Rendang Jengkol

Dipos pada February 11, 2022

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Jengkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Jengkol diperkirakan sekitar 1 jam 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu menu favorit saya penambah nafsu makan πŸ˜€ #AkuMemasakSesuatuUntukmu #RendangJengkol

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 1/2 kg jengkol
  2. 200 ml santan
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 2 lembar daun salam
  5. 80 gram lengkuas
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. Bahan Bumbu Halus
  8. 10 buah cabai merah kriting
  9. 6 siung bawang merah
  10. 2 siung bawang putih
  11. 3 butir kemiri
  12. 1/2 ibu jari kunyit
  13. 1/2 sendok makan ketumbar
  14. 1/2 sendok teh merica

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Siapkan jengkol, cuci bersih kemudian rebus, setelah empuk angkat bilas dengan air dan pukul pukul jengkol pakai batu ulekan agar sedikit pipih.
Rendang Jengkol - Step 1
2
Kemudian siapkan bahan bumbu halus, lalu blender sampai halus, kemudian tumis bumbu halus sampai harum dan masukan lengkuas, daun jeruk dan daun salam, aduk rata.
Rendang Jengkol - Step 2
Rendang Jengkol - Step 2
3
Kemudian setelah bumbu harum masukan jengkol, tambah kan sedikit air dan masukan santan, tambahkan garam, masak sampai kuah mengental dan bumbu meresap. Setelah bumbu meresap dan sedikit mengering matikan api, angkat dan taruh rendang jengkol dalam wadah lalu sajikan.
Rendang Jengkol - Step 3
Rendang Jengkol - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Bismillahirrahmanirrahim...... #DibuangSayang Sering kali kalau kita masak rendang, saat dagingnya sudah habis, bumbunya masih ada tertinggal..... Kalau sudah begitu, jangan langsung di buang ya Bun, sisa bumbu rendang tersebut masih bisa kita olah loh, seperti resep saya ini. Ceritanya kemaren bikin ayam kalio, sudah di panasin berkali-kali dan bumbunya sudah berubah menjadi rendang. Ayamnya sudah habis di makan, tapi bumbunya masih sisa lumayan, cukup buat di olah menjadi nasi goreng bumbu rendang. Maka jadilah hari ini kiddos dan hubby sarapan nasi goreng rendang yang yummy.....😁 Yuuuk intip resepnya πŸ’• . . . . . . #MasakanBundaPashalenko #NasiGorengRendang #DibuangSayang #MasakItuSaya #DirumahAja #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Rendang Jengkol enak dan empuk

Rendang Jengkol enak dan empuk

Critanya kmarin bingung mau msak apa..cz cuzz tkang sayur liat jengkol tua2 bgt... Niatnya mo dipedesin tp bosen jengkol di gtu2in trus..cz ada ide dbuat rendang ajh pa suami suka...dan ini masakan ke dua...pa suami mnta dibuatkan lg ..

5orang
1jam 30 menit
Rendang Daging Telur Praktis

Rendang Daging Telur Praktis

Bingung masak apa, liat di supermarket ada bumbu racik indofood rendang. Langsung cuss bikin ya. Simple dan enak menurut. Bagi yg mau masak yg simpel bisa pake bumbu ini ya hihihi😍😍

Bubur randang

Bubur randang

Rasanya mengingatkan kenangan dengan nenek 😍 #Cookpadcommunity #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Samarinda #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbar_MasakSesuaiBudget #MeolahCaruan_SesuaiBudget #KulaEtamCoCoK #Rennym_Bubur #Week52

Rendang Daging Bumbu Instan

Rendang Daging Bumbu Instan

Mau buat rendang tapi ga mau ribet, jadinya cari yang paraktis-praktis aja deh seperti resepnya mba Giacinta Permana. Bikin yang gak pedes biar anakku yang besar bisa makan juga. # PejuangGoldenApron3 Selasa, 15 Desember 2020 Week 29

Rendang Telur

Rendang Telur

Masak rendang tapi mau cepet, pilihannya ganti daging sapinya dengan telur. Karena merebus telur jauh lebih singkat dibanding rebus daging hingga empuk Bumbu rendangnya juga ala kadarnya. Mustinya hasil akhir maunya santannya ga pecah gini ya.. berhubung ketika santan udah masuk ke masakan eh diajakin main sama anak dan ga bisa ditolak, ya apa boleh dikata jadi didiemin gitu aja deh masakannya sampe airnya menyusut dan keluar minyak dari santannya Gapapa yang penting rasanya tetap rendang πŸ˜‚ Disini skip daun kunyit karena pohon kunyitnya habis dimakan tikus πŸ˜‚πŸ˜‚ jadi ga punya stok daun kunyit deh. Yaa seperti saya bilang di atas, bumbu rendangnya ala kadarnya 🀣 #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bekasi #DirumahAjaMasakMasak

45 menit
Rendang Sapi

Rendang Sapi

Makanan penggugah seleranya pak suami alias makanan kesukaannya. Kalau makan sama rendang bisa nambah yuk di buat.

