Rendang Tuna

Dipos pada February 10, 2022

Rendang Tuna

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Tuna yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Tuna yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Tuna, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Tuna enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Tuna sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Tuna memakai 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebenarnya bikin rendang tu bumbunya langsung cemplung aja nggak perlu ditumis dulu. Ini saya tumis, biar cepet aja dan pake kelapanya cuma satu doang. Kuahnya disusutkan dulu baru masuk ikannya, biar nggak hancur dagingnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Tuna:

  1. 1 ekor ikan tuna, potong2 (beratnya kira2 1,5 kg
  2. 1 butir kelapa tua, diambil santan kentalnya
  3. Air kelapa dari 1 butir kelapa, digunakan untuk memeras santan
  4. secukupnya Garam dan kaldu bubuk
  5. Bumbu halus :
  6. 1 ons cabe merah giling
  7. 1 sdm ketumbar
  8. 1 ons cabe rawit hijau
  9. 1 ons bawang merah
  10. 1 ons bawang putih
  11. 1 ruas jari jahe
  12. 1 sdm bumbu kari padang
  13. Bumbu cemplung :
  14. 1 ruas jari laos, geprek
  15. 2 batang serai, geprek
  16. 2 lembar daun kunyit
  17. 5 lembar daun jeruk
  18. 3 lembar daun salam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Tuna

1
Tumis bumbu halus sampai harum
2
Tambahkan santan, aduk rata, masak sampai kuah kental dan terbit minyak. Aduk terus agar santan tidak pecah. Tambahkan garam dan kaldu bubuk
3
Masukkan ikan, masak terus pakai api sedang sampai kuah menyusut (tidak lama)
4
Rendang tuna siap di sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Tempe

Rendang Tempe

Kabanggaan tersendiri setelah bisa bikin tempe dari 2 bahan saja. Rendang tempe ini, tempenya hasil buatan sendiri, resep pembuatan tempe, dari mas Benny salah satu pakar pertempean. Terimakasih CP yang sudah membuka mata hati saya untuk mempelajari sejarah tempe #PDKT_TempeLamtoro #TempeBuatanku #PDKTdiCookpad #PekanPosbarTempe

Rendang Daging

Rendang Daging

Ini percobaan saya yg ke-2.. Alhamdulillah rasa lebih mantabs 🥰

3-4 jam
Rendang paru dan limpa

Rendang paru dan limpa

Buka tabungan resep dulu ya☺️☺️ Hari ini post rendang ala keluarga murhandoyo. Ini wajib ada sebagai pendamping lontong. Dan saya paling suka rendang paru. Note: untuk resep ini selain paru bisa pake daging sapi, ayam atau telur. #PejuangGoldenApron3

Rendang Daging Khas Aceh

Rendang Daging Khas Aceh

Baru tau nih dari mami @desfita_rozzen kalo rendang tuh bukan cuma ada dipadang tapi jg ada di aceh... Pebedaannya dalam penggunaan rempah² rendang padang lebih banyak rempah²nya sedangkan rendang aceh menggunakan daun pandan dan bumbu sederhana, tapi rasanya tidak kalah enaknya dan ada khas bau wangi pandan... #iduladhawongkito #resepwongkito #wongkitogalo #kampungidaman #posbarIdaman #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #cookpad_id

5-6 orang
60 menit
Rendang Ayam Bumbu Instant

Rendang Ayam Bumbu Instant

#Indonesianfood #Cookpadcommunity_jakarta #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Frozen (530)

Rendang Frozen (530)

Jawaban #ramadancamp_misi4 : FROZEN FOOD Ga cuma yg crispi2 aja yg bisa difrozen...rendang juga bisa lho...biasanya setelah dimasak smp empuk...aku masukan ke wadah tertutup, masukkan dalam frezer...nanti pas mo dimakan bisa dihangatkan...(bisa taruh diatas magic com...praktis kan buat stock dibulan puasa. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #CocomtangPost #IdeMasak #RamadanCamp_Misi4 #ceritadapurhariini #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood

2 -3 jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Assalamualaikum Haii semua.. Mommika mau share resep rendang daging sapi🥩 rasanya enak, bikinnya gampang, pokoknya mantep banget deh, temen2 bisa cobain dirumah masing2 ya Untuk tutorial lengkapnya check channel youtube Mommika Kitchen ya😍

