Rendang jengkol

Dipos pada February 10, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang jengkol diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep sederhana gampang dan hasilnya enak banget,,

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. Jengkol tua 300 gram,
  2. 250 ml Santan kelapa
  3. 1 sendok makan Kelapa parut
  4. Garam, masako, kecap, gula
  5. Bumbu halus
  6. 1 biji Bawang putih
  7. 4 biji Bawang merah
  8. 6 biji Cabai keriting
  9. 5 biji Cabai rawit setan
  10. Kemiri sedikit saja
  11. Daun jeruk
  12. Bumbu pelengkap
  13. 2 lembar daun salam
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. Lengkuas
  16. Serai

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Rebus jengkol yang sudah direndam sebelumnya selama 1 jam
Rendang jengkol - Step 1
2
Siapkan bumbu halus diuleg jangan diblender biar keluar aroma dari bahan bumbunya
Rendang jengkol - Step 2
Rendang jengkol - Step 2
3
Siapkan bumbu pelengkap di geprek
Rendang jengkol - Step 3
4
Parut kelapa dan peras santannya
Rendang jengkol - Step 4
5
Setelah jengkol matang angkat dan hilangkan kulitnya lalu belah jadi 2 dan di keprek biar merasap bumbunya
Rendang jengkol - Step 5
6
Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan bumbu pelengkapnya
Rendang jengkol - Step 6
7
Masukkan santan, parutan kelapa dan jengkol nya. Kemudian masukkan garam, masako, kecap dan gula sambil diaduk aduk terus dan gunakan api kecil pada kompor, jangan lupa sambil di test rasanya. 😊
Rendang jengkol - Step 7
8
Setelah kuah kering angkat dan hidangkan
Rendang jengkol - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam Kampung ala Anak Kos

Rendang Ayam Kampung ala Anak Kos

Kemaren waktu lebaran gak makan rendang ayam kampung dan sekarang pengen banget jadi nitip temen buat beliin bahan di pasar dan kita eksekusi. #PejuangGoldenApron3 #cookpadindonesia

Rendang Daging mix Kentang

Rendang Daging mix Kentang

Bismillah.. Jajalin Rendang resepnya Adam's Mommy @cook_5899742 yang versi Bukittinggi 😘😘 Aku bikin setengah dari resep, untuk dimakan bareng Lontong sayur. Kacang merah aku ganti Kentang mini.. Rasanya tetap Best lahh!! πŸ˜πŸ˜πŸ‘πŸ‘

Rendang Ayam

Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron

12 orang
Rendang Ayam Kampung

Rendang Ayam Kampung

Trial buat masak pas lebaran. Alhamdulillah hasilnya mantul πŸ₯°

1 keluarga
3 jam
Rendang Tempe

Rendang Tempe

Sedeeeepppnyaaa, 🀀🀀🀀🀀β™₯️ Source: @Fitri Sasmaya, β™₯️ #OlahanTempeIhda #RendangIhda #memasakdengancinta #masakituibadah

Rendang Keluarga

Rendang Keluarga

titip resep rendang keluarga, biar ga lupa hehehe

4 orang
1 jam 30 menit
Rendang ikan tuna

Rendang ikan tuna

Bosen rendang ayam atau daging pilihannya ikan tuna aja direndang buncan pasti nga kalah lezatnya

Rendang Padang Ikan Tilapia

Rendang Padang Ikan Tilapia

Pertama kalinya buat rendang penuh perjuangan tp hasilakhir maknyusssss Daging saya ganti dengan Ikan Tilapia yang sebelumnya di goreng dahulu dan masukkan ke bumbu stlh bumbu menyusut ya agar ikan tidak hancur source resep : @mreyhanflorean makasih resepnya mantull saya suka dan puass Masak Rendang tanpa MSG, tanpa penyedap, tanpa gula! Ini mantullll .. silahkan di coba ya! #RendangPadang #CocomtangPost_IkanSauna #CookpadCommunity_Tangerang

Rendang sapi

Rendang sapi

Kebetulan kmrin pak suami minta d buatkan rendang untuk puasa pertama . Ada sisa hati sapi d kulkas jadi d skalian d masak Alhmdulillah ini percobaan ke 3

10 orang
2 jam
Rendang Daging Sapi (Simple)

Rendang Daging Sapi (Simple)

