Rendang jengkol miminok

Dipos pada February 10, 2022

Rendang jengkol miminok

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol miminok yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol miminok yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol miminok, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol miminok enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang jengkol miminok adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang jengkol miminok diperkirakan sekitar sehari semalam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol miminok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol miminok memakai 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya suka rendang jengkol tapi seringkali kurang puas saat membelinya. Akhirnya dengan modal cari resep, jadilah rendang jengkol ala bunda miminok.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol miminok:

  1. 1 kg Jengkol tua
  2. Secukupnya Injet atau kapur sirih di sebutnya
  3. 10 bawang merah
  4. 8 bawang putih
  5. 15 Cabe merah keriting
  6. 8 Cabe setan
  7. 200 gr Santan kental
  8. 5 lembar Daun jeruk
  9. 5 lembar Daun salam
  10. 2 ruas jahe
  11. 4 btg serei
  12. 1 lonjor kunir
  13. 2 keping gula jawa
  14. Garam
  15. Penyedap, saya biasa pakai majic

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol miminok

1
Cuci bersih jengkol, rebus sampai mendidih, buang air rebusan, cuci bersih lagi
2
Diamkan sampai suhu turun, bersihkan kulitnya kalau masih ada, saya biasa beli sudah terkupas kulitnya
3
Rendam jengkol dengan air kapur sirih dan daun salam 3 lembar selama semalam, ini untuk mengurangi bau jengkol yang menyengat
4
Buang air rendaman, cuci bersih jengkol dibawah air mengalir karena banyak sisa kapur sirih yang menempel
5
Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe, kunir, gula, garam, penyedap, memarkan jahe.
6
Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, daun salam, sere, dan jahe
7
Tambahkan air, masukkan jengkol, ungkep sampai 15 menit
8
Masukkan santan, masak jengkol sampai air menyusut dan bumbu mengental (asat)
9
Selamat menikmati rendang jengkol

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging Super Simple

Rendang Daging Super Simple

Selama ini takut banget bikin rendang takut rasanya gak seperti rendang pada umumnya , tapi kemudian paksu bilang pengen rendang daripada beli sepotong puluhan ribu yaa mending bikin aja yagaksi , dengan modal nekat dan bismillah + nanya ke Ibu , alhamdulillah akhirnya jadi juga ๐Ÿคค

3 orang
1 jam
Daging rendang

Daging rendang

Kerna masih ada daging jadi ku masak rendang aja.nasi goreng rendanฤฃ udah ku posting duluan.kelupaan ternyata rendangnya belum di posting, Maaf ya...klau mencari rendang aku heee...resepnya ku ambil dari buku majalah aku lama,ada tambahan satu bungkus bumbu Indofood.santannya 2 kotak ukuran 200 ml,jadi santannya 400 ml. Aku ambil 100 ml yang kental, tambahkan air 200 ml.butuh waktu lama masaknya tapi hasilnya enak banget. #Rekreasi_Depok #Masakan khas _Padang #CookpadCommunity_Balikpapan

314. Rendang tulang ayam bumbu indofood

314. Rendang tulang ayam bumbu indofood

menu tanggal tua kala itu.. kalo full pake daging ayam, jd kurang seninya ga ada yg disesepin.. klo full daging sapi lama prosesnya, tapi udh ada sih dipostingan2 sebelumnya... kuy lah markisak___mari kita masakkk

2 orang
30-45menit
Telur Dadar Rendang

Telur Dadar Rendang

Dududuhh. . .ini enak banget. Aku lihat resepnya dari youtube, muncul gitu di beranda.. tp lupa sumbernya ๐Ÿ˜…๐Ÿคญ Enak, bumbu nya meresap. Berasa makan nasi padang ๐Ÿ˜‹

Rendang Daging Sapi Empuk Berkuah

Rendang Daging Sapi Empuk Berkuah

Di rumah lebih menyukai masakan yang berkuah, jadi rendangnya juga berkuah. Tadinya lihat bumbunya banyak sekali, sepertinya ribet ternyata setelah dikerjakan, tidak juga๐Ÿคฃ. Rendangnya dipresto saja, badan tidak kuat jika harus berdiri lama, mengaduk daging hingga kering. Hasilnya semua suka, bumbunya pas di lidah. Saya cooksnap dari mbak Erni Safitri. #CookpadCommunity_TangerangSelatan

