Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua)

Dipos pada February 10, 2022

Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua)

Anda sedang mencari inspirasi resep Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) memakai 21 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

29-11-2020 Rendang biasanya dibuat dari daging sapi atau lainnya, namun di Sumatera Barat ternyata juga ada yg berbahan dasar telur, namanya Randang Talua. Tapi, rendang telur ini berbentuk kering seperti kerupuk. Jadi teksturnya garing dan renyah saat digigit. Biasanya Randang Talua ini dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan. Monggo mampir resep aslinya di sini ๐Ÿ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/11207171-keripik-telur-bumbu-rendang-aka-randang-talua-tips-memasak?invite_token=AX735vht4ynq67buXWWyvMRr&shared_at=1606615279 #ResepTelurkuMendunia #GA_TheNextLevel #cookpadcommunity_jakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua):

  1. Bahan Kerupuk :
  2. 3 butir telur ayam
  3. 4 sdm tepung terigu
  4. 4 sdm tepung beras
  5. 1 1/2 sdm tepung tapioka
  6. Secukupnya air
  7. 1/2 sdm cabe giling halus
  8. 1/2 sdt garam
  9. Bumbu Rendang :
  10. 600 ml santan kental
  11. 7 siung bawang putih
  12. 1 siung bawang merah
  13. 1 butir kemiri
  14. 1 ruas jahe
  15. 1 buah lengkuas ukuran besar
  16. 2 sdm cabe giling halus
  17. 2 lembar daun salam
  18. 3 lembar daun jeruk
  19. 1 batang serai geprek
  20. 2 lembar daun kunyit
  21. Secukupnya garam, gula pasir dan bubuk kaldu

Langkah-langkah untuk membuat Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua)

1
Bumbu Rendang: Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan lengkuas. Siapkan wajan masukkan bumbu halus, santan, serai, daun salam, daun jeruk dan daun kunyit aduk rata. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih bumbui garam, gula pasir dan bubuk kaldu. Masak hingga kering, dinginkan. (Saat bumbu mulai mengental aduk terus sampai mengering, jangan takut gosong). Setelah dingin sisihkan daun-daunan dan serai.
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 1
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 1
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 1
2
Bahan Kerupuk : campur semua bahan beri air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer. Panaskan teflon buat dadar setipis mungkin lakukan hingga adonan habis.
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 2
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 2
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 2
3
Potong-potong dadar sesuai selera, goreng dalam minyak panas hingga kering (kedua sisi berwarna kecoklatan) tiriskan dan dinginkan.
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 3
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 3
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 3
4
Jika bumbu dan kerupuk benar-benar dingin, campurkan lalu aduk rata hingga kerupuk terbalut bumbu. Simpan dalam wadah tertutup agar kerupuk tetap garing dan renyah.
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 4
Kerupuk Telur Bumbu Rendang (Randang Talua) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Sapi Kuah Susu

Rendang Sapi Kuah Susu

Pingin bikin rendang tp biar semua ikut makan, santan sy ganti dg Susu UHT, dg bumbu rendang siap pakai dan bumbu pelengkap tambahan. Setiap masak rendang selalu teringat ibu krn ibu paling suka banget rendang buatanku, maafkan anakmu ibu blm bisa membahagiakan ibu tp anakmu sll inget dlm setiap denyut nadiku, seuntai doa yg bisa anakmu panjatkan, semoga ibu selalu sehat,panjang umur. "Selamat Hati Ibu, love you mom....๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ™ #MasakUntukIbu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #MasakPraktis

5 orang
30 menit
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Sumber resep : @cook_2626288

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Efek stok daging kurban habis๐Ÿ˜„,,jadinya suami minta dibuatin rendang ayam๐Ÿ˜…,, rasanya ga kalah dengan rendang sapi๐Ÿ˜ƒtetap maknyuss๐Ÿ˜‹ Source : @radni_tika #genkpejuangdapur #cocomtangpost #cookpadcommunity_Tangerang #cookpadIndonesia

45. Rendang Ayam

45. Rendang Ayam

Rendang ayam mamak memang tiada duanya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bumbu rendang yang saya beli udah di kasih bawang giling ya.. jadi saya gak perlu tambahkan lagi Kalo bu ibu belinya bumbu rendang tok, bisa tambahkan bawang, daun salam, dll.

Rendang telur kilat / Telur bumbu rendang

Rendang telur kilat / Telur bumbu rendang

Kalo denger kata rendang pasti udah kebayang ribet n lama masaknya ya ๐Ÿ˜… Tp ga berlaku utk resep ini, aq pake bumbu rendang instant aja.. terinspirasi dari resep yg sempet viral di tiktok, ya udah ikutan juga deh.. tp saya pakai stok putih telur yg nganggur di kulkas ๐Ÿ˜ Tips : oles mentega pada wadah yg mau di pakai untuk tim telur putih agar mudah di keluarkan. - cicipi dahulu bumbu yg sdh di tumis, kalau sy tidak pakai tambahan garam karena sudah cukup asin menurut sy, jd hanya beri sedikit gula pasir โ˜บ๏ธ

1 porsi
10 menit
Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang

Rendang Ayam, Hati Ampela, dan Kentang

Spesial buat suami yang mau pergi dinas, saya memasak rendang ayam + ati ampela + kentang. Sekaligus banyak. Tentu saja resep channel Uni ET selalu jadi contekan saya untuk masakan minang โ™ก Silakan dicoba, ya~ 1 hari sebelumnya, saya ungkep ayam dan hati ampela sebentar untuk menghilangkan amis, lalu ditaruh di kulkas bawah.

