Rendang sapi sederhana

Dipos pada February 9, 2022

Rendang sapi sederhana

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang sapi sederhana yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang sapi sederhana yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang sapi sederhana, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang sapi sederhana enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang sapi sederhana adalah 8 porsi jumbo. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang sapi sederhana diperkirakan sekitar 2,5 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sapi sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang sapi sederhana memakai 15 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya tinggal di Davao, Filipina. Bumbu bumbunya terbatas๐Ÿ˜Š Mau makanan lokal takut, Krn bnyak yg ga halal. Jdi nyobain dh bikin rendang biar ga bosen menu๐Ÿ˜€๐Ÿ˜‹ #baru sekarang turun ke dapur, di Indonesia jarang2๐Ÿคญ๐Ÿ˜…

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang sapi sederhana:

  1. 600 gr daging sapi (saya beli yg beku)
  2. 5 siung bawang merah (disini ukuran nya jumbo, klo di indo 10 siung)
  3. 10 siung bawang putih
  4. 2 cm lengkuas (kebetulan ada, hrus pesan sebulan sebelumnya ๐Ÿ˜…)
  5. 2 cm jahe
  6. 3 butir kemiri digoreng sebentar(bawa dari Indonesia)
  7. 7 pc cabe merah (disini pedas banget)
  8. 15 pc cabe rawit (disini ga ada, jdi sy ga pake)
  9. 3 lembar daun salam (kebetulan ada pohonnya)
  10. 5 lembar daun jeruk
  11. 1 batang serai
  12. 1/8 kelapa parut
  13. 3 bungkus kara ukuran kecil
  14. 1 bungkus penyedap (disini merek sarap)
  15. 1 SDM gula pasir (disini brown sugar)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang sapi sederhana

1
Potong daging seukuran rendang (sesuai yang diinginkan)
2
Haluskan semua bumbu kecuali daun daunan dan santan
3
Panaskan penggorengan dengan minyak untuk menumis
4
Tumis bahan yg telah dihaluskan
5
Setelah harum, masukan daun salam, daun jeruk dan serai
6
Aduk sebentar, lalu masukan daging
7
Setelah daging terkena bumbu semua, diamkan 5 menit, lalu masukan 2bungkus santan kara, aduk kembali agar santan tercampur
8
Tutup wajan dg tutup yg transparan agar mudah terlihat sampai santan menyusut sekitar 60menit
9
Bila santan sudah menyusut, masukan 1 bungkus santan yg telah dicampur dg 1 gelas air (150cc)
10
Aduk kembali dengan perlahan dan masukan kelapa parut. Tutup kembali selama 50menit dengan sesekali diaduk
11
Masukan bumbu penyedap dan gula pasir, tes rasa, dan tutup kembali
12
Tunggu sampai semua bahan menyusut dengan sesekali diaduk, bila daging dirasa sudah empuk, matikan kompor
13
Tunggu sampai uap rendang menghilang, Angkat dan sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Super Simple

Rendang Daging Super Simple

Pengen makan rendang ala2 masakan padang tp males ngulek bumbu-bumbunya.. jadilah ke pasar beli bumbu rendang instan ๐Ÿ˜ Tp tetep enak kok.. praktis banget dan cepet masaknya

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Source susi agung

Rendang Sapi

Rendang Sapi

Masak rendang memang perlu effort banyak baik dari segi waktu, tenaga dan uang ๐Ÿคญ๐Ÿ˜‚ Tapi dibalik itu semua percaya deh hasil ga mengkhianati usaha ๐Ÿ˜. Rendang yang saya buat ga otentik rendang padang karena saya ga punya daun kunyit, tapi untuk rasa dijamin mantulllll....cekidot

4 jam
Rendang daging kerbau

Rendang daging kerbau

Penasaran dengan rasa khas daging kerbau, akhirnya coba coba diolah jadi rendang, ternyata rasanya lebih mantap dan lebih enak daging kerbau menurut saya baunya khas sedep banget

Beberapa orang
3 jam
Rendang anti Gagal

Rendang anti Gagal

Kenapa anti gagal, krn ini pertama bikin dan lgsg jd.. Sodara bikin sama juga jadi dan enakk ๐Ÿ’™ Bakal jd andalan.. Biarpun bkn rendang yg item item hanya ini sdh enakk.. Anak anak juga sukaa..

