Rendang Telur Kering

Dipos pada February 10, 2022

Rendang Telur Kering

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Telur Kering yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Telur Kering yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Telur Kering, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Telur Kering enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Telur Kering sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Telur Kering memakai 26 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : Desmawati Kuretangin dengan sedikit penyesuaian Rendang telur adalah salah satu masakan khas Payakumbuh Sumatera Barat. Telurnya bukanlah telur bulat yang direndang melainkan dijadikan keripik dulu kemudian baru dibalur dengan bumbu rendang. Teksturnya yang crispy berbalut dengan bumbu rendang cocok dimakan bersama nasi ataupun dijadikan cemilan. Biasanya di pusat oleh2 khas minangkabau sering dijumpai rendang telur ini. Supaya lebih crispy dan awet disarankan keripik telurnya di oven lagi setelah di goreng atau bisa juga dibuat lebih tipis2 lagi digoreng kemudian disangrai sampai benar2 kering dan crispy. #ResepTelurkuMendunia #Sumandan_OlahanTalua #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Padang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Telur Kering:

  1. Bahan keripik Telur :
  2. 5 butir telur
  3. 75 gr tepung terigu
  4. 75 gr tepung beras
  5. 100 ml Air (jika ingin tipis dibuat encer)
  6. 1 sdm cabe merah giling halus
  7. 1/2 sdt garam
  8. Bumbu Rendang :
  9. 650 ml santan kental
  10. 2 lembar daun kunyit
  11. 1 batang serai
  12. 2 lembar daun jeruk
  13. Bumbu halus rendang :
  14. 50 gr cabe merah
  15. 50 gr bawang merah
  16. 3 siung bawang putih
  17. 2 ruas jahe
  18. 2 ruas kunyit
  19. 2 ruas lengkuas
  20. 1 sdm ketumbar
  21. 2 cengkeh
  22. 2 cm kayu manis
  23. 1 bunga lawang
  24. 1/2 buah pala
  25. 2 kapulaga
  26. 1 sdm garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Telur Kering

1
Siapkan bahan bumbu rendang dan haluskan bumbu.
Rendang Telur Kering - Step 1
Rendang Telur Kering - Step 1
Rendang Telur Kering - Step 1
2
Masak bumbu dengan santan, masak hingga bumbu mengering kemudian saring minyak yang muncul dari santan.
Rendang Telur Kering - Step 2
Rendang Telur Kering - Step 2
Rendang Telur Kering - Step 2
3
Siapkan bahan keripik telur, kocok lepas telur, tambahi tepung aduk rata dan beri air. Jika ingin lebih tipis dibuat adonan lebih encer.
Rendang Telur Kering - Step 3
Rendang Telur Kering - Step 3
Rendang Telur Kering - Step 3
4
Dadar adonan telur disarankan untuk lebih tipis lagi agar lebih crispy dan lebih cepat untuk kering di oven.
Rendang Telur Kering - Step 4
Rendang Telur Kering - Step 4
Rendang Telur Kering - Step 4
5
Goreng telur di minyak panas hingga kering. Tiriskan. Kemudian oven lagi agar lebih crispy di suhu 150 derajat celcius selama 45 menit atau sampai minyak kering dan keripik garing. Jika keripik lebih tipis kurangi waktu oven atau bisa juga di sangrai di panci anti lengket. Campurkan keripik telur dengan bumbu rendang. Sajikan dan simpan di wadah tertutup.
Rendang Telur Kering - Step 5
Rendang Telur Kering - Step 5
Rendang Telur Kering - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cireng isi rendang

Cireng isi rendang

Iseng bikin cireng untuk bukaan nanti malam paksuam dengan bahan seadanya dan yg pasti ada inovasi rasa yup isinya pake rendang

2 orang
30 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Mengaduk-aduk resep entah punya siapa aja... #PejuangGoldenApron3

Ayam bakar bumbu rendang simple

Ayam bakar bumbu rendang simple

Masak yg mudah dan bikin anak nafsu makan pada saat sahur

Rendang kikil tambah santan

Rendang kikil tambah santan

Wkwkkw iseng nyoba bumbu rendang tapi msh di tambah santan 😁

5x makan 😁
1jam
Malaysian Chicken Rendang

Malaysian Chicken Rendang

Rendang ayam Malaysia yang enak dengan rempah-rempah dan santan serta sangat beraroma #PejuangGoldenApron3 #Week19 #CookPad_Indonesia🇲🇨 #MyOwnKitchen🇮🇪

