Rendang ayam

Dipos pada February 10, 2022

Rendang ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang ayam memakai 24 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rendang ayam nya kalo kata suami, padang banget rasa nya enak bikin nambah2 terus. Bumbu dan langkah2nya sesuai dengan resep mba Susi Agung, tapi jika ingin lebih kering bisa juga setelah masuk bumbu jangan dulu masukan ayam tetapi langsung masukan santan dan kelapa parut aduk2 biarkan hingga santan mengeluarkan minyak baru masukan ayam nya, bisa di sesuaikan dengan selera masing2.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang ayam:

  1. 1 kg ayam potong
  2. 1 liter santan (dari 1 butir kelapa, sy 200 ml santan kara)
  3. 1 lembar daun kunyit potong2
  4. 3 lembar daun salam
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 2 batang serai geprek
  7. 2 buah bunga lawang
  8. 2 buah cengkeh
  9. 2 cm kayu manis
  10. 1 genggam kelapa parut sangrai (sy skip)
  11. Secukupnya garam & gula
  12. Bumbu halus
  13. 10 siung bawang merah
  14. 6 siung bawang putih
  15. 3 butir kemiri
  16. 100 gr cabe keriting
  17. 2 cm lengkuas muda
  18. 2 cm jahe
  19. 2 cm kunyit
  20. 1 sdm ketumbar
  21. 1 sdt merica butiran
  22. 1/4 sdt bubuk pala
  23. 1/4 sdt jinten
  24. 1/4 sdt adas manis

Langkah-langkah untuk membuat Rendang ayam

1
Masukan bumbu halus dalam wajan lalu tambahkan bahan2 lain kecuali ayam dan santan, tumis sambil diaduk2 hingga matang.
Rendang ayam - Step 1
2
Masukan ayam lalu aduk2 sampai ayam berubah warna lalu tambahkan santan, gula, dan garam aduk rata koreksi rasa.
Rendang ayam - Step 2
Rendang ayam - Step 2
3
Aduk2 terus agar tidak gosong bawahnya sampai air menyusut atau hingga kering (sesuai selera) lalu angkat.
Rendang ayam - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ceker Bumbu Instan

Rendang Ceker Bumbu Instan

Lagi seneng ngolah ceker dengan berbagai bumbu selain dimasak kecap. Tapi hari ini lagi agak ga enak badan, jadi males racik2. Bumbu instan siap pakai bener2 memudahkan kalo kondisi sedang ga mendukung..

Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Rendang ayam frozen(dg kecap manis)

Bikin rendang dg menambah kecap manis...hmmm raossss.loh Oeaaa ini jg bisa untk jdi pelengkap frozen food di rmh loh.setelah buat.diamkan or dinginkan di suhu ruang.kemas sesuai kebutuhan agar saat menghangtkannya mudah sesuai keperluan Masukan freezer Amannn deh🤗🤗🤗😋 Cuzzz yuk😉😉😋🤗 #RamadanCamp_Misi4

Rendang Ayam bumbu Jadi

Rendang Ayam bumbu Jadi

Bismillah...mengolah ayam jadi rendang dengan bumbu jadi yg dijual dipenjual sayur Alhamdulillah wangi enak saat perlu masak cepat dan praktis

4 orang
1 jam
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Supaya cepat sat airnya, pakai air santan secukupnya, setinggi jumlah bumbunya. Supaya bumbunya kental bervolume, pakai kelapa parut sangrai plus tumisan bumbu halusnya. Tetap pakai cara slow cooking disaat air santan sudah sat. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #GlutenFree

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Bismillah. Postingan pertama setelah hampir dua bulan absen karena tengah diuji "badai kehidupan". Berusaha berpikir positif, mengedepankan akal sehat, dan senantiasa bersyukur atas situasi apapun yang terjadi pada keluarga kami. Saya memasak sisa nasi semalam dn sepotong rendang yang ada di kulkas. Diolah lagi agar menjadi hidangan yang lezat, enak, dan bernilai gizi. Alhamdulillaah.. masih diberi nikmat sehat dan berkumpulnya aku dan anak-anak. Hari kedelapan kepergian engkau. Semoga Ayah tenang di alam sana. Aamiin... *3-8-2021 #DibuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia

