Rendang Jengkol

Dipos pada February 11, 2022

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Jengkol diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 20 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dulu ga suka sama jengkol to gara" suami suka jengkol akhirnya belajar masakny ehh suami suka sekarang bulat aku juga suka...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 1 butir kelapa sdh diparut
  2. 1/2 kg Jengkol yang sudah direbus empuk
  3. Garam
  4. Merica
  5. Kaldu ayam
  6. secukupnya Air
  7. Daun salam
  8. Daun jeruk
  9. Serai, laos
  10. Gula jawa
  11. Bumbu halus
  12. 7 butir bawang merah (disesuaikan besar kecilny ya Bun)
  13. 5 butir bawang putih
  14. 2 ruas Kunyit
  15. 1 ruas Jahe
  16. 5 butir Kemiri
  17. 2 iris Laos
  18. Merica
  19. Cabai merah
  20. sesuai selera Cabai rawit

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Goreng bahan bumbu halus (masih utuhan blm di blender atau ulek) tambah kan 1,5 genggam kelapa parut
2
Kalau sudah digoreng lalu dihaluskan boleh di blender atau ulek
3
Lalu gongso bumbu halus tambahkan merica, daun salam, daun jeruk, serai gongso sampai wangi
4
Masukkan jengkol yg sudah di rebus, aduk" tambahkan garam, kaldu dan gula jawa
5
Lalu masukkan santan dari sisa parutan kelapa tadi
6
Didihkan sampai airny surut (pakai api kecil saja agar tidak gampang gosong dan bumbu meresap ke jengkol) jangan lupa aduk"
7
Kalau airny sudah surut (sedikit kental) koreksi rasa
8
Lalu hidangkan... Selamat mencoba semoga suka 🥰🥰

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kalio Rendang Ayam Kentang

Kalio Rendang Ayam Kentang

Masak cepat tapi tetep enak dan bikin nafsu makan meningkat☺☺setor #TiketGoldenBatikApron semoga lolos yaa tengkyuu

4orang
2jam
Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Rendang Daging Kacang Merah (Santan Instan)

Masih ada stok daging has sapi dan sisa kacang merah. Pengen bikin rendang tapi yang simpel aja, akhirnya pake santan instan aja biar ga capek peres santan. Bumbunya semua saya blender. Hasil tetap maksimal walaupun ga pake santan fresh dari kelapa parut asal masaknya harus sabar. Saya sukanya rendang basah yang masih ada sedikit kuah plus bumbu kentalnya (kayak diwarung Padang), dicampur nasi anget plus kerupuk aja udah nikmat banget 😀. Klo paksu seneng yang agak kering, jadi saya tinggal angetin aja sampe kering kuahnya karena memang makannya cuma berdua aja, jadi awet tuh rendang sampe kering 😂 . . #PekanPosbar #MakananKhasPadang #MasakanKhasPadang #JelajahKuliner #rendangpadang #rendang #Pais_NuAya #CookpadCommunity_Bandung #cocomba #authorsbandunghebring #ResepHadleny

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Assalamualaikum.wr.wb Hai bunda?Apa kabar? Ini postingan awal saya ya bunda saya ingin berbagi resep bunda Rendang daging sapi yang empuk dan enak bismillah Bun😀

keluarga kecil
360 menit
Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Masak Rendang Sapi 1,5 Jam

Supaya cepat sat airnya, pakai air santan secukupnya, setinggi jumlah bumbunya. Supaya bumbunya kental bervolume, pakai kelapa parut sangrai plus tumisan bumbu halusnya. Tetap pakai cara slow cooking disaat air santan sudah sat. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #GlutenFree

Rendang

Rendang

⏰2022.04.03⏰ Rendang adalah makanan khas Indonesia .. #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Ayam Lunak

Rendang Ayam Lunak

Bismillah.. Salam sehat semua.kali ini aku masak rendang bukan daging ya..tapi ayam ternyata nga kalah enak lho..aku bikin porsi bahan bumbu agak banyak kerna mau tambah telur klau kalian sesuai selera ya..bisa setengahnya dari bumbunya #PekanPosbar #SerbaWrap #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan

Rendang Padang

Rendang Padang

Ini endulss surendulss bgt 🤤🤤🤤🤤Rendang Padang resep @mamafarezell 🤗🙏 Rendang salah satu makanan terbaik didunia 2021 versi CNN looohh🥰 Rendang salah satu masakan favorit keluarga kami🙏😍 Rendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu (wikipedia) #CookpadCommunity_Bogor #MasakanKhasSumateraBarat

Sate Rendang Bocil❤

Sate Rendang Bocil❤

Kisah ini adalah pengalaman pribadi,yg aku bagikan diajang Worldwide Egg Contest ini, dengan harapan dapat membantu para orang tua atau para ibu khususnya yg memiliki Bocil atau bocah kecil. Anak anak kadang banyak keinginannya tapi sulit menghabiskan makanannya dengan berbagai alasan,apalagi makanan tradisional.Kadang dianggap kurang hits,mungkin krn bukan makanan yg viral🙂 Untuk memacu anak makan makanan yg bergizi dengan enjoy, penuh antusias kita perlu meramunya agar menjadi sesuatu yg tampil menarik... Mungkin kalian bisa mencoba caraku ini,agar anak2 makan menu dari bahan dasar yg sama,dengan sedikit kreativitas akan menghasilkan tampilan berbeda& menggugah anak 😍 #ResepTelurkuMendunia #CookpadCommunity #KreasiMasakanTradisional #MenuMenggugahAnak #KeepSafe&StayHealthy

