Martabak Rendang

Dipos pada February 11, 2022

Martabak Rendang

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Rendang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Rendang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Rendang memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sejak bisa bikin martabak sendiri, saya jarang bikin martabak pakai kulit beli, karna menurut saya lebih cepat masaknya, kalo pake kulit beli itu kan nggorengnya satu2.Lama. Biasanya sih bikin buat makan malam. Jadi pulang kerja bikin kulit trus direndam, nanti hbs maghrib dieksekusi. Kali ini bikin buat sarapan, supaya bisa difoto๐Ÿ˜‚ Saya melebarkan kulitnya pakai rolling pin, lebih mudah dan cepat menurut saya daripada ditarik2. Kan ini elastis banget kan yah. Trus waktu mau meletakkan kulitnya ke atas pan, pan nya saya angkat dulu dari kompor, taruh di meja lalu letakkan kulitnya diatas pan. Soalnya kulitnya lebih lebar dibanding pan nya ๐Ÿ˜‚. Setelah diberi isian dan dilipat rapi baru di letakkan di atas kompor. Wajib coba ini..enaaak dan ekonomis banget dibanding beli ๐Ÿ˜€

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Rendang:

  1. Kulit
  2. 100 gr terigu protein tinggi
  3. 60 gr air (sesuaikan dengan kondisi tepung, kemarin saya bikin lagi pakai tepung yang berbeda, butuh 70 gr air)
  4. 2 sdm minyak goreng
  5. Minyak goreng untuk merendam
  6. Minyak samin
  7. Isi :
  8. 5/6 butir telur
  9. 7 batang daun bawang, iris tipis
  10. 1 mangkuk kecil bumbu rendang dan dagingnya yang telah disuwir2
  11. 1 sdm bumbu pemasak kambing minang bubuk
  12. secukupnya Garam, gula, kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Rendang

1
Kulit : Masukkan terigu dan air dalam mangkuk, uleni sampai kalis. Tambahkan minyak, uleni sampai kalis elastis (saya pakai breadmaker aja ๐Ÿ˜‚). Bagi 2, bulatkan. Tuangi minyak sampai terendam. Rendam 1-2 jam
Martabak Rendang - Step 1
2
Setelah satu jam, lebarkan kulit martabak (saya pakai rolling pin aja, nggak bisa banting2 seperti penjual martabak ๐Ÿ˜€).
Martabak Rendang - Step 2
3
Cairkan 2-3 sdm minyak samin pada pan yg lebar, lalu letakkan kulit martabak diatasnya (karena pan saya relatif kecil, jadi saya angkat dulu pan nya, lalu taruh di meja, baru diletakkan kulit martabaknya berikut isiannya dan langsung dilipat. Setelah rapi, diletakkam di atas kompor kembali. Cepat kok prosesnya)
Martabak Rendang - Step 3
4
Masak martabak dengan api kecil, timba2 minyak ke sisi atas martabak. setelah sisi bawah matang, balikkan. Masak sampai matang termasuk sisi2nya (diberdirikan) Sajikan (biasanya saya sajikan dengan cuko yang diberi irisan bombay, tapi kali ini agak males bikin hehe, jadi pake cabe rawit aja)
Martabak Rendang - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Ini requestnya paksu minta dibuatin rendang tp pake ayam aja โ˜บ

6 buah
+/- 40 menit
Bumbu rendang terong & telor puyuh

Bumbu rendang terong & telor puyuh

Pada umumnya yang di bumbu rendang itu daging sapi,karna daging sapi mahal harganya,ya terong sama telor puyuh pun jadi,alhamdulillah keluarga suka #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung

6 orang
1 jam 1/2 menit
Rendang jamur tiram

Rendang jamur tiram

Tidak ada rotan akar pun jadi Tidak ada daging, jamur tiram pun jadi๐Ÿ˜… Rendangnya tanggal tanggung, masih jauh sama akhir bulan apalagi awal bulan๐Ÿคฃ Bosen mau masak jamur cuma ditepung atau di oseng doang. Nemu resepnya @Aurora Borealis dengan sedikit modifikasi. Ternyata enak banget, suami sampe nambah nasi dong๐Ÿ˜

Rendang ayam

Rendang ayam

recooked resep cie xander kitchen. Saya tambahkan kacang merah ( seharusnya kacang tolo ). Kurangi pemakaian cabe jika tak bisa pedas .

