Rendang Ayam

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Ayam adalah 10 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Ayam diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Ayam memakai 24 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rendang tidak harus berbahan daging sapi. Tapi bisa berkreasi dan mengganti bahan utamanya dengan ayam. Selain itu, lama masaknya juga bisa disesuaikan dengan hasil akhir rendang yang diinginkan, sedikit berkuah kental atau kering berwarna hitam dan berminyak. Semuanya enak😋 Karena menggunakan bumbu dapur lengkap yang termasuk kedalam obat2an herbal, maka sekalian aja dh setor tugas #Rakit_HerbalDariDapur #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadhan #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Depok #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Ayam:

  1. 1 ekor ayam potong 10 rebus buang airnya
  2. 100 gram kelapa parut sangrai
  3. 3 batang serai memarkan
  4. 1 ruas jari lengkuas geprek
  5. 3 lembar daun salam
  6. 5 lembar daun jeruk
  7. 2 lembar daun kunyit
  8. 3 cm kayumanis
  9. 3 butir cengkeh
  10. 1 biji asam jawa
  11. 2 sdt garam
  12. 1 sdt gula palm
  13. 1 L santan instant
  14. 2 sdm minyak untuk menumis
  15. Bumbu Halus
  16. 6 siung bawang putih
  17. 7 siung bawang merah
  18. 20 cabe merah keriting (sy cm pake 20 krn utk anaks)
  19. 4 biji kemiri
  20. 3 cm jahe
  21. 3 cm kunyit
  22. 1/2 sdt lada bubuk
  23. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  24. 1/2 sdt pala bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Ayam

1
Siapkan semua bahan dan buat bumbu halus. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum.
Rendang Ayam - Step 1
Rendang Ayam - Step 1
2
Masukkan serai, lengkuas, semua rempah daun, kayu manis, cengkeh, dan asam jawa. Aduk rata. Kemudian masukkan ayam, garam, dan gula. Aduk rata dan masak hingga ayam berubah warna.
Rendang Ayam - Step 2
Rendang Ayam - Step 2
3
Tuangkan santan sedikit demi sedikit. Aduk rata dan masak hingga airnya surut.
Rendang Ayam - Step 3
Rendang Ayam - Step 3
4
Masukkan kelapa sangrai. Aduk rata dan masak kembali hingga mendidih. Angkat dan siap sajikan.
Rendang Ayam - Step 4
Rendang Ayam - Step 4
5
Tips : 1. Cuci bersih ayam dan buang semua lemaknya agar rendang tidak berbau anyir. 2. Lama masak rendang bisa disesuaikan dengan tingkat kematangan yang diharapkan sesuai selera. Seperti rendang yang masih basah, airnya habis, atau benar-benar kering dan berwarna gelap. Masak dengan api kecil. Silahkan dicoba🙏😍
Rendang Ayam - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Ceritanya nih ada bumbu rendang, tapi pengen bgt nasgor , ya udah deh di coba enak ternyta hehe

2 porsi
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Masak rendang ayam yang simple bangetttttt

4 orang
¹ jam
Kalio Daging Sapi (Rendang Basah)

Kalio Daging Sapi (Rendang Basah)

Maaf kalau gak proper, yang masak orang dayak😁

4 jam
Rendang Bumbu Indofood sapi berkuah

Rendang Bumbu Indofood sapi berkuah

Rendang sapi ku ini sengaja ada kuah nya krn suami suka sekali dg kuah rendang nya utk di santap dengam nasi hangat

6 0rg
1jam 30 menit
Rendang Telur

Rendang Telur

Berawal dari rasa penasaran ada seorang teman bekerja di rumah makan di Jogja. Suatu ketika melihat postingan teman menu2 tempatnya bekerja. Ada satu menu yang mencuri perhatian "Rendang Telur". Rendang tapi kok kayak keripik (kupun membatin) kucari2 resep rendang telur, ternyata itu makanan khas Minang (klo gak salah) dan kupun memilih me-recook resep dari mba @tiek212 dan ternyata ini enak, kriuk renyah kayak krupuk. Dan inilah resepnya.. #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokyahokye #RamadanCamp #KeringKentangKacang #semangcook_keringan #PejuangGoldenBatikApron

Lemper Ayam Rendang Keju

Lemper Ayam Rendang Keju

Ikut memeriahkan Ulang Tahun gadogadoindonesia yang ke 2 😍 dengan sponsor megkeju. Kupersembahkan Kue Lemper ku ini dengan sentuhan keju meg. #PejuangGoldenBatikApron #BatikWeek4 #CookpadCommunity_Yogyakarta

Rendang Ceker Bumbu Instan

Rendang Ceker Bumbu Instan

Lagi seneng ngolah ceker dengan berbagai bumbu selain dimasak kecap. Tapi hari ini lagi agak ga enak badan, jadi males racik2. Bumbu instan siap pakai bener2 memudahkan kalo kondisi sedang ga mendukung..

