Rendang Daging Sapi

Dipos pada February 10, 2022

Rendang Daging Sapi

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging Sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging Sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging Sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Daging Sapi adalah 20 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Daging Sapi diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging Sapi memakai 21 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pasti sudah banyaaakk sekali resep rendang daging sapi di Cookpad ini. Tapi pasti tiap orang punya formula bumbu yg berbeda². Ini adalah resep rendang modifikasi dari ibu mertua saya di Jambi. Rendang yg sesuai selera saya dan proses masaknya pun gak saya bikin ribet. Ibu² sibuk yg pengen masak rendang, silahkan intip² boleh. Ini saya masak sambil ngasuh anak usia 1 tahun loh... 🤗

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging Sapi:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 3 buah kentang
  3. 6 siung bawang merah
  4. 6 siung bawang putih
  5. 1 ons cabe merah keriting
  6. 13 cabe rawit
  7. 1 ons lengkuas
  8. 1/2 ons jahe
  9. 7 batang sereh
  10. 1 ruas kunyit
  11. 1 buah pala
  12. 5 buah kemiri
  13. 1 sdm merica
  14. 1 sdm ketumbar
  15. 10 lembar daun jeruk
  16. 4 lembar daun salam
  17. 2 gula merah bulat
  18. secukupnya Garam halus
  19. Royco sapi (takaran lebih banyak dari garam)
  20. 5 sdm minyak goreng
  21. 6 sachet santan Kara

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging Sapi

1
Potong daging sapi sesuai selera. Mau tebal boleh, mau tipis juga boleh.
2
Iris tipis gula merah supaya mudah hancur dengan bumbu.
3
Blender semua bumbu. Kecuali daun salam & daun jeruk.
4
Tumis bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk dengan minyak hingga harum.
5
Masukkan daging sapi, aduk² hingga rata sampai air dalam daging keluar.
Rendang Daging Sapi - Step 5
6
Larutkan santan kara dengan air sampai santan tidak terlalu kental atau terlalu encer.
7
Masukkan larutan santan.
8
Masukkan garam halus dan Royco sapi.
9
Aduk² selama 3 jam. Atau sampai bumbu rendang mencapai tekstur yg Anda inginkan.
10
Potong kentang agak besar supaya tidak hancur saat proses mengaduk. Masukkan kentang saat kuah sudah mulai agak asat supaya gak terlalu lembek nantinya.
11
Koreksi rasa lagi, karena rasa pada saat kuah masih banyak, dengan rasa pada saat kuah sudah asat jadi berbeda. Kalau kurang rasanya, bisa tambahkan garam atau Royco lagi.
12
Rendang daging sapi siap dihidangkan... 🤗
13
Ternyata mudah ya Moms bikin rendang... Jangan dibikin ribet yah. 😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam

Rendang ayam

3 jam
Rendang Hati Sapi

Rendang Hati Sapi

اللهُ اكبَرْ, اللهُ اكبَرْ اللهُ اكبَرْ لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُوَِللهِ الحَمْد udh tahun ke 2 lebaran dirumah sendiri.. Semoga Corona cepat musnah dan bumi kembali pulih. Amin Niat hati gak mau masak2. Pengen lebaran dirumah uti Akung Ivan didepok, kenyataan nya papahny harus absen onlen di hari raya idul Fitri. Akhirnya ke Depok nya malem setelah isya, krna absen pulang mulai dari jam setengah 6 sore 😌😌.. Dan gak mungkin kan kita mlongoo gak masak2 dan makan rendang, ketupat dll hahaha. Akhirnya papahny request minta rendang Hati Sapi mengenang masa lebaran dikampung katanya, Dalam fikiran apa rasanya masaknya bagaimana?? Untung aja ada cookpad segala macam resep ada disini 😂😂 Pas masak ini hati sapi bener2 syok dikira bakalan ancur lebur kaya bubur krna di masak terlalu lama. Ternyata enggak sama sekali justru malah makin kaku.. Alhamdulillah masak 1 kg jadi banyak bgt. Dan aku bawa ke Depok abis ludes karena banyak tamu yang Dateng. #PejuangGoldenApron3 #NabungResep

Sekeluarga
± 2 jam
Nasi Rendang Sederhana

Nasi Rendang Sederhana

Nasi campur ala Padang yang ga pake ribet. Bikin rendangnya pake bumbu rendang instan aja (bisa Indofood, Sasa atau sesuai selera). Lumayan banget buat menu cepat saji dimusim hujan begini yang bawaannya pengen ngunyah terus 😁 . . #nasirendang #rendanginstan #nasipadang #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

4 orang
Rendang 3 in 1

Rendang 3 in 1

Bikin stok lauk kering dan awet untuk dibawa ke tempat kost anak. Biar ringkas, sekaligus masukkin daging, kentang dan jengkol. Soalnya di pasar liat jengkol tua, gede-gede pula, jadi ngiler. Nanti setelah matang tinggal pilih mana yang disuka. Daripada ribet bikin terpisah, hehe.. Untuk bumbu, karena gak mau ribet dan kebetulan punya langganan inang penjual bumbu halus yang rasanya pas jadi sy beli jadi, sekitar 30 rb, cukup untuk resep ini.

