Rendang

Dipos pada February 9, 2022

Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 27 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Akhurnya hari ini kesempetan bikin rendang ๐Ÿ˜ walaupun bikinnya agak lama (kurleb 3-4 jam) tp bisa ditinggal tinggal dikit karena pakai api kecil.. hati hati rendang ini beneran bikin boros nasiii lupa deh sama diet ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ Resep ini ku recook dari youtubenya @devinahermawan @devispantry udah dari lama mupeng dan pengen bikin sendiri, karena dagjng yg ada di kulkas cuman 400 gr, jadi bahan bahannya kusesuaikan lagi Kalau lebih lama lagi bisa lebih hitam lagi, tp karena pasukan sdh kelaparan ya sudah saya angkat pas masi agak coklat gini T_T padahal pengen masak yg sampe item #pejuanggoldenapron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. 400 gr daging sapi
  2. Bumbu halus
  3. 4 kemiri sangrai
  4. 4 bawang putih
  5. 5 bawang merah
  6. 7 cabe merah keriting
  7. 1 cabe merah besar
  8. 2 cm jahe
  9. 50 ml minyak kelapa
  10. Bumbu cemplung
  11. 2 sereh, geprek
  12. 1 jempol lengkuas, geprek
  13. 4 daun jeruk
  14. 1 daun pandan
  15. 1 daun salam
  16. 600 ml air
  17. 200 ml santan instant
  18. 2 bunga lawang
  19. 5 kapulaga
  20. 1/2 sdm garam
  21. 1/2 sdt gula
  22. 1/2 sdt kaldu jamur
  23. Bumbu bubuk
  24. 1/2 sdm ketumbar bubuk
  25. 1 1/2 sdt jinten dan lada putih bubuk
  26. 1/8 sdt kayu manis bubuk
  27. 1/2 sdt bubuk cabe dan bubuk cengkeh

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Balurkan daging dengan bumbu bubuk, diamkan semalaman
Rendang - Step 1
Rendang - Step 1
Rendang - Step 1
2
Siapkan bumbu halus, tambahkan sereh, lengkuas, daun jeruk, pandan, dan daun salam, masak hingga harum
Rendang - Step 2
Rendang - Step 2
Rendang - Step 2
3
Masukkan daging yg sudah dibalur bumbu, campurkan hingga bumbu menyelimuti seluruh daging, masak sebentar
Rendang - Step 3
Rendang - Step 3
4
Masukkan air, santan, garam, gula, dan kaldu jamur. Masak dnegan api sedang-besar hingga mendidih.
Rendang - Step 4
Rendang - Step 4
5
Setelah mendidih kecilkan api, dan tutup panci sambil sesekali diaduk hingga bumbu meresap dan air habis
Rendang - Step 5
Rendang - Step 5
Rendang - Step 5
6
Kalau airnya sudah habis, jangan ditinggal lagi, diaduk terus sampai tingkat kekeringan yg diinginkan
Rendang - Step 6
Rendang - Step 6
Rendang - Step 6
7
Sajikan
Rendang - Step 7
Rendang - Step 7
Rendang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

501) Nasi Goreng Rendang

501) Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang jamur tiram tapi pakai bumbu instan ๐Ÿคญ. Sengaja disisain bumbu dan beberapa potong jamur tiramnya untuk dibikin nasi goreng pagi ini. Ternyata memang enak lho, nasi goreng rendangnya ๐Ÿ‘๐Ÿ˜‹. Jadi ada tambahan varian nasi goreng lagi nih ๐Ÿ˜. Oh ya, ini saya pakai beras pera yg memang untuk bikin nasi goreng ya. Nasinya ini gak bakal lengket satu sama lain, tapi dia ambyar gitu, gimana ya ngomongnya. Pokoknya beras pera memang cocok untuk nasi goreng ๐Ÿ˜…. Bisa ditambah telur dadar atau ceplok ya. Saya lagi menghindari telur, jadi saya pakai bakso ayam aja. Yuk, dicobain ya ๐Ÿ˜‰. (29/12/2021) https://cookpad.com/id/resep/15025062?invite_token=wtBtqd #CookpadCommunity_Tangerang

