Rendang Daging

Dipos pada February 10, 2022

Rendang Daging

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Daging yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Daging yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Daging, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Daging enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Daging adalah Β± 12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Daging diperkirakan sekitar Β± 5 - 6 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Daging sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Daging memakai 29 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Halo Lur ! Dulu pernah belajar masak rendang sama temen yang orang Minang. Sejak itu jadi lebih suka masak rendang daripada beli, karena lebih otentik rasanya. Rendang tuh tahapan lebih lanjut dari gulai dan kalio Ini dagingnya empuuuk banget tanpa presto yaaa, serat dagingnya ga nyangkut di sela-sela gigi, effortless makannya. Tapi masaknya ga effortless ya 🀣 Butuh waktu dan tenaga yang berlebih Gapapa lah untuk sesuatu yang enak emang butuh usaha πŸ’ͺ

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Daging:

  1. 500 gram daging
  2. 2 lembar daun kunyit
  3. 2 batang serai (geprek)
  4. 5 lembar daun salam
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 2 buah pekak / bunga lawang
  7. 3 butir kapulaga
  8. 4 buah cengkeh
  9. 200 ml santan kental
  10. secukupnya garam
  11. secukupnya lada
  12. secukupnya kaldu bubuk
  13. secukupnya gula pasir
  14. secukupnya minyak goreng
  15. secukupnya air
  16. Bumbu Halus
  17. 10 siung bawang merah
  18. 8 siung bawang putih
  19. 9 butir kemiri (sangrai)
  20. 250 gram cabai merah dan cabai rawit
  21. 1 ruas jahe
  22. 1 ruas kunyit
  23. 1 sdt jintan putih
  24. 3 sdm ketumbar
  25. Bahan Marinasi Daging
  26. 1 buah jeruk nipis
  27. 2 siung bawang putih (cincang)
  28. 1 sdt baking soda
  29. secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Daging

1
Cuci bersih daging, potong-potong, lalu marinasi semalaman dengan bumbu marinasi. Tujuan penggunaan baking soda sebagai bahan marinasi adalah untuk mengempukkan daging. Cuci kembali daging setelah dimarinasi
Rendang Daging - Step 1
2
Rebus daging selama Β± 10 menit untuk menghilangkan lemak dan kotorannya. Buang air rebusan, dan bilas kembali daging
Rendang Daging - Step 2
Rendang Daging - Step 2
3
Haluskan semua bahan bumbu halus
Rendang Daging - Step 3
Rendang Daging - Step 3
4
Siapkan bahan-bahan lain
Rendang Daging - Step 4
5
Tumis bumbu halus bersama dengan daun kunyit, serai, daun salam, daun jeruk, kapulaga, pekak dan cengkeh. Tumis hingga benar-benar harum
Rendang Daging - Step 5
6
Masukkan daging ke dalam tumisan bumbu
Rendang Daging - Step 6
7
Tambahkan air, dan juga 100 ml santan
8
Bumbui dengan garam, lada, kaldu bubuk dan gula pasir. Aduk-aduk, tes rasa
9
Masak dengan api kecil hingga cairan mulai menyusut
10
Masukkan 100 ml santan kental lagi
11
Tes rasa. Jika ada yang kurang bisa ditambahkan garam, lada, gula pasir dan kaldu bubuk
12
Selama memasak, rendang harus sering diaduk agar tidak ada endapan bumbu yang menjadi hangus di dasar penggorengan. Aduk dengan kecepatan rendah saja agar daging tidak hancur
13
Masak hingga cairan benar- benar menyusut, warna rendang menjadi gelap dan mengeluarkan minyak
14
Selesai

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Di kasih jengkol banyak banget,udah di masak sebagian masih banyak jg πŸ˜‚ sisanya masih 25 biji lagi kalo dah di belah jadi 50 biji donk 😁sampe bengek makan jengkol 😡,anak2 pada ga doyan jengkol..suami makan sih tapi paling 4 biji doank,yg paling banyak makannya sy donk πŸ˜‚πŸ˜‚ kadang di cemil aja gitu ga pake nasi,meskipun besoknya badan pegel2 ya tetep aja doyan πŸ˜‹πŸ˜. Stok jengkol terakhir di rendang ajalah biar musnah udah ni jengkol dr dapur sy πŸ˜‚πŸ˜‚. Jengkolnya tua jadi sy rendam dulu semalaman supaya empuk trs mengurangi baunya jg.

Rendang Jengkol // Dan Tips Merebus Agar tak Bau

Rendang Jengkol // Dan Tips Merebus Agar tak Bau

Pucuk di cinta ulam tiba 😍 . Seperti di Surga saja. Tiba2 kepingin Rendang Jengkol , Eh... Masya ALLAH, malamnya Tetangga pulang dari Jambi, anterin Jengkol berikut bumbu Rendang Asli πŸ˜πŸ˜‚ ( asli di bawa dari Jambi ) jadi rasa bumbunya bener2 mantuul tul tul dah πŸ˜„πŸ˜˜. Sedikit Tip2 mebus Jengkol : 1. Rebus dan menambahkan kopi ( sy 3 sd mnk / 200 grm Jengkol ) , rebus selama kurleb 30 mbt ( api sedang ) 2. Rebus Jengkol dgn Daun Jeruk Purut dan Jeruk Purut yg di iris. 3. Rebus Jengkol dgn Daun Salam. 4. Ato Rebus dgn menambahkan abu gosok . Dan setelah agak empuk bilas dan rebus kembali. Semoga bermanfaat utamanya untuk diri sendiri πŸ™πŸ™. #CookpadCommunity_Magelang #RendangJengkol #JengkolJambi #SepertiDiSurga #DapurkuIdeMasakku #DiRumahAja #AqibJengkol

