Rendang Ayam

Dipos pada February 11, 2022

Rendang Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Ayam adalah 6 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Ayam diperkirakan sekitar +/- 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam memakai 27 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini requestnya paksu minta dibuatin rendang tp pake ayam aja ☺

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam:

  1. 1/2 ekor ayam potong 6 (ayam agak besar)
  2. 4 buah daun jeruk
  3. 2 buah daun salam
  4. 1 buah bunga pekak
  5. 65 ml santan (saya : santan sasa)
  6. 1 1/2 sdt garam atau sesuai selera
  7. 1 sdt penyedap atau sesuai selera (saya : magic lezat)
  8. 1 sdt gula pasir atau sesuai selera
  9. 100 ml air
  10. 4 sdm minyak goreng untuk menumis
  11. Bumbu Halus
  12. 3 buah cabe merah besar
  13. 6 buah cabe merah keriting
  14. 2 buah cabe rawit merah jablay
  15. 7 siung bawang merah
  16. 5 siung bawang putih
  17. 2 cm jahe
  18. 2 cm lengkuas
  19. Seruas jari kunyit
  20. 3 buah cengkeh
  21. 1/2 ruas jari kayu manis
  22. 1/2 sdt jinten
  23. 1 sdt lada bubuk
  24. 1 sdt ketumbar bubuk
  25. 1/4 sdt pala
  26. 1 bulatan kemiri
  27. 1 batang serai ambil bagian putihnya

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam

1
Tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan daun salam, daun jeruk dan bunga pekak.
2
Setelah bumbu setengah matang masukkan ayam dan air, masak sampai air agak surut lalu masukkan santan, garam, gula pasir dan penyedap
3
Masak sampai bumbu surut menjadi berminyak (tanda rendang sudah matang)
4
Nb. Api kompor jangan terlalu besar nanti bumbu cepat gosong

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Ayam Frozen

Rendang Ayam Frozen

Bismillah.... Assalamu'alaikum.... Marhaban yaa romadhon..... Alhmdulillah tahun ni bisa bertemu lagi dengan bulan suci romadhon...bulan yang penuh keberkahan... .yug slesaikan misi berikutnya.... #ramadanCamp_misi4 dengan clue "simpan aku difreezer,,panaskan lalu hidangkan"... Rendang adalah favorite swamy...nah kali ini Q buat versi frozen...karna proses dan bahanya yg lumayan agak ribet... Jadi yar lbih simple bisa disimpan difreezer.....🥰🙏 1 kg Ayam Rp. 35.000 2 butir Kelapa Rp. 15.000 Total bahan Rp.50.000 Utility =50%x50.000= 25.000 Sub total = 50.000+ 25.000= 75.000 Profit 50%=50%×75.000=37.500 Harga jual minimum = 75.000+37.500=112.500 Saya bagi menjadi 4 kemasan Jadi harga/ kemasan= 112.500:4=28.125 Bisa dibulatkan menjadi Rp.28.500 Source : @desmawatikuretangin Tarimo kasih uni desma🙏🙏😘 #semangcookHokyaHokye #cookpadCommunity_srmarang #pejuangGoldenBAtikApron #semangcook_frozen #ramadhanCamp_misi4

Ikan bawal bumbu rendang simple

Ikan bawal bumbu rendang simple

Masih dengan sumber protein yg satu ini nih... Ikan.. jujur deh.. awalnya hanya coba coba di variasi dengan bumbu rendang.. eh ternyata... Cocok di lidah anak dan hubby...😄 . Cukup mudah, simple dan hemat waktu memasaknya. Dan..jadilah resep dadakan ini melengkapi minggu ini. #PejuangGoldenBatikApron

4-5 orang
314. Rendang tulang ayam bumbu indofood

314. Rendang tulang ayam bumbu indofood

menu tanggal tua kala itu.. kalo full pake daging ayam, jd kurang seninya ga ada yg disesepin.. klo full daging sapi lama prosesnya, tapi udh ada sih dipostingan2 sebelumnya... kuy lah markisak___mari kita masakkk

