Rendang Padang

Dipos pada February 9, 2022

Rendang Padang

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Padang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Padang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Padang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Padang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Padang diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Padang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Padang memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rendang ati sapi sdh pernah saya post di cookpad, nah skrg giliran rendang dagingnya. Resep asli dr Ibu saya. Mungkin ada perbedaan dg rendang padang lain, tapi ini resep rendang yg diajarkan oleh Ibu saya. Ibu saya terhitung jarang masak rendang. Paling sering masak daging hanya sampai tahap kalio. Malas katanya hehehee. Tapi kalau mau lebaran barulah kami berdua bahu membahu masak 5kg daging rendang utk santapan Hari Raya dan hantaran utk keluarga besar dan tetangga. Pernah sekali kami masak rendang ketika kompor ibu sedang bermasalah, apinya keciil sekali. Kami masak 5kg daging dalam waktu 9 jam. Kami gantian mengaduk rendang, sambil diselingi ibu tidur siang dulu sebentar, lalu gantian saya jg istirahat wkwkwk. Ngadukny pun sambil duduk di meja counter dapur 🤣. Skrg saya sdh bisa masak rendang sendiri tanpa bimbingan dr ibu, justru saya skrg yg kirim rendang utk Ibu di Hari Raya. #GA_TheNextLevel #MasakanUntukIbu

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Padang:

  1. 1 kg daging has dalam/daging rendang
  2. 6 butir telur rebus kupas (opsional)
  3. 2000 ml santan (dari 2 btr kelapa parut)
  4. 1 sdm bubuk bumbu kambing
  5. 2 lbr daun kunyit
  6. 8 lbr daun jeruk
  7. 1 btg sereh uk.besar, geprek ikat
  8. 1 jempol besar lengkuas, geprek
  9. 4 butir cengkeh
  10. 2 butir kapolaga
  11. 1/2 buah bunga lawang/pekak
  12. secukupnya Garam
  13. Penyedap (jika diperlukan)
  14. Bumbu Halus
  15. 15 siung bawang merah
  16. 2 siung bawang putih
  17. 2 ruas jempol besar jahe
  18. 2 sdm cabe merah giling
  19. 2 sdt bubuk ketumbar
  20. 1/2 butir biji pala, uk.sedang

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Padang

1
Siapkan bahan2nya
Rendang Padang - Step 1
Rendang Padang - Step 1
2
Masukkan bumbu halus, dan semua bahan lainnya, kecuali daging sapi. Aduk2, masak sampai mendidih. Baru kemudian masukkan daging. Aduk rata, masak dg api sedang.
Rendang Padang - Step 2
3
Aduk sekali2 rendang dan masak sampai santan susut, minyak keluar
Rendang Padang - Step 3
Rendang Padang - Step 3
4
Jika minyak sudah keluar dan santan sudah susut, mulailah mengaduk rendang sering2. NOTE: pada tahap ini, cookpaders bisa mengeluarkan telur rebus dr kuah rendang, tujuanny agar telur tdk hancur saat proses pengentalan santan menjadi bumbu rendang yg padat.
Rendang Padang - Step 4
5
Aduk terus sampai minyak betul2 keluar, santan menjadi padat, dan rendang matang sempurna. TIPS: rendang adalah masakan yg menjadi semakin enak stlh lewat sehari dan sdh dipanaskan berulang2. Saya biasany memasak rendang pagi hari, dan sampai sore hari rendangny sdh 2-3 kali saya panaskan. Ini bisa membantu santan spy bisa bisa padat sempurna.
Rendang Padang - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol sederhana🤗

Rendang jengkol sederhana🤗

Kebetulan ada jengkol dibawakan mertua😊

banyak
1-2jam
Rendang Padang

Rendang Padang

Favorit keluarga ❤ Walopun masaknya luamaaa 😄 Tp terbayar capeknya pas liat anak & suami pada lahap makan. Bikin rendang emang gampang gampang susah, tips biar hasilnya memuaskan jangan lupa gunakan santan dari kelapa yang sudah tua, dan jangan skip kelapa sangrai halus biar hasilnya lebih mantull. Source : vifya_kitchen #OlahanDagingKurban #RendangPadang #RendangDaging

Rendang jengki maknyuuss

Rendang jengki maknyuuss

Hai jumpa lagi buibuk. Suka bingung kan mau masak apa padahal udah ditukang sayur😅 sebelum belanja jgn lupa buletin niat dr rumah mau masak apa biar sampe tukang sayur ga goyah pendiriannya🤣🤣 kali ini mau ngolah jengki yg sisa di kulkas blm sempet di colek😔 alhamdulillah laris sampe daun salamnya di isep isep saking enak bumbunya. Yuk cekidoooot👇👇👇