Rendang Ayam Frozen

Rendang Ayam Frozen

Assalamualaikum Cookpader Challenge mamah CP di #Ramadancamp_misi4 adalah bikin makanan frozen food untuk stok selama ramadan ini. Saya bikin rendang ayam yang bisa buat stok untuk lauk makan sahur. Yang bisa dipanaskan dengan dimasukkan ke microwave atau pun dimasukkan ke magiccom. #PejuangGoldenBatikApron #Menufrozenfoodwongkito #Ramadancamp_Misi4 #Rendangayam #Cookpadcommunity_Palembang #RendangayamFrozen #niungniung #ResepWongKito #Wongkitogalo

Dendeng Balado (Daging Rendang)

Dendeng Balado (Daging Rendang)

Source @7rizandinikiki Punya stok sepotong daging rendang beli online dimasak dengan resep ini, lezat banget, dagingnya empuk setelah digoreng kering pas banget sama bumbunya yang bisa dicampur nasi hangat Link resep asli https://cookpad.com/id/resep/14868012-dendeng-balado?invite_token=TGpZHndsCVYtbaXRntGEHddr&shared_at=1627247968 #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeDa_KikiRizqiAndini #Cookpadcommunity_bali #KampungIdaman

Resep Rendang Daging Sapi

Resep Rendang Daging Sapi

Rendangku versi basah, karena buat stok jadi nanti kalo dipanasin bisa sampai kering ๐Ÿ˜Š Selamat mencoba resep simple ini ๐Ÿ˜˜

Daging Sapi Rendang

Daging Sapi Rendang

Paling semangat deh klo masak rendang,yah walaupun masaknya itu memakan waktu yg lama dan bumbunya yg lumayan banyak,tp klo si kaka uda minta dibuatin..aku langsung siap masakinnya ๐Ÿ˜Š selain itu jg bsa dimakan sampai bbrp hr kedepan deh. ๐Ÿฅฐyuk moms intip cara masaknya

10 orang
3jam
Rendang Daging Fiber Creme

Rendang Daging Fiber Creme

Karena kondisi kesehatan saya yang melarang saya mengonsumsi santan, saya buat rendang dengan menggunakan fiber creme sebagai pengganti santan.

1 kg dagjng
2,5 jam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Sebagai salah satu bekal yang mau dibawa untuk piknik, karena termasuk makanan yg tidak gampang basi kalo dikeringkan.. Bismillaahirrohmaanirrohiim sebagai resep pembuka sebagai pejuang golden apron batik #PejuangGoldenBatikApron

4 jam
Rendang Daging Bumbu Indofood Instan

Rendang Daging Bumbu Indofood Instan

Rendang daging ini dimasak menggunakan โ€œbumbu instan Indofood Rendangโ€ dicampur dengan bumbu halus. Simpel tapi rasanya mantep banget deh. Oiya, kalau mau diganti ayam juga oke loh..๐Ÿ‘Œ Selamat mencoba ๐Ÿ˜Š

2-3 jam
38. Rendang Hati Sapi

38. Rendang Hati Sapi

1 kg hati sapi
Rendang jengkol bumbu simpel ga pake ribet

Rendang jengkol bumbu simpel ga pake ribet

- Supaya jengkol tidak bau menyengat , rebus jengkol dengan daun salam dan daun jeruk yang banyak . - Rebus jengkol dengan teknik rebus , 5-30-7 Rebus 5 menit, matikan api dengan tutup panci tertutup selama 30 menit , lalu rebus lagi 7 menit . - Masak rendang jengkol dengan sedikit daging sapi , supaya bumbunya gurih . - Gunakan santan segar supaya rendang terasa manis gurih dari santannya Selamat mencoba๐Ÿ˜

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Endulita bun ๐Ÿ”ฅ๐Ÿ˜‚

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Aq ga suka jengkol. Tapi ada yg sering minta dimasakkan jengkol. Awalnya memasak jengkol, bingung, caranya bgmn... tanya2,serta coba2, akhirnya bisa. Untuk bumbu aq beli racikan jadi di pasar beringharjo, klo ga salah namanya _rumah minang_. Aq klo masak jengkol ini ribet bgt n butuh waktu berhari2, karena jengkol aq rendam dengan kopi minimal 3 hari, pagi n sore dicuci bersih ganti air n kopi. Trus merebusnya juga pakai kopi, daun jambu n daun salam untuk menghilangkan bau jengkol... tp klo mau cepat, jengkol rendam semalam, trus rebus sampai empuk....

Rendang Minang

Rendang Minang

Salah satu yg membuat rendang minang enak adalah ampas nya (blondo).. cekidott yaaa...

2 jam
Rendang sapi

Rendang sapi

Rendang sapi kaya bumbu ternikmat di jamin nagih resep sederhana

6 orang
3-4 jam