Rendang Daging Sapi

Dipos pada February 7, 2022

Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Daging Sapi diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi memakai 28 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep asli milik mba Endang JTT. Saya pakai daging iga yg ada sedikit lemak agar hasil akhir daging rendangnya tetap lembut dan tidak keras.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi:

  1. 1 kg Daging Iga Sapi
  2. 600 gr Kelapa tua parut
  3. 8 sdm kelapa parut sangrai
  4. 3 lembar daun kunyit
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 4 lembar daun salam
  7. 4 cm lengkuas
  8. 3 batang serai
  9. 4 cm kayu manis
  10. 2 sdm air asam jawa
  11. Secukupnya garam
  12. 1 sdm gula jawa
  13. Minyak untuk menumis
  14. Bumbu Halus
  15. 5 siung bawang putih
  16. 10 siung bawang merah
  17. 300 gram cabe merah besar
  18. 100 gram cabe rawit, bisa di skip kalau tdk mau pedas
  19. 1.5 sdm ketumbar sangrai bubuk
  20. 1 sdt jintan bubuk
  21. 5 cm kunyit
  22. 4 cm jahe
  23. 3 batang serai
  24. 1 buah pala
  25. 4 butir cengkeh
  26. 3 buah kembang lawang
  27. 3 buah kapulaga
  28. 2 sdt merica bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi

1
Sangrai 8sdm kelapa parut sampai coklat. Jika sudah dingin blender halus. Sisihkan
Rendang Daging Sapi - Step 1
Rendang Daging Sapi - Step 1
2
Peras kelapa parut hingga menjadi santan. Sisihkan. Nantinya akan di ambil endapan santan kental dibagian atas.
Rendang Daging Sapi - Step 2
3
Potong potong daging lalu di cuci. Setelah itu tiriskan sampai air tidak menetes lagi.
Rendang Daging Sapi - Step 3
4
Sangrai potongan daging sampai permukaannya coklat dan kering. (Tidak keluar air lagi). Sisihkan
5
Haluskan bumbu halus. Pertama blender halus bumbu kering (pala, tumbar, merica, jinten, kapulaga, kembang lawang, cengkeh) lalu sisihkan
Rendang Daging Sapi - Step 5
6
Haluskan bumbu basah (bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, serai) lalu sisihkan
Rendang Daging Sapi - Step 6
Rendang Daging Sapi - Step 6
7
Siapkan wajan bekas menyangrai daging. Beri secukupnya minyak.
8
Tumis bumbu halus baik basah maupun kering. Tambahkan kayu manis, serai yang di memarkan, lengkuas, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, dan air asam kandis.
9
Tumis bumbu sampai berubah warna dan menyusut. Lalu masukan santan kental, ambil endapan bagian atas. Ambil sebanyak yg kita bisa.
10
Tambahkan kelapa sangrai halus aduk rata. Masak dengan api kecil sampai santan berminyak.
11
Masukan daging. Bumbui dengan garam dan gula jawa. Masak terus sampai menyusut dan daging empuk..
12
Jika kuah santan menyusut tp daging belum empuk bisa ditambahkan sisa santan.
13
Aduk sesekali agar tidak gosong. Jangan lupa tes rasa. Masak sampai kuah menyusut
14
Selesai 😁😁
Rendang Daging Sapi - Step 14

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kebab Daging Rendang Krispy

Kebab Daging Rendang Krispy

Bismillah Ada sisa dari Daging rendang kemarin. Masak banyak tapi suami udah bosen jadi sisanya sayang dibuang. Saya buat gini aja.. rendang yang saya cuci bersih dr bumbu. Trus saya penyet pake Muntu trus saya Balur ke telor dan tepung Taraaaaa Ampun ternyata enak.. daging dibuat Krispy gini.. suami makan doooong katanya isinya apa Bun.. isinya rendang yang terbuang πŸ˜‚ suami bilang enak.. buat lagi.. rendangnya udah abis.. πŸ˜‚ menu daging akhir bulan Done!❀️ #berbagisaturesepsetiaphari #PosbarIDAMAN #BemasakBaimbai #cookpadcommunity_Borneo #cookpadcommunity_Kaltim #cookpadcommunity_Samarinda #dibuangsayang #masakandaurulang #kreasimakanansisa

2 orang
35 menit
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Makanan penggugah seleranya pak suami alias makanan kesukaannya. Kalau makan sama rendang bisa nambah yuk di buat.

Rendang Ayam Lunak

Rendang Ayam Lunak

Bismillah.. Salam sehat semua.kali ini aku masak rendang bukan daging ya..tapi ayam ternyata nga kalah enak lho..aku bikin porsi bahan bumbu agak banyak kerna mau tambah telur klau kalian sesuai selera ya..bisa setengahnya dari bumbunya #PekanPosbar #SerbaWrap #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang Sapi Next Level (Bumbu Bamboe)

Rendang Sapi Next Level (Bumbu Bamboe)

Resep rendang sapi ini anti ribet, karena hanya pakai rempah bubuk dan bumbu jadi dari Bamboe. Cara masaknya juga memakai trik yang bisa menghemat gas tapi hasil dagingnya sangat empuk.

