Rendang Tempe

Dipos pada February 4, 2022

Rendang Tempe

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Tempe yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang Tempe yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Tempe, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang Tempe enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Tempe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Tempe memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Minggu,6 Juni 2021 #TempeBuatanku #PekanPosbarTempe #Basidoncek #CookpadCommunity_Sumbar #RendangTempe #MasakanMinangHeni #OlahanTempeHeni Untuk memperingati Hari Tempe sedunia yang jatuh setiap tanggal 6 Juni.Aku ikutan berpartisipasi program PDKT(Pejuang Dapur Kreasikan Tempe).Di saat pandemi seperti sekarang ini perekonomian sulit pengen makan enak tapi nggak punya uang😔Nggak usah khawatir bunda kita bisa sulap tempe jadi makanan enak & gurih seperti yang aku buat "Rendang Tempe".😉Walaupun bahannya tempe yang harganya murah banget di kantong tapi rasanya tetap enak kok seperti rendang daging👍😋Beberapa tahun yang lalu aku juga pernah share Rendang Tempe tapi resepnya aku nemu di google sedangkan resep yang sekarang aku pakai resep warisan keluargaku😀

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Tempe:

  1. 300 gr tempe
  2. 500 ml santal kental(1 1/2 butir kelapa)
  3. 1000 ml santan encer(sisa perasan
  4. 4 siung bawang merah iris
  5. 1 batang serai
  6. 1 telapak tangan daun kunyit
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 1 sdm gula pasir
  9. Secukupnya garam
  10. Bumbu halus 👇
  11. 2 cm lengkuas
  12. 90 gr jahe
  13. 2 butir kemiri
  14. 1 sdm ketumbar
  15. 1/4 sdt merica bubuk
  16. 2 butir bawang putih
  17. 60 gr cabe
  18. Sedikit pala
  19. 30 gr cabe rawit

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Tempe

1
Goreng tempe hingga kering agar tidak hancur
Rendang Tempe - Step 1
2
Blender bumbu dengan 100 ml air(ambil dari air yang 1500 ml untuk membuat santan)hingga halus
Rendang Tempe - Step 2
Rendang Tempe - Step 2
3
Panaskan 2 sdm minyak lalu tumis bawang merah, bumbu halus+serai,daun jeruk & daun kunyit hingga harum
Rendang Tempe - Step 3
Rendang Tempe - Step 3
4
Lalu tuang santan encer masak hingga mendidih jangan lupa di aduk agar santan tidak pecah
Rendang Tempe - Step 4
5
Setelah santan mulai menyusut lalu masukan tempe aduk-aduk tambahkan garam & gula masak hingga mengering(bila santan mulai mengering kecilkan api agar tidak gosong
Rendang Tempe - Step 5
Rendang Tempe - Step 5
6
Aduk terus hingga mengering.
Rendang Tempe - Step 6
Rendang Tempe - Step 6
7
Nikmati dengan nasi hangat.Tambuah cie........😉😋👍
Rendang Tempe - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

53. Rendang Ayam

53. Rendang Ayam

Karena bulan ini menganggur bingung mau apa jadi lebih sering masak

4 orang
30 Menit
Rendang Daging Sapi Minang

Rendang Daging Sapi Minang

N.2. Rendang.... siapa yang tak kenal rendang bahkan beberapa kali masuk dalam daftar makanan terenak didunia dan nyatanya memang benar-benar enak meski lama memasaknya tapi luar biasa rasa capek dibayar tuntas dengan rasa rendang nan nendang😍 yang pasti bangga sebagai WNI. source : Desmawati kuretangin #BromoColam #BromoWithDesmawatiKuretangin #Bromo_MasakanMinangLamakBana #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenBatikApron

Rendang jengkol miminok

Rendang jengkol miminok

Saya suka rendang jengkol tapi seringkali kurang puas saat membelinya. Akhirnya dengan modal cari resep, jadilah rendang jengkol ala bunda miminok.

5 orang
sehari semalam
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan Source : YouTube Assahid tehyung Tapi ada sebagian bahan yang di skip karena ga ada ,dan di tambahin bumbu lain sesuai selera saya #rendanghomemade #rendangpedas #rendangsapi #rendangmantul

4 - 5 jam
Rendang usus daging ayam bumbu instan

Rendang usus daging ayam bumbu instan

Awalnya pingin masak Usus d buat pedas tapi karna ingat anak biar bisa ikutan makan jadi ganti haluan ke menu yg satu ini. Dan Alhamdulillah anak suka karna disini aku gak pakek cabe jadi gak berasa pedes walaupun ada lada tp hanya sedikit aja ya aku pakeknya. 😁

3 orang
30-45 menit
Rendang jengkol jawa

Rendang jengkol jawa

5-10 orang
1 jam 30 menit
Rendang Asli Padang

Rendang Asli Padang

Hai sobat thepapaws_kitvhen, perdana nih thepapaws kirim resep di cookpad padahal udah lama gabung. Kali ini thepapaws mau share resep kesayangan keluarga, yang kebetulan klrg besar berasal dari minang jadi ga terlalu sulit dong mengadopsi resep ala2 minangkabaunya. Semoga suka ya semuanya...🥰

keluarga besar
4-5 jam
Rendang Telur n Tahu

Rendang Telur n Tahu

Pusing tiap hari mikiri masakan, berhubung stock telur byk dirumah jd hr ini buat rendang telur aja.. #PejuangGoldenApron3 #week19

15 butir
1 jam
Rendang bumbu instan

Rendang bumbu instan

Daging sapi beku udah lama di freezer. Jadilah di eksekusi. Tapi saya lagi maless ngulek, akhirnya beli bumbu instan dan tinggal plung ajah ajah. #cookpadcommunity_depok

4-7 orang
30-40 menit
Rendang cumi kentang

Rendang cumi kentang

Jalan2 ke pasar beli cumi (cakep) ternyata lagi lumayan murah (cakep), maaf bukan pantun. akhirnya mendadak kepikiran mau masak rendang cumi resep mertua🥰campuran rendang cumi biasanya pake pakis tp karna ga ada akhirnya alternatif pake kentang

4 porsi
2 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Bismillah.. 28-11-2020 Pengen masak jengkol yang di rendang... MasyaAlloh enak #PejuangGoldenApron3

Rendang ekonomis

Rendang ekonomis

Pengen rendang tapi duit pas2an 😅

2-4orang
1jam
Rendang Bumbu dasar simpel#DapoerMmannaRohana

Rendang Bumbu dasar simpel#DapoerMmannaRohana

#CookpadCommunity_jakarta Bikin rendang juga makin happy kalau sudah ada bumbu dasar Cukup tambahin cabai merah dan sereh serta daun daunan jeruk dan kunyit #DapoerMmAnnaRohana

1.kilo gr
1.Jam
Rendang sapi dan baby potato

Rendang sapi dan baby potato

Resep ny simpel dan cocok buat anak kos yang kangen masakan mak

2 porsi
30 menit
Rendang ayam simpel

Rendang ayam simpel

ceritanya lagi pengen banget makan rendang, tp sudah jam 9 malam, yang ada di kulkas cuma ayam, akhirnya bikin aja deh ayam rendang hehe

3-5 orang
-+45mnt
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Marhaban ya Ramadhan 1443H Menu puasa di hari pertama.... Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya #CookpadCommunity_Palembang #PejuangGoldenBatikApron

6 porsi
90menit
Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Rendang Daging Sapi bydeesawitri

Ini masih tendang ala² yaaa.. Hihihhi belum bisa bikin 'the real rendang' 😝 #PejuangGoldenApron3