4 porsi
1 jam
Rendang daging kentang

Rendang daging kentang

Sumber : @Puteri Kembar

Rendang Kentang Pastry

Rendang Kentang Pastry

Enak banget, bisa dibawa buat bekal piknik, sekolah atau kantor. Masaknya juga simple tinggal cemplang cemplung doang & sudah berasa rempahnya. #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Bogor

Rendang

Rendang

Tips yang saya rangkum untuk masak rendang : 1) Usahakan beli daging fresh di pasar lokal, jika pakai daging beku jangan direndam air saat mencairkan, biarkan di suhu ruang 2) masak selama 6 jam 3) Jangan kasih garam banyak2 di awal, semakin menyusut akan semakin asin 4) tusuk2 sedikit daging nya sebelum dimasak, agar empuk 5) pakai sutil yang agak lemas agar bisa ngaduk sampai ke dasar wajan 5) jaga jangan sampai gosong dagingnya , jika gosong tidak bisa hilang gosongnya walau daging dimasak lama Saya mencatat pengalaman saat masak rendang

RENDANG AYAM ASLI PADANG! #TANPASANTAN #TANPAMINYAK #TANPAGULA

RENDANG AYAM ASLI PADANG! #TANPASANTAN #TANPAMINYAK #TANPAGULA

Masih edisi DIET RECIPE. DIET ini ala tya Ariestya yaaa... Siapa bilang gak enak sih diet ini? Makan rendang? Hayuk!

2 orang
1 jam
Rendang Burung Puyuh

Rendang Burung Puyuh

Meramaikai sematak tema dr mba @Imas,, Maafkan aku yah nengmin2 dan mba imas,agak sedikit telat ngepost resepnya😘😘 Rendang,,syapa sih yg ga suka rendang,kuliner nusantara yg 1 ini emang paling juara rasanya.Aroma rempah2 yg kuat emang bener2 menggugah selera.Apalagi rendang sudah diakui dunia menjadi kuliner warisan indonesia yg beneran juara deh pokoknya.X ini mencoba ngerendang si burung puyuh,dan ternyata beneran deh enak.Sengaja ga dipotong2 ya burung puyuhnya,karna ukurannya ga terlalu besar,dan dimasak dalam waktu yg lama jdi walau ga dipotong bumbunya beneran meresap sampai kedalam. #KulinerNusantaraku #Semarak_KulinerNusantaraku #CookpadCommunity_Merauke #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #PejuangGoldenApron3 #GA3_Week21

20.2021.Rendang Kacang Merah

20.2021.Rendang Kacang Merah

Kacang Merah ini yaaa favorit bagiku dan suamiku. Mau dibikin sop, minuman sampai rendang so delicious. Saya punya beberapa stok bumbu rendang dan kacang merah setengah kilo, terpikir kayaknya dibikin rendang saja, walau tanpa daging Alhamdulillah tetap enak😍🤩. . Saya juga ingin menyampaikan apresisasi sebesar-besarnya kepada cookpad indonesia dan Tim yang telah memberikan program RAKIT kepada pengguna cookpad. Masya Allah saya sungguh senang mendapat kesempatan belajar dengan para ahlinya bakulan dan manajemen dapur. Benar2 senang karena selain menambah ilmu dan ketrampilan juga menambah teman-teman se-nusantara. Semoga cookpad indonesia semakin sering menyajikan program2 menarik dan kreatif lainnya sehingga membuat ibu2 dan bapak2 tambah semangat berkarya di dapur, Aamiin 🙏. . #posbargembira #NaluriHomemade #homemadefood #Masakan_NaluriHomemade #GoodFood_NaluriHomemade #Resep_NaluriHomemade #RendangKacang_NaluriHomemade #FoodPhotography_Naluri

Jengkol rendang bumbu padang

Jengkol rendang bumbu padang

Selalu penasaran dengan masakan yang satu ini. Biasanya saya beli bumbu jadi di pasar. Nah beberapa bulan lalu saya bertemu dengan nenek nenek tukang masak untuk pesta. Beliau lagi masak rendang daging di rumah sepupu saya. Jadi sekalian saya tanya bumbu rendang jengkol Khas padang dan bumbu rendang daging andalan si nenek. MaasyaaAllah beliau dengan senang hati membeberkan bumbu masakan yang selama ini di pakai. Kali ini akan saya praktek kan resep dari si nenek. Memang qadarullah beliau asli dari padang, tepatnya di daerah mana saya lupa.

