Rendang kelapa goreng / sangrai

Dipos pada February 11, 2022

Rendang kelapa goreng / sangrai

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang kelapa goreng / sangrai yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang kelapa goreng / sangrai yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang kelapa goreng / sangrai, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang kelapa goreng / sangrai enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang kelapa goreng / sangrai sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang kelapa goreng / sangrai memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini resep berikutnya rendang ala kakak ku. Yang mana selama ini keluarga kami hanya menikmati tanpa harus susah susah membuat. Dan kali ini buatan ku sendiri, dengan resep beliau pastinya 😊. Trimakasih #KAKAK β€πŸ€— #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang kelapa goreng / sangrai:

  1. 500 gr daging sapi
  2. 2 sdm gula merah
  3. 1 sdt kaldu bubuk
  4. 1 sdm garam (sesuai selera)
  5. 1 sdm bubuk rempah (kayumanis,kapulaga,jinten,cengkeh dkk)
  6. 3 lembar daun jeruk
  7. Kelapa goreng
  8. 2 sdm kelapa goreng (1/2 butir kelapa parut di sangrai)
  9. Bumbu halus
  10. Bahan bumbu gule

Langkah-langkah untuk membuat Rendang kelapa goreng / sangrai

1
Siapkan bahannya. Bumbu yang sudah di haluskan dan di tumis. Daging yang sudah di iris sesuai selera. Bubuk rempah ada di jual di pasar. Gula merah yang sudah di sisir dan kelapa goreng.
Rendang kelapa goreng / sangrai - Step 1
2
Campurkan semua bahan jadi satu aduk hingga tercampur rata lalu diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap ke daging
Rendang kelapa goreng / sangrai - Step 2
Rendang kelapa goreng / sangrai - Step 2
3
Lalu nyalakan api sedang, aduk aduk, jika sudah mendidih kecilkan api. Biarkan mendidih tapi dengan api kecil dan panci tertutup (Cara ini agar bumbu meresap ke daging tanpa di tambahkan air, namun jika bumbu sat/kental dan daging masih keras bisa di tambahkan air panas sedikit), Sambil tetap di jaga dan aduk sesekali agar bawahnya tidak gosong.
Rendang kelapa goreng / sangrai - Step 3
Rendang kelapa goreng / sangrai - Step 3
4
Koreksi rasa jika daging sudah empuk dan matang matikan kompor.
Rendang kelapa goreng / sangrai - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Telur Dadar Bumbu Rendang (Telur Bebek)

Telur Dadar Bumbu Rendang (Telur Bebek)

Waktu buka ig, saya liat ignya @idemenuharini lagi mengunggah resep "telur dadar bumbu rendang", katanya sih sempat viral, berhubung saya lagi kehabisan telur ayam, akhirnya saya ganti telur Bebek... Beneran ternyata enak lho.. #CookpadCommunity_Surabaya

1 porsi
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Kemarin bikin rendang, saya suka simpan sisa bumbu rendang nya. Bisa juga beli bumbu rendang siap saji. Nah, dibuat nasi goreng enak banget loh. Gurih dan berempah. Hari ini saya ada sepotong ayam goreng, saya suwir. Kalau kalian masi ada sisa daging rendang bisa juga disuwir loh. Mantap juga. Karena suka pedas, saya tambahkan cabai rawit juga. Kecap manis nya jangan kebanyakan supaya rasa rendangnya lebih terasa. Salam β€œAnyone can cook”

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Waktunya mengolah daging qurban Nampaknya jadi menu andalan di rendang #OlahanDagingQurban #PosbarIdaman #KampungIdaman #CookpadCommunity_Jakarta #GenkPejuangDapur

Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Makan nasgor enak dg rasa beda dg bumbu rendang sisa olahan kapan hari..cus berkreasi.. #cookpadcommunity_surabaya

Rendang Daging sapi

Rendang Daging sapi

Merupakan makanan khas dari daerah Minangkabau,,ada beberapa jenis rendang tiap daerah di Minangkabau memiliki ciri khas tersendiri ada yg berwarna kecoklatan hingga cenderung hitam

1 kilo daging
4 jam Daging
363. Rendang jantung pisang

363. Rendang jantung pisang

Source : Bunda Tya Laura Masak ini lagi hmmm .. panen jantung pisang kepok lagi... Kali ini rendang.. meski sebenernya bumbu gak beda jauh... Kebetulan masih ada bumbu oleh2 dari Jambi.. uenak asli .. Nov 24 2020 #JantungPisang #DapurkuIdeMasakku #DiRumahAja #CookpadCommunity_Magelang #CookpadCommunity_Jogjakarta #CookpadCommunity_JawaTengah

1 mangkuk
Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Ini masih tendang ala² yaaa.. Hihihhi belum bisa bikin 'the real rendang' 😝 #PejuangGoldenApron3

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

5 orang
3 Jam
Rendang Daging dan Hati Sapi

Rendang Daging dan Hati Sapi

Biasanya kalau masak rendang, langsung dihabiskan. Hari pertama masih excited tapi kalo udah hari ketiga dijamin mulai bosen 🀣. Makanya senang bgt dpt tips dari Teh Sheila member @mamahgajahmemasak, dia masak sekaligus banyak lalu diporsi sekali-dua kali makan trus dibekukan. Nah, kali ini bikin rendang untuk stok selama bulan puasa. Sebagian langsung dimakan, ada yg dibagi jg, trus selebihnya dibekukan utk minggu kedua-keempat...yeay, next pengen bikin ayam bakar dan menu lain biar freezernya penuh dg makanan siap saji πŸ₯°.