2 piring
10 menit
Rendang Daging Sapi khas Padang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Terimakasih untuk inspirasinya ce @xanderskitchen . Saya sesuaikan beberapa sesuai selera kami. #PejuangGoldenBatikApron

7 jam
Rendang daging sapi ala mama dira

Rendang daging sapi ala mama dira

Crita nya lagi kumpulin niat buat bikin rendang karena proses nya yg lama dan akhirnya baru skrng deh kesampean bikin rendang nya...๐Ÿ˜Š

2,5 jam
Rendang bakso jamur

Rendang bakso jamur

Karena di rumah sering ada stok bakso dan bosen juga dengan olahan bakso yang itu2 mulu, dan saya termasuk penggemar berat rendang akhirnya saya eksekusi dan terciptalah resep olahan yang satu ini, dan alhamdulillah keluarga juga pada suka ๐Ÿ˜Š

-+ 5 orang
30 menit
Rendang Telur Krispi Khas Padang

Rendang Telur Krispi Khas Padang

Purwakarta, 27 November 2020 Rendang Padang adalah masakan Indonesia yang sudah terkenal di manca negara karena merupakan salah satu makanan terlezat didunia. Pernah dengar rendang telur krispi? Saya salah satu penikmat kuliner ini, jujur dulu sempat heran pas pertama kali makan, ini rendang tekur, mana telurnya? Terus dijelasin sama yang jualan kalo ini emang telur diolah seperti keripik dulu๐Ÿคญ. Rendang telur Krispi ini ( Randang Talua) adalah masakan yang berasal dari Payakumbuh ,Sumatera Barat. Saya sering beli di toko oleh2 khas Padang atau di Online Shop. Kemarin saya coba #JelajahResep di #CookpadIndonesia dan nemu resep Uni Desmawati Kuretangin, ahaaaa langsung saya cookmark. Resep ini sedikit saya modifikasi dan sesuaikan๐Ÿ™โš˜. Silahkan di kepoin. Source : Desmawati Kuretaangin #ResepTelurkuMendunia #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #BandungSilihAsaan_DiEndogan #CookpadCommunity_Bandung #AuthorBandungHebring #MDKitchen #CookpadCommunity_Purwakarta #RendangTelur #RandangTalua

Burger Rendang

Burger Rendang

Pengen burger tapi dibuat spesial: burger lokal pakai daging rendang dan sayur bayam. Bagi saya ini pas banget buat lidah nusantara saya yang sangat lokal. Juga lebih sehat karena pakai daging dan sayur segar. Sausnya tetap saus burger homemade. Sila coba untuk membuktikan. Semacam menu rumah makan padang dipindah ke piring burger... ๐Ÿ˜„

4 pcs
45 menit
Malaysian Chicken Rendang

Malaysian Chicken Rendang

Rendang ayam Malaysia yang enak dengan rempah-rempah dan santan serta sangat beraroma #PejuangGoldenApron3 #Week19 #CookPad_Indonesia๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ #MyOwnKitchen๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ช

4 porsi
1 jam
Rendang ala_ala

Rendang ala_ala

Ceritanya mau bikin (rendang asli) tapi pas udah jadi hasilnya kaya bukan rendang๐Ÿ˜‚ mohon maap masih belajar hehe

Sawi Gulung Ayam Saus Rendang

Sawi Gulung Ayam Saus Rendang

Olahan ayam yang hampir mirip siomay/dimsum tapi lebih menyehatkan, karena kulit nya pakai sawi putih. Cobain yuk. #Cookpadcommunity_Tangerang #Cocomtangpost_Kukusan #Zahara

10-15pcs
Ayam rendang

Ayam rendang

Menu ini dibuat untuk kreasi penyajian yg males memotong-motong bagian ayam. Menu untuk santapan keluarga dirumah disaat berkumpul.