Rendang sardin

Rendang sardin

Percubaan ini sebenarnya sangat mudah, hanya masukkan semua bahan dan gabungkan dengan rempah lain. sudah selesai, hi. hiii. #PejuangGoldenBatikApron

2 orang
20 minit
Martabak Rendang

Martabak Rendang

Sejak bisa bikin martabak sendiri, saya jarang bikin martabak pakai kulit beli, karna menurut saya lebih cepat masaknya, kalo pake kulit beli itu kan nggorengnya satu2.Lama. Biasanya sih bikin buat makan malam. Jadi pulang kerja bikin kulit trus direndam, nanti hbs maghrib dieksekusi. Kali ini bikin buat sarapan, supaya bisa difoto😂 Saya melebarkan kulitnya pakai rolling pin, lebih mudah dan cepat menurut saya daripada ditarik2. Kan ini elastis banget kan yah. Trus waktu mau meletakkan kulitnya ke atas pan, pan nya saya angkat dulu dari kompor, taruh di meja lalu letakkan kulitnya diatas pan. Soalnya kulitnya lebih lebar dibanding pan nya 😂. Setelah diberi isian dan dilipat rapi baru di letakkan di atas kompor. Wajib coba ini..enaaak dan ekonomis banget dibanding beli 😀

Rendang Ayam Kampung Tulang Lunak

Rendang Ayam Kampung Tulang Lunak

Bebikin resep ini sebenarnya karena ada yang pesan. Akhirnya berhasil juga bikinnya. Hepi banget apalagi yang pesan juga suka. Sesuai yang dibayangkan katanya. Terimakasih 🙏... Berhubung masih tahap belajar jadinya ayem kalau disukai masakannya. Dulu pernah bikin resep rendang tapi memakai daging sapi. Berikut link resep yang memakai daging sapi : https://cookpad.com/id/resep/8497541-rendang-daging-sapi-enak?invite_token=deMSC9HjmakBM9EYgiLnNM8m&shared_at=1622136915 Kali ini sesuai permintaan, memakai ayam kampung seekor dan request tulang lunak biar bisa dimakan setulangnya. Harapannya seperti itu. Karena ga ikut ngicipin, jadi nunggu kabar aja. Apakah berhasil lunak semuanya si tulang ayam kampungnya. Hihihi 😁... Yuk diintip resepnya aja...^^ #cookpad #cookpadindonesia #cookpadcommunity_Semarang #PejuangGoldenApron3 #resepcecil113 PGA_WEEK52

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Sebagai salah satu bekal yang mau dibawa untuk piknik, karena termasuk makanan yg tidak gampang basi kalo dikeringkan.. Bismillaahirrohmaanirrohiim sebagai resep pembuka sebagai pejuang golden apron batik #PejuangGoldenBatikApron

4 jam
Rendang daging pedas

Rendang daging pedas

3 orang
1 jam 30menit
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Mumpung punya kuah (bumbu) rendang sisa beli rendang beberapa hari lalu, nyobain bikin nasi goreng rendang deh. Ini 'kuah'nya gak berkuah yaa, tapi kering (nah lo bingung gak 😅). Yang dimaksud kuah adalah bumbu sisa rendang atau orang Minang menyebutnya dedak rendang. Terinspirasi dari mbak @Lenny_141705 dan uni @MitaNiez yang pernah share resepnya, aku bikin tanpa ayam, menyesuaikan bahan yang ada di kulkas saja. Yuuk cobain... #mbantuk_karbo #CookpadCommunity_Bandung

Rendang Presto Bumbu Instant

Rendang Presto Bumbu Instant

Suamiku mesti kerja berangkat jam 9 pagi, jadinya harus masak yg cepet biar bisa sarapan 🤗 jadilah bikin rendang nya di presto aja trus pake bumbu instan ha-ha-ha. Kalo ada yg mudah kenapa harus susah, yg penting masak. #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Ini masih tendang ala² yaaa.. Hihihhi belum bisa bikin 'the real rendang' 😝 #PejuangGoldenApron3