3 porsi
30 menit
Rendang telur kentang

Rendang telur kentang

Protein yang mudah sekali di dapatkan dan harganya juga terhitung bersahabat di kantong adalah Telur. Banyak sekali yg bisa di olah dari sebuah telur. Mau di rebus bisa, di goreng pun juga bisa. Kali ini telur nya di rebus, di masak rendang telur dengan tambahan kentang pakai resep nya dari mb Kiki Daulay. #PejuangGoldenApron3 #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity_Semarang

Rendang (ayam)

Rendang (ayam)

Ini mestinya enak klo pake daging sapi bagian kisi... Masak lama sampe bumbu agak gelap. Tapi berhubung punya stok ayam kampung agak banyak, jadi rendangnya pake ayam aja...

Shaksuka Rendang

Shaksuka Rendang

Ini ceritanya lagi masak buat keluarga di dapur, eh tapi ya keburu laper. Jadi Nyambi masak yang cepet dulu biar bisa cepet-cepet makan, trus nanti bisa lanjut masaknya lagi 🤭 Teringat sudah CM resepnya mba Eva @vaykitchen yang ini dan sudah siapin bumbu rendang instannya. Masak cepat-cepat, lanjut makan deh. Nikmatnyaa.... Abis makan yuk...lanjut masak lagi...hehehe.. #CSDepok_VayKitchen #CookpadCommunity_Depok

Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Pulang kampung dapat resep dari kakak ipar yang orang Padang Panjang. Pertama coba rasanya enak... biasanya kacang ini di gunakan untuk buat rendang semula sempat heran juga ya tetapi ketika di buat serundeng ternyata enak banget 👍 dan bisa tahan 1 bulan. #PekanCooksnap

1/2 kg
1 Jam
Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas

Nasi Liwet Rendang Jengkol Pedas

Hari minggu, jengkol days… yeiiy… udah lama sejak langganan jengkol online ga jualan lagi, pernah beli tempat lain ternyata mengecewakan akhirnya vakum dl masak jengkol. Eh kemaren ada yg jual di shopee kebetulan di sidoarjo yg sehari aja udah sampai, trus jengkolnya ulalaaaa mantab kalii.. tua dan mlontos’ segerr… nyesel beli 500gr aja, its oke lah namanya trial tempat baru ya kan. . Mau bikin semur ga terlalu suka, mau masak kecap pedas bosen,, eh suami bilang, direndangin aja pake nasi uduk… uwuwuwuw.. langsung deh gas keun dan auto nambah 2 piring nihh 😆😆

2 orang
60 menit
Rendang Daging Sapi Bumbu Instant

Rendang Daging Sapi Bumbu Instant

#GA_TheNextLevel #51 pernah beberapa kali nyoba bumbu rendang instant, tapi baru ini yg dirasa enak.

5 orang
2 jam
Tahu berhati rendang

Tahu berhati rendang

Mencoba hal baru,,, menu kali ini tahu berhati rendang kocak ya namanya 🤣😂tapi rasanya endol gaiis #PejuangBatikGoldenApron #CookpadComunity_Bandung

4 orang
30 menit
Rendang Telur

Rendang Telur

Bismillahirrahmanirrahim Beberapa hari badan kurang fit,, mau masak aras2 en,, buka Cp,, kok tertarik dengan menu nya mb @Erma_Dapur_Michaela ,, "rendang ayam kentang" hmm jadi ngiler kayak orang lagii nyidam lagi.. 😀🤭 Alhamdulillah ketemu idee tuk upyek ngedapur.. Bikin rendang seadanya di rumah saja pakai telur. Hmm rasanya tak kalah enak dengan rendang daging hehee.. Dan akhirnya smua pada lahap makan sampai tanduk2 yaa too.. 😀😀 Monggo buun cobain.. Nyesel & penasaran lho klo gk nyobain.. 😀🤭😍 #LihaiCooksnapNov_Semarang #semangcookhokya #Cookpadcommunity_Semarang

Rendang pedas ikan tongkol

Rendang pedas ikan tongkol

Hai moms♥️sore ini sy ganti menu berhubung ada restock ikan tongkol sejak dua hari lalu, kebetulan cuaca gerimis gerimis manja ya moms,jadi perlu yg pedas pedas di temani nasi hangat,try yuk momies...

