Rendang Kikil

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Kikil

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Kikil yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Kikil yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Kikil, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Kikil enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Kikil sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Kikil memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hari ini masak kikil di rendang karna permintaan dari suami. Entah kenapa dia suka banget makan kikil πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ untung dirumah masih ada persediaan kentang juga jadi lengkaplah rendang kikil sederhana nya 😍😍😍 Dikarenakan hari ini mau pergi ke bogor jadi masak nya di olah pakai bumbu giling instan aja yang di jual di pasar 😁😁😁 Rasanya hhhmmm yummy 🀀🀀🀀 #Cookpad #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Kikil:

  1. 1/2 kg Kikil
  2. 1/2 kg Kentang
  3. 4 bks Santan kara instan
  4. Secukupnya air
  5. Secukupnya garam
  6. Secukupnya kaldu bubuk
  7. Bumbu tumis:
  8. 1 bks Bumbu rendang giling (instan)
  9. 1 lbr Daun kunyit
  10. 3 lbr Daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Kikil

1
Cuci bersih kikil lalu rebus dahulu. Kemudian kupas kentang, potong dadu lalu dicuci bersih
Rendang Kikil - Step 1
Rendang Kikil - Step 1
Rendang Kikil - Step 1
2
Panaskan minyak lalu horeng kentang terlebih dahulu. Setelah selesai di goreng pindahkan ke wdah lain
Rendang Kikil - Step 2
Rendang Kikil - Step 2
3
Masukkan bumbu rendang giling ke dalam wajan penggorengan, masukkan daun kunyit & daun jeruk lalu tumis bumbu hingga harum. Setelah itu masukkan kikil nya & campur rata dengan bumbu.
Rendang Kikil - Step 3
Rendang Kikil - Step 3
Rendang Kikil - Step 3
4
Setelah tercampur rata, tunis sebentar kikil nya agar bumbu nya meresap. Kemudian masukkan kentang yang sudah di goreng kedalam masakkan & aduk rata lagi agar tercampur rata kembali
Rendang Kikil - Step 4
Rendang Kikil - Step 4
Rendang Kikil - Step 4
5
Setelah itu masukkan secukupnya air (kalau saya dikira2 saja airnya, tidak terlalu banyak & tidak terlalu sedikit). Masak kikil hingga air nya mendidih & ketika sudah mendidih masukkan santan instan (saya pakai santan kara) kedalam masakkan. Aduk rata kembali masakkan agar santannya tidak pecah. Biarkan hingga mendidih & aduk kembali. Setelah mendidih kemudian masukkan secukupunya garam & kaldu bubuk (saya pakai kaldu sapi). Masak kembali & Biarkan air nya agak sedikit mengering
Rendang Kikil - Step 5
Rendang Kikil - Step 5
Rendang Kikil - Step 5
6
Apabila bumbu rendang sudah mengental, kecilkan api lalu tester rasa masakkan. Apabila sudah sesuai, matikan kompor lalu angkat masakkan & pindahkan ke wadah yang sudah disediakan. Masakkan siap untuk disajikan untuk keluarga tercinta & jangan lupa berdoa sebelum makan πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ₯°πŸ₯°
Rendang Kikil - Step 6
Rendang Kikil - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi

Rendangku versi basah, karena buat stok jadi nanti kalo dipanasin bisa sampai kering 😊 Selamat mencoba resep simple ini 😘

Nasi Goreng Bumbu Rendang Praktis

Nasi Goreng Bumbu Rendang Praktis

Assalamu'alaikum. Selamat pagi semuanya....awali hari dengan senyuman dan sarapan agar tetap sehat dan semangat. Pagi ini saya membuat sarapan "Nasi Goreng dengan bumbu Rendang produck Racik," saya tambahkan sosis dan bumbu iris berupa bawang putih, bawang merah dan cabai merah. Cukup 30 menit, "Nasi Goreng Rendang", siap dinikmati. #CookpadCommuniy_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #PejuangGoldenBatikApron #MasakanRumahan #MemanfaatkanNasiSisa

4 orang
30 menit
Rendang telur asli padangπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Rendang telur asli padangπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Pasti banyak yg suka dengan yg nama nya rendangπŸ˜πŸ˜‹tp sekarang yg di bikin bukan dari daging tp telurπŸ€­πŸ˜†πŸ˜†tp rasanya mantul juga loh momπŸ˜πŸ˜πŸ˜‹

1 keluarga
30 menit
Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Pulang kampung dapat resep dari kakak ipar yang orang Padang Panjang. Pertama coba rasanya enak... biasanya kacang ini di gunakan untuk buat rendang semula sempat heran juga ya tetapi ketika di buat serundeng ternyata enak banget πŸ‘ dan bisa tahan 1 bulan. #PekanCooksnap

1/2 kg
1 Jam
100. Rendang

100. Rendang

Bismillahirrahmanirrahiim.. Jummuah Mubarak ibun² saliha.. Semangat selalu masak untuk keluarga tercinta ❀❀❀ #KulinerAceh #CookpadCommunity_Aceh

Rendang Telur Tanpa Santan

Rendang Telur Tanpa Santan

Untuk pengganti Santan bisa menggunakan fiber creme maupun kemiri, sesuai selera ya teman.