5 orang
1 jam
Rendang ayam simpel

Rendang ayam simpel

ceritanya lagi pengen banget makan rendang, tp sudah jam 9 malam, yang ada di kulkas cuma ayam, akhirnya bikin aja deh ayam rendang hehe

3-5 orang
-+45mnt
Rendang daging sapi kentang baby

Rendang daging sapi kentang baby

Menu alternatif yang tahan lama biasanya aku bikin rendang sekalian agak banyak soalnya cape nya sama. Jadi saat males masak bisa tinggal langsung angetin aja praktis,yang penting di kemas untuk sekali makan jdi ga mudah basi. Resep rendang ini tidak original karena sudah banyak yang dirubah adaptasi selera orang-orang dirumah.#MemasakSetiapBagian.minggu ke #2 bulan oktober#MasakSekeluarga

4 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bismillah Dirumah saya biasanya bikin rendang selalu daging sapi tapi kali ini saya coba dengan daging ayam. Alhamdulillah, ternyata tidak mengecewakan, enak banget dan layak masak ulang 😍🤤. Rempah bumbu yang dipakai saya dapatkan referensinya dari cookpad, website dan kanal youtube, rata-rata sama saja sih tinggal takarannya yang disesuaikan. #godainramsay_1 #godapaders_2022 #godaramadhan #komunitaspaders #pejuanggoldenbatikapron #cookpadindonesia #GBAku

Rendang jengkol pedas gurih mantap

Rendang jengkol pedas gurih mantap

15 tusuk
1 jam 30 menit
Nasi Goreng Bumbu Rendang

Nasi Goreng Bumbu Rendang

Bismillah.. Karena ada sisa bumbu rendang di kulkas yg dagingnya udah habis, jadi mau pake bumbu rendangnya aja buat nasi goreng, tinggal tambahin telur dadar dan kerupuk. Alhamdulillah nikmat...

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Karena bumbu rendangnya sudah ada. Tinggal siapkan daging, santan, dan kelapa gongseng.

45 menit
Rendang Jamur Tiram

Rendang Jamur Tiram

punya stock jamur tiram di kulkas, awalnya pengen buat vegan patty burger pake jamur tiram mix tempe, tapi ternyata moodnya hilang seketika wkwkw udh beli tepung bumbu juga, pindah alih ke jamur crispy, eh tp moodnya ilang lagi ahaha lalu iseng scroll2 cookpad, eh nemu resepnya mbak fitsas @fitrisasmaya . lgsg kya kehipno gt, ekseskusi malem2 wkwk #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

Rendang Daging

Rendang Daging

Masi ada stock daging kurban, Di rendang aja kali yaa 🤤 Udah lama ga ngerendang

Ayam rendang instan

Ayam rendang instan

Gak mau ribet masak2 tp pengen yg spesial , bumbu instan solusinya 😅 saya kasih tambahan sedikit gula merah

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Rendang tidak harus berbahan daging sapi. Tapi bisa berkreasi dan mengganti bahan utamanya dengan ayam. Selain itu, lama masaknya juga bisa disesuaikan dengan hasil akhir rendang yang diinginkan, sedikit berkuah kental atau kering berwarna hitam dan berminyak. Semuanya enak😋 Karena menggunakan bumbu dapur lengkap yang termasuk kedalam obat2an herbal, maka sekalian aja dh setor tugas #Rakit_HerbalDariDapur #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbar #PekanPosbarProtein #UngkepanRasaHatimu #KampoengRamadhan #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Depok #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

10 potong
3 jam
Rendang Padang

Rendang Padang

Resepnya sedikit saya modifikasi ,saya tambahkan bumbu bubuk rempah. Rendang yang saya buat versi tidak pedas. Jadi anak-anak bisa ikut makan. #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung #Pais_NuBeku #IdeMasak Source: @muchliyanty

4-5 orang
5 jam
Rendang ayam

Rendang ayam

Rendang ayam nya kalo kata suami, padang banget rasa nya enak bikin nambah2 terus. Bumbu dan langkah2nya sesuai dengan resep mba Susi Agung, tapi jika ingin lebih kering bisa juga setelah masuk bumbu jangan dulu masukan ayam tetapi langsung masukan santan dan kelapa parut aduk2 biarkan hingga santan mengeluarkan minyak baru masukan ayam nya, bisa di sesuaikan dengan selera masing2.