Rendang daging sapi bumbu tumis

Rendang daging sapi bumbu tumis

Buat rendang untuk stok berbuka dan sahur pake resepnya kak @Lenny_141705 trus saya tambahkan dengan bumbu racik rendang Indofood enak banget...๐Ÿ‘ Santannya pake santan instan... Jadi kalo mau makan tinggal dipanasin aja deh.. Sehari setelah masak rendang saya kepleset didapur, besoknya kakak ipar mau mampir ke rumah sebelum balik ke pangkalan Bun,bingung harus nyuguhin apa.,ingat difrezeer ada stok rendang,tinggal dipanasin sebentar. Kebiasaan disetiap resep yg diposting sllu hasil akhirnya gak cantik, makanan Udah Mateng belum dijepret anak udh keburu nangis, alhasil makanan abis dimakan ๐Ÿ˜‚,tinggal dikit ๐Ÿคญ baru ingat belum di foto ๐Ÿ˜ฎโ€๐Ÿ’จ semangaaat๐Ÿ’ช๐Ÿ˜ #Frozenfood #RamadanCamp_Misi4 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_PalangkaRaya

10 orang
Rendang sapi

Rendang sapi

Masakan legend Indonesia ... โ˜บ๏ธ. Terdabest pokoknya mah. Saya belajar masak dari nol. Alhamdulillah berhasil hehe.. resepnya terinspirasi dari uni Icha Irawan ๐Ÿค—๐Ÿ‘.

10 orang
2-3 jam
Rendang dengan bumbu jadi

Rendang dengan bumbu jadi

Buat stok makan sahur... Kita bikin rendang. Buat kamu2 yg males ngereka2 bumbunya... Beli bumbu jd aja di pasar atau tukang sayur. #PejuangGoldenBatikApron

25 potong
3 jam
Rendang Padang

Rendang Padang

Favorit keluarga โค Walopun masaknya luamaaa ๐Ÿ˜„ Tp terbayar capeknya pas liat anak & suami pada lahap makan. Bikin rendang emang gampang gampang susah, tips biar hasilnya memuaskan jangan lupa gunakan santan dari kelapa yang sudah tua, dan jangan skip kelapa sangrai halus biar hasilnya lebih mantull. Source : vifya_kitchen #OlahanDagingKurban #RendangPadang #RendangDaging

Rendang jengkol ala mika

Rendang jengkol ala mika

Gk tau knp pasca bersalin aku jd suka banget sama jengkol.. Dan aq pengen ngolah sendiri.. Alhamdulillah semua pada suka..

8 orang
2 jam
Rendang Frozen (530)

Rendang Frozen (530)

Jawaban #ramadancamp_misi4 : FROZEN FOOD Ga cuma yg crispi2 aja yg bisa difrozen...rendang juga bisa lho...biasanya setelah dimasak smp empuk...aku masukan ke wadah tertutup, masukkan dalam frezer...nanti pas mo dimakan bisa dihangatkan...(bisa taruh diatas magic com...praktis kan buat stock dibulan puasa. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #CocomtangPost #IdeMasak #RamadanCamp_Misi4 #ceritadapurhariini #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood

2 -3 jam
Rendang ayam khas sipirok

Rendang ayam khas sipirok

Salah satu ciri khas rendang khas Sipirok adalah selalu dicampur dengan kacang merah.