Telur Dadar Rendang

Telur Dadar Rendang

Dududuhh. . .ini enak banget. Aku lihat resepnya dari youtube, muncul gitu di beranda.. tp lupa sumbernya 😅🤭 Enak, bumbu nya meresap. Berasa makan nasi padang 😋

Kelapa gongseng (rendang)

Kelapa gongseng (rendang)

Supaya gurih, wangi dan tekstur nya bagus katanya dengan kelapa gongseng ini rendang Makin ajibbb, kucoba buat sendiri wangiiii sekaliii sedap jugaa boleh dicoba^^

1 toples kecil
30 menit
Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari

Rendang jengkol/ masak jengkol khas losari

Masakan jengkol yg maknyus pedes gurih mantap dgn aroma rempah kayu manis yg sedap, makan jengkol beli jadi kurang selera dgn rasa banyakan masak semur, jadi kali ini masak sendiri dan jadi makan lebih puas.. Eh suami suka jadi ada temen ngabisin ini 😁😆

4 kali makan
60 menit
Rendang kacang merah

Rendang kacang merah

Harga kacang merah lagi murah banget...tadi pagi kepasar beli kacang merah 1/2 kg cuma 7000...wah kesempatan mumpung murah beli banyak sekalian...hahaha...biasanya 1/4 7000 nah ini 1/2 kg...aduhai tanpa banyak mikir beli lah 1 kg...ehhh dapet potongan pula jadi nya 1 kg cuma 13 RB... rezeki anak Soleh 😂 (soumboung)karena beli kacang merah nya lumayan banyak dari biasanya...cus ahhh ambil hp...liat2 Cookpad kesayangan...ga kepikir sih mau bikin rendang kacang merah... kepikiran nya bikin es kacang gitu...Yaaa walaupun cuaca lagi hujan tapi yang ada dipikiran yang seger2 aja... akhirnya pas liat olahan kacang merah,..ehhh muncul rendang kacang merah...wuuiiihhh jadi pindah haluan ni menu kacang nya...hihihi(maafkanlah si aku yang labil ini😂)mungkin Cookpad tau kali yaa cuaca ditempat ku udah 4 hari ini hujan selalu dari pagi Ampe sore...makanya dimunculkan lah resep rendang kacang merah nya😊😘😄...liat2 resep nya dari atas Ampe bawah...ehh dapet resep teh Astrid Aulia...resepnya pas banget Ama stok bumbu didapur... hihihi...cus ahh masak...rasanya enak lho...makasih teh Astrid resepmu inspirasi ku...🙏🌹 #CookpadCommunity_Bandung

Rendang Padang

Rendang Padang

Udah lama gak masak rendang. Langsung belanja deh buat bikin..

8 porsi
2 jam 30 meniy
Rendang Ekonomis Ayam Telur & Kentang

Rendang Ekonomis Ayam Telur & Kentang

Rendang ekonomis ayam, telur & kentang yang bumbu halusnya serba instan aja. Untuk santan lihat tips ya, saya pake santan hasil perasan pertama (1 butir kelapa parut + 700ml air panas). Tetap enak walaupun hanya bumbu instan, apalagi bumbu yang dihaluskan sendiri. Saya ambil simpelnya aja karena lagi males ngupas-ngupas bumbu. Untuk bumbu giling rendang, saya pesan khusus ketukang bumbu giling yang biasa meracik untuk masakan Padang, jadi bumbunya masih segar dan porsinya pas Kalo mau bikin bumbu sendiri, bisa lihat disini 👇 https://cookpad.com/id/resep/13862371-rendang-padang-daging-kentang-bukit-tinggi?invite_token=hFM5dgXxr1YbBsm5HipDBXdj&shared_at=1613618281 . . #rendang #rendangcampur #IdeMasakku #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

banyak
1.5 jam
Rendang Jamur Tiram

Rendang Jamur Tiram

Terinspirasi dari resepnya mbak @fitrisasmaya mengolah jamur tiram yang tak biasa. Berawal dari kebingungan mengolah jamur, biasanya kalau ga dibuat campuran sop ya ditumis atau di crispy. Ternyata dibuat rendang unik banget rasanya. Enakkk..

Rendang Daging Ala Tia

Rendang Daging Ala Tia

2 orang
3 jam
Rendang Tongkol

Rendang Tongkol

Tongkol kiriman Mama... tak masak kilat pakai bumbu rendang kiriman Mama juga. 😘 #InstantIsFine #PejuangGoldenBatikApron

5 porsi
15 menit