36. Rendang Minang

Dipos pada February 11, 2022

36. Rendang Minang

Anda sedang mencari inspirasi resep 36. Rendang Minang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 36. Rendang Minang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 36. Rendang Minang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 36. Rendang Minang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 36. Rendang Minang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 36. Rendang Minang memakai 24 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenApron3 Untuk setoran minggu ke 21 Daging kurban belum dimasak juga. Tak bikinin rendang aja. Ditambahi kentang biar makin banyak 😁 Oh ya moms. Rendang ini saya buat tidak pedas ya. Karena memang saya sedang radang tenggorokan jadi gak boleh makan yang pedas pedas dulu yang berminyak juga ga boleh sebenarnya 😁. Dan yang utama anak saya bisa ikut makan. Untuk menghasilkan rendang yang hitam seperti dari daerah asalnya sebaiknya menggunakan cabai rawit hijau. Tingkat kepedasan sesuaikan selera. Dan jangan pakai kunyit ya moms. Biar makin hitam si rendang. Dan masaknya itu pakai api kecil saja. Lama sih prosesnya tapi rendangnya bakalan empuk puk puk banget. Faktor empuknya rendang juga dipengaruhi cara memotong daging mom. Potong kotak dan melawan serat daging pasti dagingnya lebih empuk saat dimakan. Karena saya memang tidak mau pedas saya pakai lombok merah yang dibuang bijinya. Moms rendang ini semua bumbunya saya haluskan kaya daun kunyit, daun salam, daun jeruk. Biar aromanya lebih nendang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 36. Rendang Minang:

  1. 700 gr daging sapi potong sedang kotak
  2. 160 gr (2 buah) kentang buah uk sedang) potong 4
  3. 2 liter santan dari 1.5 butir kelapa
  4. 75 gr (7 sdm) minyak goreng untuk menumis bumbu
  5. 40 gr (2.5 sdm) kelapa gongseng giling
  6. 16 gr (1.5 sdm) gula merah hitam
  7. 17-20 gr garam (sesuai selera)
  8. Bumbu halus
  9. 31 gr (10 siung) bawang merah
  10. 19 gr (6 siung) bawang putih
  11. 15 gr jahe
  12. 22 gr lengkuas
  13. 10 gr (3 batang) ukuran kecil) sereh putihnya saja
  14. 16 gr (5 butir) kemiri
  15. 6 gr (1 butir besar) buah pala
  16. 2 gr (7 butir) kapulaga
  17. 3 gr kayu manis
  18. 4 gr (3 lembar) besar) daun jeruk
  19. 6 gr (3 helai) daun pandan
  20. 3 gr (1 lembar) sedang) daun kunyit
  21. 30 gr (5 buah) lombok merah buang bijinya
  22. 7 gr (1 sdm) jinten
  23. 4 gr (1 sdm) ketumbar)
  24. 2 gr (1 sdt) merica putih

Langkah-langkah untuk membuat 36. Rendang Minang

1
Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api kecil.
36. Rendang Minang - Step 1
36. Rendang Minang - Step 1
2
Tambahkan bumbu halus lalu tumis sampai matang, wangi dan mengeluarkan minyak. Pakai api kecil relatif sedang. Jangan sampai gosong.
36. Rendang Minang - Step 2
36. Rendang Minang - Step 2
3
Tambahkan potongan daging sapi tumis lagi dengan api kecil relatif sedang sampai dagingnya layu.
36. Rendang Minang - Step 3
36. Rendang Minang - Step 3
4
Lalu tambahkan kelapa gongseng giling tumis lagi sampai kelapa gongseng menyatu dengan bumbu lainnya.
36. Rendang Minang - Step 4
36. Rendang Minang - Step 4
5
Tambahkan santan sekaligus. Tambahkan juga gula dan garam aduk merata.
36. Rendang Minang - Step 5
36. Rendang Minang - Step 5
6
Masak dengan api kecil relatif sedang sesekali aduk santannya biar tidak pecah.
36. Rendang Minang - Step 6
36. Rendang Minang - Step 6
7
Setelah air menusut setengah tambahkan potongan kentang.
36. Rendang Minang - Step 7
36. Rendang Minang - Step 7
8
Aduk rata. Lalu masak lagi sampai air menyusut. Kecilkan apinya ya. Biar daging semakin empuk.
36. Rendang Minang - Step 8
36. Rendang Minang - Step 8
9
Santan akan semakin menyusut aduk pelan saat proses ini. Dimasak pakai api kecil ya.
36. Rendang Minang - Step 9
10
Masak lagi sampai Air santan rendang Habis menyusut ya. Aduk sesekali biar gak gosong. Pakai api kecil
36. Rendang Minang - Step 10
11
Setelah santan kering. Angkat. Tata dalam piring saji. Rendang minang siap disajikan
36. Rendang Minang - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tramezzini Rendang

