Rendang jengkol

Dipos pada February 10, 2022

Rendang jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang jengkol memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Aq ga suka jengkol. Tapi ada yg sering minta dimasakkan jengkol. Awalnya memasak jengkol, bingung, caranya bgmn... tanya2,serta coba2, akhirnya bisa. Untuk bumbu aq beli racikan jadi di pasar beringharjo, klo ga salah namanya _rumah minang_. Aq klo masak jengkol ini ribet bgt n butuh waktu berhari2, karena jengkol aq rendam dengan kopi minimal 3 hari, pagi n sore dicuci bersih ganti air n kopi. Trus merebusnya juga pakai kopi, daun jambu n daun salam untuk menghilangkan bau jengkol... tp klo mau cepat, jengkol rendam semalam, trus rebus sampai empuk....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang jengkol:

  1. 1 kg jengkol
  2. 10 lbr daun jambu batu/klutuk
  3. 5 lembar daun salam
  4. 3 sdm kopi
  5. Bumbu :
  6. 1 paket bumbu rendang
  7. 2 sdm cabe halus (bisa beli di bumbu padang)
  8. 1 sdt bumbu kering padang
  9. 3 sdm minyak untuk menumis
  10. 1 sdt garam
  11. 4 daun salam
  12. 5 daun jeruk
  13. 1 potong sedang lengkuas (iris tipis)
  14. 3 batang sere, geprek
  15. 500 ml santan kental
  16. 500 ml santan encer

Langkah-langkah untuk membuat Rendang jengkol

1
Cuci bersih jengkol, rebus dengan 5 lembar daun salam, 5 lembar daun jambu dan kopi. Aq rebus dengan sistem 5-30-7. Tp bisa juga dipresto sekitar 10 menit
2
Setelah dingin cuci bersih, geprek satu per satu, agar bumbu meresap. Cuci kembali
3
Panaskan minyak, tumis bumbu rendang, cabe, daun salam, daun jeruk, sere, lengkuas, sampai harum, masukkan bumbu kering padang, garam, dan jengkol. Aduk rata. Masukkan santan encer, masak sampai santan menyusut
4
Setelah santan menyusut, masukkan santan kental, masak sampai kuah menyusut dan kental. Jangan lupa koreksi rasa ya...

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Hari ini mau ke rumah mama, mau bikin kue lagi ga punya stok bahan bahan nya, kepikiran buatin rendang ayam aja deh, simple banget bikinnya... yuuuu mareee

4-5 orang
1 jam 30 menit
Rendang ayam

Rendang ayam

Favoritnya anak bujang saya. Tp karena daging mahal, ya diganti aja dgn ayam. Rasanya tetap mantul kok.

8 potong
60 mnt
Rendang simple

Rendang simple

Adaptasi dari crcook #PejuangGoldenBatikApron

Rendang

Rendang

Hari ini masak banyak,mumpung lagi semangat #WeekendChallenge ku kali ini makanan favorit anak&suami saja lah #MasakSetiapBagian yg satu ini pasti saya suka,semua suka 😍 #pejuanggoldenapron3

Lemper Ayam Rendang Keju

Lemper Ayam Rendang Keju

Ikut memeriahkan Ulang Tahun gadogadoindonesia yang ke 2 😍 dengan sponsor megkeju. Kupersembahkan Kue Lemper ku ini dengan sentuhan keju meg. #PejuangGoldenBatikApron #BatikWeek4 #CookpadCommunity_Yogyakarta

Rendang Jengkol enak dan empuk

Rendang Jengkol enak dan empuk

Critanya kmarin bingung mau msak apa..cz cuzz tkang sayur liat jengkol tua2 bgt... Niatnya mo dipedesin tp bosen jengkol di gtu2in trus..cz ada ide dbuat rendang ajh pa suami suka...dan ini masakan ke dua...pa suami mnta dibuatkan lg ..

5orang
1jam 30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Selalu ngiler kalo udah liat kimbab family di youtube buat makanan kemaren aja baso goreng latah ikutan bikin dirumah sekarang bikin rendang sama sama latah ingin bikin juga cuman disini saya pake daging ayam karna daging sapi kemahalan jadi cari yang murah tapi tetep enak 😅

Rendang Daging Sapi khas Padang

Rendang Daging Sapi khas Padang

Terimakasih untuk inspirasinya ce @xanderskitchen . Saya sesuaikan beberapa sesuai selera kami. #PejuangGoldenBatikApron