1 piring
1 jam
Rendang Daging khas Padang Praktis

Rendang Daging khas Padang Praktis

Sekarang kalau mau bikin rendang udah gampang, cuma pakai 3 bahan aja. Rendang udah jadi dengan rasa authentik Sumatera Barat. Bikin ny gampang dan ga ribet. Tinggal campur2 jadi deh. Saya beli bumbu jadinya di www.bumburendangpadang.id Selamat Mencoba

3 Orang
+- 2 Jam 30 Menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Makanan favourite

3 orang
1 jam
Rendang Sapi Kuah Susu

Rendang Sapi Kuah Susu

Pingin bikin rendang tp biar semua ikut makan, santan sy ganti dg Susu UHT, dg bumbu rendang siap pakai dan bumbu pelengkap tambahan. Setiap masak rendang selalu teringat ibu krn ibu paling suka banget rendang buatanku, maafkan anakmu ibu blm bisa membahagiakan ibu tp anakmu sll inget dlm setiap denyut nadiku, seuntai doa yg bisa anakmu panjatkan, semoga ibu selalu sehat,panjang umur. "Selamat Hati Ibu, love you mom....πŸ˜πŸ˜πŸ™ #MasakUntukIbu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #MasakPraktis

5 orang
30 menit
Rendang padang pedas

Rendang padang pedas

#cookpadcomuninty_bogor #genkpejuangdapur #cookmembergenkpeda_kaianiandera #genkpeda_eksis

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Resep variasi untuk daging rendang. Bisa memanfaatkan sisa daging rendang yang belum termakan.

1-2 orang
30 menit
Nangka Muda Bumbu Rendang

Nangka Muda Bumbu Rendang

Bingung mau masak apa, akhirnya nyoba masakan nangka muda tapi dibumbu rendang. Haha... Suami kurang suka kalo nangka muda disayur gudeg... Baunya masakan ini udah kayak di rumah makan padang 🀣 sedap juga hasil akhirnya... Selamat mencoba

2-4 porsi
1 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Ini requestnya paksu minta dibuatin rendang tp pake ayam aja ☺

6 buah
+/- 40 menit
Masak Rendang daging sapi

Masak Rendang daging sapi

Bismillah Biasanya bumbunya saya beli, kali ini bikin sendiri bumbunya, rasanya lebih enak dan bumbunya melimpah... Rendang ummi enak x, puji anakku no 2... Dapat pujian senang x... Masaknya juga lama, dan dagingnya empuk... Suka deh #OlahanDagingQurban #PosbarIDAMAN

Rendang daging kerbau

Rendang daging kerbau

Penasaran dengan rasa khas daging kerbau, akhirnya coba coba diolah jadi rendang, ternyata rasanya lebih mantap dan lebih enak daging kerbau menurut saya baunya khas sedep banget

Beberapa orang
3 jam
Rendang bundo

Rendang bundo

Ga afdol kalau ngakunya orang padang ga bisa masak rendang. Sekalian permintaan anakΒ² yang komplain kangen rendang. Yuk disimak mam πŸ˜‰

Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Nasi goreng bumbu rendang dadakan

Buat nasi goreng dengan bahan bahan yang terbatas, ternyata tidak kalah enaknya kok. Lekker #PejuangGoldenApron3

2 porsi
45 menit
Rendang telur kilat / Telur bumbu rendang

Rendang telur kilat / Telur bumbu rendang

Kalo denger kata rendang pasti udah kebayang ribet n lama masaknya ya πŸ˜… Tp ga berlaku utk resep ini, aq pake bumbu rendang instant aja.. terinspirasi dari resep yg sempet viral di tiktok, ya udah ikutan juga deh.. tp saya pakai stok putih telur yg nganggur di kulkas 😁 Tips : oles mentega pada wadah yg mau di pakai untuk tim telur putih agar mudah di keluarkan. - cicipi dahulu bumbu yg sdh di tumis, kalau sy tidak pakai tambahan garam karena sudah cukup asin menurut sy, jd hanya beri sedikit gula pasir ☺️

1 porsi
10 menit
72πŸ’ Rendang

72πŸ’ Rendang

wktu bkin ini awal nya jadi kayak.... opor πŸ˜‚ trus coba di bumbu i lagi biar jd rendang wkwk nanya sama temen yg foodizt banget meski ga pernah nyentuh dapur... untng nya saran doi berguna πŸ₯° thanks foodizt sejati emg kamuh 😘 bumbu putihku : - 1 kg bawang merah - 400 gr bawang putih - 200 gr kemiri source : xanders kitchen πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ happy recook! πŸ₯˜

3 orang
3 jam
Rendang Tongkol

Rendang Tongkol

Tongkol kiriman Mama... tak masak kilat pakai bumbu rendang kiriman Mama juga. 😘 #InstantIsFine #PejuangGoldenBatikApron

5 porsi
15 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

2 orang
1 jam
Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar)

Rendang jengkol empuk pedas manis (porsi besar)

Sebelumnya gk suka jengkol sama sekali, coba2 masak jengkol buat acara makan2 ibu2 asrama dan pas sy coba enak, akhirny ketagihan masak lagi dan lagi.. πŸ˜‚

10 orang
2 jam 30 menit
Rendang medok rasa nampol

Rendang medok rasa nampol

Hai, resep pertama yang aku share ini adalah masakan yang paling suamiku suka. Resep n cara memasak ini berasal dari mertua tercinta... Selamat mencoba yah πŸ˜ƒ

16 porsi
Rendang Ayam (full of bumbu) 🀀

Rendang Ayam (full of bumbu) 🀀

Yg bosen ayam nya di opor mulu bisa di bikin rendang ayam, gakalah enaknya bun 🀀 Tips : sering di aduk tapi pelan aja, biar santannya ga pecah.