6 orang
60 menit
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa rendang yg sdh semingguan di kulkas. Daripada dibuang sayang, mending buat campuran nasgor. Rasanya enakkk sekali, terasa rendangnya. Jiwa emakยฒ meronta jika ada makanan yg terbuang sia-sia๐Ÿ˜ #MasakItuSaya #DibuangSayang #PekanPosbar

Sate Rendang Bocilโค

Sate Rendang Bocilโค

Kisah ini adalah pengalaman pribadi,yg aku bagikan diajang Worldwide Egg Contest ini, dengan harapan dapat membantu para orang tua atau para ibu khususnya yg memiliki Bocil atau bocah kecil. Anak anak kadang banyak keinginannya tapi sulit menghabiskan makanannya dengan berbagai alasan,apalagi makanan tradisional.Kadang dianggap kurang hits,mungkin krn bukan makanan yg viral๐Ÿ™‚ Untuk memacu anak makan makanan yg bergizi dengan enjoy, penuh antusias kita perlu meramunya agar menjadi sesuatu yg tampil menarik... Mungkin kalian bisa mencoba caraku ini,agar anak2 makan menu dari bahan dasar yg sama,dengan sedikit kreativitas akan menghasilkan tampilan berbeda& menggugah anak ๐Ÿ˜ #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity #KreasiMasakanTradisional #MenuMenggugahAnak #KeepSafe&StayHealthy

Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Serundeng Kelapa Kacang Rendang

Pulang kampung dapat resep dari kakak ipar yang orang Padang Panjang. Pertama coba rasanya enak... biasanya kacang ini di gunakan untuk buat rendang semula sempat heran juga ya tetapi ketika di buat serundeng ternyata enak banget ๐Ÿ‘ dan bisa tahan 1 bulan. #PekanCooksnap

1/2 kg
1 Jam
Rendang daging

Rendang daging

Walau masak rendang itu lama tapi sepadan sama rasanya ya mom, kalo masaknya bentar bukan rendang namanya wkwkwk. Menurut saya bumbu rendang itu ga ribet, cuma waktu pemasakan yang lama itu lo mom yang kadang bikin mager. Disini saya pakai resep dari Uni Cheche Kitchen. Suka banget ama resepnya. #PejuangGoldenApron3

Rendang pedas ikan tongkol

Rendang pedas ikan tongkol

Hai momsโ™ฅ๏ธsore ini sy ganti menu berhubung ada restock ikan tongkol sejak dua hari lalu, kebetulan cuaca gerimis gerimis manja ya moms,jadi perlu yg pedas pedas di temani nasi hangat,try yuk momies...

3-4 orang
30 menit
Rendang jengkol

Rendang jengkol

sandy syansyan
Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

#Cooksnap #MasakItuSaya #SlaluIstimemewa #NasiGorengRendang #NasiGorengBumbuSisaRendang #PosbarIDAMAN #PPKM #kopijos #DibuangSayang #PosbarIdaman #AR_SopMatahari #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Punya sisa nasi kemarin dan sedikit bumbu rendang sayang banget klo di buang. Duh mak2 banget ya ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ mendingan di buat nasi goreng aja rasanya pasti uenaaak dan mantul serta jadi lebih bermanfaat tidak mubadzir. Akhirnya di olah deh jadi makanan yg mantap dan lezat bahkan jadi rebutan ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Musim banget nih si jengkol. Seumur2 belum pernah nyoba masak jengkol dan ini kali pertama mencoba mengeksekusi si jengkol ini buat dimasak dengan bumbu rendang. Hasilnya tidak mengecewakan. Empuk dan aroma khas jengkolnya tidak terlalu menyengat. Yuukkk cekicuusss kita masak jengkol..๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ

10 orang
2 jam
Mie Goreng Bumbu Rendang

Mie Goreng Bumbu Rendang

Bismillaah. Sabtu, 24 Juli 2021 Source : @ochirosi https://cookpad.com/id/resep/5295768-mie-goreng-bumbu-rendang?invite_token=FAsmVSZqtKenNa84bpCFiwqs&shared_at=1626607708 #CookpadCommunity_Bandung #KampungIdaman

3 orang
30 menit