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Niatnya buat GOLDEN BATIK APRON, tapi malah kebangun jam segini😭😭😭😭 masa sih gugur terlalu dini😭😭😭😭 #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadCommunity_Sumut #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Rendang Kambing Bumbu Indofood

Berhubung ada sisa daging kambing qurban kemarin, dan Juga serundeng, sekalian aja ya dibikin rendang 🀭, beli yg bumbu instan saja, dan bahan-bahannya menyesuaikan apa yg ada di dapur πŸ€­πŸ˜„ Recook resep mbak Maria Anna

Rendang jengkol bumbu simpel ga pake ribet

Rendang jengkol bumbu simpel ga pake ribet

- Supaya jengkol tidak bau menyengat , rebus jengkol dengan daun salam dan daun jeruk yang banyak . - Rebus jengkol dengan teknik rebus , 5-30-7 Rebus 5 menit, matikan api dengan tutup panci tertutup selama 30 menit , lalu rebus lagi 7 menit . - Masak rendang jengkol dengan sedikit daging sapi , supaya bumbunya gurih . - Gunakan santan segar supaya rendang terasa manis gurih dari santannya Selamat mencoba😍

Nangka ayam bumbu rendang simpel

Nangka ayam bumbu rendang simpel

Kadang kala males masak jadi ak gabung antara nangka dan ayam pejantan#MasakSekeluarga

8 orang
2jam
Rendang Telur Krispi Khas Padang

Rendang Telur Krispi Khas Padang

Purwakarta, 27 November 2020 Rendang Padang adalah masakan Indonesia yang sudah terkenal di manca negara karena merupakan salah satu makanan terlezat didunia. Pernah dengar rendang telur krispi? Saya salah satu penikmat kuliner ini, jujur dulu sempat heran pas pertama kali makan, ini rendang tekur, mana telurnya? Terus dijelasin sama yang jualan kalo ini emang telur diolah seperti keripik dulu🀭. Rendang telur Krispi ini ( Randang Talua) adalah masakan yang berasal dari Payakumbuh ,Sumatera Barat. Saya sering beli di toko oleh2 khas Padang atau di Online Shop. Kemarin saya coba #JelajahResep di #CookpadIndonesia dan nemu resep Uni Desmawati Kuretangin, ahaaaa langsung saya cookmark. Resep ini sedikit saya modifikasi dan sesuaikanπŸ™βš˜. Silahkan di kepoin. Source : Desmawati Kuretaangin #ResepTelurkuMendunia #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #BandungSilihAsaan_DiEndogan #CookpadCommunity_Bandung #AuthorBandungHebring #MDKitchen #CookpadCommunity_Purwakarta #RendangTelur #RandangTalua

202. Rendang Sengkel

202. Rendang Sengkel

#PejuangGoldenApron3 Rendang menu yang bikin nambah nasi. Seluruh keluarga suka....tapi kalau lihat step asli rendang padang, waah...lamaa pengen tinggal makan aja...😊 Keluarga dirumah suka daging bagian sengkel, ya jarang ada rendang sengkel. Jadi saya coba masak... Senangnya kalau semua suka, kog bisa empuk, berapa jam nih ?? He he he...yuuuk...simak rahasianya.

#111 Simply Rendang

#111 Simply Rendang

Males bikin masakan yang ribet, makanya rendang pun masak yang gak pake lama.. Selalu jadi makanan favorit temen2 buleku di Monterey, side dishnya nasi kuning mejikom.. hahaha yuk masak #gakpakeribet #posbarprotein #temannyanasihangat

Rendang Rempelo Ati

Rendang Rempelo Ati

Adik ipar kan orang Lampung, pernah suatu waktu dia masak rendang daging dan bumbu rempahnya wangi banget. Pas aku tanya, ternyata ada bumbu bubuk yg jadi andalannya yg biasa dipake di kampung halamannya (mungkin ada juga yg jual online, cuman aku gak search). Pas aku dikasih bumbu plus resepnya, aku simpan aja di cookpad biar jadi pengingat aku pas kelupaan..hehehe. Kalau masak rendang bisa pakai bumbu instan terus ditambahin bumbu ZAACC ini, atau racikan bumbu halus dibawah ini plus bumbu ZAACC. Untuk takaran bisa menyesuaikan ya. Oya..bumbu ZAACC ini rahasia rendang bikinan adik ipar, yg wangi rempahnya aduhai 🀀 #CookpadCommunity_Surabaya #SrikandiGA3 #GenkPejuangDapur

Rendang telur

Rendang telur

Bikin rendang kali ini yg di bikin rendang telur ayam

1 jam
Ayam Rendang

Ayam Rendang

Pertama kali masak ini buat nasi kotak untuk hampers lebaran, karena kurang yakin untuk mengolah daging sapi maka digantilah dengan ayam. Sekarang masak lagi buat orang rumah

8-10 orang