Rendang Padang (kering)

Dipos pada February 10, 2022

Rendang Padang (kering)

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Padang (kering) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Padang (kering) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Padang (kering), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Padang (kering) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Padang (kering) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Padang (kering) memakai 25 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ok ini asli copy paste resep yg nongol di fb ๐Ÿ˜…, cuma agak di ubah dikiiiittt... Karena penasaran aja sama rendang asli padang yg hitam n kering itu gimana, dan kebetulan adik di luar kota minta dimasakin rendang ya udah... Dan benar ini enak dan gak ada bau gosong, meski warnanya hitam malah wangiiiiii... Masaknya naudzubillah lama ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ total ada 6jam-an lebih, (krn saya bikin 2x resep, kalo 1 resep katanya 4 jam-an) Source: fb-dapursicongok

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Padang (kering):

  1. Bahan A:
  2. 1 kg daging sapi, paha atas atau has dalam
  3. Bahan B (bumbu halus) :
  4. 100 gr cabe merah kertiting (me:50gr)
  5. 80 gr bawang merah
  6. 60 gr bawang putih
  7. 45 gr jahe
  8. 4 bh kemiri
  9. 200 ml air untuk blender, haluskan semua bahan B
  10. Bahan C
  11. 2 gr jinten halus (me 1/2 sdt=2,5ml)
  12. 4 gr ketumbar, sangrai (wajib)
  13. 5 bh bunga lawang
  14. 9 bh cengkeh
  15. 9 bh kapulaga
  16. 3 btg sereh, geprek, simpul
  17. 70 gr lengkuas, geprek
  18. 6 lbr daun salam
  19. 1/2 lbr daun kunyit ukuran besar
  20. 1 lembar daun pandan simpul (tambahan saya)
  21. 1 batok gula merah (kurleb 50gr, tambahan saya)
  22. secukupnya Garam
  23. Bahan D:
  24. 1 ltr santan kental dari 4 kelapa tua (me:santan beli 1kg ๐Ÿ˜…)
  25. 800 ml santan encer, dr perasan ke 2 (me:300ml santan+500ml air)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Padang (kering)

1
Campur bahan A+B+C, aduk rata, lalu masak dengan api sedang, tutup selama kurleb 30menit. Sesekali aduk, tutup kembali
Rendang Padang (kering) - Step 1
2
Tambahkan santan encer (bahan D). Sesekali aduk pelan, tidak perlu ditutup.
3
Setelah air agak menyusut. Masukkan santan kental. Jangan ditinggal, terus aduk merata jangan sampai pecah. Api kecil... (Pegel ini bun ๐Ÿ˜…)
4
Setelah santan mendidih merata, baru bisa ditinggal sebentar, sesekali aduk supaya gak gosong (tetap aja g bs ditinggal lama ๐Ÿ˜…)
5
Setelah kuah santan meletup-letup (kalio), tingkatkan kuantitas mengaduk, kr rawan gosong. Aduk dengan cara menyodok daging dari bawah, hindari mengaduk2 daging, supaya daging tidak hancur. Masak sampai kuah santan kering dan mengeluarkan minyak sendiri.
Rendang Padang (kering) - Step 5
6
Prosesnya 4 jam-an (lama๐Ÿ˜…) apinya tetap kecil! Supaya minyak kelapa dari santan yg dihasilkan paripurna ๐Ÿคฃ
7
Kalau saya sebenarnya gak suka yg terlalu kering jadi seperti ini aja udah ok:
Rendang Padang (kering) - Step 7
8
Krn kemarin buatnya utk dikirim ke adik di luar kota jd harus kering (ini masih proses juga menuju kering):
Rendang Padang (kering) - Step 8
9
Katanya bisa tahan sebulan tanpa dipanasi, tapi blom pernah coba ๐Ÿ˜…, namanya rendang sekilo, sehari udah ludes ๐Ÿคฃ