3-4 orang
3-4 jam
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Ini resep ayam rendang yg simpel dari mama ku ❀️

2 orang (makan siang dan malam)
Rendang Ayam

Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron

12 orang
Rendang Daging Ayam Praktis

Rendang Daging Ayam Praktis

Hari ini lagi pengin menu RM Padang,cuma mau keluar kok pas datang magernya. Tengok di kulkas ada stock ayam yg masih teronggok manja,bumbu jg lengkap..sudaah lah kita eksekusi aj y buat maksi. Kita bikin rendang yuuk...buat anak2 #GA_TheNextLevel

Rendang Telor

Rendang Telor

#pejuanggoldenapron3 Rendang memang masakan yang begitu maknyus. Namun karena daging mahal, kucoba untuk membuat rendang telur. Rasanya ternyata tidak kalah dengan daging. Ehmmm yummy....

8 porsi
1 jam
Rendang Ayam Indofood

Rendang Ayam Indofood

Mencoba masak rendang tapi ditambah bumbu instan indofood dan parah bgt ternyata enak. Ga semua yang bumbu instan itu kurang sedap. Yang penting kita tetap membuat bumbu utamanya dulu ya bunda. Bumbu instan hanya untuk pelengkap aja πŸ₯°πŸ€²

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang kikil tambah santan

Rendang kikil tambah santan

Wkwkkw iseng nyoba bumbu rendang tapi msh di tambah santan 😁

5x makan 😁
1jam
129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

Kalio ini adalah rendang yang setengah jadi ya moms. Jadi dalam memasak rendang, akan dilalui tiga tahapan yaitu gulai, kalio dan rendang. Nah, kalio ini ada ditengah tahapan dalam memasak rendang. Jadi prosesnya adalah gulai masih encer, kalio yang lebih kental dan minyak sudah keluar, baru rendang. Kalio terbentuk di tengah proses, sekitar 4 jam dari awal masak. Setelah kalio, api langsung dikecilkan hingga mengering berminyak menjadi rendang. Meski begitu, masih banyak orang yang menyebut kalio sebagai rendang. Nah, saya sekeluarga sukanya jika masak rendang yg masih ada kuah nyemek2 begini πŸ₯° Jika mau dibikin rendang tambah sekitar 3 jam an lagi, pakai api keciiiil, nanti daging akan berwarna coklat kehitaman, dan juga dikunyahnya tuh empuk di mulut🀀🀀 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #KampoengRamadhan #UngkepanRasaHati #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #Prohe #Week46 #RantangCookpad #Minggu1 #MasakItuSaya

3-4 jam
Rendang Gori dan ceker

Rendang Gori dan ceker

Menu favorit suami, sabtu kemarin ke pasar trus suami liat ada sayur nangka muda.. minta masakin lah, tapi akunya mager waktu hari sabtu jadi masak nya hari ini (aku beli nya masih mentah yah, krna belum mau di masak jadi aku rebus dulu di air mendidih lalu aku taruh di wadah yang kedap udara terus simpan di kulkas deh) hari ini keluarin dari kulkas terus di olah jadi masakan endul😍

5 orang
Telur dadar bumbu rendang

Telur dadar bumbu rendang

Cara baru menikmati telur dadar. Cocok buat sarapan/bekel kerja,simpel dan cepet bikin nya Note: jangan kebanyakan ngasih garam di telur nya,soalnya nanti bumbu rendang nya udah asin

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa nasi plus ada sisa rendang , jadi d buat nasgor rendang aja buat sarapan . #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Padang

Rendang Padang

Favorit keluarga ❀ Walopun masaknya luamaaa πŸ˜„ Tp terbayar capeknya pas liat anak & suami pada lahap makan. Bikin rendang emang gampang gampang susah, tips biar hasilnya memuaskan jangan lupa gunakan santan dari kelapa yang sudah tua, dan jangan skip kelapa sangrai halus biar hasilnya lebih mantull. Source : vifya_kitchen #OlahanDagingKurban #RendangPadang #RendangDaging

Rendang tempe (pakai tempe homemade)

Rendang tempe (pakai tempe homemade)

Bikin rendang spesial karena tempenya buatan sendiri. Sampe gak tega makannya saking cakep bentuk bunganya, hehehe. Sumber : @siswatyelfinbachtiar #Rekreasi_Depok #KelasOnlineTempe #TempeBuatanku #PekanPosbarTempe #SisCookingClub #RememberGenkPeDa_SiswatyElfinBachtiar #ArisanCooksnap_SiswatyElfinBachtiar #GenkPeDa_SiswatyElfinBachtiar #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #GenkPejuangDapur #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Rendang ayam bumbu indofood

Rendang ayam bumbu indofood

Lagi mager banget buat masak. Jadi masak pake bumbu instan tinggal tambahin sedikit bumbu deh.. Bismillah... Mari masak bun.

173.Rendang Daging

173.Rendang Daging

Bismillah ,,, 4 Ramadlan 1442 H Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan seperti daging , ikan dan telur , selain protein hewani yang penting diperlukan tubuh protein nabati juga harus seimbang agar asupan kebutuhan protein bisa terpenuhi dengan baik ,,, semoga bermanfaat #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadan #MeolahCaruan_Ungkepan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #PejuangGoldenApron3

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Salah satu menu favorit di rumahπŸ˜„

5-7 orang
3 jam