Alhamdulillah bisa Posbar yang kedua, Tentang Olahan daging Kurban dan masih dalam tema Idul Adha 1442H. Kali ini media dagingnya Sapi. Blm bisa Olahan yang trlalu sulit krn keterbatasan waktu. Jika rendang ini masaknya menurut aq sih terbilang lama, namun bisa kita sambi2 sambil mengerjakan tugas yg lain. Termasuk nyambi Daring😁. Oh ya sedikit bercerita, mau simple namun ada perbedaan hasil. Disini aq menggunakan santan Instan (krn daging yg kumasak hy 300gr), hasil rendang yg kudapat tidak terlalu pekat jga tidak begitu menghasilkan (Blondo/Santan yg jika sdh asat akan mengental/menggumpal). Jadi saat rendang sdh mengering, aq tambah dgn bumbu Instan Rendang, Agar warna Pekat dan lebih kental sedikitπŸ€— Resep by @heny_wid ( aq pakai 1/4 Takaran resep dgn penyesuaian) #KampungIdaman #PotBerbisik_Daging #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #hannahani_cookies

4 Porsi
80 Menit
Rendang

Rendang

Bismillah......kali ini bikin rendang dengan resep punya mb @desmawatikuretangin .....emang asli enak.... Walaupun masaknya butuh waktu lama... Tapi hasilnya seperti rendang di rumah makan padang...... Aq juga penggemar masakan padang.... Jadi pas banget dengan resep ini. #PejuangGoldenBatikApron #Kopijoss #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_yogyakarta

20 porsi
6 jam
Rendang Minang

Rendang Minang

10+
3 jam 30 menit
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Supaya cepat sat airnya, pakai air santan secukupnya, setinggi jumlah bumbunya. Supaya bumbunya kental bervolume, pakai kelapa parut sangrai plus tumisan bumbu halusnya. Tetap pakai cara slow cooking disaat air santan sudah sat. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #GlutenFree

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Makan nasi rendang tapi versi lebih effort dan nasi goreng. #PejuangGoldenBatikApron

1 orang
30 menit
Rendang Ayam Kentang

Rendang Ayam Kentang

Ngerendang-rendang ngirit yah .. rendang ayam. Tambah kentang makin mantab, lebih kenyang nih 😁 Asal bumbu bisa meresap, pasti tetep enak.... Trimaksih mbak @fitrisasmaya yg sdh menginspirasi bgt pokoknya πŸ™ ... Bumbunya agak dilengkapin karna dah beli racikan bumbu limaratusan itu (ada kapulaga, jinten, cengkeh dan kayu manis),,, tinggal ngalusin.. #LihaiCooksnapNov_Semarang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Pedas

Rendang Pedas

Tetiba pengen rendang, jadilah eksekusi resep dari ci @xanderskitchen namun saya gunakan gula merah 🀣 jadilah tampilan dan tekstur yang sedikit berbeda namun aromanya sama πŸ˜‚ Tak apalah. Lain kali mungkin saya akan tambahkan kelapa parut yang disangrai agar teksturnya mirip 😁

3 porsi
1 jam 30 menit
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Baru dqpat dari qurban kemarin langsung eksekusi dong enak bangett iniii suami sampe namboh

2 orang
2 jam
Rendang Jamur Tiram Simple

Rendang Jamur Tiram Simple

Sore... Menu simpel manfaatkan dari si Jamur Tiram kali ini pingin merasakan versi bumbu rendang, kali ini dengan cara simpel pakai bumbu instant ,pas banget tuk masak simpel di Bulan Ramadhan. Ini membantu saya saat bekerja di luar tapi harus mikirin menu di kala harus cepat masaknya yuk..ini bs jadi menu buka maupun sahur #GA_thenextlevel #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Resep Uniku

Rendang Resep Uniku

Source: @cookpader_12582445 (Fadil's Kitchen) MasyaAllah, Alhamdulillah... Rendang selalu identik dengan Lebaran idul Adha nah, kali ini saya mencoba membuat resep pak padil's Kitchen dari sumatera benar-benar Enak Alhamdulillah. Oia, saya hanya memakai setengah resep beliau yang menggunakan 2 kg daging sapi,ini saya hanya menggunakan 1 kg juga kentangnya saya skip. #Mangari #OlahanDagingKurban #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunityBorneo #CookpadIndonesia