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi Goreng Rendang Komplit

Nasi Goreng Rendang Komplit

Pagi2 Bogor sdh turun hujan, bikin sarapan yg mudah, praktis dan tetap bergizi serta mengandung Nutrisi. Mengandung Kharbohydrat, protein dan vitamin. Disini sy tambahkan telur dan daging ayam, baao ikan sbg sbr Pritein, sayuran vegetable sbg sbr Vitamin. Nasi putih sbg sbr Kharbohydrat. #JelajahResep #CookpadCommunity_Bogor #PejuangGoldenApron3

relatif
30 menit
Rendang

Rendang

10 orang
1.5 jam
Rendang usus daging ayam bumbu instan

Rendang usus daging ayam bumbu instan

Awalnya pingin masak Usus d buat pedas tapi karna ingat anak biar bisa ikutan makan jadi ganti haluan ke menu yg satu ini. Dan Alhamdulillah anak suka karna disini aku gak pakek cabe jadi gak berasa pedes walaupun ada lada tp hanya sedikit aja ya aku pakeknya. ๐Ÿ˜

3 orang
30-45 menit
Rendang paku (pakis sayur)

Rendang paku (pakis sayur)

Resep ini sudah ada sejak dahulu kala , dan masakan rendang paku ini sangat diminati berbagai kalangan , kami terinspirasi dari @bganas , dan masakan ini tidak begitu rumit bahanยฒ nya

10 orang
1 jam 30 menit
Rendang

Rendang

โ—1 Agustus 2021โ— Assalamualaikum.. masih ada stok daging sapi beku dari Idul Adha kemarin. Dibikin rendang pake resep JTT nampolllll beneran๐Ÿ˜, sedikit modif menyesuaikan bahan" yg ada dirumah. ๐Ÿ’“Sedikit Tips : ๐Ÿ‘‰Untuk bikin rendang, pakai kelapa yg kulit ari nya gak dikupas yaa..jadi masih ada coklat coklat kulit ari tipis nya, ini dikasih tau sama yg jual kelapa parut, biar rasa rendang nya tambah enak๐Ÿ’“๐Ÿ‘‰ Setelah dipotong & direbus, daging digoreng tanpa minyak (optional) supaya aroma keluar๐Ÿ’“ Masyaallah Tabarakallah jangan lupa selalu berterima kasih pada Allah Swt, atas kesehatan & kebahagiaan yg diterima baik hari kemarin dan seterus nya๐Ÿฅฐ

Rendang daging sapi ala mama dira

Rendang daging sapi ala mama dira

Crita nya lagi kumpulin niat buat bikin rendang karena proses nya yg lama dan akhirnya baru skrng deh kesampean bikin rendang nya...๐Ÿ˜Š

2,5 jam
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Rendang salah satu masakan yg enak dan masuk dlm daftar makanan terenak diDunia. Ini resep ekspress yg ga mau ribet sama takaran dan proses pembuatan bumbu namun tetap nikmat dan anti gagal . Ini dgn bumbu rendang yg dibeli di Pasar tradisional. Ini lagi bikin utk menu tutup tahun nih.

Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

Nasi Goreng Bumbu Sisa Rendang

#Cooksnap #MasakItuSaya #SlaluIstimemewa #NasiGorengRendang #NasiGorengBumbuSisaRendang #PosbarIDAMAN #PPKM #kopijos #DibuangSayang #PosbarIdaman #AR_SopMatahari #CookpadCommunity_Yogyakarta #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id Punya sisa nasi kemarin dan sedikit bumbu rendang sayang banget klo di buang. Duh mak2 banget ya ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ mendingan di buat nasi goreng aja rasanya pasti uenaaak dan mantul serta jadi lebih bermanfaat tidak mubadzir. Akhirnya di olah deh jadi makanan yg mantap dan lezat bahkan jadi rebutan ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Rendang Jamur Tiram

Rendang Jamur Tiram

Alhamdulillah dapat rezeki di kasih jamur tiram. Biasanya di goreng tepung aja. Hari ini mamah Aura buat rendang Jamur Tiram. Rasanya itu enak dan kenyel ya. Dinikmati dengan nasi hangat ehm pastinya tambah yummi.Mulai Masak aja yuk moms. #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_KalBar #CookpadCommunity_Borneo #OlahanJamurTiram #RendangJamurTiram

5 porsi
45 menit
Rendang Tongkol

Rendang Tongkol

Tongkol kiriman Mama... tak masak kilat pakai bumbu rendang kiriman Mama juga. ๐Ÿ˜˜ #InstantIsFine #PejuangGoldenBatikApron