3 jam
Rendang Daging Khas Aceh

Rendang Daging Khas Aceh

ternyata rendang punya khas masing2 mommies, yg saya tau klo rendang padang masaknya banyak santan dan banyak rempah, tampilan hitam menggoda. tapi klo rendang aceh super duper simpel cuss di recock mommies, happy cooking ๐Ÿค—

6 orang
45 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Kalau biasanya bikin rendang daging sapi, kali ini bikin rendangnya pakai ayam saja. Perlu kesabaran ekstra karena waktu yang dibutuhkan untuk memasak cukup lama (lebih kurang 3 jam). Note: Ini hasilnya tidak terlalu pedas (menurut saya) jadi Jika ingin pedas, silahkan tambahkan cabe rawit merah. #PejuangGoldenBatikApron

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Keponakan saya pagi sebelum vaksin minta dibikinin sarapan nasi goreng timun dan setelah vaksin infonya tidak ada efek samping apapun. Jadi saya memutuskan membuat nasi goreng juga untuk sarapan sebelum berangkat vaksin booster. Karena tidak ada timun, saya ganti dengan tomat cherry. ๐Ÿ’‰

2 porsi
15 menit
Rendang

Rendang

Bismillah......kali ini bikin rendang dengan resep punya mb @desmawatikuretangin .....emang asli enak.... Walaupun masaknya butuh waktu lama... Tapi hasilnya seperti rendang di rumah makan padang...... Aq juga penggemar masakan padang.... Jadi pas banget dengan resep ini. #PejuangGoldenBatikApron #Kopijoss #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_yogyakarta

20 porsi
6 jam
Rendang Padang Ala Ibu asmi

Rendang Padang Ala Ibu asmi

Puasa pertama nih.. suami minta di masakin rendang Padang.. sementara aku belum pernah sama sekali masak yg namanya rendang.. alhasil aku tanya ke ibu yg ada di kantor. Dia ternyata jago nya masak rendang.. langsung ku coba.. dan suami suka hehe

10orang
2.5 jam
Rendang Tuna

Rendang Tuna

Simple banget, enak dan bergizi.

4-5 Orang
1 jam 30 menit
Perkedel Rendang

Perkedel Rendang

. . . #DigilingDaging #Semarak_DigilingDaging #TidakSekedarMemasak #CokingWithEatingWithLove #CloverCookingLover #CookpadCommunity_Jakarta #Resolusi2021 #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang, saya suka simpan sisa bumbu rendang nya. Bisa juga beli bumbu rendang siap saji. Nah, dibuat nasi goreng enak banget loh. Gurih dan berempah. Hari ini saya ada sepotong ayam goreng, saya suwir. Kalau kalian masi ada sisa daging rendang bisa juga disuwir loh. Mantap juga. Karena suka pedas, saya tambahkan cabai rawit juga. Kecap manis nya jangan kebanyakan supaya rasa rendangnya lebih terasa. Salam โ€œAnyone can cookโ€

Rendang Kapau

Rendang Kapau

Masih dlm suasana idul adha... Olahan masakan berbahan dasar daging sapi semarak dimana2. Supaya tdk lupa, suami menyarankan u/ menitipkan resep authentic rendang disini. Saya kasih nama Rendang kapau ( krn ciri khasnya yg hitam dan kering, bnr atau tdk saya tdk tahu..krn saya bukanlah org minang ๐Ÿ™). Walaupun proses memasaknya lumayan lama dan sedikit ribet tp rasa dr Rendang ini sebanding dgn prosesnya. Sangat Enak dan Empuk ๐Ÿ‘ endul markendul... Patut u/dicoba. Resep sedikit saya modif uk. Menyesuaikan stock yg ada tp rasa dijamin tetap lezatto... Sumber : youtube Cheche Kitchen

3 Jam
Rendang Ayam Serundeng

Rendang Ayam Serundeng

Ada serundeng sisa sedikit, trus ayam bingung mau dimasak apa. Dan kepikiran lah emak tuk bikin rendang ayam serundeng ini. Dan alhamdulillah pada doyan. Bumbu pun saya buat simpel ajah, pake bumbu rempah yang beli di babang tukang bumbu #cookpadcommunity_depok #rekreasi_depok

5-7 orang
45 menit
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Ini resep ayam rendang yg simpel dari mama ku โค๏ธ

2 orang (makan siang dan malam)
Rendang Frozen (530)

Rendang Frozen (530)

Jawaban #ramadancamp_misi4 : FROZEN FOOD Ga cuma yg crispi2 aja yg bisa difrozen...rendang juga bisa lho...biasanya setelah dimasak smp empuk...aku masukan ke wadah tertutup, masukkan dalam frezer...nanti pas mo dimakan bisa dihangatkan...(bisa taruh diatas magic com...praktis kan buat stock dibulan puasa. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #CocomtangPost #IdeMasak #RamadanCamp_Misi4 #ceritadapurhariini #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood

2 -3 jam