Rendang kerang kacang merah

Dipos pada February 11, 2022

Rendang kerang kacang merah

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang kerang kacang merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang kerang kacang merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang kerang kacang merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang kerang kacang merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang kerang kacang merah adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang kerang kacang merah diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang kerang kacang merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang kerang kacang merah memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Paduan rendang kerang dan kacang merah memiliki cita rasa yang khas apalagi disantap dengan nasi hangat.Kacang merah sangat baik bagi kesehatan tubuh kita seperti mencegah penuaaan dini,baik untuk kesehatan jantung,mencegah kanker dan melancarkan pencernaan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang kerang kacang merah:

  1. 500 gr kerang kupas segar
  2. 150 gr kacang merah (rendam terlebih dahulu kuarang lebih 3 jam)
  3. 400 ml santan segar murni
  4. 200 ml air
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 2 lembar daun salam
  7. 2 batang serai (1 btg dikeprak dan 1 btg dihaluskan)
  8. 2 biji bunga lawang,1 potong kulit manis uk 2 cm
  9. Bumbu halus
  10. 100 gr cabe merah
  11. 50 gr bawang merah
  12. 5 siung bawang putih
  13. secukupnya jahe dan lengkuas
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 1/2 sdt kunyit bubuk
  16. 1/2 sdt jinten
  17. 1 1/2 sdt garam,1/2 sdt gula merah
  18. 1/2 sdt penyedap rasa (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang kerang kacang merah

1
Rebus kacang merah yang sudah direndam selama 15 menit sampai empuk.Haluskan cabe,bawang mearah,bawang putih,jahe,lengkuas,serai,ketumbar
Rendang kerang kacang merah - Step 1
Rendang kerang kacang merah - Step 1
Rendang kerang kacang merah - Step 1
2
Panaskan wajan,tuang 1/2 dari santan kental murni sebagai minyak untuk menumis,masukkan bumbu halus,daun salam,daun jeruk,serai keprak,bunga lawang dan kulit manis aduk sampai merata.Masukkan garam tumis sampai harum dan berminyak
Rendang kerang kacang merah - Step 2
3
Angkat dan tiriskan kacang merah yang sudah direbus.Masukkan kacang dan dan kerang kedalam tumisan bumbu,tambahkan air 200 ml aduk dan biarkan kurang lebih dari 10 menit dan kemudian masukkan sisa santan kenta masukkan penyedap dan gula merah.Aduk sampai kering.
Rendang kerang kacang merah - Step 3
Rendang kerang kacang merah - Step 3
Rendang kerang kacang merah - Step 3
4
Setelah rendang kerang kacang merahnya masak tata diatas piring dan sajikan.
Rendang kerang kacang merah - Step 4
5
Selamat mencoba moms

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Baru dqpat dari qurban kemarin langsung eksekusi dong enak bangett iniii suami sampe namboh

2 orang
2 jam
Ayam suwir bumbu rendang

Ayam suwir bumbu rendang

Hay teman" kali ini kembali lagi aku reecook dari resep ibu aku untuk kalian semua🤗,dan ada tips untuk memasak agar ayam kalian tidak sepah saat akan d masak kembali ,yaitu rebus air nya dulu hingga mendidih dan baru masukkan ayamnya agar ayam masih tetap juice saat sudah matang. So.. langsung saja lihat resep aku dan jangan lupa untuk reecook kembali 🤭❤️

10 orang
1 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

#PejuangGoldenBatikApron

Rendang ekonomis

Rendang ekonomis

Pengen rendang tapi duit pas2an 😅

2-4orang
1jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Musim banget nih si jengkol. Seumur2 belum pernah nyoba masak jengkol dan ini kali pertama mencoba mengeksekusi si jengkol ini buat dimasak dengan bumbu rendang. Hasilnya tidak mengecewakan. Empuk dan aroma khas jengkolnya tidak terlalu menyengat. Yuukkk cekicuusss kita masak jengkol..👩‍🍳

10 orang
2 jam
Rendang Daun Singkong

Rendang Daun Singkong

Udah lama gak makan daun singkong. Lalaban favorit ku nii. Selain untuk lalaban, aku biasanya dimasak dengan ala-ala bumbu rendang. Rasanya endess pisaan!

