Rendang ayam

Dipos pada February 11, 2022

Rendang ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang ayam adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang ayam diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang ayam memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hai Moms mau Share dikit menu rendang rumahan yg pastinya gampang dan simpel. Biasanya rendang terbuat dari daging sapi berhubung tidak bisa makan yg berbau daging sapi jadi buatlah rendang dari daging ayam. Yuk kita mulai buatnya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang ayam:

  1. 500 gr dada ayam (potong sesuai selera)
  2. 2 buah Sereh yg sdh di geprek
  3. 5 lembar daun salam
  4. 3 lembar daun jeruk
  5. 1 ruas jahe
  6. 1 ruas kunyit
  7. 1 ruas lengkuas
  8. 1/2 potong pala
  9. 10 siung bawang merah
  10. 5 siung bawang putih
  11. Cabe keriting secukupnya aku pakenya kurleb 100 gr
  12. 2 buah cabe merah besar
  13. Cabe kecil secukupnya aku pake 50 gr
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 1/2 sdt garam
  16. 120 ml santan
  17. 1/2 sdt kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Rendang ayam

1
Pertama kita buat bumbu halus dlu dengan mencampur bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, ketumbar, pala, cabe keriting, cabe merah dan cabe kecil. Moms bisa menggunakan blender agar lebih mudah. Setelah bumbu halus sisihkan dlu
2
Next kita tumis bumbu halus terlebih dahulu hingga matang. Masukan daun jeruk, Sereh dan daun salam masak hingga bumbu berwarna agak kecoklatan. Lalu tuangkan ayam yg telah dipotong sesuai selera tumis hingga bumbu tercampur rata.
3
Step berikutnya tuangkan santan, kemudian aduk tambahkan garam dan kaldu jamur aduk diamkan kurleb selama 1 jam hingga santan mengental
4
Namun selama proses ini jangan lupa sesekali diaduk ya moms. Setelah kurleb 1 jam santan akan menyusut dan akan terlihat seperti ini.
Rendang ayam - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Source: @mamaAzkakitchen #MasakItuSaya #TidakSekedarMemasak

Ayam Rendang

Ayam Rendang

Ini resep ayam rendang yg simpel dari mama ku ❀️

2 orang (makan siang dan malam)
Bubur Randang khas kalsel

Bubur Randang khas kalsel

Resep ini udah 1 minggu lalu di draf aku, karna aku malas nulis dna jarang punya kouta jadi baru ke share deh πŸ€— Entah kenapa kepengen bubur randang, dan sudah lama banget aku gak makan bubur randang. Jadi nunggu hari minggu aja bikinnya karna kalo hari biasa bubur randang yang mentah malah agak mahal kalo hari minggu murah jadi bisa bikin banyak dan di hari minggu juga aku gak punya kegiatan apa-apa. Selama nunggu hari minggu aku sampai kebawa mimpi bikin bubur randang itu artinya sangkin pengeng banget makan bubur randang 🀣🀣 Bubur randang ini khas kalsel dari olahan sagu, dulu jaman aku sd banyak orang jualan bubur randang ini di warung maupun berjaja, enaknya makan bubur randang ini siang hari apalagi saat hari panas wow nikmat banget 😍

10 porsi
45menit
Rendang daging sapi khas padang

Rendang daging sapi khas padang

Berawal dari gk terlalu doyan daging sapi+kambing dari kecil tapi kali ini entah lumayan doyan karna dimasak sendiri dan pngen yg kaya di warung padang enak alhamdulillah lumayan nih dpat resep nya dari @sabiyakitchen

3 jam
202. Rendang Sengkel

202. Rendang Sengkel

#PejuangGoldenApron3 Rendang menu yang bikin nambah nasi. Seluruh keluarga suka....tapi kalau lihat step asli rendang padang, waah...lamaa pengen tinggal makan aja...😊 Keluarga dirumah suka daging bagian sengkel, ya jarang ada rendang sengkel. Jadi saya coba masak... Senangnya kalau semua suka, kog bisa empuk, berapa jam nih ?? He he he...yuuuk...simak rahasianya.