Tramezzini Rendang

Tramezzini Rendang

Bersyukur masih bisa ikut raya kurban tahun ini, pesta bersama-sama menikmati daging. Aku selalu buat stock daging cincang saat dapat daging. Karena berencana bakal kubuat yang praktis dan gampang makannya buat anak-anak. Tahun lalu daging cincangnya kubuat isian burger. Nah kali ini tertarik sama resepnya mbak @Carol090917 yang keren banget👉 https://cookpad.com/id/resep/15295028-tramezzini-rendangtramezzini-con-rendang-indonesiano?invite_token=3buaYdYrvwYaKMX4kRhXKafs&shared_at=1627278196 Mix match masakan itali dan indonesia😁. Tramezzini adalah roti lapis yang populer sebagai cemilan di italia. Roti lapis ini biasanya berbentuk segitiga dibuat menggunakan dua roti putih lembut yang dibuang pinggirnya. Ya, kata mbak haura “kayak sandwich ya bu..”😁. Biarpun aku telat buatnya, nggak apa-apalah ya. Ngumpulin mood banget habis sakit gigi beberapa hari lalu. Bumbu rendangnya aku pakai bumbu instan saja yang bentuk bubuk, karena aku emang belum “ngerendang”🤭. Keju slicenya aku skip karena emang nggak punya😂🙈. Jadi bukan 3 tumpuk aku buatlah 4 tumpuk😁. Suka-suka emaklah🤭. #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadComminity_Banten #CookpadCommunity_Cilegon #kampungidaman #cocomtangpost_khaskurban #OlahandagingKurban

5-6 orang
1 jam 30 menit
288. Rendang Daging Sapi

288. Rendang Daging Sapi

Kebetulan berdua sama suami sama2 suka sama yang namanya nasi Padang. Berhubung masih suasana pandemi jadi jarang bgt jajan keluar. Mulai kepo2 dan belajar mencoba resep2 baru yang biasanya kita beli diluar biar g bosen sama masakan rumahan yang itu lagi itu lagi. hehehe Sama seperti rendang ini, salah satu favorit di RM Padang ya Moms hehehe....Pertama kali buat rendang dan alhamdulillah suami approved dong,,,,sampai bekalnya minta double,,buat makan siang dan sore sekalian...Resepnya nyontek dr resep mbk @heny_wid Kali kedua mengcooksnap resepnya dan bener2 enak dan gampang sekali buat newby kaya saya ini hehehe...Terimakasih mbak.... Dan ceritanya ini juga kirim cooksnapnya udah lama bgt,,tp bru smpet nulis resepnya sekarang #KampungIdaman #PosbarIdaman #OlahanDagingKurban #Semangcook_Hokya #Semangcook_BerbagiBahagia #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Fillet Ayam (menu sehat)

Rendang Fillet Ayam (menu sehat)

Ingat umur dan kesehatan jadi harus pintar2 buat makanan bagaimana agar makan tetap enak tapi juga kita bisa sehat. Makanya menu2 yang sudah ada harus bisa dimodifikasi. Kali ini masak rendang tanpa minyak dan santan. Biasanya saya simpan di kulkas dan dihangatkan satu potong tiap kali saya mau makan.

5 - 6 potong
1 jam
Nasi Goreng Rendang

Nasi Goreng Rendang

Ada sisa nasi plus ada sisa rendang , jadi d buat nasgor rendang aja buat sarapan . #PejuangGoldenBatikApron

Telur Dadar Bumbu Rendang (Telur Bebek)

Telur Dadar Bumbu Rendang (Telur Bebek)

Waktu buka ig, saya liat ignya @idemenuharini lagi mengunggah resep "telur dadar bumbu rendang", katanya sih sempat viral, berhubung saya lagi kehabisan telur ayam, akhirnya saya ganti telur Bebek... Beneran ternyata enak lho.. #CookpadCommunity_Surabaya

1 porsi
Rendang Ayam Bumbu Indofood

Rendang Ayam Bumbu Indofood

Hari ini mau ke rumah mama, mau bikin kue lagi ga punya stok bahan bahan nya, kepikiran buatin rendang ayam aja deh, simple banget bikinnya... yuuuu mareee

4-5 orang
1 jam 30 menit
"Rendang daging"😘👍❤️

"Rendang daging"😘👍❤️

Terinspirasi menu rendang bunda Dara Home Cooking, ada berberapa bahan saya skip dan ada tambah juga bumbu lain 🤭🤭makasih bunda makyos😘👍❤️👍 #RecookMenyadik #DutaRecookberaksi #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

1 mangkok
45 menit
Rendang medok rasa nampol

Rendang medok rasa nampol

Hai, resep pertama yang aku share ini adalah masakan yang paling suamiku suka. Resep n cara memasak ini berasal dari mertua tercinta... Selamat mencoba yah 😃

16 porsi
Rendang Pedas Manis

Rendang Pedas Manis

Resep ini mungkin beda dengan versi asli Padang, tapi ini resep ala ibu saya & gak pedes karena saya gak bisa makan pedas. Walau bikinnya dadakan (karena gak nyangka daging kurban dikirim pas hari lebaran) tapi lumayan buat nyatet & kapan² bisa diulang lagi dengan lebih proper & tertata.

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Rendang Ayam Panggang Pedas Daun Jeruk Tanpa Santan

Enak walau tanpa santan, mungkin karena bumbu rempahnya yang berlimpah jadi rasanya gurih. Kemudian ada aroma daun jeruknya yang segar. Saya panggang di oven saja karena saya lagi malas panggang di wajan teflon karena harus nungguin dan bolak balikin ayamnya hihii.. 🤭 Saya alasi loyangnya dengan alumunium foil tujuannya biar ayamnya ga lengket di loyang dan ga berat nyuci loyang bekas kerak panggang ayam hihii ketahuan malasnya mah klo ini.. 🤭 #IdeMasak #CookpadCommunity_Bogor

Rendang ayam tahu praktis

Rendang ayam tahu praktis

dari semalem hujan blm berenti bikin mager 😁 Jadi masak enak yg gak ngabisin byk waktu 🤭 Rendang nya enak masaknya gak repot kupas2 bumbu, aku beli dipasar minta diracikin sama si Uda, tinggal tumis cemplung ayam dan tahu nya jadi lbh hemat waktu oh iya biasanya bumbu racik dipasar cenderung sdh asin jd gak perlu pakai garam lagi atau di cek dlu rasanya ya bun klo aku cukup ditambah mecin aja #PejuangGoldenBatikApron #2 #cookpadcommunity_Bekasi