3 orang
1 jam
Rendang Daging Khas Aceh

Rendang Daging Khas Aceh

Baru tau nih dari mami @desfita_rozzen kalo rendang tuh bukan cuma ada dipadang tapi jg ada di aceh... Pebedaannya dalam penggunaan rempah² rendang padang lebih banyak rempah²nya sedangkan rendang aceh menggunakan daun pandan dan bumbu sederhana, tapi rasanya tidak kalah enaknya dan ada khas bau wangi pandan... #iduladhawongkito #resepwongkito #wongkitogalo #kampungidaman #posbarIdaman #cookpadcommunity_palembang #cookpadcommunity_id #cookpad_id

5-6 orang
60 menit
Telor ceplok siram sambel rendang (no santan)

Telor ceplok siram sambel rendang (no santan)

lg pengen mkn telor ceplok siram sambel rendang tp yg praktis gt untng puny stok bumbu instan rendang tinggal tambah sambel.. mantepp mkn pake nasi anget krupuk..😋

4porsi
Rendang Basah Bumbu Jadi

Rendang Basah Bumbu Jadi

Saat Paksu pengen dimasakin rendang tapi badan kurang fit, bumbu rendang dari pasar adalah jalan ninjaku 😆 Karna suami ngga suka rendang yang kering, jadi bikinnya masih basah/bumbunya ngga kering. Kalau suka yang kering, monggo bisa dimasak lebih lama lagi.

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Banyak resep rendang .Masak itu sesuai selera. Ini resep rendang ala saya alhamdulillah coco di keluarga. Pedasnya juga masih aman untuk anak kecil.Anak saya yang baru genap 6thn kemarin saja doyan dan bilang enak.

3 jam
Rendang daging (santan instan)

Rendang daging (santan instan)

Menu sahur yang praktis dan tahan lama. Masak rendang butuh kesabaran dan tenaga extra, karena mesti terus diaduk sampai minyaknya keluar. Yang paling penting dalam memasak rendang, santan yang dipakai harus santan murni, tanpa campuran air (tips dari teman yang asli sawahlunto). Makanya saya pakai santan instan yg kandungan airnya sedikit.

10 orang
2 jam 30 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

Masi ada stock daging kurban, Di rendang aja kali yaa 🤤 Udah lama ga ngerendang

Rendang

Rendang

Assalamualaikum.. Yuuuk nyapa rendang lebih awal. Biar semakin semangat menuju lebar-an. Iyaa, badannya melebar. Hehehe. Gak tau sudah berapa kali bikin rendang. Rasanya emang gak pernah bosen. Pantes aja sampe jadi warisan dunia.

3 orang
60 menit
65. Rendang Padang

65. Rendang Padang

Dapet resep dari mommy ani..

5 orang
Rendang Ayam Frozen

Rendang Ayam Frozen

Bismillah.... Assalamu'alaikum.... Marhaban yaa romadhon..... Alhmdulillah tahun ni bisa bertemu lagi dengan bulan suci romadhon...bulan yang penuh keberkahan... .yug slesaikan misi berikutnya.... #ramadanCamp_misi4 dengan clue "simpan aku difreezer,,panaskan lalu hidangkan"... Rendang adalah favorite swamy...nah kali ini Q buat versi frozen...karna proses dan bahanya yg lumayan agak ribet... Jadi yar lbih simple bisa disimpan difreezer.....🥰🙏 1 kg Ayam Rp. 35.000 2 butir Kelapa Rp. 15.000 Total bahan Rp.50.000 Utility =50%x50.000= 25.000 Sub total = 50.000+ 25.000= 75.000 Profit 50%=50%×75.000=37.500 Harga jual minimum = 75.000+37.500=112.500 Saya bagi menjadi 4 kemasan Jadi harga/ kemasan= 112.500:4=28.125 Bisa dibulatkan menjadi Rp.28.500 Source : @desmawatikuretangin Tarimo kasih uni desma🙏🙏😘 #semangcookHokyaHokye #cookpadCommunity_srmarang #pejuangGoldenBAtikApron #semangcook_frozen #ramadhanCamp_misi4

Rendang Sapi - MPASI 10+

Rendang Sapi - MPASI 10+

1 porsi
30 menit
Rendang daging bumbu instan

Rendang daging bumbu instan

Source : Giacinta Permana #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunityBalikpapan #AudisiDutaRecook #GriyaSquad