Bubur Sagu Randang

Dipos pada February 7, 2022

Bubur Sagu Randang

Anda sedang mencari inspirasi resep Bubur Sagu Randang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bubur Sagu Randang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur Sagu Randang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bubur Sagu Randang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bubur Sagu Randang adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Bubur Sagu Randang diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur Sagu Randang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur Sagu Randang memakai 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bubur sagu randang, aslinya dari Kalimantan Selatan namun di Kota saya, Kuala Kapuas, Kalteng bahan mentahnya juga banyak dijual oleh acil-acil keturunan Banjar. Bahan mentahnya mirip seperti sagu mutiara tapi berwarna putih, dijual dengan ditakar menggunakan gelas belimbing. Kalau sudah dimasak teksturnya berbeda dari sagu mutiara pabrikan. Bubur sagu randang ini salah satu jajanan pasar favorit anak saya terutama pada saat kami masih tinggal di Kalsel, rasanya manis dan gurih serta tidak terlalu kenyal makanya blita suka karena tidak susah untuk dikunyah bahkan ditelan. Nah, kali ini saya membuat bubur sagu randang dengan menggunakan gula merah khas Kotabaru, Kalsel yang dikirim sama mertua. Cara membuatnya sama seperti membuat bubur sagu mutiara pada umumnya, tapi harus cepat diaduk agar bubur tidak menggumpal. #MasakanKhasKalimantanSelatan #CookpadCommunity_Kalteng

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur Sagu Randang:

  1. Bubur Randang :
  2. 250 g sagu randang
  3. 800 ml air
  4. 125 g gula merah
  5. 50 g gula pasir
  6. Sejumput garam
  7. 1 lembar daun pandan
  8. Kuah Santan :
  9. 450 ml santan agak encer
  10. 1/4 sdt garam
  11. 1 lembar daun pandan

Langkah-langkah untuk membuat Bubur Sagu Randang

1
Rebus air hingga hingga mendidih. Masukkan daun pandan dan sagu randang, masak hingga sagu menjadi transparan, sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.
Bubur Sagu Randang - Step 1
Bubur Sagu Randang - Step 1
2
Selanjutnya masukkan gula merah, gula pasir dan garam, aduk hingga rata dan gula cair. Matikan api kompor.
Bubur Sagu Randang - Step 2
Bubur Sagu Randang - Step 2
3
Dalam panci campurkan semua bahan kuah santan. Masak hingga mendidih, aduk terus agar santan tidak pecah. Matikan api kompor.
Bubur Sagu Randang - Step 3
Bubur Sagu Randang - Step 3
4
Dalam mangkok sendokkan bubur sagu randang, siram dengan kuah santan. Sajikan.
Bubur Sagu Randang - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Sudah mulai musim, tmn2 kantor mulai pada minta di buatiin.. Hehe Untung hari2 msh stay pke masker 😷

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang Padang

Rendang Padang

Ini endulss surendulss bgt 🤤🤤🤤🤤Rendang Padang resep @mamafarezell 🤗🙏 Rendang salah satu makanan terbaik didunia 2021 versi CNN looohh🥰 Rendang salah satu masakan favorit keluarga kami🙏😍 Rendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu (wikipedia) #CookpadCommunity_Bogor #MasakanKhasSumateraBarat

Rendang Ekonomis Ayam Telur & Kentang

Rendang Ekonomis Ayam Telur & Kentang

Rendang ekonomis ayam, telur & kentang yang bumbu halusnya serba instan aja. Untuk santan lihat tips ya, saya pake santan hasil perasan pertama (1 butir kelapa parut + 700ml air panas). Tetap enak walaupun hanya bumbu instan, apalagi bumbu yang dihaluskan sendiri. Saya ambil simpelnya aja karena lagi males ngupas-ngupas bumbu. Untuk bumbu giling rendang, saya pesan khusus ketukang bumbu giling yang biasa meracik untuk masakan Padang, jadi bumbunya masih segar dan porsinya pas Kalo mau bikin bumbu sendiri, bisa lihat disini 👇 https://cookpad.com/id/resep/13862371-rendang-padang-daging-kentang-bukit-tinggi?invite_token=hFM5dgXxr1YbBsm5HipDBXdj&shared_at=1613618281 . . #rendang #rendangcampur #IdeMasakku #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

banyak
1.5 jam
Ayam Rendang Medan (simple)

Ayam Rendang Medan (simple)

