Rendang Sapi XK

Dipos pada February 11, 2022

Rendang Sapi XK

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Sapi XK yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Sapi XK yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Sapi XK, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Sapi XK enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Sapi XK sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Sapi XK memakai 22 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Taukah bunda... Apa itu XK.. sengaja aku pake biar pada penasaran.. hayooo... Hahhhaaaa XK itu = Xander's Kitchen..😂😂 Coba recook Rendang Sapinya.. Tapi ini sm sekali gak pake cabe... Buat anak2... Yang tua ngalah😂 Modif:angelinazhang #PejuangGoldenApron3 #Masakitusaya #Dirumahaja

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Sapi XK:

  1. 1 kg daging sapi bagian paha /sengkel
  2. 2500 ml santan dari 3btr kelapa tua prut
  3. (sy pake 2butir air kelapa muda +230 santan kental)
  4. 3 btg sereh dimemarkan
  5. 2 lembar daun kunyit disobek2
  6. 5 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk remas
  8. Bumbu yang dihaluskan:
  9. 250 gr cabe keriting merah+cbe rawit
  10. 250 gr bawang merah
  11. 100 gr bawang putih
  12. 1 sdt jinten bubuk
  13. 1 sdt adas
  14. 1 butir pala/ 1/2 sdt bubuk pala
  15. 5 butir cengkeh
  16. 3 butir kemiri
  17. 4 sdm ketumbar
  18. 1 sdt merica
  19. Seruas jahe
  20. Seruas kunyit
  21. Seruas lengkuas
  22. Secukupnya garam,gula

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Sapi XK

1
Potong daging sesuai selera, siapkan bumbu halusnya
Rendang Sapi XK - Step 1
Rendang Sapi XK - Step 1
2
Masukkan santan aduk hingga mendidih lalu tuangkan bumbu halus, daun salam, daun jeruk, sereh, daun kunyit. Msk santan sampai mendidih.
Rendang Sapi XK - Step 2
Rendang Sapi XK - Step 2
3
Msukkan daging kedalam santan masak sampai santan menyusut.
Rendang Sapi XK - Step 3
Rendang Sapi XK - Step 3
4
Saya tambahin kerisik kelapa 100gr sj.. kelapa muda parut disangrai hingga kecoklatan kemudian ditumbuk hingga halus... Lalu saat santan mulai menyusut saya lgsg kasi kerisik kelapa... Dan terakhir kasi garam dan gula...
Rendang Sapi XK - Step 4
Rendang Sapi XK - Step 4
Rendang Sapi XK - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lasagna daging rendang

Lasagna daging rendang

Surat cintah dari Mamah Cookpad untuk Minggu ini #Postingbareng Merayakan Segala Rasa Pasta . Rahasia Varian Hidangan Pasta . Sip deh musim hujan , kebetulan punya daging sapi di freezer 500 gram , ambil yang bagus dapat 250 gram dicincang , selebihnya kurang bagus akhirnya untuk kaldu sup . Punya sisa juga Lasagna instan , dan sudah lama cook mark LASAGNA DAGING RENDANG , jadilah terlaksana eksekusi tanpa harus keluar rumah stok keju , mozzarella pun ada 🤭 . Resep dari mba @irma_111112 sedikit modifikasi , saus putihnya dua kali resep aslinya . Ternyata pasukan Bodrex di rumah Acung jempol 👍 mamah berhasil katanya . Jadilah Lasagna rasa rendang jadi 2 wadah kaca tahan panas ukuran 15X15X6. #AR_RahasiaPasta #CookpadCommunity_Bandung #kemauandankemampuan

12 porsi
120 menit
Rendang Padang (kering)

Rendang Padang (kering)

Ok ini asli copy paste resep yg nongol di fb 😅, cuma agak di ubah dikiiiittt... Karena penasaran aja sama rendang asli padang yg hitam n kering itu gimana, dan kebetulan adik di luar kota minta dimasakin rendang ya udah... Dan benar ini enak dan gak ada bau gosong, meski warnanya hitam malah wangiiiiii... Masaknya naudzubillah lama 🤣🤣🤣 total ada 6jam-an lebih, (krn saya bikin 2x resep, kalo 1 resep katanya 4 jam-an) Source: fb-dapursicongok

293. Rendang Daging Sapi (MPASI)

293. Rendang Daging Sapi (MPASI)

Kita jelajah kuliner lagi yuk. Kali ini masakan khas Padang Sumatera Barat. Apapun masakannya selalu ya nyisihin buat anak2 sebelum cabai dkk masuk. hehehe Dengan kebiasaan begini alhamdulillah anak2 gampang makannya dan gak pilih2. Masakannya selalu satu macam,,cuma beda pakai cabai sama enggak. Ini rendangnya super praktis dan empuk ya,,,karena saya masak pakai slowcooker hehehe Resep dr mbk @heny_wid versi MPASI hehehe Jangan bosan ya mbk saya kirimi cooksnap trus,,,semoga berkenan,,, #masakankhaspadang #masakankhassumaterabarat #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Kalio Rendang Ayam Kentang