128. Rendang Daging Sapi

128. Rendang Daging Sapi

Siapa yg msh ada stock daging kurban? Aku 😁 Udh lama jg ga bikin rendang, tp ga pake santan ya jd agak pucat 🀭 #MasakanKhasSumateraBarat #CookpadCommunity_Depok

Rendang Sapi - MPASI 10+

Rendang Sapi - MPASI 10+

1 porsi
30 menit
Martabak Indomie Rendang

Martabak Indomie Rendang

Buat yg simple aja untuk cemilan #PejuangGoldenApron3 #Mingguke46

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Assalamualaikum moms.....lg musim jengkol aduh senengnya 😁. Saat belanja di warung kok banyak jengkol ya, jd keinget masa² kecil dg kakak yg jg demen bgt ma jengkol. Sebelum jengkol dibumbui ibuk, kita dpt tugas rebus jengkol dan memipihkan. Kl dl kita bekerja sama dlm memasak jengkol dr masih mentah sampai siap disantap. Kl sekarang tahap perebusan di skip, krn sdh banyak yg jual dah direbus, horee.....mengurangi proses. Makanan ini sekilas mirip "gayam" texture nya jd sama, cuma rasanya beda. Dan mrk sama² makanan favorit. Ok moms, ini resepnya. #MasakanUntukIbu

216. Nasi goreng rendang

216. Nasi goreng rendang

Menjawab ajakan mamah CP utk daur ulang masakan yang tersisa, mamak pilih memanfaatkan nasi dingin sisa semalam dan stok rendang yg tinggal 5 potong. Osreng2 sebentar daaaannn...traraaaa, nasi goreng rendang siap disajikan. #DiBuangSayang #PosbarIdaman #CookpadCommunity_ Jakarta

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Memanfaatkan sisa daging rendang di kulkas yang bosen dimakan sama nasi putihπŸ˜†

2 porsi
Rendang Padang

Rendang Padang

Resepnya sedikit saya modifikasi ,saya tambahkan bumbu bubuk rempah. Rendang yang saya buat versi tidak pedas. Jadi anak-anak bisa ikut makan. #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung #Pais_NuBeku #IdeMasak Source: @muchliyanty

4-5 orang
5 jam
Ikan Kembung banjar bakar bumbu rendang

Ikan Kembung banjar bakar bumbu rendang

jadi suami aku suka banget sama ikan bakar terlebih kembung banjar,di bumbu rendang ya karena suami keturunan minang :) boleh di coba bun

2 porsi
45 menit
Telor Dadar Rendang (3 bahan)

Telor Dadar Rendang (3 bahan)

Kadang Paksu suka lapar tengah malam Jadi punya ide buat lauk yang mudah tapi gak monoton Ada sisa daging rendang, dipanasin mulu jadi bosen Sesekali dadar telurnya dibikin rasa rendang Dicocol pake saos sambal, mayonaise, atau ditambahin irisan cabe rawit makin uenak...πŸ˜„

56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

56. Rendang Sapi (masak ala khas Jawa)

Kali ini aqu bikin rendang sapi namun khas Jawa . Knpa khas Jawa ? Karena aqu tambahin gula merah , soalnya pernah makan masakan kawan rasa nya agak manis . . Next time aqu masak yg pure rendang citarasa khas Minang deh yahh πŸ™πŸ™ Walaupun asal daerah nya dari Padang , Sumbar . Dan menurut nya ini Rendang khas Jawa yang pada dasarnya rendang itu kaya akan cita rasa rempah nya .. Makanya jadi favorit seluruh masyarakat Indonesia bahkan di mancanegara pun sudah terkenal yahh kannn ... Setuju ?? #MasakRendang #RendangKhasJawa #CookpadCommunity_Padang #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity_Jakut

25 potong
65 menit
Rendang ala Padang

Rendang ala Padang

Seru nya ikutan kelas obat herbal dari dapur sendiri yg materinya di sampaikan oleh mbk Dwi Kurnia , jadi lebih tau banyak tentang Obat herbal alami dari bahan bahan yg ada di sekitar kita . Tanaman herbal / tanaman toga yg bisa kita tanam di pekarangan sendiri seperti kunyit, kencur , lengkuas , jahe , kapulaga , sereh , Temu kunci dan masih banyak lagi . Selain bisa kita manfaatkan sebagai minuman herbal tetapi bisa kita gunakan juga sebagai bumbu masak . Jadi bener bener ngga rugi kalau kita menanam toga di pekarangan rumah . Karena sy dari kelompok kunyit , sy bikin Rendang Padang yg salah satu bahannya ada kunyit dan bahan bahan herbal lainnya buat setoran tugas kelas obat herbal ini . Resep Rendang ini atas inspirasi resep teman Cookpad yaitu mbk @Nenk Asih . Terimakasih mbk atas resepnya , beneran rendangnya mantaaap rasanya . Memang sy buat rendangnya ngga terlalu kering supaya kuahnya bisa di campur sama nasi jadi lebih mantap enaknya 🀭🀭. Link resep asli nya : https://cookpad.com/id/resep/4485289-rendang-daging-padang-asli?invite_token=QHttLZyc7LciohGuEZQMEGBS&shared_at=1618328788 #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenApron3 #Rakit_HerbalDariDapur

6 potong
Rendang daging

Rendang daging

First time bgt bikin rendang daging bund dan hasilnya memuaskan bisa di makan buat anak 2+ bund.. dagingnya lembut banget soalnya πŸ₯°πŸ₯°

4 org
4 jam