7 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Assalamualaikum moms.....lg musim jengkol aduh senengnya 😁. Saat belanja di warung kok banyak jengkol ya, jd keinget masa² kecil dg kakak yg jg demen bgt ma jengkol. Sebelum jengkol dibumbui ibuk, kita dpt tugas rebus jengkol dan memipihkan. Kl dl kita bekerja sama dlm memasak jengkol dr masih mentah sampai siap disantap. Kl sekarang tahap perebusan di skip, krn sdh banyak yg jual dah direbus, horee.....mengurangi proses. Makanan ini sekilas mirip "gayam" texture nya jd sama, cuma rasanya beda. Dan mrk sama² makanan favorit. Ok moms, ini resepnya. #MasakanUntukIbu

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

129. Kalio Daging (Rendang ala Jawa)

Kalio ini adalah rendang yang setengah jadi ya moms. Jadi dalam memasak rendang, akan dilalui tiga tahapan yaitu gulai, kalio dan rendang. Nah, kalio ini ada ditengah tahapan dalam memasak rendang. Jadi prosesnya adalah gulai masih encer, kalio yang lebih kental dan minyak sudah keluar, baru rendang. Kalio terbentuk di tengah proses, sekitar 4 jam dari awal masak. Setelah kalio, api langsung dikecilkan hingga mengering berminyak menjadi rendang. Meski begitu, masih banyak orang yang menyebut kalio sebagai rendang. Nah, saya sekeluarga sukanya jika masak rendang yg masih ada kuah nyemek2 begini 🥰 Jika mau dibikin rendang tambah sekitar 3 jam an lagi, pakai api keciiiil, nanti daging akan berwarna coklat kehitaman, dan juga dikunyahnya tuh empuk di mulut🤤🤤 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #KampoengRamadhan #UngkepanRasaHati #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #Prohe #Week46 #RantangCookpad #Minggu1 #MasakItuSaya

3-4 jam
Rendang Ayam + Tahu

Rendang Ayam + Tahu

Let's try 😁

4 orang
1 jam
Rendang Nendang

Rendang Nendang

Tampilan masih kurang jika dibandingkan dengan rendang khas Padang. Ada beberapa bumbu yang blm dimasukkan krn pas gak ada dirumah. Bisa ditambahkan kapulaga & jinten untuk rasa yang lebih kuat. Cuman yang ini juga sudah membuat nasi sebakul habis. Dijawa rendang seperti ini rasanya. Kalau kita ke RM Pagi sore rendang rasanya sedikit lbh rempah lagi. Mungkin karena beberapa bahan ada yg terskip karena dirumah tak ada. Selamat mencoba & bakal menghabiskan sebakul nasi nantinya. Jangan lupa follow IG & tiktok @aldians.kitchen

Rendang daging

Rendang daging

Rendang enak ala2 medan. Cocok untuk berbagai acara

6 orang
3 jam
Rendang Telur Jengkol

Rendang Telur Jengkol

Happy cooking..

20.2021.Rendang Kacang Merah

20.2021.Rendang Kacang Merah

Kacang Merah ini yaaa favorit bagiku dan suamiku. Mau dibikin sop, minuman sampai rendang so delicious. Saya punya beberapa stok bumbu rendang dan kacang merah setengah kilo, terpikir kayaknya dibikin rendang saja, walau tanpa daging Alhamdulillah tetap enak😍🤩. . Saya juga ingin menyampaikan apresisasi sebesar-besarnya kepada cookpad indonesia dan Tim yang telah memberikan program RAKIT kepada pengguna cookpad. Masya Allah saya sungguh senang mendapat kesempatan belajar dengan para ahlinya bakulan dan manajemen dapur. Benar2 senang karena selain menambah ilmu dan ketrampilan juga menambah teman-teman se-nusantara. Semoga cookpad indonesia semakin sering menyajikan program2 menarik dan kreatif lainnya sehingga membuat ibu2 dan bapak2 tambah semangat berkarya di dapur, Aamiin 🙏. . #posbargembira #NaluriHomemade #homemadefood #Masakan_NaluriHomemade #GoodFood_NaluriHomemade #Resep_NaluriHomemade #RendangKacang_NaluriHomemade #FoodPhotography_Naluri

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Cooksnap resepnya mbak @DianaN_17 #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Rendang Daging Khas Aceh (Frozen Food)

Rendang Daging Khas Aceh (Frozen Food)

Wangi rempahnya lbh strong, ini sengaja dibikin gk terlalu kering karena Suami lbh suka bumbu nyemek beginian🤭 Ini sekalian dibikin agak bnyk , sisanya bisa masuk kulkas dn dipanaskan saat berbuka maupun sahur. #RamadanCamp_Misi4 #FrozenFood #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Batam

70 menit
Rendang daging 🤤🥩🥔

Rendang daging 🤤🥩🥔

Beli daging di supermaket online sengaja mau bikin rendang mumpung misua lg diet jadi digodain pake rendang dietnya gagal ga yah tyt gagal🤣🤣✌🏻sehari doang ya paksu 🙏🏻

3-4 orang
2 jam