4 - 8 orang
30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

4-5 orang
Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Rendang kacang merah + daging (bumbu males)

Dulu kl d jakarta nemu rumah makan padang deket kebon jeruk) yg bikin rendangnya pakai kacang merah, dan itu enak bgt, msih inget rasa nya sampai sekarang dan dah masak bbrp x jg, nah kali ini aku masak pake daging ayam, krn mls beli daging sapi ny. Jd spt biasa, masak pake stok yg ada d rmh deh.. Ini aku pake bumbu males, pake bumbu instan, cukup d tambah dg bahan2 d dapur aja lg πŸ˜€πŸ€­. Tp ttp mantulll Jd lah skrg namanya bumbu males, krn emang pake yg praktis2 aja, yg penting rasa ttp mantul gaes πŸ˜€πŸ€­πŸ˜‚ #TiketGoldenApron3

Cilok empuk isi rendang (takaran sendok)

Cilok empuk isi rendang (takaran sendok)

Ini pertama kalinya bikin cilok atau pentol. Yang gampang aja deh, yg penting empuk dan enak

4 orang
30 menit
Rendang Nendang

Rendang Nendang

Tampilan masih kurang jika dibandingkan dengan rendang khas Padang. Ada beberapa bumbu yang blm dimasukkan krn pas gak ada dirumah. Bisa ditambahkan kapulaga & jinten untuk rasa yang lebih kuat. Cuman yang ini juga sudah membuat nasi sebakul habis. Dijawa rendang seperti ini rasanya. Kalau kita ke RM Pagi sore rendang rasanya sedikit lbh rempah lagi. Mungkin karena beberapa bahan ada yg terskip karena dirumah tak ada. Selamat mencoba & bakal menghabiskan sebakul nasi nantinya. Jangan lupa follow IG & tiktok @aldians.kitchen

Rendang Telur Puyuh ala Fadil's Kitchen

Rendang Telur Puyuh ala Fadil's Kitchen

Rendang adalah masakan khas suku Minang yang sudah mendunia. Memakai santan dan aneka rempah, membuat masakan ini tidak hanya sedap, tapi juga wangi. Biasanya yang direndang adalah daging sapi atau kerbau. Namun ayam, bebek bahkan telur pun ternyata enak direndang. Termasuk masakan yang tahan lama, namun rendang harus sering dipanaskan. Uniknya, semakin sering dipanaskan, rasanya semakin enak. Karena bumbu semakin meresap ke bahan yang direndang. #ResepTelurkuMendunia #PejuangGoldenApron3 #FoodtographyClub #FoodtographyClub_HariAids #PosbarMenuSehatHariAids #Tim_DeGendhis

5 orang
Β±1,5 jam
Rendang paku (pakis sayur)

Rendang paku (pakis sayur)

Resep ini sudah ada sejak dahulu kala , dan masakan rendang paku ini sangat diminati berbagai kalangan , kami terinspirasi dari @bganas , dan masakan ini tidak begitu rumit bahanΒ² nya

10 orang
1 jam 30 menit
06. Rendang Sapi Bumbu Instan

06. Rendang Sapi Bumbu Instan

Rencana mau masak rendang, tapi malas ngeracik bumbunya. Lihat di lemari ada 2 sachet bumbu rendang instant, langsung aj eksekusi. Rasanya enak juga. #PejuangGoldenBatikApron

10 potong
2 jam
501) Nasi Goreng Rendang

501) Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang jamur tiram tapi pakai bumbu instan 🀭. Sengaja disisain bumbu dan beberapa potong jamur tiramnya untuk dibikin nasi goreng pagi ini. Ternyata memang enak lho, nasi goreng rendangnya πŸ‘πŸ˜‹. Jadi ada tambahan varian nasi goreng lagi nih 😁. Oh ya, ini saya pakai beras pera yg memang untuk bikin nasi goreng ya. Nasinya ini gak bakal lengket satu sama lain, tapi dia ambyar gitu, gimana ya ngomongnya. Pokoknya beras pera memang cocok untuk nasi goreng πŸ˜…. Bisa ditambah telur dadar atau ceplok ya. Saya lagi menghindari telur, jadi saya pakai bakso ayam aja. Yuk, dicobain ya πŸ˜‰. (29/12/2021) https://cookpad.com/id/resep/15025062?invite_token=wtBtqd #CookpadCommunity_Tangerang

2 piring
10 menit
Rendang sapi dan baby potato

Rendang sapi dan baby potato

Resep ny simpel dan cocok buat anak kos yang kangen masakan mak

2 porsi
30 menit