Perdana masak rendang sendiri itu ketika paksu dipindah tugaskan kerja ke Sampit-Kalteng dan sampit ini adalah Pulau dan kota ke 3 yang kami tinggali setelah menikah (resiko pasukan siap ditempatkan dimana saja di Wilayah Negara republik Indonesi ya begini, siap angkat koper kapan saja💪😉😁) oke nyampe di sampit mamak auto lgsg nyari pasar tradisional krna semua ke butuhan perang dapur mamak pasti segar" dapatnya disana 😉😁 baiklah ternyata di kota ini tidak ada ikan tawar hidup seperti nila dan ikan mas dan juga bumbu halus mentah, berawal dari situlah mamak buat sendiri bumbu rendang dgn bahan seadanya yg selalu tersedia diperdapuran (sebelumnya blom pernah masak rendang bahkan buat bumbu rendang sendiri dan perdana buat paksu lgsg kasi coment positif dan bilang enakkkk😅😅😅 (gak tau ne muji biar gak malas masak apa emang beneran enak, tpi yg pasti sampe skrg paksu nagih terus dimasakin rendang ayam) 😅😅😉

Rendang jengkol pedas gurih mantap

Rendang jengkol pedas gurih mantap

15 tusuk
1 jam 30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron

Rendang daging idul adha

Rendang daging idul adha

Menu rendang kesukaan semua,tapi sayang gak pake Lombok kecil soalnya anak ikut makan

5 orang
30 menit
Rendang daging sapi (kw)

Rendang daging sapi (kw)

Bismilah buat rendang masyaallah nikmat ternyata, kenapa mak bilang rendang kw, soal nya ini jauh dari resep asli nya baik komposisi atau pun cara memasak nya. Agar tidak merubah dari cita rasa khas rendang asli nya. Bumbu pakai stok bumbu dasar semua yah, simple banget kalo udah punya bumbu dasar masak enak pun ga pakai repot. rasa nya juga cocok di lidah keluarga sy #BehujahBebayaKaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_samarinda

156. Rendang Daging

156. Rendang Daging

Pekan ini dpt ilmu dr mba @cook_6168662_wa untuk resep Amplang 😍 duh jd mupeng tp kykny ribet bgt bikinnya, jd ngumpulin nyali dl deh haha.. sementara aq buat rendang ala beliau aja semoga berkenan & makasih u/ resep nya 🤎 oiya santan ny aq ganti pake fibercreme hehe. #CodePesiar_Kaltim #CoompadCommunity_Depok #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Ati sapi sederhana

Rendang Ati sapi sederhana

berawal dri beli nasi padang eh ada ati sapi ternyata enak bngt di bumbu rendang akhirnya ke pasar beli ati sapi masak sndri dech ternyata alhamdulilah enak bngt

1 jam
Rendang sandung lamur

Rendang sandung lamur

Poto di resep ini rendang nya sudah di hangatkan berkali2 jadi kuahnya menyusut 😂

8 orang
1 jam
Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Dlm rangka memanfaatkan sisa bumbu rendang 😆.. Jadilah nasgor rendang nan makyus ini 😍😍

1-2 org
10menit
Rendang

Rendang

10 orang
6 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Bismillah. Postingan pertama setelah hampir dua bulan absen karena tengah diuji "badai kehidupan". Berusaha berpikir positif, mengedepankan akal sehat, dan senantiasa bersyukur atas situasi apapun yang terjadi pada keluarga kami. Saya memasak sisa nasi semalam dn sepotong rendang yang ada di kulkas. Diolah lagi agar menjadi hidangan yang lezat, enak, dan bernilai gizi. Alhamdulillaah.. masih diberi nikmat sehat dan berkumpulnya aku dan anak-anak. Hari kedelapan kepergian engkau. Semoga Ayah tenang di alam sana. Aamiin... *3-8-2021 #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia

3 porsi
30 menit
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Baru dqpat dari qurban kemarin langsung eksekusi dong enak bangett iniii suami sampe namboh

2 orang
2 jam
Rendang Ayam bumbu Jadi

Rendang Ayam bumbu Jadi

Bismillah...mengolah ayam jadi rendang dengan bumbu jadi yg dijual dipenjual sayur Alhamdulillah wangi enak saat perlu masak cepat dan praktis

4 orang
1 jam
Lempeng daging kare / rendang

Lempeng daging kare / rendang

Bismillah biasa di sajikan saat lebaran yah, buat nya gampang cuma butuh kesabaran aja 🤭 Ini sy pakai daging rendang

Rendang Jengkol Kentang

Rendang Jengkol Kentang

Alhamdulillah ada penjual jengkol lewat depan rumah & orangnya manggil2 saya 🤣kebetulan pas pengen banget. #KulinerNusantaraku #Semarak_KulinerNusantaraku #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Jombang #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #GA_TheNextLevel