5 porsi
15 menit
92. Bubur Randang Banjar

92. Bubur Randang Banjar

๐ŸŒบBismillah๐ŸŒบ Olahan sagu khas banjar... Lama banget gk makan bubur randang, dlu mama suka banget buatin bubur ini kalau dirumah ada yg badannya panas2 atau mama sendiri yg pnas2 mama bikin ini .."kalau2 panas dalam" itu kata mm.. daan kalau hbs makn ini memang badan jd enakn biidznillah.. Nahhh dihari ibu ini saya kepikiran masakin mama bubur berbahan sagu ini.. karna kata mm udah lama jg gk bikin bubur ini.. semenjak saya menikah dan adek merantau sekolah gk ada yg dimasakin lg ๐Ÿฅบ #MasakanUntukIbu #CookpadCommunity_Kalsel

Rendang ikan tuna

Rendang ikan tuna

Bosen rendang ayam atau daging pilihannya ikan tuna aja direndang buncan pasti nga kalah lezatnya

Rendang ayam kecap

Rendang ayam kecap

Menu munggahan keluarga identik dengan kuah rendang atw sop menjelang ramadhan tiba...

Rendang padang

Rendang padang

Ini cocok banget buat menu sahur, jadi karena keluarga kalau sahur suka yang kering kering , kasian juga kan kalau telur ceplok terus ๐Ÿ˜‚

5-6 orang
2 jam
Rendang daging sapi bumbu tumis

Rendang daging sapi bumbu tumis

Buat rendang untuk stok berbuka dan sahur pake resepnya kak @Lenny_141705 trus saya tambahkan dengan bumbu racik rendang Indofood enak banget...๐Ÿ‘ Santannya pake santan instan... Jadi kalo mau makan tinggal dipanasin aja deh.. Sehari setelah masak rendang saya kepleset didapur, besoknya kakak ipar mau mampir ke rumah sebelum balik ke pangkalan Bun,bingung harus nyuguhin apa.,ingat difrezeer ada stok rendang,tinggal dipanasin sebentar. Kebiasaan disetiap resep yg diposting sllu hasil akhirnya gak cantik, makanan Udah Mateng belum dijepret anak udh keburu nangis, alhasil makanan abis dimakan ๐Ÿ˜‚,tinggal dikit ๐Ÿคญ baru ingat belum di foto ๐Ÿ˜ฎโ€๐Ÿ’จ semangaaat๐Ÿ’ช๐Ÿ˜ #Frozenfood #RamadanCamp_Misi4 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_PalangkaRaya

10 orang
Cireng isi rendang

Cireng isi rendang

Iseng bikin cireng untuk bukaan nanti malam paksuam dengan bahan seadanya dan yg pasti ada inovasi rasa yup isinya pake rendang

2 orang
30 menit
Rendang by Wiliam Wongso

Rendang by Wiliam Wongso

Bikin rendang kemaren untuk stock bekal anak , resep ini bisa tahan lama kalau dikeringkan

4 porsi
3 jam
Rendang Ayam Kentang || Chicken Potato Rendang

Rendang Ayam Kentang || Chicken Potato Rendang

Resep ini saya recook atau cooksnap dari mbak @Erma_Dapur_Michaela Terimakasih banyak ya mbak atas resepnya ๐Ÿ™๐Ÿ™โค๏ธ๐Ÿ˜Šโค๏ธMohon maaf jika masih belum rapi ๐Ÿคญ๐Ÿคญ๐Ÿ™๐Ÿ™ Mantap banget rasanya โค๏ธ๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š Untuk jawaban dari Ramadhan camp misi kedua kali ini menurut aku adalah Rendang. Ya mudah-mudahan betul jawabannya ๐Ÿคญ๐ŸคญโœŒ๏ธ #PejuangGoldenBatikApron #RamadhanCampMisikedua #CookpadCommunity_Jakarta #RendangAyamKentang #Yangmakindipanasinmakinenak This recipe i recooked from Miss @Erma_Dapur_Michaela ..Thank you Miss for the recipe ๐Ÿ™๐Ÿ˜Šโค๏ธ..This is so delicious ๐Ÿ‘โค๏ธ๐Ÿ˜Š This kind of food Will be more tasty after we heated up for days. The aroma Will be more endulging, and the spices Will be more absorbed into the meat. Any kind of meat can be used, chicken, beaf, mutton or maybe pork.