2 orang
30-45menit
Rendang daging simple

Rendang daging simple

Bikinnya sehari untuk santai sebulan, clue nya bawang-bawangan. Ada bumbu dasar, ada kaldu bubuk. Kayaknya rendang ..bumbu dasar merah, bumbu dasar putih, kaldu bubuk, dan bisa disimpan untuk satu bulan, malah bisa lebih...😀#RamadanCamp_Misi3 Simpan dalam wadah tertutup, dibagi-bagi jumlahnya sesuai kebutuhan, ini untuk memudahkan dalam memanaskan dan menyajikan sesuai kebutuhan. Membuat rendang sekarang tidak sulit, semua bahan sudah tersedia di pasar, tinggal cemplung-cemplung saja..yang dibutuhkan kesabaran untuk selalu mengaduk rendang supaya tidak gosong dan matang nya merata. Bahan-bahan nya santan murni sudah tersedia di pasar, santan murni adalah santan perasan pertama yang tidak ditambahkan air, lalu bumbu-bumbu nya beli di abang jualan bumbu, untuk 1 kg daging sudah ada takarannya. Bawang putih, bawang merah, cabe giling, laos, jahe, ketumbar, merica dan rempah daun-daun lainnya seperti daun kunyit, daun salam, daun jeruk , serai. Dalam memasak rendang tidak sekali jadi ya bun, kalau sudah jadi kalio arti nya rendang sudah bisa dimakan, istirahat dulu, dilanjutkan memasak dengan penuh kesabaran, api kecil dan diaduk pelan supaya bumbu tidak lengket di dasar wajan. Dicoba deh bun , akan berasa puas banget kalau kita bisa menaklukkan rendang ini. Keluarga tentunya sangat senang kalau bunda sudah bisa mengolah rendang. Lamak bana! Selamat mencoba! #PejuangGoldenBatikApron #Pekanposbar #RamadanCamp_Misi3 #cookpadcommunity_jakarta #rendangpadang Sumatera Barat

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Makan nasgor enak dg rasa beda dg bumbu rendang sisa olahan kapan hari..cus berkreasi.. #cookpadcommunity_surabaya

Rendang Padang

Rendang Padang

Resep dari ci @devinahermawan, mantap jiiwaaa 😍 Sy buat versi pedas 😁

2 org
1jam 30menit
Rendang Daging Sapi Sederhana

Rendang Daging Sapi Sederhana

Punya banyak stock daging kurban, tp bosan masak sambal dan gulai, akhirnya coba2 masak Rendang. Cuma karena bingung sama bahan bahannya akhirnya buat yang sederhana aja...this is it !!!!

5 orang
2 Jam
Risol isi rendang sapi

Risol isi rendang sapi

Punya rendang sampai bosen makan pakai nasi. Kabetulan ada acar dirumah....disatuin aja buat isi risol.

15 biji
1 jam
Rendang Sapi resep Mama #Week29

Rendang Sapi resep Mama #Week29

Rendang adalah salah 1 makan Fav org2 Indonesia bahkan org Luar.. Zaman Kuliah selalu minta kirimkan Rendang bikinan mama... Sekarang Aku terharu dan bangga sama diri sendiri karna bisa bikin makanan yg banyak disukai sama org2, walaupun rasanya masih belum sempurna seperti bikinan Mama. Dan makanan inii bener2 aku persembahin untuk Mama.. Dulu waktu masih merantau selalu dapat kiriman rendang dari Mama, dekarang gantian aku yg masakin rendang buat Mama.. #MasakanUntukIbu #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadID #ByV #ByV_Des2020

Rendang Ayam Serundeng

Rendang Ayam Serundeng

Ada serundeng sisa sedikit, trus ayam bingung mau dimasak apa. Dan kepikiran lah emak tuk bikin rendang ayam serundeng ini. Dan alhamdulillah pada doyan. Bumbu pun saya buat simpel ajah, pake bumbu rempah yang beli di babang tukang bumbu #cookpadcommunity_depok #rekreasi_depok