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Dulu sempet mikir masak rendang tuh bakalan ribet banget, tapi setelah bikin sendiri ternyata gampang, bahan nya juga mudah.. ga ribet kaya yg dibayangkan pokoknya.. hehe.. makan sama rendang ini bikin nasi jd boros banget! :) Sumber : cookpad hanhanny

20.2021.Rendang Kacang Merah

20.2021.Rendang Kacang Merah

Kacang Merah ini yaaa favorit bagiku dan suamiku. Mau dibikin sop, minuman sampai rendang so delicious. Saya punya beberapa stok bumbu rendang dan kacang merah setengah kilo, terpikir kayaknya dibikin rendang saja, walau tanpa daging Alhamdulillah tetap enak๐Ÿ˜๐Ÿคฉ. . Saya juga ingin menyampaikan apresisasi sebesar-besarnya kepada cookpad indonesia dan Tim yang telah memberikan program RAKIT kepada pengguna cookpad. Masya Allah saya sungguh senang mendapat kesempatan belajar dengan para ahlinya bakulan dan manajemen dapur. Benar2 senang karena selain menambah ilmu dan ketrampilan juga menambah teman-teman se-nusantara. Semoga cookpad indonesia semakin sering menyajikan program2 menarik dan kreatif lainnya sehingga membuat ibu2 dan bapak2 tambah semangat berkarya di dapur, Aamiin ๐Ÿ™. . #posbargembira #NaluriHomemade #homemadefood #Masakan_NaluriHomemade #GoodFood_NaluriHomemade #Resep_NaluriHomemade #RendangKacang_NaluriHomemade #FoodPhotography_Naluri

Rendang Tahu Bumbu Bamboe

Rendang Tahu Bumbu Bamboe

Bikin masakan dari tahu kesukaan suami, kali ini mencoba buat rendang tahu. Ini pertama kalinya membuat resep ini (saya comot dari beberapa channel masak di YouTube), rasanya tidak se medok rendang padang tapi tetap enak. Saya menggunakan fibercreame sebagai pengganti santan.

45 menit
Rendang

Rendang

#TiketGoldenBatikApron "Beberapa resep masakan terkadang tidak ditakdirkan untuk berpindah tangan, karenanya feeling diperlukan." -Alvaro LWMK2021 Semoga resep keluarga ini bisa membantu dan selamat mencoba sampai bisa menciptakan hasil rendang terbaik versi kamu :) Tetap happy kiyowo!

2-4 orang
1 jam 30 menit
Sate Rendang Bocilโค

Sate Rendang Bocilโค

Kisah ini adalah pengalaman pribadi,yg aku bagikan diajang Worldwide Egg Contest ini, dengan harapan dapat membantu para orang tua atau para ibu khususnya yg memiliki Bocil atau bocah kecil. Anak anak kadang banyak keinginannya tapi sulit menghabiskan makanannya dengan berbagai alasan,apalagi makanan tradisional.Kadang dianggap kurang hits,mungkin krn bukan makanan yg viral๐Ÿ™‚ Untuk memacu anak makan makanan yg bergizi dengan enjoy, penuh antusias kita perlu meramunya agar menjadi sesuatu yg tampil menarik... Mungkin kalian bisa mencoba caraku ini,agar anak2 makan menu dari bahan dasar yg sama,dengan sedikit kreativitas akan menghasilkan tampilan berbeda& menggugah anak ๐Ÿ˜ #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity #KreasiMasakanTradisional #MenuMenggugahAnak #KeepSafe&StayHealthy

Rendang daging simple

Rendang daging simple

Dapat daging dari mertua bingung mau olah apa,kepikiran rendang...langsung eksekusi..

5 orang
1 jam
Kulit Mangga Bumbu Rendang

Kulit Mangga Bumbu Rendang

Terinspirasi oleh mamah cookpad dengan program #MasakSetiapBagian. Hari ini mau ngebuang kulit mangga rasanya agak sayang. ๐Ÿ˜‚ Iseng-iseng nyari di google tentang manfaat kulit mangga. Ternyata kandungan manfaat kulit mangga hampir sama dengan daging buahnya, bahkan lebih. Wah, jadi kepengen ngolah ini kulit mangga... Kebetulan saya punya bumbu rendang instan, karena harganya sangat terjangkau, bolehlah jadi bahan uji coba masak kulit mangga. ๐Ÿคญ Alhasil, jadilah kulit mangga bumbu rendang yang ternyata cukup enak, tekturnya kenyal sedikit renyah, bisa nih jadi tambahan lauk. ๐Ÿ˜ #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Rendang Sapi Kuah Susu