5 box
2-3jam
Rendang lazy

Rendang lazy

Yah nggak lazy juga sih , tapi menu bumbu instant yang memang cocok banget itu merk indofood ( bukan Di endorse loh ) Di Banding bumbu yang lain, tapi memang harus Ditambah bahan bahan lain dikit dikit biar afdhol , daging saya prefer potong sendiri karena kalau pakai daging yang siap potong Di supermarket akan Menciut pas Di rebus , kalau mau lebih pedes bisa Di tambah cabai yang Di giling terlebih dahulu, Di rumah saya karena kebanyakan lidah bule jadi pakai bumbu ini saja sudah cukup tingkat pedes nya

Rendang Indonesia dengan Susu Bubuk Full Cream Instant

Rendang Indonesia dengan Susu Bubuk Full Cream Instant

Kemarin berseliweran status rendang di socmed teman2, memasak rendang bersama ibu negara secara virtual, jadilah kami yang jauh dari seberang benua ini latah dan ngiler, tapii karena masih lockdown dan belum berani keluar belanja, santan hanya sisa 2 kaleng. Sedangkan dibutuhkan minimal 4, kemudian sisanya saya tambahkan susu bubuk yang dicairkan di sisa kaleng santan πŸ˜‚ karena keinginan makan rendang tidak bisa ditunda sampai lockdown selesai entah kapan 🀣. Biasanya kalau di Indonesia saya cukup beli bumbu giling rendang di pasar, karena di Australia jika hanya mengandalkan bumbu sachet akan sangat mahal sekali jatuhnya karena butuh banyak bumbu untuk rendang. Untuk bumbu halus seperti biasa takaran saya memakai sendok, karena semua sudah saya giling di food processor untuk stock.

8 porsi
3 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Masih edisi lebaran haji ni, stok daging masih ada khan? Cus ah bikin rendang aja.. kali ini bikin rendang ala sunda banget deh.. masaknya penuh dengan kesabaran demi daging empuk hehe.. yuk ah bikin . #SetorResep #DiRumahAja #MasakOnline #MasakItuMudah #DagingQurban #RendangDagingSapi

3 jam 45 menit
Rendang Sapi Sederhana

Rendang Sapi Sederhana

Day 2 masak rendang karna buat lauk pendamping nya tumis daun pepaya mantul dah cooksnap dari @ibunefreya_cooking sembari aku tambah dan kurang bbrpa bumbu nya jadi sesuai takaran saya . Matur nuwun

4 orang
1jam 20 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bulan puasa bikin stok makanan yg kalo kesiangan sahur gampang tinggal angetin deh , karna ini juga salah satu kesukaan suami yang kalo makan pake nasi panas dan timun bikin nasi habis semajigcom πŸ˜„.. Jadi lah mama Iqi masak Rendang bumbu rempah.. Asal Rendang nya masakan khas Padang, tapi kalo yang ini Rendang ala Mama Iqi karena bumbunya di kolaborasi dari beberapa resep temen2.. #belajarmasak #reseprendangsapi #resepmamsqi #masakanrumahan #resepsederhana

+- 5 orang
+- 2 jam
Telor dadar rendang ala Putri Habibie

Telor dadar rendang ala Putri Habibie

Dapet resep dimana lagi nih? Dimana lagiiii klo bukan di tiktok πŸŽ™πŸŽΌ Bentuk lain dari telor dadar yg bikin boros nasi ala putri habibie. Bikinnya gak lebih dari 10 menit

Rendang Padang Enyoss

Rendang Padang Enyoss

Siapa sih yang ga kenal rendang Padang khas Indonesia, salah satu menu favorit rumahan nih kalau pas idul adha/idul Fitri πŸ₯°πŸ₯°β˜˜οΈpedes, gurih bikin lidah enyoss bangettttt 🀀🀀🀀

3-4 orang
1 jam
Risol isi rendang sapi

Risol isi rendang sapi

Punya rendang sampai bosen makan pakai nasi. Kabetulan ada acar dirumah....disatuin aja buat isi risol.

15 biji
1 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Kurang merah karena gak pake cabai merah keriting. Lebih enak pakai cabai merah keriting dan pake kelapa yang tua biar hasil nya lebih gelap tidak kuning.

Rendang Daging Sapi Sederhana

Rendang Daging Sapi Sederhana

Punya banyak stock daging kurban, tp bosan masak sambal dan gulai, akhirnya coba2 masak Rendang. Cuma karena bingung sama bahan bahannya akhirnya buat yang sederhana aja...this is it !!!!

5 orang
2 Jam