Rendang ikan

Dipos pada February 10, 2022

Rendang ikan

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang ikan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang ikan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang ikan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang ikan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang ikan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang ikan memakai 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kali ini buat rendang dari protein boga bahari, ceritanya tetangga kami dari padang biasa kami memanggilnya bunda nah bunda waktu itu kirim makanan ke rumah rendang ikan lalu kepikiran mau coba masak rendang ikan dan yg saya pakai ikan salem

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang ikan:

  1. 500 g ikan salem
  2. 400 ml santan instan + 100 ml air
  3. 2 lbr dn kunyit, 2lbr dn salam
  4. 4 lbr dn jeruk, 1 btg serai memarkan
  5. 2 ruas lengkuas memarkan, asam kandis 1 bh
  6. Bumbu halus :
  7. 8 bawang merah, 4 bawang putih
  8. 5 cabe merah besar (ss)
  9. 1 ruas kunyit, 1 ruas jahe
  10. secukupnya Penyedap rasa ayam, garam, gula

Langkah-langkah untuk membuat Rendang ikan

1
Potongan ikan dilumuri garam dan jeruk nipis sisihkan diamkan 10 menit lalu goreng agak berkulit jangan terlalu kering
2
Tumis bumbu halus, masukan daun jeruk,salam, serai dan lengkuas dgn sedikit minyak hingga harum dan matang, setelah itu masukan santan masak sebentar jangan lupa diaduk agar santan tidak pecah.
3
Setelah itu masukan ikan, garam, gula dan penyedap rasa ayam tes rasa aduk2 hingga kuah menyusut matikan api. Angkat dan siap dihidangkan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam (full of bumbu) 🤤

Rendang Ayam (full of bumbu) 🤤

Yg bosen ayam nya di opor mulu bisa di bikin rendang ayam, gakalah enaknya bun 🤤 Tips : sering di aduk tapi pelan aja, biar santannya ga pecah.

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Aq ga suka jengkol. Tapi ada yg sering minta dimasakkan jengkol. Awalnya memasak jengkol, bingung, caranya bgmn... tanya2,serta coba2, akhirnya bisa. Untuk bumbu aq beli racikan jadi di pasar beringharjo, klo ga salah namanya _rumah minang_. Aq klo masak jengkol ini ribet bgt n butuh waktu berhari2, karena jengkol aq rendam dengan kopi minimal 3 hari, pagi n sore dicuci bersih ganti air n kopi. Trus merebusnya juga pakai kopi, daun jambu n daun salam untuk menghilangkan bau jengkol... tp klo mau cepat, jengkol rendam semalam, trus rebus sampai empuk....

Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang

Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang

Dulu ketika masih kuliah, ada teman dari Sumatra yang bilang, kalau di Padang ketika masak rendang, Uleg bumbunya sampai halus banget, sampai biji-biji cabainya tidak keliatan. Denger cerita itu saya takjub, (saya nguleg sambel aja bukan hanya bijinya, kulit cabenya saja saya belum bisa halus. Hiks) Tapi penasaran juga, pantesan masakan Padang itu terasa 'legend', salah satunya mungkin karena mereka serius sekali ketika masak, mengolahnya dengan hati dan jiwa. Jadi masakannya bisa terasa 'ruh'nya. Jadi sekarang, gegara omongan temen saya itu, saya menghaluskan bumbunya sampai halus bener, pakai blender bumbu sih. Tapi lebih lama, sekitar 5 menitan. Saya tambahkan sedikit air. Agar blendernya lebih halus. Ini resep andalan saya, mirip sama rumah makan Padang andalan kami. Ayahnya anak-anak suka sekali masakan Padang, dan kata beliau, ini lebih enak dari beli. Ahhh, senangnya, hehe Oh ya, karena terlalu sering masak rendang, sekarang berasa bikin rendang kayak tumisan aja. Simpel, gampang. Mungkin karena dibikin santai aja, jadi rasanya kaya bikin tumisan biasa, tinggal aduk-aduk bentar. Rada serius di menit-menit akhir, sampai menghasilkan daging empuk dan keluar minyaknya. ❤️❤️❤️ #RendangIhda #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Rendang

Rendang

Hari ini masak banyak,mumpung lagi semangat #WeekendChallenge ku kali ini makanan favorit anak&suami saja lah #MasakSetiapBagian yg satu ini pasti saya suka,semua suka 😍 #pejuanggoldenapron3

Rendang Tempe

Rendang Tempe

Recipe : Fitri Sasmaya Saya bikin ini kuahnya kurang asad dan kering ya..jadi masih terlihat basah dan merah..karna anak2 sukanya makan yang begini..😁😁 #dutarecookberaksi #dutarecookpalangkaraya #PejuangGoldenApron3 #EmakNusantaraKreatif #KeDapurAja #MasakItuSaya #Cookpad_id #cookpadcommunityborneo #cookpadcommunitypalangkaraya #Resepayupu3

Rendang ayam simple

Rendang ayam simple

Variasi rendang ayam negeri dengan santan instant. Mudah dan cepat pengolahannya. Kali ini masakannya tidak merah, karena dibuat untuk anak-anak.

8 org
1 jam
Rendang sapi

Rendang sapi

Ini rendang versi saya, rendang Jawa (manis pedas)

Rendang Bukittinggi

Rendang Bukittinggi

Resep asli sebetulnya agak ribet.. Cuma di bikin ringgkas aja 🤭

1 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

-
1 jam 30 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Ini olahan rendang pertamaku, mumpung ada daging qurban tapi bosen kalau dimasak sate dan dibikin bakso aja, yuk bikin #OlahanDagingKurban yang spesial 😊

2 orang
3 jam
Rendang daging

Rendang daging

Walau masak rendang itu lama tapi sepadan sama rasanya ya mom, kalo masaknya bentar bukan rendang namanya wkwkwk. Menurut saya bumbu rendang itu ga ribet, cuma waktu pemasakan yang lama itu lo mom yang kadang bikin mager. Disini saya pakai resep dari Uni Cheche Kitchen. Suka banget ama resepnya. #PejuangGoldenApron3

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Saya tinggal di Davao, Filipina. Bumbu bumbunya terbatas😊 Mau makanan lokal takut, Krn bnyak yg ga halal. Jdi nyobain dh bikin rendang biar ga bosen menu😀😋 #baru sekarang turun ke dapur, di Indonesia jarang2🤭😅

8 porsi jumbo
2,5 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Pake nasi pulen yang anget gitu 🤤🤤

Telur dadar bumbu rendang

Telur dadar bumbu rendang

Cara baru menikmati telur dadar. Cocok buat sarapan/bekel kerja,simpel dan cepet bikin nya Note: jangan kebanyakan ngasih garam di telur nya,soalnya nanti bumbu rendang nya udah asin

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Ini requestnya paksu minta dibuatin rendang tp pake ayam aja ☺

6 buah
+/- 40 menit
RENDANG SAPI KERA.

RENDANG SAPI KERA.

Hampir setengah tahun lebih selama masa COVID ini keluargaku tidak pernah makan di rumah makan Padang, rasanya kangen banget menikmati rendangnya. Berhubung anak" ku tidak suka daging sapi akhirnya aku bikin rendang campur aja, jadi semua anggota keluarga menikmatinya, jadilah menu RENDANG SAPI KERA... RENDANG SAPI KEntang campuR Ayam...rendang ini dipersembahkan buat almarhumah mama tercinta, yang telah memberikan resep ini semasa hidupnya, sebagai persembahanku #MasakanUntukIbu.

8 porsi
90'