Kalio Rendang Ayam Kentang

Masak cepat tapi tetep enak dan bikin nafsu makan meningkat☺☺setor #TiketGoldenBatikApron semoga lolos yaa tengkyuu

4orang
2jam
Randang Basah/ Rendang

Randang Basah/ Rendang

Haloo assalamu'alaikum wr wb. Selamat pagi mommies, lebaran kemarin masak2 apa? Kalo saya masaknya rendang sama opor ayam tapi yg opor gak sempat difoto2 jadi paling share rendangnya aja ya. Sebenarnya masaknya simple tapi perlu proses masak yg lama dan menggunakan bahan rempah komplit pula, mungkin dari situlah cita rasanya keluar. . . #reseprendang #MasakItuSaya #PejuangGoldenApron3

4,5 jam
Kulit Mangga Bumbu Rendang

Kulit Mangga Bumbu Rendang

Terinspirasi oleh mamah cookpad dengan program #MasakSetiapBagian. Hari ini mau ngebuang kulit mangga rasanya agak sayang. 😂 Iseng-iseng nyari di google tentang manfaat kulit mangga. Ternyata kandungan manfaat kulit mangga hampir sama dengan daging buahnya, bahkan lebih. Wah, jadi kepengen ngolah ini kulit mangga... Kebetulan saya punya bumbu rendang instan, karena harganya sangat terjangkau, bolehlah jadi bahan uji coba masak kulit mangga. 🤭 Alhasil, jadilah kulit mangga bumbu rendang yang ternyata cukup enak, tekturnya kenyal sedikit renyah, bisa nih jadi tambahan lauk. 😁 #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Rendang Sapi - MPASI 10+

Rendang Sapi - MPASI 10+

1 porsi
30 menit
1/2 Rendang ala Emak

1/2 Rendang ala Emak

Ada satu teman sy dari Sumatra Utara, kalau ditawarin rendang buatan sy, pasti ngga mau😅 Dia bilang cuma suka rendang orang Padang, nggak suka rendang orang Sunda, apalagi kalo sy yang buat😅😅 Iya sih, rendang orang Sunda biasanya cuma 1/2 jadi aja, yang kata orang disebut kalio. Terlebih 1/2 rendang sy selalu bercita rasa manis😁 Dari masih ingusan sampe setua ini, rendang buatan Emak seperti ini yang jadi favorit menemani ketupat setiap lebaran, setiap acara dan meja makan sehari-hari. Bumbunya juga di-Sunda-kan,, alias simple aja. Cara masaknya menggunakan cara yg simple juga, cuma sekali cemplung. Kalau di keluarga Emak, dari para nenek sampai secicit-cicitnya masak rendang ya sesimple ini aja. Tapi soal rasa, kita semua sukaaa banget. Kecuali teman sy diatas, teman-teman yang lain - yang biasa nodong makan ketupat rendang tiap lebaran, juga menyukainya.. Terbukti tiap lebaran balik lagi-balik lagi minta dan makan banyak😅 Ini dia, sy menyimpan resep 1/2 rendangnya disini supaya ngga lupa. Kalau emak masak rendang tidak menggunakan daun kunyit ataupun daun jeruk. Tapi karena ini buatan anaknya Emak, jadi sy tambahkan daun jeruk 2 lembar. Soal daun kunyit, bukannya ngga doyan, tapi emang udah kebiasaan ngga pake aja.. Rendang asli Padang atau rendang buatan orang Sunda Bogor? Dua-duanya suka dong.. Memang sih ya.. sy dan seluruh Indonesia pasti menakui, kalo yang asli Padang itu terlalu dahsyaaaat...bisa lupa darat, laut dan udara kalau udah ketemu sama nasi😂🤤🤤

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Kurang lama masaknya karna pada nggak sabar buat makan. Hihi #rendangsapi #rendang #dagingsapi #cookpadindonesia #cookpadnusantara #cookpadcommunity #cookpadcommunity_solo

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep rendang kadang beda-beda di tiap daerah. Menyesuaikan selera keluarga, saya pakai resep ala ibu mertua saya yang tinggal di sumut mepet sumbar hhe. Langsung wa buat nanya resep dan step-step kuncinya hhe 😁 bener-bener endull buat lauk bukaan dan saur juga, jadi menambah energi 😄 #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #KampoengRamadhan #CookpadCommunity_Depok

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bumbu rendang yang saya beli udah di kasih bawang giling ya.. jadi saya gak perlu tambahkan lagi Kalo bu ibu belinya bumbu rendang tok, bisa tambahkan bawang, daun salam, dll.