3-4 orang
30 menit
Rendang Ayam Minang Padang Pariaman (Frozen Food)

Rendang Ayam Minang Padang Pariaman (Frozen Food)

Rendang adalah salah satu menu masakan Padang yang hampir selalu dimasak dalam menyambut bulan Ramadan. Selain semakin lama dihangatkan semakin enak, rendang juga bisa disimpan dalam freezer (frozen) untuk dipanaskan saat sahur atau berbuka tiba. Rendang ayam dari resep uni @desmawatikuretangin mengingat harga daging yang melonjak tinggi, bersama rebusan daun singkong dan sambalado lado mudo sebagai menu sahur pertama keluarga. Sekaligus meramaikan posbar FtC, menu masakan Minang. Teriring ucapan terimakasih kepada pak Fadil yang selama ini membukakan mata, mengenalkan dan belajar bersama ilmu food photography serta mbak Medina (roemah_coklatbontang) atas supportnya, semoga mbak Medina diberi kelancaran dalam persalinan, sehingga baik ibu dan baby sehat dan sekeluarga berbahagia menyambut kedatangan si kecil. #RamadanCamp_Misi4 #CeritaDapurHariIni #MasakanMinang #RendangAyam #FrozenFood #OlahanAyam #CookpadCommunity_Solo #wongsolomasak #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #PejuangGoldenBatikApron #Resep_RhymerwidKitchen

13 potong
Rendang Daging khas Padang Praktis

Rendang Daging khas Padang Praktis

Sekarang kalau mau bikin rendang udah gampang, cuma pakai 3 bahan aja. Rendang udah jadi dengan rasa authentik Sumatera Barat. Bikin ny gampang dan ga ribet. Tinggal campur2 jadi deh. Saya beli bumbu jadinya di www.bumburendangpadang.id Selamat Mencoba

3 Orang
+- 2 Jam 30 Menit
Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang

Rendang Daging Ala Rumah Makan Padang

Dulu ketika masih kuliah, ada teman dari Sumatra yang bilang, kalau di Padang ketika masak rendang, Uleg bumbunya sampai halus banget, sampai biji-biji cabainya tidak keliatan. Denger cerita itu saya takjub, (saya nguleg sambel aja bukan hanya bijinya, kulit cabenya saja saya belum bisa halus. Hiks) Tapi penasaran juga, pantesan masakan Padang itu terasa 'legend', salah satunya mungkin karena mereka serius sekali ketika masak, mengolahnya dengan hati dan jiwa. Jadi masakannya bisa terasa 'ruh'nya. Jadi sekarang, gegara omongan temen saya itu, saya menghaluskan bumbunya sampai halus bener, pakai blender bumbu sih. Tapi lebih lama, sekitar 5 menitan. Saya tambahkan sedikit air. Agar blendernya lebih halus. Ini resep andalan saya, mirip sama rumah makan Padang andalan kami. Ayahnya anak-anak suka sekali masakan Padang, dan kata beliau, ini lebih enak dari beli. Ahhh, senangnya, hehe Oh ya, karena terlalu sering masak rendang, sekarang berasa bikin rendang kayak tumisan aja. Simpel, gampang. Mungkin karena dibikin santai aja, jadi rasanya kaya bikin tumisan biasa, tinggal aduk-aduk bentar. Rada serius di menit-menit akhir, sampai menghasilkan daging empuk dan keluar minyaknya. ❤️❤️❤️ #RendangIhda #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Rendang babi

Rendang babi

5org
2jam