2 jam
Pare Bumbu Rendang

Pare Bumbu Rendang

Batam, 2022 Februari ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ Sehat selalu cookpader lovers 💚 Rendang daging sudah biasa, sesekali bikin rendang dari sayur. Seperti resep ini Pare bumbu Rendang sayur kesukaan paitua 😍 . . . #PejuangGoldenBatikApron #Week04 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Solo #Timlo #wongsolomasak #olahanparealaitha #masakalaitha

3-4 orang
30 menit
Rendang

Rendang

Resep rendang andalan keluarga saya, biasa kami buat untuk lauk sahur dan berbuka 😇

8 porsi
3 jam
Randang Talua Khas Minangkabau

Randang Talua Khas Minangkabau

Randang Talua atau rendang telur adalah masakan tradisional berbahan dasar telur yang berasal daripada Payakumbuh, Sumatera Barat. Awalnya saya kira resep ini bahan utamanya daging. Pas dilihat ternyata dari telur. Untuk proses menggorengnya, karena sekarang minyak sedang mahal, gunakan minyak sedikit saja (sabar dalam menggoreng/sedikit2). Yuukk dicoba. Sangattlah mudah. Source @aqeesha_02 #PejuangGoldenBatikApron Week 7_14/3/22

Rendang daging + telur bumbu instant ala bapak mess

Rendang daging + telur bumbu instant ala bapak mess

Karena aki-aki di mess ada yg pengen banget makan rendang, sedangkan di kulkas ga ada bahan"nya, jadi beli bumbu instan aja. Dibeliin dagingnya pun dimit, jadi saya tambahin telur rebus aja.

5 orang
1 jam
Nasi goreng rendang kikil

Nasi goreng rendang kikil

Di kasih rendang kikil sama tetangga, gak ada yang makan, krn iduladha tahun ini, alhamdulliah dapat banyak daging sapi dan daging kambing, sampai bosen tiap hari menunya daging terus😁

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Source : Bunda Rayyan Pemenang arisan Genk PeDa Minggu ini yaitu Teh Ima, bumil cantik yang pinter masak dan punya bakulan masakan 😍. Alhamdulillah resep rendangnya mantul pisan, enak, mirip banget sama di RM. Padang. Walaupun setelah itu tangan ku panas karena misahin biji cabe 😂 tapi tetep seneng dong karena dipuji-puji suami 🥰🤗. Terimakasih teteh inspirasi resepnya, yuuk dicoba 👇 #RememberGenkPeDa_BundaRayyan #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Tangerang

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Semoga bisa menginspirasi ya bund resepku 😊😉. #OlahanDagingKurban

Bareh Randang Makanan Tradisional Khas Minang Sumatera Barat

Bareh Randang Makanan Tradisional Khas Minang Sumatera Barat

Udah Lama mau bikin ini, dan Alhamdulillah ketemu dengan resep Asli Orang Payakumbuh Uni @Welly Herlina #Basidoncek_MaulangMasak #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenApron3

Rendang daging Ala moms syakieb

Rendang daging Ala moms syakieb

Karena suka makan nasi padang, kepikiran lh mau mncoba Buat sndiri karna biar suami dan ank2 juga suka eeeh Trnyta beneran syuka 😍

5 orang
1 jam 30 menit
Rendang daging sapi kentang baby

Rendang daging sapi kentang baby

Menu alternatif yang tahan lama biasanya aku bikin rendang sekalian agak banyak soalnya cape nya sama. Jadi saat males masak bisa tinggal langsung angetin aja praktis,yang penting di kemas untuk sekali makan jdi ga mudah basi. Resep rendang ini tidak original karena sudah banyak yang dirubah adaptasi selera orang-orang dirumah.#MemasakSetiapBagian.minggu ke #2 bulan oktober#MasakSekeluarga

4 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Mau makan rendang g harus pakai daging sapi ya bunda karena pakai ayampun g kalah enak kok😀 jadi kita tetap bisa menikmati rendang favorit deh #DiRumahAja #CookpadIndonesia #olahanayam #masakanrumahan #rendangayam

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bismillah.. Pagi ini bikin rendang ayam, buat salah satu menu berbuka nanti. Kenapa bikin skrg, krn msh pagi, jd msh semangat buat ngedapur 🤭. Biar nanti sore tinggal manasin aja, ga perlu ngulek2 bumbu 😊. Source : https://cookpad.com/id/resep/8517238-rendang-ayam-kampung-khas-minang?invite_token=MsYsbirq2KUkpeGrxY3emJed&shared_at=1618116540 #Ramadan1442HDay4 #UngkepanRasaHati #KampoengRamadan #MasihDiRumahAja #keepsafehealthyandhappy #dapoernyamimi #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi #ResepKece

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Sisa bumbu rendang kemarin,karena uda g ada daging jadi kefikiran aja bikin nasgor bumbu rendang. Dan ini enak banget🤤🤤🤤 #PejuangGoldenApron3

Rendang Pedas

Rendang Pedas

Semoga resepnya bisa bermanfaat ya bunda, masak rendang gak pake lama, dijamin daging pun empuk. Jangan lupa tag ke IG aku juga ya bun @cicianjar07

10 orang
2 jam