349.Serundeng Bumbu Rendang

349.Serundeng Bumbu Rendang

Bismillaah ... Mencoba membuat serundeng yang anti mainstream😅Alhamdulillaah hasil akhirnya enak banget ,, berasa makan rendang tanpa daging versi kering dan renyah🤭bisa menggunakan bumbu instan atau racikan bumbu rendang andalan masing2 ya bebas tak bersyarat😉Karna ditempat yang saya tinggali sekarang banyak betul penjual bumbu rendang (bukan instan pabrikan) jadi sayapun sudah punya langganan yang menurut saya pas takarannya👍emak mah lebih demen pilih jalan ninja untuk cepat sampai tujuan ,, hadeeeuuuh🙈😆🤭🙏. Paling cocok untuk stok makanan kering dadakan , seperti ramadan sekarang ,, jika telat bangun tinggal ceplok telor tabur2 dah siyap dinikmati bersama nasi hangat , alhamdulillaah dapat berkahnya sahur khan jadinya ,, dan in sya Allaah awet dengan cara disimpan dalam tempat kedap udara ya ,,, silahkan dicoba yu momma's ,, #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #IdeMasak #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10

Rendang

Rendang

sampai kering
Rendang Daging

Rendang Daging

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulillah kemarin lebaran id-adha bisa masak daging qurban walaupun masih ppkm di perpanjang anak2 tetep semangat & bahagia menyambut nya,, Anak mbarep reques rendang yg pakai bumbu masak sendiri gk mau pkai bumbu instant alhamdulillah nemu resep yg sdh ku simpan di cp, milik @DapurTurnip,, langsung eksekusi dech si mamak gk perlu nunggu waktu lama.. 🤭 Hmm..saat proses memasak nya tercium aroma mengoda perut keroncong an gk sabar pingin makanlah si kakak, Baunya enak seperti rendang2 di rumah padang katanya anak2 😀 #KampungIdaman #PosbarIdaman #OlahanDagingKurban #potongandagingsayat #Patunganresep #masakitusaya #gakbosenbelajar #CookpadCommunity_Semarang

Rendang

Rendang

Assalamualaikum.. Yuuuk nyapa rendang lebih awal. Biar semakin semangat menuju lebar-an. Iyaa, badannya melebar. Hehehe. Gak tau sudah berapa kali bikin rendang. Rasanya emang gak pernah bosen. Pantes aja sampe jadi warisan dunia.

3 orang
60 menit
"Rendang daging"😘👍❤️

"Rendang daging"😘👍❤️

Terinspirasi menu rendang bunda Dara Home Cooking, ada berberapa bahan saya skip dan ada tambah juga bumbu lain 🤭🤭makasih bunda makyos😘👍❤️👍 #RecookMenyadik #DutaRecookberaksi #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

1 mangkok
45 menit
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Mumpung punya kuah (bumbu) rendang sisa beli rendang beberapa hari lalu, nyobain bikin nasi goreng rendang deh. Ini 'kuah'nya gak berkuah yaa, tapi kering (nah lo bingung gak 😅). Yang dimaksud kuah adalah bumbu sisa rendang atau orang Minang menyebutnya dedak rendang. Terinspirasi dari mbak @Lenny_141705 dan uni @MitaNiez yang pernah share resepnya, aku bikin tanpa ayam, menyesuaikan bahan yang ada di kulkas saja. Yuuk cobain... #mbantuk_karbo #CookpadCommunity_Bandung

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Waktunya mengolah daging qurban Nampaknya jadi menu andalan di rendang #OlahanDagingQurban #PosbarIdaman #KampungIdaman #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bismillah, Jawaban : misi ke 2 Ramadan#RamadanCamp#RendangDagingSapi#CookpadCommunityKotaBekasi#CookpadCommunityIndonesia. Masakan Rendang merupakan masakan khas Padang atau minang dan juga terkenal masakan didunia termasuk masakan terenak didunia.Bahan utama masakan rendang adalah daging sapi serta bumbu rempah - rempah dari Indonesia. Masakan rendang adalah salah satu masakan yang bisa disimpan jangka panjang dan tanpa pengawet, bisa disimpan untuk beberapa minggu asal tendang dimasukkan kedalam kulkas dan diangetin di magic Com ataupun diopen disesuaikan dengan suhunya. Jadi masakan rendang menjadi andalan ketika bulan puasa bisa dimakan sebagai lauk pauk pada waktu buka puasa ataupun pada waktu sahur tinggal diangetin. Selamat mencoba 😊😊👍

15 0rang
7 Jam