Tramezzini Rendang

Bersyukur masih bisa ikut raya kurban tahun ini, pesta bersama-sama menikmati daging. Aku selalu buat stock daging cincang saat dapat daging. Karena berencana bakal kubuat yang praktis dan gampang makannya buat anak-anak. Tahun lalu daging cincangnya kubuat isian burger. Nah kali ini tertarik sama resepnya mbak @Carol090917 yang keren banget👉 https://cookpad.com/id/resep/15295028-tramezzini-rendangtramezzini-con-rendang-indonesiano?invite_token=3buaYdYrvwYaKMX4kRhXKafs&shared_at=1627278196 Mix match masakan itali dan indonesia😁. Tramezzini adalah roti lapis yang populer sebagai cemilan di italia. Roti lapis ini biasanya berbentuk segitiga dibuat menggunakan dua roti putih lembut yang dibuang pinggirnya. Ya, kata mbak haura “kayak sandwich ya bu..”😁. Biarpun aku telat buatnya, nggak apa-apalah ya. Ngumpulin mood banget habis sakit gigi beberapa hari lalu. Bumbu rendangnya aku pakai bumbu instan saja yang bentuk bubuk, karena aku emang belum “ngerendang”🤭. Keju slicenya aku skip karena emang nggak punya😂🙈. Jadi bukan 3 tumpuk aku buatlah 4 tumpuk😁. Suka-suka emaklah🤭. #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadComminity_Banten #CookpadCommunity_Cilegon #kampungidaman #cocomtangpost_khaskurban #OlahandagingKurban

5-6 orang
1 jam 30 menit
Rendang Telur

Rendang Telur

Kemarin telur lagi murce 1 kg 17.500 beli aja di tetangga yang obral telur. Dibikin rendang aja #telur #rendang #cookpadcommunity_yogyakarta

2 jam
Rendang daging kacang merah

Rendang daging kacang merah

Sukaaaa banget kalau makan rendang yg banyak kacang merahnya..

Daging Yakiniku bumbu Rendang

Daging Yakiniku bumbu Rendang

Alternatif lain dalam mengolah daging slice yakiniku atau bagian beef belly. Kali ini dengan kearifan lokal, hehehe... Rasanya enak dan nyaman di lidah terutama bagi yang lebih suka rasa lokal ketimbang rasa ke-jepang2-an 😁 oh ya.. resep aslinya dari bukunya chef devina, tapi disitu pakainya daging giling untuk membuat patty rendang. Kali ini dimodif sedikit pakai daging slice tipis yang biasanya untuk yakiniku.. #pejuanggoldenapron3

Nasi goreng rendang

Nasi goreng rendang

Memanfaatkan sisa daging rendang di kulkas yang bosen dimakan sama nasi putih😆

2 porsi
Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Rendang Ayam (Bumbu Jadi)

Pingin masak rendang tapi lagi gak mau yg rempong 😆 Alhasil bikin rendang ayam pake bumbu Indofood. Hasilnyaaaa enak bund kayak rendang asli, jadi berasa ahli masak rendang seketika 🤣

2 orang
Rendang daging sapi & kacang tolo (421)

Rendang daging sapi & kacang tolo (421)

Menu favorit... #KacangTolo #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang

