rendang Padang

Rendang Padang

Resep dari ci @devinahermawan, mantap jiiwaaa 😍 Sy buat versi pedas 😁

2 org
1jam 30menit
Rendang

Rendang

Resep ini pernah aku ganti dagingnya jadi jengkol, heheheh. Alhamdulillah sekarang daging beneran Mak 😁, rasanya pun seenak rendang di rumah makan Padang (klw beli sepotong bisa 12 ribuan harganya, lebih hemat bikin sendiri) 😂. Cuma dibutuhkan kesabaran ketika membuat rendang ini, proses memasaknya cukup lama, tapi sesuai dengan hasilnya. Yuuk ahh langsung aja dicoba 👇 Source : Dapur Ade #RememberGenkPeda_DapurAde #GenkPejuangDapur #SemangatUntukAdeDariGenkPeda #CookpadCommunity_Tangerang

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Makan nasi rendang tapi versi lebih effort dan nasi goreng. #PejuangGoldenBatikApron

1 orang
30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Masih edisi ngidam ya bunda 😅, entah kenapa selama hamil ngidamnya rada aneh-aneh nih. Sempet beli di warung padang, ternyata kurang puas si dedek kalau cuma makan daging se iris doang 😂. Alhasil ngerayu misua buat kepasar biar bisa masak rendang sendiri. Untuk rasa gak kalah deh sama buatan uda-uda padang deh. #PejuangGoldenApron3

Rendang

Rendang

#pejuangGoldenBatikApron

Rendang Telur

Rendang Telur

Sungguh hari yang mager, malas masak, malas ke warung karena dari semalam hujan ga berhenti2. Jadi memanfaatkan bahan yang ada saja, hanya 3 bahan utama 😅

6 orang
30 menit