5-7 orang
45 menit
Rendang Simple untuk Pemula

Rendang Simple untuk Pemula

Tadi udah bikin sambel ijonya. Sekarang Rendang dan lalap daun singkong nya.. Hmm, auto nambah nyendok nasi ini mah. Mari memasak emak-emak Nusantara 👩‍🍳 Jangan lupa bumbui dengan Cinta dan juga doa 🥰 #PejuangGoldenBatikApron #ibundNethaKitchen #CookingWithLove #ideMasakanNusantara

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Jengkol walau baunya sangat tdk enak tp rasanya kalo diolah akan jd sangat nikmat biasa sering beli jengkol 500 gr utk diolah pas ada tetangga yg panen jengkol jd kali ini olah jengkol dlm porsi byk jd pengen di buat rendang dan tyt beda rasanya jengkol yg lsg panen dr pohonnya drpd yg beli dipasar #GA_TheNextLevel

10 porsi
90 menit
Rendang Daging Sapi Khas Minang

Rendang Daging Sapi Khas Minang

Rendang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. rendang lebih enak dimasak pakai wajan besi pakai api kecil. #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenBatikApron

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Endulita bun 🔥😂

Rendang sandung lamur

Rendang sandung lamur

Poto di resep ini rendang nya sudah di hangatkan berkali2 jadi kuahnya menyusut 😂

8 orang
1 jam
Martabak Rendang

Martabak Rendang

Sejak bisa bikin martabak sendiri, saya jarang bikin martabak pakai kulit beli, karna menurut saya lebih cepat masaknya, kalo pake kulit beli itu kan nggorengnya satu2.Lama. Biasanya sih bikin buat makan malam. Jadi pulang kerja bikin kulit trus direndam, nanti hbs maghrib dieksekusi. Kali ini bikin buat sarapan, supaya bisa difoto😂 Saya melebarkan kulitnya pakai rolling pin, lebih mudah dan cepat menurut saya daripada ditarik2. Kan ini elastis banget kan yah. Trus waktu mau meletakkan kulitnya ke atas pan, pan nya saya angkat dulu dari kompor, taruh di meja lalu letakkan kulitnya diatas pan. Soalnya kulitnya lebih lebar dibanding pan nya 😂. Setelah diberi isian dan dilipat rapi baru di letakkan di atas kompor. Wajib coba ini..enaaak dan ekonomis banget dibanding beli 😀

Rendang Instan Tanpa Daging

Rendang Instan Tanpa Daging

Edisi masak simpel dan murah 1 pack bumbu rendang bisa jd 2 masakan, 1 rendang, satunya lagi martabak asin. Cocok nih buat anak rantau yang gaboleh mudik lebaran.. Bahan gampang dibeli di toko online, masaknya pun gampang banget, cuma satu level lebih sulit daripada bikin mi instan 😂😂 #PekanPosbarSayurLebaran

Rendang

Rendang

Tips yang saya rangkum untuk masak rendang : 1) Usahakan beli daging fresh di pasar lokal, jika pakai daging beku jangan direndam air saat mencairkan, biarkan di suhu ruang 2) masak selama 6 jam 3) Jangan kasih garam banyak2 di awal, semakin menyusut akan semakin asin 4) tusuk2 sedikit daging nya sebelum dimasak, agar empuk 5) pakai sutil yang agak lemas agar bisa ngaduk sampai ke dasar wajan 5) jaga jangan sampai gosong dagingnya , jika gosong tidak bisa hilang gosongnya walau daging dimasak lama Saya mencatat pengalaman saat masak rendang

Nasi Ayam Bumbu Rendang

Nasi Ayam Bumbu Rendang

Bosen bgt gtu yaa masak nasi gtu² aja... Aq coba² ada bumbu instan d kulkas..ada ayam bumbu siap goreng.. Akhirnya tarraaaaaa jadi lah... Endol surendol takendol² kata inces mh🤭 Selama proses masak tuh bener² parah wangi pake bgt yaa mom..ampe perut krebeuk² g bisa tahan🤭🫣