Rendang Sapi Kuah Susu

Pingin bikin rendang tp biar semua ikut makan, santan sy ganti dg Susu UHT, dg bumbu rendang siap pakai dan bumbu pelengkap tambahan. Setiap masak rendang selalu teringat ibu krn ibu paling suka banget rendang buatanku, maafkan anakmu ibu blm bisa membahagiakan ibu tp anakmu sll inget dlm setiap denyut nadiku, seuntai doa yg bisa anakmu panjatkan, semoga ibu selalu sehat,panjang umur. "Selamat Hati Ibu, love you mom....๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ™ #MasakUntukIbu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #MasakPraktis

5 orang
30 menit
Rendang Ayam Minang Padang Pariaman (Frozen Food)

Rendang Ayam Minang Padang Pariaman (Frozen Food)

Rendang adalah salah satu menu masakan Padang yang hampir selalu dimasak dalam menyambut bulan Ramadan. Selain semakin lama dihangatkan semakin enak, rendang juga bisa disimpan dalam freezer (frozen) untuk dipanaskan saat sahur atau berbuka tiba. Rendang ayam dari resep uni @desmawatikuretangin mengingat harga daging yang melonjak tinggi, bersama rebusan daun singkong dan sambalado lado mudo sebagai menu sahur pertama keluarga. Sekaligus meramaikan posbar FtC, menu masakan Minang. Teriring ucapan terimakasih kepada pak Fadil yang selama ini membukakan mata, mengenalkan dan belajar bersama ilmu food photography serta mbak Medina (roemah_coklatbontang) atas supportnya, semoga mbak Medina diberi kelancaran dalam persalinan, sehingga baik ibu dan baby sehat dan sekeluarga berbahagia menyambut kedatangan si kecil. #RamadanCamp_Misi4 #CeritaDapurHariIni #MasakanMinang #RendangAyam #FrozenFood #OlahanAyam #CookpadCommunity_Solo #wongsolomasak #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #PejuangGoldenBatikApron #Resep_RhymerwidKitchen

13 potong
Rendang Daging

Rendang Daging

Bismillahirrahmanirrahim.... Hallo sobat cookpad, ๐Ÿ˜ mumpung masih edisi Hari Raya Idul Adha nih aku mau masak yang biasa aku masak setiap kali lebaran idul adha yaitu rendang daging. #OlahanDagingKurban kali ini aku mau buat rendang daging dan yang tentunya aku buat dengan penuh cinta untuk keluarga2ku ๐Ÿ˜˜ Baik di bawah ini aku tuliskan resepnya ya... Semoga bermanfaat buat sobat2 cookpad ๐Ÿ˜˜

10 porsi
1 jam
Rendang

Rendang

Assalamualaikum Bebikin rendang Ala ala Alhamdulillah segini Aja cukup. Ga sampe 8jam Kaya diyutup. Wkwkkk.. enaaakkk #cookpadcommunity_malang

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Source : Bunda Rayyan Pemenang arisan Genk PeDa Minggu ini yaitu Teh Ima, bumil cantik yang pinter masak dan punya bakulan masakan ๐Ÿ˜. Alhamdulillah resep rendangnya mantul pisan, enak, mirip banget sama di RM. Padang. Walaupun setelah itu tangan ku panas karena misahin biji cabe ๐Ÿ˜‚ tapi tetep seneng dong karena dipuji-puji suami ๐Ÿฅฐ๐Ÿค—. Terimakasih teteh inspirasi resepnya, yuuk dicoba ๐Ÿ‘‡ #RememberGenkPeDa_BundaRayyan #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Tangerang

Rendang daging kerbau

Rendang daging kerbau

Jadi ceritanya nenekku pengen makan daging kerbau setelah nyari2 dipasar terdekat GK ada yang jual karena berhubungan tinggal nya di kab. Batu bara Sumut karena saya tinggal disumbar minta tolong cariin dan ada.. dan sekalian minta dibuatin rendang.. ini resep rendang mertua yang orang asli Payakumbuh..

4 - 12 orang
5 jam 30 menit