4 Orang
1 jam 20 menit
Rendang Daging Sapi Super Simple

Rendang Daging Sapi Super Simple

Resep nya bukan dari resep asli rendang padang yaa, karena disesuaikan dengan lidah keluarga jadi ada beberapa yg di modif hihihi tapi ini enak dan mudah ๐Ÿ˜ anak dan suami suka โค #PejuangGoldenBatikApron

sekeluarga
3-4 jam
Kulit Mangga Bumbu Rendang

Kulit Mangga Bumbu Rendang

Terinspirasi oleh mamah cookpad dengan program #MasakSetiapBagian. Hari ini mau ngebuang kulit mangga rasanya agak sayang. ๐Ÿ˜‚ Iseng-iseng nyari di google tentang manfaat kulit mangga. Ternyata kandungan manfaat kulit mangga hampir sama dengan daging buahnya, bahkan lebih. Wah, jadi kepengen ngolah ini kulit mangga... Kebetulan saya punya bumbu rendang instan, karena harganya sangat terjangkau, bolehlah jadi bahan uji coba masak kulit mangga. ๐Ÿคญ Alhasil, jadilah kulit mangga bumbu rendang yang ternyata cukup enak, tekturnya kenyal sedikit renyah, bisa nih jadi tambahan lauk. ๐Ÿ˜ #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Nasi Goreng Rendang Komplit

Nasi Goreng Rendang Komplit

Pagi2 Bogor sdh turun hujan, bikin sarapan yg mudah, praktis dan tetap bergizi serta mengandung Nutrisi. Mengandung Kharbohydrat, protein dan vitamin. Disini sy tambahkan telur dan daging ayam, baao ikan sbg sbr Pritein, sayuran vegetable sbg sbr Vitamin. Nasi putih sbg sbr Kharbohydrat. #JelajahResep #CookpadCommunity_Bogor #PejuangGoldenApron3

relatif
30 menit
Rendang ekonomis dan praktis

Rendang ekonomis dan praktis

Dulu paling anti masak daging sapi,karena selalu alot dan kurang empuk. Berhubung kepengen rendang buatan mama yang dimakan tiap lebaran tapi lagi pandemi dan tidak bisa pulanh,mari kita eksperimen sendiri. Apakah sama atau beda?lebih enak atau lebih amburadul? Ternyata sama bun, amazing banget, dan empuk. Cocok buat perantau yang rindu masakan emak di kampung. #ontymasakyuk #TiketGoldenBatikApron #PejuangGoldenBatikApron #masakbarengsikecil @dapur_onty @lemari_angkel

8 orang
90 menit
Rendang daging pedas

Rendang daging pedas

3 orang
1 jam 30menit
100. Rendang

100. Rendang

Bismillahirrahmanirrahiim.. Jummuah Mubarak ibunยฒ saliha.. Semangat selalu masak untuk keluarga tercinta โคโคโค #KulinerAceh #CookpadCommunity_Aceh

20.2021.Rendang Kacang Merah

20.2021.Rendang Kacang Merah

Kacang Merah ini yaaa favorit bagiku dan suamiku. Mau dibikin sop, minuman sampai rendang so delicious. Saya punya beberapa stok bumbu rendang dan kacang merah setengah kilo, terpikir kayaknya dibikin rendang saja, walau tanpa daging Alhamdulillah tetap enak๐Ÿ˜๐Ÿคฉ. . Saya juga ingin menyampaikan apresisasi sebesar-besarnya kepada cookpad indonesia dan Tim yang telah memberikan program RAKIT kepada pengguna cookpad. Masya Allah saya sungguh senang mendapat kesempatan belajar dengan para ahlinya bakulan dan manajemen dapur. Benar2 senang karena selain menambah ilmu dan ketrampilan juga menambah teman-teman se-nusantara. Semoga cookpad indonesia semakin sering menyajikan program2 menarik dan kreatif lainnya sehingga membuat ibu2 dan bapak2 tambah semangat berkarya di dapur, Aamiin ๐Ÿ™. . #posbargembira #NaluriHomemade #homemadefood #Masakan_NaluriHomemade #GoodFood_NaluriHomemade #Resep_NaluriHomemade #RendangKacang_NaluriHomemade #FoodPhotography_Naluri