Rendang Ayam Bumbu Racik

Rendang Ayam Bumbu Racik

Hampir setiap hari harus ada masakan ayam, agar tidak bosan kali ini saya membuat Rendang Ayam dg paduan bumbu siap saji dr "Racik", merupakan produck baru Th 2021. Biar tidak penasaran, langsung saya coba. Ternyata praktis dan rasanya eunak juga..jd recommended untuk ibu2 yg hrs memasak cepat. Tidak perlu lagi bingung, cukup membeli bumbu Racik siap pakai dan simpan sebagai stock. 30 menit Rendang Ayam siap dinikmati. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #OlahanAyam

Relatif
30 menit
Rendang daging

Rendang daging

Bismillah... Latepost lagi Lebaran udah lewat.. rendangpun udah bolak balik aja dipanas2in. Dan pastinya makin lama makin enaakk.. Ummhhh. Siapa yang sudah bosen sama rendang? Aku dong nggak pernah merasa bosen, dari mulai rendang masih berbentuk kalio sampai berbentuk rendang itam, setia aku tu makannya ❤❤❤ Rendang ini tahan lama disimpan di freezer, jadi awal2 puasa bahkan kadang sebelum puasa sudah mulai bikin, sekalian banyak, soalnya biasanya menjelang lebaran sudah sibuk bikin yang lain2.. dan juga bisa jadi lauk alternatif kepepet saat bangun sahur kesiangan. Tips : • Pilih daging bagian has dalam supaya tidak keras. Dan didihkan santan beserta bumbu terlebih dahulu sebelum daging masuk. Tapi jika bukan pakai daging yang bagus/bukan has dalam, daging bisa dimasukkan langsung. • Bumbu tidak perlu ditumis terlebih dahulu, karena pada prosesnya nanti rendang akan mengeluarkan minyak jika menggunakan santan kental yang banyak. • Masak dengan api kecil dan aduk pelan2 terus menerus santan sampai mendidih dan menyusut agar tidak pecah santan. • Setelah daging masuk dan santan mendidih serta menyusut, rendang bisa ditinggal2 sambil sesekali diaduk (bila pakai wajan yang anti lengket) supaya tidak gosong bawahnya. (Gambar dibawah saya masak untuk 2 kg daging) #PejuangGoldenApron3

20-25 potong
3 jam
Rendang

Rendang

10 orang
1.5 jam
Rendang kentang telur

Rendang kentang telur

#PejuangGoldenBatikApron #minggu_1

Rendang Jamur Tiram

Rendang Jamur Tiram

punya stock jamur tiram di kulkas, awalnya pengen buat vegan patty burger pake jamur tiram mix tempe, tapi ternyata moodnya hilang seketika wkwkw udh beli tepung bumbu juga, pindah alih ke jamur crispy, eh tp moodnya ilang lagi ahaha lalu iseng scroll2 cookpad, eh nemu resepnya mbak fitsas @fitrisasmaya . lgsg kya kehipno gt, ekseskusi malem2 wkwk #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang padang pedas

Rendang padang pedas

#cookpadcomuninty_bogor #genkpejuangdapur #cookmembergenkpeda_kaianiandera #genkpeda_eksis

Rendang Kikil

Rendang Kikil

Hari ini masak kikil di rendang karna permintaan dari suami. Entah kenapa dia suka banget makan kikil 😂😂😂 untung dirumah masih ada persediaan kentang juga jadi lengkaplah rendang kikil sederhana nya 😍😍😍 Dikarenakan hari ini mau pergi ke bogor jadi masak nya di olah pakai bumbu giling instan aja yang di jual di pasar 😁😁😁 Rasanya hhhmmm yummy 🤤🤤🤤 #Cookpad #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Resep asli milik mba Endang JTT. Saya pakai daging iga yg ada sedikit lemak agar hasil akhir daging rendangnya tetap lembut dan tidak keras.

3 jam
Rendang Daging Sapi Padang

Rendang Daging Sapi Padang

Salah satu makanan favorit kalo ke RM padang ya rendang, meski jarang banget nemu rendang empuk.. Jujur ini pertama kalinya bikin rendang dengan bumbu khas asli padang, tapi untuk rasa disesuaikan dengan lidah sundaku yang lebih condong suka manis 😅 Hasil tanya2 ke temen yg asli padang ternyata cukup ribet juga ya bikin rendang 😅😅 Yowes bikin banyak sekalian biar sebagian bisa di simpen di frezer buat stok lauk kalo malas masak 🤣🤣 Dan ternyata hasil bersusah payah cukup memuaskan karena rendangnya dipuji paksu katanya rendangnya koq lebih enak dibanding RM padang langganan kita 🥰🥰

40 Potong
4 Jam
Rendang sapi dan baby potato

Rendang sapi dan baby potato

Resep ny simpel dan cocok buat anak kos yang kangen masakan mak

2 porsi
30 menit