2 jam
Rendang Telur Krispi Khas Padang

Rendang Telur Krispi Khas Padang

Purwakarta, 27 November 2020 Rendang Padang adalah masakan Indonesia yang sudah terkenal di manca negara karena merupakan salah satu makanan terlezat didunia. Pernah dengar rendang telur krispi? Saya salah satu penikmat kuliner ini, jujur dulu sempat heran pas pertama kali makan, ini rendang tekur, mana telurnya? Terus dijelasin sama yang jualan kalo ini emang telur diolah seperti keripik dulu🤭. Rendang telur Krispi ini ( Randang Talua) adalah masakan yang berasal dari Payakumbuh ,Sumatera Barat. Saya sering beli di toko oleh2 khas Padang atau di Online Shop. Kemarin saya coba #JelajahResep di #CookpadIndonesia dan nemu resep Uni Desmawati Kuretangin, ahaaaa langsung saya cookmark. Resep ini sedikit saya modifikasi dan sesuaikan🙏⚘. Silahkan di kepoin. Source : Desmawati Kuretaangin #ResepTelurkuMendunia #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #BandungSilihAsaan_DiEndogan #CookpadCommunity_Bandung #AuthorBandungHebring #MDKitchen #CookpadCommunity_Purwakarta #RendangTelur #RandangTalua

Rendang Asli Padang

Rendang Asli Padang

Hai sobat thepapaws_kitvhen, perdana nih thepapaws kirim resep di cookpad padahal udah lama gabung. Kali ini thepapaws mau share resep kesayangan keluarga, yang kebetulan klrg besar berasal dari minang jadi ga terlalu sulit dong mengadopsi resep ala2 minangkabaunya. Semoga suka ya semuanya...🥰

keluarga besar
4-5 jam
Rendang Ayam Kentang (ala saya)

Rendang Ayam Kentang (ala saya)

Pengen banget ama rendang, tp disini ga da yg jual bumbu jadi dan minyak kelapa gonseng itu... 😥Jadi masak seadanya aja.. Tapi rasanya mantul...

3 orang
1 jam
Rendang Bumbu Indofood sapi berkuah

Rendang Bumbu Indofood sapi berkuah

Rendang sapi ku ini sengaja ada kuah nya krn suami suka sekali dg kuah rendang nya utk di santap dengam nasi hangat

6 0rg
1jam 30 menit
Rendang Daging

Rendang Daging

2 orang
1 jam
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Selalu ngiler kalo udah liat kimbab family di youtube buat makanan kemaren aja baso goreng latah ikutan bikin dirumah sekarang bikin rendang sama sama latah ingin bikin juga cuman disini saya pake daging ayam karna daging sapi kemahalan jadi cari yang murah tapi tetep enak 😅

Rendang Telur Simple

Rendang Telur Simple

Inspirasi masak telur nih. Telurnya boleh pakai telur puyuh ya dan karena ini rendang telur jadi aku tambah dengan sedikit kecap manis supaya warnanya cantik. Usahakan pakai santan perasan sendiri supaya lebih gurih dan legit. Bumbu bubuk instan yang aku pake dari merk Sasa.

Telur Dadar Rendang

Telur Dadar Rendang

Dududuhh. . .ini enak banget. Aku lihat resepnya dari youtube, muncul gitu di beranda.. tp lupa sumbernya 😅🤭 Enak, bumbu nya meresap. Berasa makan nasi padang 😋

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Dari pada bosan jengkolnya di sambal terus, Kali ini sy buat rendang Agar ganti rasa👍

Rendang Daging Khas Resto Padang

Rendang Daging Khas Resto Padang

Maap-maap potonya breakdance banget, demi apa cobak klo ngga demi klen semua wkwkw boong denk demi buru-buru catet sini biar gak lupa, soalnya enak banget, makan pake nasi panas nambah2 ga ada aturan Anyway ni resep asli dari youtube Inces Bolang alias si mommy beken Nanda Gita, cuma udah di ubrak-abrik sama saya sesuai lidah saya krn yang makan juga saya, yekan, yuk ah cuzz..

10 orang
Lama pokonya
Daging rendang jerman ala mami chris

Daging rendang jerman ala mami chris

Hallo bunda semuanya ,selamat siang ini sy mau bagi " resep .ini masakan kesukaan suami sm anak krn mereka sukanya yng simpel dan tidak pedas .yuk kita lngs keresepnya aja simpel tp enak😘

3 porsi
1 jam